10 Minuman Khas Lombok Enak Dan Sehat


Fida  July 6, 2021  0 Comment

Minuman khas Lombok dikenal sebagai salah satu daerah di Indonesia yang menawarkan minuman tak hanya enak tapi juga sehat. Di Lombok juga Akan dengan mudah menjumpai tempat wisata dengan panorama alam yang memukau. Tidak hanya itu, saat berkunjung ke Lombok tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai kuliner khas yang ditawarkan. Rempah khas serta resep yang digunakan menghasilkan makanan yang menggugah selera dan bercitarasa lezat.

Lombok juga memiliki berbagai minuman khas dan unik yang sayang untuk tidak Anda coba. Tidak hanya unik, berbagai minuman khas Lombok juga dikenal kaya akan manfaat bagi tubuh. Berikut daftar 10 minuman khas Lombok yang cukup populer dan bisa Anda coba.

1. Es Tape

 Es Tape khas lombok
jejakpiknik.com

Saat berkunjung ke Lombok, tidak ada salahnya untuk mencoba es tape yang dikenal sebagai salah satu minuman khas Lombok. Minuman yang satu ini dapat dengan mudah dijumpai dan sering dikonsumsi oleh masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Sesuai dengan namanya, es yang satu ini memiliki bahan utama tape dengan tambahan santan atau susu kental. Adanya tambahan es batu juga menjadikan minuman yang satu ini terasa sangat segar saat dikonsumsi. Anda dapat menjumpainya di pasar-pasar tradisional atau di pinggir jalan di daerah Lombok. Tenang saja, meskipun dikenal khas tetapi minuman yang satu ini memiliki harga yang terjangkau.

Gotravelly

La Chill Bar : Bar Dan Tempat Berburu Sunset Terbaik Di Lombok

Mencicipi Lezatnya Ayam Taliwang Di Kota Mataram

2. Kopi Lombok

Kopi Lombok
shopee.co.id

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan Kopi Lombok. Sesuai dengan namanya, minuman yang satu ini cukup populer sebagai salah satu minuman khas Lombok.

Bubuk kopi yang digunakan untuk minuman kopi Lombok adalah dari biji kopi yang diolah dengan cara alami dan khas suku Sasak. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa kopi yang pahit dan aroma yang strong. Tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung, bubuk kopi Lombok juga mudah dijumpai di toko oleh-oleh dengan kemasan praktis dan cocok dipilih sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

3. Es Wedang Lombok

Es Wedang Lombok
beautynesia.id

Pernah mencoba sensasi minuman dengan cita rasa pedas? Es Wedang Lombok menjadi salah satu minuman khas Lombok yang sayang untuk tidak dicoba. Minuman yang satu ini dibuat dengan menggunakan berbagai bahan diantaranya jahe, sereh, kayu manis, dan merica. Anda akan dimanjakan dengan sensasi hangat saat meneguknya.

Es Wedang Lombok dikenal kaya akan manfaat bagi tubuh. Anda juga dapat menjumpainya di warung-warung kaki lima dengan harga yang sangat terjangkau. Saat berkunjung ke Lombok, minuman yang satu ini wajib Anda coba.

4. Tuak Manis

Tuak Manis
bali.bisnis.com

Apa yang terlintas dipikiran Anda saat mendengar kata tuak? Beberapa dari Anda tentu berpikir bahwa tuak merupakan minuman yang memabukkan. Namun beda halnya dengan tuak yang ada di Lombok. Salah satu minuman khas lombok yang cukup populer adalah tuak manis.

Minuman tuak manis dibuat dari cairan yang keluar dari pohon aren yang sudah disadap. Minuman yang satu ini tidak boleh disimpan lama-lama karena dapat berubah menjadi alkohol. Anda dapat dengan mudah menjumpainya di sekitar Gili Trawangan dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 7.000,- hingga Rp 12.000,- saja.

