10 Minuman Khas Turki Segar dan Sehat


Fida  June 17, 2021  0 Comment

Minuman khas Turki nggak kalah enak dengan kulinernya yang emmang terkenal lezat di seluruh dunia. Berkunjung ke berbagai negara di dunia tentu menjadi hal menarik yang bisa Anda coba untuk menghabiskan waktu berlibur. Beberapa negara dikenal menawarkan banyak tempat wisata indah sekaligus kuliner lezat yang sayang untuk dilewatkan.

Turki menjadi salah satu negara yang dikenal indah dan menjadi tujuan wisatawan yang datang dari berbagai penjuru dunia. Selain banyaknya tempat wisata, Turki juga menawarkan berbagai makanan lezat serta minuman yang menarik untuk dicoba.

Berikut daftar rekomendasi minuman khas Turki yang cukup populer

1. Salgam

Salgam
dreamstime.com

Salah satu minuman khas Turki yang populer dan banyak diburu oleh wisatawan adalah salgam. Salgam merupakan minuman yang dibuat dengan bahan-bahan tidak lazim seperti wortel yang telah diasinkan dan di pedaskan. Tidak hanya itu, bahan lainnya adalah lobak yang sudah difermentasi dengan bulgur.

Minuman yang satu ini menawarkan cita rasa pedas dan juga masam. Meskipun memiliki cita rasa yang dikenal aneh, tetapi minuman yang satu ini mengandung banyak manfaat bagi tubuh salah satunya mengandung konsentrasi vitamin C. Saat berkunjung ke Turki, tidak ada salahnya untuk mencoba uniknya minuman yang satu ini.

Gotravelly

Al-Amar Express: Puas Dikerjain Penjual Ice Cream Turki

Chestnut, Kacang Kaya Rasa Dan Bagus Untuk Kesehatan

2. Turkish Tea

Turkish Tea
organicfacts.com

Ada cukup banyak pilihan minuman khas Turki yang populer dan kerap diburu oleh wisatawan, salah satunya adalah Turkish tea. Sesuai dengan namanya, minuman yang satu ini merupakan teh khas Turki. Turkish tea juga sering disebut dengan cay. Minuman ini menjadi salah satu minuman wajib di Turki.

Hal yang membedakan teh ini dengan teh pada umumnya adalah Turkish tea memiliki rasa yang kuat dan manis alami. Minuman ini biasa disajikan pada gelas khusus yang berbentuk menyerupai bunga tulip. Proses pembuatan teh ini juga dikenal unik yakni dengan menggunakan pot tanah liat.

3. Boza

Boza
tour-tour-tour.com

Boza menjadi salah satu minuman khas Turki yang cukup populer. Minuman yang satu ini merupakan minuman fermentasi khas Turki yang dibuat dengan menggunakan bahan utama gandum putih. Gandum putih yang telah difermentasi menghasilkan cita rasa manis dan masam pada minuman ini.

Boza biasa disajikan pada musim gugur dan musim dingin. Minuman ini biasa dihidangkan dengan topping kacang chickpea dan kayu manis. Topping yang dipilih tentu menghasilkan cita rasa minuman ini semakin lezat dan sayang untuk tidak dicoba saat berkunjung ke Turki.

4. Ayran

Ayran
cantik.tempo.co

Saat ingin mencoba salah satu minuman khas Turki, Ayran tentu sayang untuk Anda lewatkan. Minuman yang satu ini juga banyak dijumpai di beberapa negara lainnya seperti Iran, Albania, Armenia, dan lain-lain.

Ayran merupakan minuman olahan yogurt khas timur tengah yang dibuat dengan menggunakan beberapa bahan diantaranya yoghurt, air, dan juga garam. Minuman ini sangat cocok dinikmati saat musim panas dan disajikan dalam keadaan dingin. Selain cocok untuk diminum langsung, tidak ada salahnya untuk menjadikan Ayran sebagai pendamping menu makanan utama.

5. Sahlep

Sahlep
grandturkishbazaar.com

Minuman khas Turki yang cukup populer dan banyak diburu oleh wisatawan adalah sahlep. Minuman yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan tepung umbi bergenus orchis yang mudah dijumpai dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat Turki.

