Chestnut, Kacang Kaya Rasa dan Bagus Untuk Kesehatan

chestnut in malacca

Zulfa | Traveler
Malacca City, Malacca, Malaysia | halal
29 Sep 2019


Chestnut, Kacang Kaya Rasa dan Bagus Untuk Kesehatan
Kacang yang tumbuh di Bumi belahan Utara ini tak hanya menghadirkan rasa yang bikin nagih tapi juga satu satunya buah kacang yang mengandung vitamin C

Yang pernah cobain chestnut di luar negeri dan dibuat ngiler gegara pingin lagi? cung, gih. hehehe kamu tidak sendiri. Baik saya maupun traveler yang pernah cobain chestnut baik di Turki hingga cobain pertama kali di Hongkong, pasti pingin lagi. Gurihnya nagih.

Kenapa diluar negeri? karena Chestnut atau yang dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan nama kacang kastanye (dari Bahasa Belanda kastanje) ini tidak ditemui di Indonesia. Karena memang jenis kacang ini banyak tumbuh di Bumi belahan Utara. Atau ditempat dingin.

Pernah sih, beberapa tahun terakhir lihat kacang kastanya ini dijual di salah satu mall terbesar di Surabaya. Nah, kebetulan waktu ke Malaka, pas lagi jalan jalan ke Jonker Night Street market, saya lihat penjual Chestnut. Sebenarnya di Alor dan Petaling, Kuala Lumpur juga ada. Tapi waktu itu, dari KLIA 2 saya langsung ke Malaka, jadi belinya disana.

chestnut in malacca

Harganya juga tidak terlalu bikin galau. Satu bungkus besar dijual dengan harga 15 Ringgit. Dalam satu wadah, lumayan banyak. Chestnut ini sebagai teman jalan saat saya menyusuri Jonker Street Night Market, selain juga mencoba beberapa kuliner lain seperti Keria, Mango ice cream juice dan juga kelapa “gundul” atau lebih dikenal dengan coconut ball.

Chestnut sendiri sejenis kacang. Tidak seperti kacang lain dengan ukuran kecil. Chestnut ukurannya besar. Sebesar biji salak. Dengan kulit keras dan  mengkilap luarnya. Chestnut ini biasanya disangrai.

Meski kulitnya keras, tapi setelah disangrai lebih mudah dibuka, meski nggak semudah kacang biasa. Jika terbuka sempurna dengan tangan, kacangnya utuh dan terasa lebih menggigit. Tapi kalau nggak bisa saya buka dengan tangan, biasanya saya gigit kulitnya dan itu membuat chestnut terbelah dan saya biasanya kurang puas klo makannya terbelah. Halah, Makan kacang saja ribet. hahaha

chestnut in malacca


Rasa chestnut ini gurih sedikit creamy. Sedikit manis. Tekstur kacangnya tebal. Empuk. Enak. Bisa dibilang rasanya kayak beton. Eh ,bukan beton bangunan, lho. Beton alias biji buah nangka yang dimasak. Tapi chesnut lebih enak.

Dibuat teman ngemil enak dan juga sehat. Karena Chestnut kaya kan kandungan kemak tak jenuh, baik untuk jantung. Tidak mengandung kolesterol. Selain itu juga terkenal sebagai sumber protein nabati yang baik untuk kesehatan tubuh.

chestnut in malacca

chestnut in malacca



Dan tahu nggak sih, kenapa suka banget ngemil chestnut terutama saat jalan jalan? Karena sehat tentu saja, Chestnut ini adalah satu satunya buah kacang yang mengandung vitamin C, apalagi saat jalan jalan saya butuh banyak energi untuk jalan. Tahu sendiri kan Malaka adalah kawasan kota tua dengan deretan bangunan tua penuh sejarah yang enak banget kalau dijelajahi dengan jalan kaki. Biar nggak gampang capek sekaligus penjagal perut, biasanya saya suka ngemil chestnut selama perjalanan.

Nah, kalau weekend ini kamu agenda jalan jalan ke Malaka, Jangan lupa cobain chestnut. Biar badan tetap fit dan segar.

 

Oh ya, selain enak, tanaman chestnut juga unik lh. Nih aku share beberapa tanaman chestnut dari mbah Google.

chestnut in malacca


Opening Hours
Jam 18.00 - 00.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY