Hujan Paling Asyik Ditemani 10 Ronde dan Tahwa Enak di surabaya


Reni  December 15, 2019  0 Comment

Surabaya merupakan ibukota Jawa Timur yang dikenal punya banyak sekali kuliner khas dan legendaris. Beberapa diantaranya yang masih eksis hingga saat ini adalah Tahwa dan Ronde yang siap menghangatkan tubuh Anda ketika cuaca dingin. Tahwa adalah kuliner yang berasal dari Tionghoa dan memiliki tekstur lembut seperti puding, berwarna putih seperti susu dan terbuat dari sari kacang kedelai. Sedangkan Ronde juga kuliner yang berasal dari Tionghoa terbuat dari tepung ketan yang dicampur sedikit air dan dibentuk menjadi bola yang kemudian direbus dan disajikan dengan kuah manis. Nah, berikut ini adalah rekomendasi ronde dan tahwa enak di Surabaya.

Wedang Ronde dan Tahwa Enak di Surabaya

1. Tahwa Cak Yudi

Tahwa Cak Yudi
htravelingyuk.com

Cak Yudi merupakan salah satu penjual tahwa enak di Surabaya. Tahwa Cak Yudi bisa ditemukan di samping Kolam Renang Darmo Harapan Surabaya, tepatnya di Jalan Raya Darmo Harapan no 1. Tahwa yang disajikan oleh Cak Yudi ini sudah terkenal sangat enak, tak heran jika banyak sekali penggemarnya. Tak hanya menyajikan Tahwa, Cak Yudi juga menyajikan kacang kuah dengan rasa yang tak kalah nikmat.

Semangkok tahwa dan kacang kuah yang dipatok oleh Cak Yudi sangatlah terjangkau, berkisar 6,000 hingga 8,000. Dengan harga yang sangat terjangkau Anda bisa menikmati taburan kacang gurih yang dibarengi dengan kuah jahenya yang pedas.

Gotravelly

Jelajah Malam Hari Di Tretes Sambil Menikmati Angsle Yang Yummy

Baca juga :  12 Makanan Khas Timur Tengah, Kelezatan yang Menggoda!

Getuk Pisang Diana Magetan (Oleh-Oleh Khas Magetan)

2. Tahwa Penjaringan Sari

Tahwa Penjaringan Sari
nyonyakece.com

Tahwa enak di Surabaya yang selanjutnya ada di depan perumahan Penjaringan Sari, tepatnya di depan patung polisi Medokan 3 Surabaya. Tahwa ini dikenal mempunyai kuah jahe yang khas dan selalu konsisten pedasnya sehingga mampu membuat tenggorokan terasa lega. Spesialnya lagi, Anda bisa menambahkan potongan cakwe diatas kuah tahwa ini yang pastinya membuat rasanya semakin mantap.

3. Tahwa Cak Man

Tahwa Cak Man

Jika biasanya tahwa dinikmati saat malam hari, beda halnya dengan Tahwa Cak Man ini. Salah satu tahwa enak di Surabaya ini biasa diserbu oleh pembeli pada pagi hari untuk sarapan sebelum memulai aktivitas. Tahwa Cak Man sering ditemukan di Jalan Kertajaya Gubeng dengan gerobak sepeda motor yang sederhana.

Rasa tahwa Cak Man ini sangat pas di lidah karena tidak terlalu manis dan kuah jahenya yang pedas mampu membuat tubuh Anda terasa hangat di pagi hari. Semangkok tahwa Cak Man ini dihargai 5,000 saja dan jika Anda ingin menambahkan potongan cakwe, Anda cukup menambahkan uang 1,000 lagi.

4. Tahwa dan Ronde Kitty

Tahwa dan Ronde Kitty
tripadvisor.co.id

Anda yang gemar berbelanja di Pasar Atum pasti bisa menemukan salah satu tahwa enak di Surabaya ini. Tahwa dan Ronde Kitty berada di Jalan Bunguran no 45, Bongkaran Pabean Cantokan, Pasar Atum Lantai II Tahap II di Stand nomer 2058H.

Kedai yang buka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 5 sore ini menyajikan semangkok tahwa dengan kuah jahe yang mampu membuat tenggorokan Anda terasa plong. Tak hanya menyuguhkan tahwa, kedai ini juga menyajikan menu ronde yang kenyal dan rasanya tidak terlalu manis. Kuah jahenya terasa sangat pas di lidah, tak heran jika banyak warga Surabaya yang menyukainya.

Baca juga :  5 Kare Rajungan Paling enak di Tuban

5. Ronde Tahwa Ibu Suti

Ronde Tahwa Ibu Suti
dimanaja.com

Bagi Anda yang ingin menikmati ronde dan tahwa di satu tempat yang sama, tak ada salahnya untuk mampir ke kedai Ronde Tahwa Ibu Suti. Kedai ini beralamatkan di Jalan Kupang Jaya no 35, Sukomanunggal, Surabaya. Kedai Ibu Suti ini menyajikan ronde dan tahwa enak dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu 10,000 hingga 13,000 per mangkoknya.