5. Serbat Jahe

Serbat Jahe
bukalapak.com

Saat ingin mengkonsumsi salah satu minuman khas Lombok, serbat jahe menjadi minuman khas yang sayang untuk dilewatkan. Minuman yang satu ini dipercaya dapat menghangatkan tubuh, khususnya jika dikonsumsi saat malam hari.

Serbat jahe dibuat dengan menggunakan bahan bubuk jahe dan gula merah. Saya juga dapat membelinya dalam kemasan bubuk dan cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Cara membuatnya sangat mudah yakni dengan cara diseduh. Tidak hanya memiliki banyak manfaat bagi tubuh, minuman yang satu ini juga dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

6. Es Sarang Burung

 Es Sarang Burung
kompas.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan Es Sarang Burung. Minuman yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu minuman khas Lombok yang banyak diburu oleh para wisatawan.

Minuman yang satu ini sebenarnya menggunakan bahan utama sarang burung walet. Tetapi karena harganya yang cukup mahal, kini pedagang banyak yang menggunakan agar-agar sebagai bahan pengganti. Tidak perlu diragukan lagi soal kesegarannya, yang satu ini juga sangat cocok dinikmati saat siang hari. Selain segar, anda juga akan dimanjakan dengan cita rasanya yang manis dan lezat.

7. Madu Sumbawa

Madu Sumbawa
kompasiana.com

Madu Sumbawa menjadi salah satu minuman khas lombok yang dikenal kaya akan manfaat serta cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Madu yang satu ini dikenal dengan kualitasnya yang sangat baik.

Anda dapat mengkonsumsi madu dengan cara dicampur dengan air agar tidak terlalu manis. Meskipun diproduksi di Sumbawa, tetapi Anda dapat dengan mudah menjumpai madu Sumbawa di berbagai toko oleh-oleh di Lombok. Anda dapat membelinya dengan harga mulai dari Rp 80.000,- per botol.

8. Susu Kuda Liar

Susu Kuda Liar
bukalapak.com

Pernah mengkonsumsi langsung susu kuda liar? Minuman yang satu ini dikenal sebagai salah satu minuman khas Lombok karena cukup mudah dijumpai di berbagai pusat oleh-oleh di Lombok. Salah satu manfaat yang cukup populer adalah meningkatkan stamina serta daya tahan tubuh. Susu kuda liar juga dikenal dengan tingkat keawetannya yang mampu bertahan hingga 1 tahun.

Susu kuda liar kini sangat mudah dijumpai dengan kemasan praktis serta harga yang cukup terjangkau. Selain cocok untuk dinikmati langsung, anda juga dapat memilih nya sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Lombok.

9. Bubur Reket Bereng

Bubur Reket Bereng minuman khas lombok
jejakpiknik.com

Jika dilihat sekilas, bubur yang satu ini memang tampak mudah dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Bubur Reket Bereng menjadi salah satu minuman khas Lombok yang dikenal dengan cita rasanya yang khas dan enak. Bubur yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama beras ketan hitam. Sebelum disajikan, beras ketan hitam yang telah direbus terlebih dahulu dicampur dengan kuah santan dan gula merah cair.

Minuman yang satu ini tentu sangat cocok dinikmati saat siang hari. Adanya tambahan es batu juga menjadikan minuman ini semakin segar dan sayang untuk dilewatkan. Meskipun dikenal sangat khas, tetapi Anda dapat menikmatinya dengan harga yang cukup terjangkau.

10. Brem

Minuman khas Lombok
food.detik.com

Pernah mendengar sebutan minuman brem? Brem merupakan salah satu minuman khas Lombok yang menawarkan cita rasa khas. Minuman yang satu ini dibuat dengan menggunakan ketan yang sudah difermentasi.

Banyak yang menyangka bahwa minuman yang satu ini beralkohol, padahal sebenarnya tidak. Anda dapat dengan mudah menjumpai minuman yang satu ini di warung-warung kaki lima di Lombok. Belum dijual dengan harga yang terjangkau serta kemasan yang praktis. Tidak ada salahnya membeli minuman yang satu ini sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.



Leave a Reply