Waspada! Nih 10 Pantai Paling Berbahaya di Dunia


prita  July 21, 2022  0 Comment

Pantai merupakan salah satu destinasi wisata paling favorit bagi banyak wisatawan di seluruh dunia, khususnya bagi pecinta olahraga air. Tak hanya itu, banyak wisatawan yang memilih untuk berlibur ke pantai untuk menikmati suasananya yang indah seperti deburan ombak, air pantai yang biru, semilir angin hingga langit sore yang cantik. Namun, siapa sangka pantai tak selalu menjadi tempat berlibur yang aman? Hal tersebut karena ada beberapa pantai paling berbahaya di dunia sehingga tidak cocok dijadikan sebagai tempat wisata. Beberapa pantai tersebut yang memiliki larangan untuk dikunjungi karena memiliki bahaya yang mengintai. Pantai mana sajakah? Berikut adalah daftarnya.

1. Bikini Atoll, Kepulauan Marshall

Bikini Atoll
superlive.id

Jika kamu sering menonton serial kartun Spongebob, tentunya sudah tak asing lagi dengan pulau ini. Kota Fiksi Bikini Bottom ini berada di bawah Pulau Atoll yang memang nyata keberadaannya. Pulau tersebut berada di Kepulauan Marshall di Samudera Pasifik.

Keindahan pulau ini menyembunyikan sejarah yang menyeramkan karena dulunya menjadi tempat uji coba senjata nuklir yang dilakukan oleh Angkatan Darat Amerika Serikat di tahun 1946 hingga 1958. Makanan dan sumber daya di pulau tersebut tidak aman untuk dikonsumsi karena daerah tersebut terlalu terkontaminasi oleh radiasi. Tak heran jika Bikini Atoll ini menjadi salah satu pantai paling berbahaya di dunia.

Gotravelly

Menikmati Indahnya Selat Bali Dari Pantai Cacalan, View-Nya Kece

Pantai Eksotis Dan Tersembunyi, Pantai Tegal Wangi Bali

2. Cape Tribulation, Australia

Cape Tribulation
daintreerainforesttour.com.au

Pantai paling berbahaya di dunia berikutnya adalah Cape Tribulation yang berada di bagian utara Queensland, Australia. Cape Tribulation merupakan rumah monster serta dinobatkan sebagai tempat paling tidak aman untuk berwisata karena di dalamnya hidup banyak sekali hewan buas yang mematikan.

Pantai di area utara Queensland ini menjadi rumah bagi ubur-ubur kotak yang beracun, buaya, ular berbisa, pohon menyengat dan burung kasuari yang agresif dan mematikan.

3. Pantai Hanakapiai, Hawaii

Pantai Hanakapiai
en.wikipedia.org

Pantai Hanakapiai menjadi salah satu pantai paling berbahaya di dunia yang patut untuk kamu waspadai. Pantai yang berlokasi di Kepulauan Kauai, Hawaii ini mungkin terlihat seperti surge, namun keindahannya tentu menipu banyak wisatawan yang datang.

Pantai Hanakapiai ini menjadi salah satu tempat paling berbahaya untuk berenang karena arus pecah yang kuat dan ombah yang mampu menyapu orang ke laut. Kondisi yang berbahaya inilah yang membuat pantai ini telah memakan banyak korban. Arus robekan di pantai ini sangat kuat karena tidak ada terumbu karang yang dapat memecah ombak.

4. Gansbaai, Afrika Selatan

Pantai Paling Berbahaya di Dunia
checkyeti.com

Pantai paling berbahaya di dunia berikutnya adalah Gansbaai. Gansbaai merupakan kota nelayan sekaligus tujuan wisata yang populer di Overberg District Municipality, Western Cape, Afrika Selatan.

Kota yang mendapat julukan sebagai “Ibukota Hiu Putih Besar Dunia” ini memang memiliki pantai yang cukup berbahaya karena banyaknya hiu pemangsa tersembunyi di lepas pantai. Hiu-hiu tersebut berdatangan kesana karena adanya koloni 60 ribu anjing laut berbulu yang hidup di Shark Alley.

5. Pantai Chowpatty, India

Pantai Chowpatty
kompas.com

India juga memiliki salah satu pantai paling berbahaya di dunia bernama Pantai Chowpatty yang berada di Mumbai. Pantai ini tidak memiliki arus yang deras ataupun banyaknya hewan buas, melainkan memiliki tingkat polusi yang sangat tinggi.

