10 Museum Antropologi Terkenal di Dunia


Reni  September 15, 2022  0 Comment

Museum antropologi di dunia – Museum dan antropologi merupakan dua hal yang tumbuh bersama. Dewasa ini, museum antropologi telah banyak dijadikan tempat melepas penat sekaligus objek wisata edukasi untuk keluarga. Tahukah Anda? Ada banyak sekali museum antropologi di dunia, bahkan beberapa diantaranya berhasil mendapat julukan sebagai museum terbesar di dunia lho! Sebagai informasi tambahan, berikut berhasil kami rangkum beberapa museum antropologi terkenal di dunia. Mari simak bersama!

1. Museo Nacional de Antropología – Meksiko

Museo Nacional de Antropología
arquitecturayempresa.es

Museum Antropologi Nasional Meksiko merupakan salah satu museum terbesar dan paling banyak dikunjungi di Meksiko. Museum ini berlokasi di antara Jl. Mahatma Gandhi Kota Meksiko dan Paseo de la Reforma. Di bagian dalam museum, pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai peninggalan arkeologi dan antropologi zaman pra Kolumbus.

Mulai dari batu matahari Aztec hingga patung Xochipilli, semuanya tersedia di Museum Antropologi Nasional Meksiko. Museum ini tidak hanya memamerkan koleksi seni Meksiko kuno namun juga memiliki pameran etnografi mengenai kelompok pribumi masa kini di Meksiko bagi Anda yang ingin mempelajarinya.

2. Museum Antropologi Vancouver – Kanada

Museum Antropologi Vancouver
en.wikipedia.org

Berkesempatan ke Kanada, pastikan Anda tidak lupa menelusuri keindahan Kanada dari sisi lain yaitu sisi sosial dan budayanya. Jika Anda tertarik, tempat terbaik yang wajib Anda kunjungi ialah museum antropologi yang berlokasi di Kampus Universitas British Columbia di Vancouver. Museum ini adalah salah satu museum dengan koleksi antropologi terbesar di dunia. 

Setidaknya lebih dari 500.000 artefak bisa Anda temukan di museum antropologi Vancouver ini. Selain itu, museum antropologi ini juga bersifat global di mana objeknya berasal dari berbagai wilayah seperti dari Afrika, Oseania, China, India bahkan Indonesia. Di tempat ini Anda juga bisa menemukan ragam pajangan hebat yang melambangkan keragaman budaya British Columbia di masa lampau.

Gotravelly

Museum Olahraga, Wisata Edukasi Seru Tentang Dunia Olahraga

Serunya Berwisata Edukasi Di Museum Gunung Merapi, Informatif Banget!

3. Te National Museum of China – China

Te National Museum of China
chinadiscovery.com

Berikutnya ada Te National Museum of China sebagai museum antropologi di dunia yang tak kalah populer. Saat ini museum ini telah berhasil mendapatkan gelar sebagai salah satu museum terbesar di dunia. Selain berfungsi sebagai museum, Te National Museum of China juga merupakan istana sejarah dan seni tertinggi di China. 

Museum ini berlokasi di sepanjang Tiananmen Square Beijing. Setidaknya terdapat lebih dari 1.4 juta item koleksi yang meliputi ragam artefak, buku langka, barang antik dan berbagai karya seni bernilai tinggi lainnya di tempat ini. Dengan koleksi unik yang beragam, tidak heran mengapa masyarakat setempat bahkan wisatawan asing mengunjungi Te National Museum of China sebagai objek wisata edukasi.

4. Museum Vatikan – Italia

Museum Vatikan
cntraveler.com

Untuk Anda yang belum tahu, museum Vatikan berlokasi di Vatikan dengan luas mencapai 43.000 m2. Museum ini  juga termasuk salah satu museum terbesar di dunia dengan ruang galeri yang sangat besar. Museum Vatikan pertama kali didirikan di tahun 1506 dan menjadi museum paling terkenal di kawasan Italia. 

Selain populer berkat koleksi antropologinya, museum Vatikan juga terkenal dengan koleksi seni dan arkeologi yang telah dikumpulkan para paus berabad-abad yang lalu.

5. Tropenmuseum – Amsterdam

Tropenmuseum
helloamsterdam.nl

Tropenmuseum merupakan salah satu museum etnografi dan antropologi terbesar yang ada di Amsterdam. Museum ini pertama kali didirikan pada tahun 1864 dan menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah peninggalan koloni Belanda, termasuk dari Indonesia. 

