Wisata

Air Terjun Banyumala: Ini dia Air Terjun Rekomended Buat Renang di Bali + Rute Lokasi

Pesona Bali memang terletak pada deretan pantai yang sangat indah dengan segala seluk beluk di dalamnya. Namun, tahukah kamu, jika Bali juga menyimpan destinasi wisata yang sangat menakjubkan dengan hadirnya ragam air terjun yang bisa dibilang masih cukup “perawan” untuk dijajaki dan dieksplorasi bersama.

Satu dari sekian banyak air terjun Bali yang memiliki daya tarik bagi wisatawan adalah air terjun Banyumala. Pesona indah air terjun dengan udaranya yang sangat segar menjadikan spot wisata yang sangat keren ini sebagai salah satu favorit bagi para wisatawan.

Meskipun lokasinya bisa dibilang cukup tersembunyi di balik rerimbunan daun, namun akses jalan yang menuju lokasi air terjun Banyumala ini cukup mudah dijangkau dengan jalanan yang sudah terbuat dari beton.

Seiring dengan meningkatnya popularitas dari air terjun tersebut di kalangan para wisatawan dari berbagai daerah termasuk di antaranya ada yang dari luar negeri, hal ini memberikan kesadaran bagi pemerintah daerah terutama Dinas Kehutanan untuk selalu berusaha memberikan akses yang jauh lebih baik demi kenyamanan pengunjung dalam mengeksplorasi potensi daerah yang ada di Pulau Bali ini.

 

Indahnya Air Terjun Banyumala Bak Kolam Renang Alami

youtube.com/watch?v=snbmLqhCn0U

Kaitannya dengan air terjun Banyumala, bisa dikatakan jika keindahan air terjun yang satu ini memiliki dua anakan yang ada di sebelah kanan dan kirinya dengan debit air yang tidak terlalu deras.
Dengan dikelilingi oleh vegetasi alami yang masih terlihat hijau dan asri, air terjun dengan kolam yang ada di bagian tengahnya dengan kedalaman 2 meter serta diameter sepanjang 20 meter ini membentuk suatu bulatan. Sedangkan untuk akses menuju lokasi wisata ini dari pos tiket masuk ditempuh dengan perjalanan menyusuri hutan yang cukup lebat dengan nuansanya yang masih terkesan menyejukkan.

 

Jangan ketinggalan dengan aktivitas di air terjun Banyumala

Dengan kawasan yang berupa lembah berbatu tempat turunnya air dari ketinggian tertentu ini menjadikan keindahan alam ini nampak bagai lukisan alam yang sangat memukau. Lokasinya yang cukup tenang dan jauh dari kebisingan perkotaan menjadikan lokasi air terjun Banyumala ini cocok untuk dijadikan sebagai cara untuk menenangkan diri sekaligus menyegarkan pikiran. Untuk kamu yang tiba di sana, pastinya tidak akan lengkap jika tidak bermain di bawah air terjun tersebut.

Pasalnya, gubangan air yang sangat jernih tersebut mampu menampilkan dasar kolam, sehingga sayang untuk dilewatkan begitu saja. Sedangkan ragam aktivitas yang bisa kamu lakukan setibanya di lokasi adalah dengan mandi sekaligus berenang untuk merasakan sensasi segarnya air yang jatuh dari tebing. Bagi kamu yang tidak bisa berenang dan sangat ingin menikmati segarnya air terjun tersebut, maka kamu bisa sekedar bermain di wilayah yang dangkal dari air terjun Banyumala.

Selain itu, di air terjun Banyumala, kamu juga bisa melakukan selfie bersama teman-temanmu. Keindahan alam di obyek wisata yang satu ini sangat sayang jika kamu abaikan begitu saja. oleh sebab itu, jangan sampai melewatkan setiap momen di lokasi wisata dengan mengambil gambar sepuasnya.

Carilah spot terbaik di lokasi tersebut untuk mendapatkan hasil gambar yang luar biasa indahnya. Jika kameramu dilengkapi dengan kemampuannya untuk tahan air, kamu bisa mengambil foto sembari menyelam di dasar kolam yang ada di bawah air terjun. Sangat mengasyikkan bukan?

