Nggak Hanya Tahu, Berikut 10 Oleh oleh Khas Kediri


Fida  February 18, 2021  0 Comment

Kediri merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki cukup banyak tempat wisata serta kuliner yang khas. Tidak heran jika Kediri menjadi salah satu daerah di Jawa Timur yang sering dituju oleh wisatawan yang berasal dari luar kota maupun luar provinsi.

Saat berlibur ke Kediri, tidak ada salahnya untuk menyempatkan membeli oleh-oleh. Kediri memang dikenal dengan kota tahu yakni memiliki oleh-oleh tahu kuning yang khas. Tetapi selain itu, Kediri juga memiliki banyak oleh-oleh atau buah tangan lain yang bisa Anda bawa pulang. Berikut daftar

Oleh-oleh khas Kediri Yang wajib Anda beli

1. Gethuk Pisang

gethuk pisang
bisnisukm.com

Saat berada di Kediri Jawa Timur, Anda tentu akan dengan mudah menjumpai salah satu oleh oleh khas Kediri yakni gethuk pisang. Sesuai dengan namanya, gethuk yang satu ini dibuat dengan bahan dasar pisang. Jika dilihat sekilas ketuk pisang memiliki bentuk mirip dengan lontong. Getuk pisang juga dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Saat berada di Kediri, Anda tentu tidak akan kesulitan untuk menemukan penjual getuk pisang. Cita rasa getuk pisang yang nikmat dan khas menjadikan jajanan yang satu ini sayang untuk Anda lewatkan.

Review kuliner

Menikmati Senja Di Gunung Kelud

Es Pink Pink, Minuman Menyegarkan Yang Ngangeni Dari Kediri

2. Tahu Takwa atau Tahu Kuning

tahu takwa
radarkediri.jawapos.com

Saat mencari oleh oleh khas Kediri, tahu takwa tentu menjadi salah satu oleh-oleh yang tidak boleh dilewatkan. Dengan warna kuning ini sudah melekat sebagai oleh-oleh yang cukup populer dari kota Kediri. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang padat menjadikan tahu takwa banyak diminati oleh wisatawan yang datang ke Kediri.

Anda bisa menikmati tahu takwa secara langsung atau menggorengnya terlebih dahulu. Jika membeli tahu takwa, Anda akan mendapatkan wadah yang khas yakni kotak yang terbuat dari anyaman bambu.

3. Stik Tahu

 Stik Tahu
shopee.co.id

Selain tahu kuning atau tahu takwa, salah satu oleh oleh khas Kediri yang sayang untuk dilewatkan adalah stik tahu. Seperti bentuk stik pada umumnya, tidak tahu juga memiliki bentuk yang memanjang. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah menjadikan camilan yang satu ini cocok dipilih sebagai oleh-oleh.

Anda akan dengan mudah menjumpai stik tahu di toko oleh-oleh di Kediri. Harganya yang cukup terjangkau dan rasanya yang enak menjadikan stik tahu sebagai salah satu pilihan oleh-oleh yang tepat.

4. Sambal Tumpang

Sambal Tumpang
yummy.co.id

Menikmati sambal tumpang di Kediri tentu menjadi salah satu hal yang menyenangkan. Selain dinikmati di tempat, banyak wisatawan yang membawa pulang tahu tumpang sebagai oleh-oleh khas Kediri. Anda bisa dengan mudah menjumpai sambal tumpang di beberapa toko oleh-oleh atau pasar tradisional.

Sambal tumpang menawarkan cita rasa yang khas dengan bahan dasar tempe. Biasanya, sambal tumpang dihidangkan bersama dengan nasi pecel. Bagi Anda pecinta pedas, sayang untuk tidak mencoba lezatnya sambal khas Kediri yang satu ini.

5. Kopi Brontoseno

Kopi Brontoseno
cikopi.com

Kopi brontoseno menjadi salah satu oleh oleh khas Kediri yang wajib Anda coba. Bagi pecinta kopi, Anda tentu akan termanjakan dengan cita rasanya yang khas. Kopi brontoseno memiliki aroma yang cukup menyengat dengan cita rasa yang nikmat. Tidak heran jika banyak orang yang menyukai kopi brontoseno.

