10 Jajanan khas Lombok Cocok Buat Oleh Oleh


Fida  July 7, 2021  0 Comment

Jajanan Khas Lombok memiliki kemasan unik dna rasa yang menggugah selera. Lombok dikenal sebagai salah satu daerah yang menawarkan banyak tempat wisata. Tidak heran jika Lombok menjadi kawasan yang kerap didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Selain tempat wisata indah, Lombok juga menawarkan berbagai kuliner lezat dengan cita rasa khas yang sayang untuk dilewatkan.

Beberapa jajanan khas Lombok juga memiliki tampilan khas dan sayang untuk dilewatkan. Berbagai jajanan khas Lombok dikenal unik dan sangat menarik untuk dicoba. Tidak perlu bingung, berikut daftar Jajanan khas Lombok

1. Kue Kerake

Kue Kerake jajanan khas lombok
bukalapak.com

Salah satu jajanan khas Lombok yang cukup populer adalah kue kerake. Jika dilihat sekilas, tampilan kue yang satu ini menyerupai bawang yang bertumpuk. Kue kerake dibungkus dengan menggunakan kulit jagung dan dibentuk menonjol tiga bagian. Tidak heran jika banyak yang menyebut kue ini mirip dengan bentuk pocong.

Kue kerake yg menawarkan cita rasa manis, legit, dan enak. Kue yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar ketan dengan tampilan tekstur menyerupai jenang. Saat berkunjung ke Lombok, tidak ada salahnya untuk mencoba lezat dan uniknya kue yang satu ini.

Gotravelly

Sensasi Makan Tepi Pantai Di Cafe Alberto

Sedapnya Sate Rembiga Hj. Sinnaseh Yang Legendaris

2. Manisan Rumput Laut

Manisan Rumput Laut
bp-guide.id

Salah satu jajanan khas Lombok yang sayang untuk dilewatkan adalah manisan rumput laut. Sesuai dengan namanya, manisan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar rumput laut. Tidak jarang jajanan yang satu ini dipilih sebagai teman untuk bersantai maupun sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang oleh wisatawan. Manisan rumput laut dikenal rendah kalori dan kolesterol sehingga aman untuk dikonsumsi. Bagi pecinta jajanan manisan, Anda akan ketagihan setelah mencoba manisan rumput laut yang satu ini.

3. Kue Keong

Kue Keong Khas lombok
8villages.com

Salah satu jajanan khas Lombok yang sayang untuk dilewatkan adalah kue keong. Sesuai dengan namanya, kue yang satu ini memiliki tampilan menyerupai keong. Anda dapat dengan mudah menjumpai kue keong di toko kue maupun pusat oleh-oleh di Lombok.

Kue keong dibuat dengan menggunakan berbagai bahan diantaranya gula pasir, tepung terigu, telur ayam, air, dan juga menjaga. Setelah semua bahan tercampur dan selesai diolah, langkah selanjutnya adalah mencetak adonan dengan menggunakan sendok. Setelah selesai dicetak, kue kemudian digoreng pada minyak panas hingga berwarna coklat muda. Tertarik untuk mencoba kue dengan bentuk unik yang satu ini?

4. Kue Bantal

Kue Bantal khas lombok
merahputih.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan kue bantal. Kue bantal merupakan salah satu jajanan khas Lombok yang cukup populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan. Sesuai dengan namanya, kue yang satu ini memiliki bentuk menyerupai bantal.

Kue yang memiliki sebutan lain yakni tekel ini dibuat dengan menggunakan berbagai bahan diantaranya ketan, parutan kelapa, garam, gula, dan buah pisang. Setelah semua bahan selesai diolah, adonan kemudian dibungkus dengan menggunakan janur dan dikukus hingga matang. Tidak hanya tampilannya saja yang unik, kue bantal juga memiliki cita rasa khas yang sayang untuk tidak dicoba.

5. Kelepon Kecerit

Kelepon Kecerit
datulomboktour.com

Apa yang terlintas dipikiran Anda saat mendengar sebutan jajanan kelepon kecerit? Kelepon kecerit merupakan salah satu jajanan khas Lombok memiliki bentuk memanjang sehingga cukup berbeda dengan kelepon pada umumnya. Tekstur dan rasanya yang nikmat tentu membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya.