Tropenmuseum dimiliki oleh Royal Tropical Institute dan menyimpan lebih dari 175.000 benda kuno, 155.000 foto, 10.000 aneka gambar lukisan dan dokumen. Tidak hanya itu, sebagai sallah satu museum antropologi di dunia Tropenmuseum Amsterdam juga memiliki 21.000 artefak tekstil yang bisa Anda lihat secara langsung. 

6. Museum Rautenstrauch Joest – Jerman

Museum Rautenstrauch Joest
rautenstrauch-joest-museum.de

Museum Rautenstrauch Joest berada di kota Koln Jerman dan merupakan salah satu museum antropologi terlengkap di Jerman. Di bagian dalam museum ini Anda bisa melihat berbagai koleksi barang yang berasal dari berbagai wilayah, termasuk artefak dari Indonesia.

Salah satu artefak fenomenal yang berasal dari Indonesia ialah Alang Tana Toraja. Artefak ini diperkirakan telah ada sejak tahun 1930 silam dan kemudian dibeli oleh museum Rautenstrauch Joest di tahun 1980. Jika Anda berkesempatan mengunjungi museum Rautenstrauch Joest dan ingin melihat lumbung padi khas Toraja, pastikan untuk mengunjungi bagian tengah museum.

7. Museum National Etnologi – Jepang

Museum National Etnologi
japan.travel

Museum National Etnologi merupakan salah satu museum sekaligus institut riset antar universitas yang ada di kota Suita, Osaka, Jepang. Museum ini lebih dikenal dengan sebutan Minpaku dan menjadi pusat penelitian di segi etnologi dan antropologi budaya. Bahkan sekarang di bagian dalam kompleks museum telah ada program Doktoral Humaniora.

Pameran utama di Museum National Etnologi Jepang diklasifikasikan menurut wilayah dan lintas budaya, di mana di mulai dari Oseania, Eropa, Amerika, Afrika dan Asia.

8. San Diego Museum of Man – San Diego, AS

San Diego Museum of Man
sandiego.com

San Diego Museum of Man merupakan satu-satunya museum antropologi yang  berada di San Diego, California Amerika Serikat. Bagi Anda yang ingin membangun komunitas yang lebih baik dan ingin mengetahui lebih dalam tentang kehidupan manusia di dunia, maka sangat tepat mendatangi San Diego Museum of Man. 

Rancang eksterior museum ini sangat unik karena memadukan gaya Spanyol kolonial dengan pengaruh gothic yang terinspirasi dari gereja-gereja kuno. Kini museum antropologi di dunia ini menjadi landmark San Diego dan memegang koleksi budaya, etnografi dan koleksi antropologi paling luar biasa dan sangat terkenal. 

9. Museum Pitt Rivers – Inggris

Museum Pitt Rivers
v21artspace.com

Museum Pitt Rivers merupakan salah satu museum terbesar yang dimiliki oleh Universitas Oxford, Inggris. Di dalam museum ini Anda akan dimanjakan dengan berbagai koleksi arkeologi dan antropologi terbaik. Untuk mengaksesnya, para pengunjung hanya bisa melalui bangun Museum Sejarah Alam Universitas Oxford di bagian timur.

Hingga hari ini staf museum Pitt Rivers masih terlibat dalam pengajaran antropologi dan arkeologi di universitas tersebut. Pasalnya museum antropologi ini didirikan oleh Jenderal Augustus Pitt Rivers dan didonasikan untuk Universitas Oxford dengan persyaratan harus ada pengajar permanen di dalam departemen antropologi. Setidaknya terdapat lebih dari 500.000 koleksi di museum Pitt Rivers, dan sebagian besar disumbangkan oleh penjelajah, misionaris dan peneliti.

 10. Museum of Prehistoric Anthropology of Monaco – Monaco

Museum of Prehistoric Anthropology of Monaco
provence-alpes-cotedazur.com

Terakhir ada Museum of Prehistoric Anthropology of Monaco yang merupakan salah satu museum prasejarah antropologi. Sesuai namanya, museum ini berlokasi di Monaco dan telah dibuka sejak tahun 1902 silam. Museum of Prehistoric Anthropology of Monaco tepatnya berlokasi di Jardin Exotique de Monaco dan menjadi salah satu museum paling tua di kawasan tersebut.

Di dalam museum, para pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai koleksi fosil dan artefak gali yang berkaitan erat dengan prasejarah Monaco maupun daerah di sekitarnya.

Itulah beberapa Museum antropologi di dunia, semoga ulasan di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda!



Leave a Reply