Dulunya minuman ini merupakan sajian saat musim dingin di masa kerajaan Ottoman. Saat ini sahlep telah melalui banyak modifikasi dengan menambahkan coklat atau susu. Hal itu tentu menjadikan minuman ini memiliki cita rasa yang semakin lezat. Anda dapat mencoba minuman dengan tampilan yang menggugah selera ini saat datang ke Turki.

6. Raki

Raki
bienmanger.com

Salah satu minuman khas Turki yang sayang untuk tidak dicoba adalah raki. Minuman yang satu ini merupakan susu singa. Raki dibuat dengan menggunakan adas manis dan anggur yang disuling dua kali. Minuman yang satu ini biasa dipilih sebagai hidangan pada acara-acara besar seperti pernikahan.

Saat mencoba minuman yang satu ini, akan dibuat terkejut karena rasa adas yang sangat dominan. Minuman yang satu ini sangat populer di Turki dan sayang untuk tidak Anda coba.

7. Ihlamur

Ihlamur
ppitv.org

Ihlamur menjadi salah satu minuman khas Turki yang cukup populer dan berhasil membuat beberapa wisatawan penasaran. Minuman yang satu ini dipilih untuk menghangatkan tubuh seperti wedang jahe di Indonesia. Ihlamur dibuat dengan menggunakan campuran daun teh dan bunga linden.

Memiliki tampilan yang terkesan sederhana, tetapi minuman ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Ihlamur juga biasa dipilih untuk dikonsumsi oleh penderita flu. Anda akan merasakan sensasi lega pada tenggorokan dan juga rasa hangat pada tubuh. Tidak heran jika minuman yang satu ini banyak diburu dan mudah dijumpai di Turki.

8. Sira

Sira
guratgarut.com

Diantara banyaknya pilihan minuman khas Turki, Sira menjadi salah satu yang cukup populer dan banyak diburu. Minuman yang satu ini merupakan campuran anggur dan jus apel yang setelah melalui proses fermentasi. Sira menawarkan cita rasa manis karena memiliki kandungan fruktos yang tinggi di dalamnya.

Minuman ini memang terlihat cukup sederhana tetapi sayang untuk tidak Anda coba. Cita rasa manis dan unik yang ditawarkan menjadikan minuman ini sangat menarik untuk dikonsumsi.

9. Limonata

Limonata
kangdidik.com

Limonata menjadi salah satu minuman khas Turki yang dibuat dengan bahan utama lemon. Minuman ini tentu sangat cocok untuk dicoba khususnya bagi Anda pecinta lemon. Limonata diolah dengan cara memasak lemon bersama dengan kulitnya. Minuman ini kerap dipilih untuk dikonsumsi saat bulan-bulan musim panas karena menawarkan kesegaran yang luar biasa.

Limonata menawarkan cita rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Tampilan minuman yang berwarna kuning cerah tentu menjadikan limonata sangat menarik untuk dicoba. Saat berkunjung ke Turki, tidak ada salahnya untuk mencoba segarnya minuman yang satu ini.

10. Turk Kahvesi

Turk Kahvesi
hurriyet.com.tr

Satu minuman khas Turki yang cukup populer adalah turk kahvesi. Minuman yang satu ini merupakan kopi Turki kenal memiliki cita rasa gurih. Cita rasa dan aroma yang kuat menjadikan minuman ini cocok dicoba khususnya bagi Anda pecinta olahan kopi.

Minuman yang satu ini biasa disajikan dari teko dengan gagang panjang yang memiliki sebutan cezve. Kopi khas Turki yang satu ini biasa dikonsumsi bersama dengan hidangan permen Turki. Kopi dengan cita rasa khas yang satu ini tentu sayang untuk dilewatkan bagi Anda yang sedang berkunjung ke Turki.

Nah itulah daftar 10 rekomendasi minuman khas Turki yang bisa Anda coba. Dari 10 rekomendasi di atas, minuman manakah yang tampak paling menggugah selera dan ingin Anda coba saat datang ke Turki?



Leave a Reply