Limbah dan puing-puing menutupi perairan dan garis pantai ini. Ditambah lagi sengan adanya sebuah kecelakaan di tahun 2011 yang membuat pantainya menjadi semakin tercemar. Konsentrasi bakteri coliform fecal sangat tinggi di pantai ini, baik itu di air maupun di pasir.

6. Morecambe Bay, Inggris

Morecambe Bay
thebeachguide.co.uk

Pantai paling berbahaya di dunia yang satu ini juga tak kalah indah, yaitu Morecambe Bay yang berada di Lancashire, Inggris. Pantai ini bukan terkenal dengan hewan buasnya ataupun ombaknya yang besar, melainkan memiliki banyak rintangan bagi wisatawan.

Rintangan tersebut bisa dibilang aneh, seperti adanya pasir hisap, parit yang bergeser dan drainase sungai. Masyarakat setempat diketahui memakail traktor untuk menjelajahi kawasan pantai tersebut. Diantara mereka, banyak mesin yang digunakan tenggelam ke dalam pasir isap dan tak pernah terlihat kembali.

7. Pantai New Smyrna, Amerika Serikat

Pantai New Smyrna
mynews13.com

Berlokasi di Florida, Amerika Serikat, ada sebuah pantai paling berbahaya di dunia yang cukup terkenal, yaitu Pantai New Smyrna. Pantai ini dikenal dengan serangan hiu yang berbahaya.

Wisatawan yang datang ke Pantai News Smyrna ini lebih beresiko menghadapi serangan hiu daripada wisatawan di pantai-pantai lain di dunia. Tercatat sejak 2009, ada lebih dari 80 kasus gigitan hiu yang dilaporkan. Angka tersebut terbilang lebih besar dibandingkan dengan tempat lain.

8. Pantai Amazon, Amerika Serikat

Pantai Amazon
traveller.com.au

Pantai paling berbahaya di dunia berikutnya juga masih berada di Amerika Serikat, yaitu Pantai Amazon. Pantai ini memang dikenal memiliki banyak hewan berbahaya yang bisa menimbulkan masalah bagi perenang.

Hewan-hewan yang bisa ditemukan di kawasan pantai ini seperti belut listrik, piranha, anakonda dan ikan vampir. Tak hanya itu, kawasan ini juga diketahui menjadi rumah bagi banyak kelompok kriminal, seperti pengedar narkoba dan perampokan. Hal tersebut larena ada ratusan sungai kecil yang bisa memudahkan para penjahat untuk melarikan diri.

9. Pantai Myrtle, Amerika Serikat

Pantai Myrtle
365atlantatraveler.com

Pantai Myrtle juga menjadi salah satu pantai paling berbahaya di dunia. Pantai yang berada di South Carolina, Amerika Serikat ini memang tidak menyimpan ancaman bahaya dari serangan hiu ataupun polusi yang tinggi layaknya pantai berbahaya lainnya.

Namun, di tahun 2017, Pantai Myrtle ini menempati posisi ketiga pantai paling berbahaya di Amerika karena angka kriminalnya sangat tinggi. Meskipun hal tersebut sempat dibantah oleh warga setempat. Untuk itu, jika kamu berencana untuk mengunjungi pantai tersebut, kamu harus berhati-hati ya.

10. Playa Zipolite, Meksiko

Playa Zipolite
ownmexico.org

Pantai paling berbahaya di dunia yang terakhir adalah Playa Zipolite. Pantai yang mendapat julukan sebagai “Pantai Kematian” ini berada di Meksiko dan membuat banyak orang berpikir dua kali untuk datang kesana.

Playa Zipolite ini memang tampak bagaikan oasis yang indah, namun pantai yang berada di Meksiko ini memiliki arus bawah yang sangat kuah dan fatal. Jika berencana untuk berenang disana, disarankan untuk berhati-hati karena bisa saja secara tiba-tiba wisatawan terjebak di arus yang kuat.

Itulah tadi beberapa daftar pantai paling berbahaya di dunia. Jangan pernah sekali-kali berlibur ke tempat-tempat tersebut karena liburanmu yang awalnya untuk bersenang-senang malah berakhir petaka. Untuk itu, kamu bisa cari alternatif pantai lainnya yang jauh lebih indah dan pastinya lebih aman untuk berlibur ataupun untuk melakukan olahraga air. Selamat berlibur.



Leave a Reply