10 Rekomendasi Oleh Oleh Khas Tegal Yang Menjadi Buruan Wisatawan


prita  April 11, 2021  0 Comment

Tegal merupakan salah satu kota kecil yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Kota yang mendapat julukan sebagai Kota Bahari ini memang sangat terkenal dengan wisata dan budayanya. Lokasinya yang berada di kawasan pantura ini tentu membuat kabupaten Tegal dianugerahi dengan sederet pantai yang cantik. Berlibur ke Tegal tentunya kamu harus membeli oleh oleh khas untuk dibawa pulang. Tak perlu bingung untuk membeli oleh oleh, karena berikut ini adalah

Rekomendasi Oleh Oleh Khas Tegal yang wajib untuk kamu beli

1. Latopia

Latopia
umkm-tgr.com

Oleh oleh khas Tegal yang pertama wajib kamu bawa pulang adalah Latopia. Latopia ini merupakan sejenis jajanan yang mirip dengan bakpia, namun bedanya latopia memiliki ukuran yang lebih besar serta memiliki kulit pias yang lebih gurih dan renyah.

Latopia ini memiliki bentuk yang lebih padat dan pastinya rasanya tak kalah nikmat. Tidak susah untuk menemukan latopia di Tegal, pasalnya kamu bisa menemukannya di pusat oleh oleh atau juga di pasar tradisional. Untuk harganya sendiri bisa dibilang cukup terjangkau, yaitu berkisar Rp 15.000 per plastiknya.

paket wisata murah

Warung Makan Pi’an, Tempat Makan Legendaris Wajib Coba Di Tegal!

Martabak Telur Tegal Enaknya Ugal Ugalan

2. Kerupuk Antor

Kerupuk Antor
panturapost.com

Kerupuk Antor juga menjadi pilihan oleh oleh khas Tegal yang sayang sekali untuk dilewatkan. Kerupuk Antor ini memang memiliki tampilan yang tak biasa jika dibandingkan dengan kerupuk pada umumnya. Hal ini dikarenakan kerupuk ini digoreng dengan menggunakan pasir.

Kerupuk Antor memiliki warna hitam kecokelatan yang membuatnya terlihat seolah kotor, namun justru itulah yang menjadi kelezatannya. Kerupuk ini ada yang berwarna dasar putrih da nada yang berwarna-warni, keduanya sama-sama berlapis bumbu kecokelatan. Jika kamu ingin membelinya, kamu bisa berkunjung ke pasar tradisional yang ada di kabupaten Tegal, seperti Pasar Trayeman dan Pasar Banjaran.

3. Kamir

Kamir
palmia.co.id

Oleh oleh khas Tegal lainnya yang wajib untuk kamu bawa pulang adalah Kamir. Kamir merupakan kue yang terbuat dari tape singkong dan tepung terigu yang kemudian dicampur dengan susu putih.

Kamir memiliki cita rasa yang enak dan bisa bertahan selama satu hari jika disimpan dalam suhu ruangan biasa. Jajanan khas Tegal ini bisa kamu temukan dengan mudah di pinggir jalan. Kamu bisa menyusuri Jalan RSUD Kardinah hingga jalan Rumah Berslin di kawasan Tegal untuk menemukannya.

4. Kacang Bogares

Kacang Bogares
lazada.co.id

Kalau kamu suka dengan camilan berupa kacang-kacangan, kamu bisa memiliki kacang Bogares ini sebagai oleh oleh khas Tegal yang bisa kamu bawa pulang. Kacang Bogares ini merupakan kacang kulit yang memiliki rasa yang unik dan gurih.

Kacabg Bogares memang menjadi salah satu oleh oleh yang cukup banyak diburu oleh wisatawan saat berkunjung ke Tegal. Kamu yang ingin membeli kacang bogares ini bisa berkunjung ke pasar tradisional atau di pusat oleh oleh yang ada di kota Tegal.

5. Manisan Cerme

Manisan Cerme
facebook.com

Manisan Cerme juga menjadi salah satu oleh oleh khas Tegal yang banyak diburu oleh wisatawan. Sesuai dengan namanya, manisan ini terbuat dari buah cerme atau cermai yang memiliki rasa yang segar dan nikmat.