Kopi yang satu ini dikenal memiliki harga yang cukup terjangkau yakni berkisar Rp 27.000,- hingga Rp 35.000,- per bungkus. Anda bisa dengan mudah menjumpai kopi yang satu ini khususnya saat berada di sekitar Jalan Dhoho, Kediri.

6. Coklat Tempe

Coklat Tempe
bukalapak.com

Pernahkah Anda membayangkan cita rasa coklat yang berpadu dengan tempe? Saat berada di Kediri, Anda bisa mencoba lezatnya coklat tempe. Salah satu oleh-oleh khas Kediri ini memiliki bahan dasar tempe yang dibalut dengan lumuran coklat. Rasanya yang manis dan gurih tentu sangat unik dan banyak diminati oleh wisatawan.

Meskipun terbilang cukup unik, tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk menikmati lezatnya coklat tempe khas Kediri. Harga satu bungkus coklat tempe hanya dibandrol sekitar Rp 10.000,-. Anda bisa membelinya di Niki Coklat Tempe yang berlokasi di daerah Sambirejo, Kediri. Salah satu oleh-oleh khas Kediri yang sayang untuk tidak Anda coba.

7. Keripik Bekicot

Keripik Bekicot
food.detik.com

Keripik bekicot menjadi salah satu oleh oleh khas Kediri yang cukup mudah dijumpai. Keripik yang termasuk kuliner ekstrem ini membuat cukup banyak orang penasaran dan ingin mencobanya. Pare menjadi salah satu lokasi di Kediri yang menjual banyak keripik bekicot. Biasanya keripik bekicot dijual dengan harga yang berkisar Rp 50.000,- hingga ratusan ribu per kilogram.

Bekicot sendiri merupakan hewan sejenis siput yang banyak ditemui saat musim hujan. Setelah dibersihkan dan diolah, bekicot menawarkan cita rasa gurih dan tekstur yang renyah. Jika penasaran, anda bisa mencobanya saat berada di Kediri, Jawa Timur.

8. Tahu Pong

tahu pong
mommyasia.id

Tentu sudah tidak asing didengar bahwa tahu pong merupakan salah satu oleh oleh khas Kediri yang sangat populer. Tahu pong memiliki perbedaan dengan tahu lainnya yakni isian tahu ini kosong melompong.

Anda bisa menikmati jajanan tahu pong lengkapi yakni sambal petis atau cabe rawit. Adanya tambahan sambal tentu membuat cita rasa tahu pong semakin lezat saat dinikmati. Oleh oleh tahu pong bisa Anda dapatkan di Toko Tahu Poo yang berada di Jalan Yos Sudarso Kediri. Perlu mengeluarkan biaya mahal untuk membeli oleh-oleh yang satu ini, yakni hanya berkisar Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,- saja.

9. Tenun Ikat Bandar

Tenun Ikat Bandar
cantik.tempo.co

Ada cukup banyak oleh-oleh khas Kediri yang bisa Anda pilih untuk dibawa pulang salah satunya adalah Tenun Ikat Bandar. Kain unik khas Kediri yang satu ini cocok digunakan sebagai oleh-oleh untuk keluarga maupun kerabat. Bandar Kidul Kota Kediri merupakan lokasi di mana kain yang satu ini banyak dibuat oleh masyarakat. Anda bisa datang ke kawasan Bandar Kidul untuk memilih kain terbaik dengan harga yang terjangkau.

Tenun Ikat Bandar menjadi salah satu karya tenun Indonesia yang berasal dari benang pakan dan juga benang lungsin. Untuk mendapatkan kain yang satu ini Anda hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp 14.000, -. Terdapat banyak pilihan motif dan variasi yang bisa Anda pilih.

10. Tas Batik

Oleh oleh Khas Kediri
topijelajah.com

Saat bingung mencari oleh oleh khas Kediri, tas batik bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk Anda pilih. Tas batik Kediri memiliki motif yang khas dan unik. Kualitasnya yang bagus juga menjadikan tas batik Kediri sebagai salah satu oleh-oleh yang tepat untuk diberikan kepada kerabat atau keluarga di rumah.

Itulah 10 oleh-oleh khas Kediri yang sayang untuk Anda lewatkan. Anda akan dengan mudah menjumpai berbagai oleh-oleh tersebut saat berada di Kota Kediri, Jawa Timur.



Leave a Reply