10 Destinasi Wisata di Bali Barat Bikin Kangen Berat


Reni  December 7, 2019  0 Comment


Julukan Pulau Dewata memang layak disandang Bali. Keindahan tropis Bali yang memukau tidak henti-hentinya menarik wisatawan baik dari seluruh Indonesia maupun mancanegara. Mungkin Anda sudah sering mengunjungi daerah-daerah yang menjadi tujuan utama turis, seperti Ubud, Kuta, atau Seminyak. Tetapi, masih banyak tempat-tempat indah yang tidak banyak dikunjungi di Bali. Bali Barat adalah area yang kurang terkenal, walaupun paling dekat dengan Pulau Jawa. Namun, ternyata daerah ini memiliki banyak destinasi luar biasa yang belum dipadati pengunjung. Berikut adalah obyek wisata di Bali Barat yang harus kamu kunjungi.

1. Pantai Medewi

Pantai Medewi
instagram.com/exploremedewi


Penggemar surfing akan menemukan surga di Pantai Medewi Pekutatan. Ombaknya besar dan ideal untuk berselancar. Pantai Medewi sudah terkenal di kalangan peselancar pemula dan pro dari dalam dan luar negeri. Pantai terletak di Desa Medewi yang kecil dan hanya ramai dikunjungi pecinta surfing. Walaupun terletak di desa kecil, tempatnya tidak terpencil karena tidak jauh dari Jalan Raya Denpasar-Gilimanuk, sekitar 100 meter saja.
Walaupun tidak suka berselancar, kamu masih bisa menikmati tempat berlibur ini lho! Kamu bisa duduk santai di pantai, melihat pemandangan pantai dan pegunungan yang mencengangkan sambil menikmati desir angin. Jika kamu datang pada sore hari, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbenam atau sunset yang memesona.

Gotravelly

Pulau Menjangan; Traveling N Teaching 1000 Guru Surabaya Spesial Hardiknas

Pesona Air Terjun Telaga Warna Nan Eksotis Di Kota Malang

2. Air Terjun Juwuk Manis

 Air Terjun Juwuk Manis
instagram.com/infojembrana


Di daerah wisata Bali Barat juga terdapat banyak air terjun yang tidak kalah indah dengan pantainya. Air Terjun Juwuk Manis adalah yang paling populer di kawasan Jembrana. Untuk mengunjungi obyek wisata ini, kamu harus menempuh sekitar dua jam perjalanan dari Denpasar.
Air Terjun Juwuk Manis memiliki sebuah keunikan. Pada musim hujan, aliran air terjun ini sangat deras. Tetapi pada musim kemarau airnya lebih sedikit sehingga alirannya akan berpisah menjadi dua air terjun. Di dasar air terjun ada sebuah kolam kecil di mana kamu bisa bermain air dan berenang.

3. Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat
instagram.com/liburanbali


Kawasan yang sering disingkat TNBB ini mudah diakses karena jaraknya yang dekat dengan Pelabuhan Gilimanuk. TNBB adalah satu-satunya taman nasional di Bali. Kamu bisa melihat langsung berbagai jenis flora dan fauna. Salah satunya adalah Jalak Bali yang hampir punah.
Taman nasional ini memiliki pemandangan yang luar biasa. Terdapat dua jenis ekosistem di sini. Ekosistem darat mencakup hutan mangrove, savana, hutan hujan, dan hutan evergreen. Sedangkan ekosistem laut mencakup terumbu karang, pantai, dan perairan laut dangkal maupun dalam. Kamu bisa melihat banyak gunung di sekitar destinasi liburan yang luar biasa ini.

4. Pulau Menjangan

Pulau Menjangan
instagram.com/nowbalimag


Pulau Menjangan yang terletak di Selat Bali masih termasuk dalam wilayah TNBB. Pulau Menjangan adalah kawasan konservasi menjangan atau rusa. Kamu akan melihat menjangan di seluruh pulau ini, tidak hanya di area padang rumput tetapi juga bahkan di sekitar pantai.
Pulau ini adalah sebuah perpaduan harmonis antara keindahan darat dan laut. Selain melihat menjangan, kamu juga bisa menjelajahi hutan mangrove di kawasan ini. Kamu pun dapat menyelam untuk berinteraksi dengan penyu, terumbu karang, dan biota laut lainnya. Obyek wisata ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai kegiatan outdoor. Tetapi jika kamu tidak ingin melakukan aktivitas fisik, kamu masih bisa bersantai di pantai berpasir putih yang indah.