Sedangkan untuk kamu yang tidak ingin basah-basahan, sesampainya di air terjun Banyumala, kamu bisa duduk manis sembari menikmati pemandangan alam sekitar. Udaranya yang segar dan suara gemuruh dari air yang jatuh dari tebing menjadikan para wisatawan sangat betah untuk sekedar duduk-duduk di lokasi ini. Tidak mengherankan jika tempat wisata air terjun yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai pelarian untuk menenangkan diri dari hiruk pikuk dunia.

 

Jam operasional dan fasilitas dari air terjun Banyumala

Untuk kamu yang memang ingin mengeksplorasi alam wisata ini, pastikan pergi mengunjungi wisata ini pada pukul 08.00 WITA – 17.00 WITA. Sedangkan hari kerjanya, bisa dibilang jika air terjun Banyumala ini akan buka setiap hari, termasuk hari libur. Terkait dengan fasilitas yang ada di lokasi tersebut, bisa dibilang masih belum cukup mendukung.

Bisa dilihat hanya ada beberapa warung penyedia makanan saja yang lokasinya ada di pintu masuk wisata. Hingga saat ini, pihak pemerintah setempat masih merasa kesulitan dalam membangun fasilitas pendukung lainnya mengingat lokasinya yang tersembunyi di balik rimbunnya vegetasi alam pulau Bali.

 

Rute Menuju Air Terjun Banyumala

Untuk kamu yang sangat penasaran dan ingin tahu secara langsung mengenai air terjun Banyumala, sudah sepantasnya jika kamu segera meluncur ke wilayah Desa Wanagiri, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Lokasinya yang berada di sebelah barat dari danau Buyan dan juga danau Tamblingan ini menjadikan akses wisata ke lokasi ini bisa ditempuh dengan melalui kawasan Bedugul yang dalam hal ini adalah jalan Denpasar – Singaraja.

Selain itu, kamu bisa melewati Jalan Raya Munduk – Singaraja. Jika perjalananmu ke air terjun Banyumala dimulai dari Bedugul, kamu bisa menuju jalan Raya Denpasar hingga kamu menemukan sebuah pertigaan di daerah Gobleg. Selanjutnya, kamu bisa mengambil jalan yang mengarah ke kecamatan Busung Biu dan juga Kota Singaraja. Dari sini, kamu bisa belok kiri dengan menyusuri jalan utama Danau Buyan dan juga Tamblingan.

Dengan mengikuti alur jalan ini, kamu akan menemukan petunjuk jalan yang mengarah pada lokasi obyek wisata air terjun Banyumala. Melalui perjalanan sejauh 3.5km, kamu akan tiba di pintu masuk lokasi wisata dan di sini kamu bisa membeli tiket masuk sebesar Rp 10,000 per orang. Pastikan untuk tidak menggunakan kendaraan umum ataupun mobil, sebab aksesnya yang tidak terlalu luas dan hanya cukup dilalui kendaraan bermotor.

Sedangkan untuk kamu yang berangkat dari wilayah Singaraja, untuk tiba di air terjun Banyumala ini, kamu bisa mencari jalur Singaraja – Bedugul. Dengan melalui jalur tersebut, kamu akan tiba di sebuah tempat yang banyak ditemukan monyet.

Dari sini, kamu bisa mencari arah ke Gobleg dan saat kamu menyusuri arah tersebut, tidak lama kemudian kamu akan menemukan sebuah petunjuk jalan yang mengarahkan kamu menuju lokasi wisata. Ikuti petunjuk jalan tersebut dan kamu akan sampai di lokasi wisata yang sangat menakjubkan.

Keindahan air terjun Banyumala bisa kamu nikmati dengan segera bergegas menuju ke desa Wanagiri. Di lokasi ini kamu akan menemukan berbagai keindahan alam yang sangat menakjubkan berupa twin waterfall yang mengalir dari tebing berbatu.

Di bawah air terjun tersebut ada sebuah kolam yang digunakan sebagai wahana berenang para pengunjung yang ingin berbasah-basahan. Dengan ragam pesona alam yang ditawarkan oleh alam Buleleng, menjadikan wisata air terjun yang lokasinya cukup tersembunyi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan wisatawan.

Join The Discussion