10 Pernak Pernik Khas Bali yang Cocok Dijadikan Oleh Oleh


prita  September 15, 2021  0 Comment

Tidak akan pernah ada habisnya memang jika berbicara soal Pulau Bali. Keindahan alamnya, ragam budaya yang masih terjaga sampai kulinernya yang lezat tentu menjadi daya Tarik tersendiri bagi wisatawan untuk selalu berkunjung kesana. Jika berkunjung ke Bali, rasanya belum afdol jika tidak membeli oleh oleh untuk keluarga, kerabat atau untuk diri kita sendiri. Selain oleh oleh berupa makanan, pernak pernik juga bisa menjadi salah satu pilihan oleh oleh yang wajib dibeli. Seperti 10 pernah pernik khas Bali berikut ini yang cocok untuk dijadikan oleh oleh.

1. Kerajinan Kayu Pahat

Pernak Pernik Khas Bali
indonesiakaya.com

Pernak pernik khas Bali pertama yang wajib kamu beli saat berkunjung kesana adalah Kerajinan Kayu Pahat. Kerajinan ini sangat cocok bagi kamu atau keluarga dan kerabat kamu yang suka dengan seni pahat.

Jika kamu ingin membeli aneka seni pahat, kamu bisa datang ke Gianyar yang memang kawasan tersebut dengan seni pahatnya. Seni kayu pahat yang diproduksi Gianyar ini terkenal memiliki kuaitas terbaik dan pastinya sangat indah.  Kamu juga bisa menemukan kerajinan pahat dengan berbagai macam ukuran dengan bermacam harga yang bisa kamu sesuaikan dengan budget.

paket wisata murah

Jelajahi 4 Destinasi Wisata Ubud Gratis Hanya Dengan Jalan Kaki

Kawasan Lovina Berpasir Hitam – Lovina, Bali

2. Topeng Ukir

topeng ukir khas bali
indonesiakaya.com

Topeng ukir juga menjadi salah satu pernak pernik khas Bali yang sering menjadi buruan  wisatawan. Topeng ukir ini memang masih menjadi sebuah kesenian yang dipertahankan di Pulau Dewata dalam bentun tarian ataupun drama yang menceritakan tentang kisah-kisah legenda daru pulau ini.

Ada banyak sekali jenis topeng Bali yang bisa kamu beli untuk oleh oleh khas Bali, misalnya seperti topeng calonarang yang menampilkan sosok buruk rupa dan bertaring atau ada juga yang dengan mata membelalak. Topeng ukir ini bisa kamu temukan di banyak toko oleh oleh di Bali.

3. Kerajinan Batok Kelapa

kerajinan batok khas bali
symbianplanet.net

Pernak pernik khas Bali yang cocok untuk oleh oleh selanjutnya adalah Kerajinan Batok Kelapa. Kerajinan batok kelapa ini memang sangat khas dan mudah sekali ditemukan di Bali.

Kerajinan batok kelapa ini bisa kamu temukan dalam berbagai motif yang bervariasi. Gianyar tentu bisa menjadi tujuan utama jika kamu ingin membeli kerajinan batok kelapa dengan kualitas yang terbaik. Disana kamu bisa menemukan betook kelapa dengan motif hewan, boneka, tanaman dan masih banyak lagi lainnya. Tentunya kerajinan batok kelapa ini bisa menjadi salah satu kerajinan yang indah untuk menjadi pajangan di rumah kamu.

4. Perhiasan Perak

oleh oleh khas bali
kuka.co.id

Perhiasan perak juga menjadi pernak pernik khas Bali yang wajib kamu beli untuk oleh oleh. Bali memang terkenal dengan perhiasan peraknya, salah satu tempat yang wajib kamu sambali adalah Chez Monique Jewelry.

Disini kamu bisa membuat sendiri perhiasan sesuai dengan desain yang kamu mau. Kamu bisa membuat kalung, gelang atau bahkan cincin sendiri. Tak usah khawatir jika kamu belum terbiasa karena selama pembuatan kamu akan ditemani oleh arahan orang yang sudah ahli. Perhiasan perak ini tentu saja sangat cocok bagi kamu yang ingin memberikan kado special untuk orang tersayang atau memberikan oleh oleh yang berbeda daripada yang lain.