Kesai Ibu Suti ini menyajikan tahwa dan ronde dengan rasa dan aroma yang sangat khas, meskipun komposisinya sama dengan ronde dan tahwa lainnya. Kedai ronde tahwa Ibu Suti ini buka setiap hari mulai jam 6 sore hingga jam 11 malam.

6. Ronde Biliton

Ronde Biliton
travelaper.com

Ronde enak di Surabaya lainnya bisa Anda temukan di Jalan Biliton no 72. Warung yang buka mulai jam 6 sore hingga jam 1 dini hari ini bisa dibilang memiliki tampilan yang sederhana, tetapi banyak pembeli yang rela mengantri untuk menikmati ronde yang mereka sajikan. Bahkan mereka sampai rela untuk menikmati wedang rondenya sambil duduk di pinggir jalan.

Ronde Biliton ini terkenal banyak sekali penggemarnya karena rondenya empuk, kenyal dan teksturnya sama sekali tidak keras. Ditambah lagi dengan isian kacangnya yang terasa manis dilidah dan isitimewanya kuah jahe yang mampu menghangatkan badan. Seporsi ronde di warung ini dibanderol dengan harga 10,000 saja.

7. Ronde Moon Moon

Ronde Moon Moon
travelaper.com

Ronde enak di Surabaya selanjutnya ada di kedai Ronde Moon Moon. Kedai yang berlokasi di Jalan Dharmahusada no 130 ini memang tidak terlalu besar, tapi tempatnya cukup nyaman dan bersih untuk sekedar bersantai sambil menikmati semangkok ronde yang khas.

Tak hanya itu, kedai ini menyajikan beragam varian ronde yang bisa Anda nikmati, mulai dari ronde classic, ronde panca rasa, ronde campur, ronde polos dan ronde double nut. Harga yang dibanderol juga beragam, mulai dari 10,000 hingga 40,000 per porsinya.

Baca juga :  20 Wisata Kuliner di Surabaya Enak

8. Angsle & Ronde 66

Angsle & Ronde 66
dimanaja.com

Kedai ronde ini berada di Jalan Ploso Baru no 189, Tambaksari, Surabaya dan sudah lama terkenal dengan menu ronde dan angslenya yang khas, tak heran jika banyak yang merekomendasikan Angsle dan Ronde 66 ini sebagai salah satu ronde enak di Surabaya.

Semangkok Ronde original disini berisi ronde, kacang tanah, mutiara, kolang kaling dan kelapa yang kemudian disiram dengan kuah jahe yang aromanya harum. Istimewanya, ronde di kedai ini hangatnya awet sehingga cocok dinikmati di malam hari saat cuaca sedang dingin. Harga yang dipatok untuk seporsi ronde di kedai Angsle & Ronde 66 ini cukup terjangkau yaitu 9,000.

9. Ronde Wiguna Ny Tiwan

Ronde Wiguna Ny Tiwan
foodgrapher.com

Kedai Ronde Wiguna Ny Tiwan ini lebih dikenal sebagai Ronde Rungkut Mapan karena lokasinya berada di Jalan Rungkut Mapan no FA9, Rungkut Tengah, Surabaya. Ronde Ny Tiwan ini masuk dalam salah satu list ronde enak di Surabaya karena punya rasa yang unik, yaitu memadukan rasa ronde khas Jawa Tengah dengan Tangyuan, yaitu ronde khas Tiongkok.

Pilihan topping untuk rondenya pun cukup beragam dan bisa dipesan sesuai selera. Meskipun begitu, rasa yang dihasilkan pun cukup lembut dan aroma jahenya sangat wangi. Semangkok Ronde Ny Tiwan ini dihargai berkisar 10,000 sampai 12,000 saja.

10. Ronde Angsle Khas Wonogiri

Ronde Angsle Khas Wonogiri
harrohman.com

Ronde enak di Surabaya yang terakhir ada di kedai Ronde Angsle Khas Wonogiri. Kedai sederhana ini beralamatkan di Jalan Rungkut Madya no 133, Rungkut Kidul. Kedainya memanglah kaki lima tapi rasanya bisa dibilang setara dengan ronde bintang lima.

Anda bisa menikmati semangkok ronde dengan gula asli yang manis dipadukan dengan kacang tanah yang gurih dan kuah jahe yang aromanya sangat wangi ini dengan harga yang cukup terjangkau, mulai 10,000 saja. Untuk menikmati Ronde Angsle Khas Wonogiri ini Anda harus datang agak malam yaitu jam 8 malam dan biasanya sebelum jam 12 malam ronde ini sudah habis.



Leave a Reply