5. Pantai Karang Sewu

Pantai Karang Sewu
instagram.com/infiatravel


Pantai yang masih termasuk wilayah TNBB ini mulai menarik minat turis karena pemandangan matahari terbitnya yang indah. Di pantai tersebut juga terdapat sebuah jembatan yang menjorok ke laut. Jika berfoto di tempat ini saat sunrise, hasilnya adalah jepretan ciamik yang layak dipamerkan di Instagram. Di lokasi berlibur ini juga terdapat padang rumput yang tidak kalah memukau. Kamu bisa berfoto-foto atau bersantai-santai di bawah bayangan teduh pohon bidara.

6. Makam Jayaprana

Makam Jayaprana
instagram.com/uwieromon


Makam terkenal di Bali Barat ini mengenang Nyoman Jayaprana yang tampan dan istrinya, Ni Layonsari yang jelita. Raja yang menginginkan Layonsari menugaskan Jayaprana dalam sebuah misi yang membunuhnya. Layonsari pun bunuh diri untuk mengikuti suaminya.
Makam Jayaprana terletak di hutan Teluk Terima yang menyerupai setting serial Game of Thrones. Hutan ini masih termasuk dalam wilayah TNBB. Makam tersebut berupa sebuah pura bernama Pura Teluk Terima, tempat masyarakat sekitar sering berziarah. Pura yang juga disebut Pura Jayaprana ini bukan hanya tempat beribadah tetapi juga merupakan obyek wisata yang indah. Di sini, kamu bisa mencuci mata dengan indahnya hutan dan laut Teluk Terima sambil menikmati angin sepoi-sepoi.

7. Puncak JR

 Puncak JR
instagram.com/ibdwidarmada


Puncak JR atau Jumpa Remaja mendapatkan namanya karena tebing ini populer untuk anak muda Bali berfoto ataupun sekedar bersantai dan menikmati pemandangan. Untuk mencapai destinasi wisata ini, kamu memang harus melewati jalan tanjakan yang cukup jauh. Tetapi, semua rasa lelah itu akan terbayar karena di atas gardu pandang di puncak bukit kamu akan mendapatkan pemandangan hutan dan pegunungan yang sungguh indah. Tidak hanya itu saja, penduduk sekitar akan menyambut kedatangan setiap wisatawan dengan ramah.

8. Sungai Gelar Palungan

 Sungai Gelar Palungan
minishotrisa.blogspot.com


Di Sungai Gelar Palungan, kamu yang suka olahraga penuh adrenalin bisa mencoba river tubing, menyusuri sungai dengan ban pelampung. Kamu juga bisa sekadar duduk di tepi sungai, merendam kaki dan merasakan airnya yang jernih dan menyegarkan.
Di obyek wisata ini kamu tidak hanya bisa menikmati pemandangan tetapi juga menambah pengetahuan sejarah dengan mengunjungi Monumen Perjuangan Lembah Merdeka Sakti yang cukup dekat. Monumen ini memperingati perjuangan kemerdekaan penduduk Bali.

9. Bendungan Palasari

 Bendungan Palasari
instagram.com/vacationinbali


Kata siapa bendungan tidak bisa dijadikan tempat berlibur? Di Bendungan Palasari, kamu akan disuguhi pemandangan sekitar yang membuatmu sampai tidak bisa berkedip! Tempat ini juga menyewakan sampan berukuran kecil yang bisa membawamu mengelilingi area ini sambil berburu foto.
Kalau kamu suka memancing, kamu juga bisa menikmati hobimu itu di sini. Atau, jika kamu memiliki hobi olahraga ekstrim yaitu motocross and off road kamu bisa melakukannya di arena yang terdapat di sekitar bendungan. Bahkan, kamu bisa mengikuti lomba motor cross di bendungan terbesar di Bali ini. Menarik sekali bukan?

10. Bunut Bolong

wisata alam terdekat
instagram.com/hobinakbali


Tempat wisata di Bali Barat ini sekilas seperti hanya sebatang bunut (pohon berakar) tua yang bolong (berlubang). Eits, tapi pohon ini dikelilingi mitos angker lho! Konon katanya, suami istri yang melewati jalan di bawah pohon akan mendapatkan kemalangan bagi rumah tangganya. Bahkan mobil jenazah tidak boleh melewati jalan tersebut. Karena kisah mistis itulah dibangun jalan lain di samping pohon itu.
Walaupun demikian, kawasan ini memiliki pemandangan yang amat indah. Bunut Bolong dikelilingi pegunungan, perkebunan, dan hutan. Jadi, destinasi ini cocok dikunjungi kamu yang suka uji nyali sekaligus menikmati alam.


Itulah 10 obyek wisata Bali Barat yang harus kamu kunjungi kalau berlibur ke Bali. Bagaimana, sudahkah kamu tertarik mengunjungi daerah ini? Tidak ada salahnya menambahkan tempat-tempat di atas ke bucket list traveling kamu. Selamat berpetualang!



Leave a Reply