Jajanan yang satu ini diberi nama kecerit yang memiliki arti muncrat, dimana saat mengkonsumsi kelepon Anda akan dimanjakan dengan sensasi gula merah yang muncrat di dalam mulut. Saat berkunjung ke Lombok, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mencoba jajanan unik dan lezat yang satu ini.

6. Tumbek

Tumbek
citilink.co.id

Salah satu jajanan khas Lombok yang sayang untuk dilewatkan adalah tumbek. Anda dapat dengan mudah menjumpai jajanan yang satu ini di pedagang kue tradisional di Lombok. Jika dilihat sekilas, tampilan kue ini sedikit mirip dengan lepet.

Adonan tumbek dibuat dari ketan yang dicampur dengan gula merah dan kelapa parut. Adonan tersebut kemudian dikukus hingga matang. Setelah matang, adonan kemudian dibungkus dengan menggunakan daun kelapa dan dikukus kembali hingga daun layu. Jajanan yang satu ini tidak hanya dikenal memiliki tampilan unik melainkan juga cita rasa yang khas.

7. Kue Tarek

Kue Tarek
merahputih.com

Pernah mendengar sebutan kue tarek? Kue tarek merupakan salah satu jajanan khas lombok yang cukup populer. Kue yang satu ini juga memiliki sebutan lain yakni goro-goro. Anda dapat dengan mudah menjumpai kue yang satu ini di berbagai toko kue atau toko oleh-oleh di Lombok.

Kue Tarek dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung beras dan santan kelapa. Adanya tambahan kapur sirih juga diperlukan untuk membuat tekstur menjadi lebih renyah. Setelah adonan selesai diolah, langkah selanjutnya adalah digoreng hingga berbentuk bunga. Tampilannya yang unik tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang mencobanya.

8. Dodol Rumput Laut

Dodol Rumput Laut
kronologi.id

Selain manisan rumput laut, dodol rumput laut juga menjadi salah satu jajanan khas Lombok yang wajib Anda coba. Tidak hanya cocok dinikmati langsung, dodol rumput laut juga cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Anda tentu dapat dengan mudah menjumpai jajanan yang satu ini di berbagai toko oleh-oleh di Lombok. Selain dijual dengan kemasan yang praktis, dodol rumput laut juga disajikan dengan harga yang terjangkau. Jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan berbagai bahan diantaranya tepung ketan, gula pasir, santan kelapa, garam, essence, dan vanili. Adanya tambahan pewarna makanan juga menjadikan jajanan yang satu ini semakin menarik untuk dicoba.

9. Sate Tanjung

Sate Tanjung
travel.tribunnews.com

Saat ingin mencoba jajanan khas Lombok, sate Tanjung menjadi salah satu yang sayang untuk dilewatkan. Sate yang satu ini menawarkan cita rasa khas dan lezat yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar ikan cakalang.

Cara pembuatannya adalah dengan cara menggiling halus ikan cakalang dan dibumbui dengan bumbu pedas manis yang khas. Setelah dibakar, Sate Tanjung disajikan bersama dengan lontong dan urap sayur. Tampilan khas dengan cita rasa lezat tentu sangat memanjakan lidah siapapun yang mencobanya.1

10. Poteng Jaje Tujak

Jajanan khas Lombok
student.umm.ac.id

Pernah mendengar sebutan kue tetel? Kue Poteng Jaje Tujak merupakan sebutan jajanan khas Lombok yang sama dengan kue tetel. Kue yang satu ini biasa disajikan bersama dengan tape ketan.

Menurut kepercayaan Lombok, kue yang satu ini harus dibuat oleh wanita yang tidak sedang datang bulan. Hal lain yang dipercaya adalah jika yang membuatnya baru selesai menunaikan ibadah salat, maka kue akan terasa lebih enak. Tidak hanya tampilannya saja yang unik, citarasa kue yang satu ini juga sangat khas dan wajib Anda coba saat berkunjung ke Lombok.



Leave a Reply