Manisan Cerme ini memang sering dijadikan sebagai oleh oleh saat wisatawan datang ke Tegal. Manisan ini memiliki cita rasa yang khas dan bisa membuat siapapun ketagihan saat pertama kali mencobanya. Untuk membeli manisan cerme ini kamu bisa berkunjung ke kawasan Guci, kawasan tersebut memang dikenal sebagai kawasan yang mana mayoritas masyarakatnya berprofesi menjadi petani cerme.

6. Gemblong Ocar Acir

Gemblong Ocar Acir
panturapost.com

Oleh oleh khas Tegal yang satu ini mungkin terdengar asing ditelinga kita, namun jajanan yang satu ini memiliki cita rasa yang sangat istimewa. Gemblong Ocar Acir ini merupakan jajanan tradisional yang kuno dan sekarang mulai susah dicari.

Gemblong Ocar Acir ini merupakan sajian yang terbuat dari singkong yang direbus kemudian ditumbuk kemudian dibentuk padat. Penyajian dari gemblong ocar acir ini diberi dengan gula merah cair dan taburan kelapa muda parut. Perpaduan yang unik tersebut tentu menjadikan jajanan ini memiliki rasa yang unik.

Jajanan ini memang mulai susah ditemukan karena terpengaruh dengan perubahan zaman dimana mulai banyak bermunculan jajanan kekinian. Meskipun begitu, kamu juga masih bisa menemukan gemblong ocar acir ini di kawasan pasar tradisional di Tegal dengan harga yang cukup terjangkau.

7. Pilus

Pilus
commons.wikimedia.org

Pilus merupakan sebuah camilan dengan cita rasa gurih yang unik dan sangat cocok untuk kamu jadikan oleh oleh khas Tegal. Pilus khas Tegal memang memiliki rasa yang cenderung gurih dan sangat nikmat.

Pilus ini biasa disajikan dengan sebagai pendamping makanan berkuah atau bisa juga dinikmati sebagai camilan. Pilus khas Tegal ini tidak menggunakan bahan pengawet dan hanya mampu bertahan sampai 1 bulan saja dalam keadaan tertutup rapat sehingga teksturnya masih renyah.

8. Kaos Galgil

Kaos Galgil
wisatahore.com

Oleh oleh khas Tegal ternyata tidak melulu makanan, lho. Ada salah satu oleh oleh yang tak boleh dilewatkan yaitu Kaos Galgil. Kaos Galgil ini memang sangat populer di Tegal karena memiliki desain yang khas dan kekinian.

Jika ingin membeli kaos ini, kamu bisa berkunjung ke pusat tokonya yang berada di Jalan Mangkukusuman, Tegal. Disini kamu bisa dengan mudah memesan motifnya atau desain yang telah tersedia. Kamu juga bisa memilih ukuran sesuai dengan ukuran yang ingin kamu beli. Kaos dengan desain unik ini tentu sangat cocok dijadikan sebagai oleh oleh untuk keluarga atau kerabat kamu.

9. Poci Tegal

Poci Tegal
dayyamesin.com

Kalau kamu mengkoleksi ragam peralatan makan, kamu wajib untuk membeli poci khas Tegal ini sebagai oleh oleh khas Tegal. Set poci khas Tegal ini juga bisa kamu jadikan hadiah untuk keluarga atau kerabat kamu, lho.

Kamu yang ingin membelinya, bisa langsung datang ke kawasan Talang yang memang dikena sebagai pusat pengrajin poci di Tegal. Atau kamu juga bisa membelinya di dalam mall atau supermarket yang ada di Tegal. Harga untuk satu set poci Tegal ini dibanderol dengan harga berkisar Rp 80.000 rupiah saja.

10. Mug Tanah Liat

Mug Tanah Liat
narmadi.com

Oleh oleh khas Tegal yang terakhir adalah Mug tanah liat. Mug tanah liat ini tentu bisa menjadi buah tangan yang menarik untuk keluarga di rumah.

Kamu bisa menemukan mug tanah liat ini dengan mudah di tegal karena souvenir ini tersebar di beberapa toko souvenir yang ada di Tegal. Bisa dibilang jika mug tanah liat ini merupakan souvenir yang unik dank has. Untuk harganya sendiri cukup ramah dikantong dan tidak terlalu mahal.

Nah, demikianlah 10 rekomendasi oleh oleh khas Tegal yang wajib kamu beli untuk keluarga dan kerabat di rumah. Puas berlibur di Tegal, jangan lupa untuk membeli oleh olehnya ya.



Leave a Reply