5. Gelang Bali

gelang bali
beritabalionline.com

Pernak pernik khas Bali yang wajib kamu beli selanjutnya adalah Gelang Bali. Gelang Bali ini biasaya dibuat secara handmade dan memiliki motif yang unik.

Gelang Bali ini juga bisa kamu temukan di banyak tempat dengan budget yang tidak terlalu mahal. Gelang ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 3.500 per item-nya. Untuk harga tentunya mengikuti dengan motifnya dan motif dari gelang Bali ini cukup beragam. Mulai dari Gelang Tridatu, Gelang Rasta, Gelang Tulang, Gelang Kayu dan Gelang Manik-Manik.

6. Lukisan

Pernak Pernik Khas Bali
zbalitour.com

Lukisan juga bisa menjadi salah satu pernak pernik khas Bali yang bisa kamu jadikan oleh oleh. Bali memang dikenal sebagai pusat kesenian terbaik di Indonesia dan lukisan tentu menjadi salah satu karya seni yang cukup banyak diburu oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Berbagai lukisan bisa kamu temukan disini, mulai dari lukisan bergaya realistseperti pemandangan sawah hingga lukisan abstract yang banyak dijual di toko oleh oleh. Jika kamu ingin berkunjung langsung ke art Gallery, kamu bisa menemukannya di kawasan Ubud yang memang terkenal dengan galeri seni. Disana kamu akan menemukan beragam lukisan unik dan bagus yang dijual dengan harga yang beragam, bahkan cenderung sangat mahal.

7. Batik Bali

batik bali
tokopedia.com

Tak hanya Jawa saja yang memiliki Batik, Bali juga memiliki batik yang desainnya sangat unik dank has. Batik Bali ini tentu juga bisa menjadi pernak pernik khas Bali yang cocok untuk oleh oleh.

Batik Bali memang memiliki corak khusus yang biasanya merupakan perpaduan Antara corak modern dan tradisional. Kamu bisa membeli batik Bali ini dalam bentuk baju, dress atau kain. Batik Bali juga banyak ditemukan di pusat oleh oleh yang ada di Bali.

8. Joger

joger bali
ksmtour.com

Brand yang satu ini memang sudah cukup terkenal seantero Indonesia, bahkan hingga ke berbagai Negara sebagai salah satu merk ikonik Bali. Joger tentu bisa kamu jadikan sebagai pernak pernik khas Bali yang bisa dijadikan sebagai oleh oleh untuk keluarga di rumah.

Merk yang juga terkenal dengan sebutan “pabrik kata-kata” ini menawarkan berbagai macam produk, mulai dari kaos, tas, jaket, sandal dan masih banyak lagi souvenir lainnya. Menariknya, semua souvenir tersebut diberi desain berupa kata-kata yang lucu, khas dan pastinya yang menarik. Jika kamu tertarik untuk berbelanja Joger, kamu bisa berkunjung ke Joger yang ada di Kuta.

9. Tas Rotan

Pernak Pernik Khas Bali
id.carousell.com

Tas rotan belakangan ini menjadi sebuah fashion item yang cukup banyak dibicarakan dan digunakan. Pernak pernik khas Bali yang satu ini juga bisa kamu jadikan oleh oleh bagi sahabat wanita atau keluarga kamu yang suka dengan tas.

Tas rotan Bali ini banyak bisa ditemukan di Pasar Ubud dan memiliki berbagai jenis model. Salah satu varian yang paling banyak digemari adalah yang berbentuk bulat dengan motif bunga diatasnya.

10. Kain Bali

kain bali
facebook.com

Terakhir, pernak pernik khas Bali yang paling cocok untuk dijadikan oleh oleh adalah Kain Bali atau Sarung Bali. Kain Bali ini memang biasanya digunakan untuk bersantai di pantai, namun kain ini juga bisa kamu gunakan untuk berkunjung ke pura atau tempat suci lainnya di Bali. Kamu juga bisa menggunakan saat sedang bersantai di rumah.

Kain pantai ini memang memiliki beragam motis yang khas dan sangat indah. Mulai dari bunga-bunga hingga motif abstrak yang berwarna-warni. Kain Bali ini juga memiliki bahan yang dingin dan sangat nyaman untuk dipakai, untuk itu kain ini juga bisa digunakan sebagai selimut saat cuaca panas karena kainnya yang sangat sejuk di badan dan tidak membuat gerah.



Leave a Reply