10 Minuman Tradisional Indonesia Paling Segar Dan Enak!


Reni  December 7, 2017  4 Comments

Siapa bilang mengkonsumsi minuman tradisional Indonesia di siang hari tidak menyegarkan. Buktinya ada banyak sekali minuman menyegarkan khas nusantara yang dapat Anda konsumsi, di tengah terik matahari khas negara tropis. Cara memperoleh minuman ini juga tidak sulit, karena termasuk jajanan pasar. Berikut Minuman Tradisional Indonesia Paling Segar

Cendol

Cendol

youtube.com

Di Jawa Barat, minuman ini dikenal dengan sebutan es Cendol, sedangkan di Banjarnegara minuman ini disebut dengan es Dawet. Ini adalah minuman dingin yang terbuat dari campuran tepung honkwe, dan pewarna daun suji atau pasta pandan, yang dibentuk memanjang. Sedangkan kuahnya terbuat dari  serutas es, air gula merah dan juga santan. Minuman ini memang paling pas jika dikonsumsi di siang hari yang panas. Untuk memperoleh minuman yang satu ini tidak sulit, Anda dapat menemukan minuman ini di mana saja, baik di pedagang kaki lima, atau di beberapa restoran yang menyuguhkan minuman khas nusantara.

review kuliner dan tempat wisata

Es Dawet Kudus Cak Minto, Pendingin Di Panasnya Kota Surabaya!

Goyobod

Goyobod

infobdg.com

Sebagian dari Anda mungkin belum mengenal minuman khs dari Jawa Barat ini. Ini adalah salah satu minuman lain khas Jawa Barat, yang juga cocok dikonsumsi ketika siang hari. Minuman menyegarkan ini terbuat dari berbagai macam bahan, antara lain irisan honkwe, tape singkong, alpukat, kolang kaling, kelapa muda kerok, dan tape hitam. Sedangkan untuk kuahnya menggunakan campuran santan, susu, dan air kelapa. Untuk menikmati minuman ini, terutama ketika Anda berada di daerah Jawa Barat, tidak terlau sulit, minuman ini banyak dijual di pedagang kaki lima, atau di beberapa restoran tertentu.

Baca juga :  10 Teh Daun Mint Paling Menyegarkan di Dunia

Es Pisang Hijau

Es Pisang Hijau

kedaeng.com

Ini adalah salah satu minuman menyegarkan khas Makasar. Disebut es pisang hijau karena warna pisang ini hijau, karena dibalut oleh kulit yang berwarna hijau. Adonan kulit yang berwarna hijau ini, diperoleh dari tepung beras, santan, tepung kanji, dan air daun suji. Sedangkan bahan isian yang menemani es pisang hiaju ini sendiri adalah, bubur sumsum, mutiara sagu / pacar cina, kacang tanah yang disangrai, dan beberapa tambahan lainnya. Sedangkan untuk saus menggunakan sirup yang berwarna merah, ice cream, ice serut dan susu kental manis. Jika dahulu, minuman menyegarkan yang satu ini hanya dapat Anda nikmati di Makasar, namun kini, es pisang hijau dapat Anda peroleh dimana saja.

Es legen

Es legen

Es Legen, adalah minuman menyegarkan yang dapat Anda peroleh di kawasan Jawa Tengah atau Jawa Timur. Minuman yang satu ini terbuat dari pohon Siwalan atau dikenal juga dengan pohon lontar. Yang diambil adalah buah bagian dalam dan air dari buah tersebut. Rasa dari buah tersebut mirip dengan kolang kaling, sedangkan rasa air legennya sendiri seperti air kelapa namun ada perpaduan raas manis di dalamnya. Legen sendiri dalam bahasa Jawa artinya manis,dan sedikit asam. Untuk mengurangi rasa asam, biasanya pemetik, membubuhi air kapur di bagian dasar bumbung atau alat yang digunakan untuk mengambil legen tersebut. Anda hanya dapat menemukan minuman ini di beberapa tempat di Jawa TImur dan jawa Tengah seperti s eperti Rembang, Tuban, pati, dan beebrapa daerah lainnya. Karena daerah tersebut, yang memang menghasilkan legen terbanyak dibandingkan kawasan lainnya.

Es Laksamana Mengamuk

Es Laksamana Mengamuk

alya-kitchen.blogspot.co.id

Namanya memang cukup unik, es Laksamana Mengamuk! Minuman Menyegarkan khas Riau ini, memang cukup unik, dan pas jika dikonsumsi di tengah udara segar, atau bahkan pas jika dikonsumsi ketika buka puasa tiba. Ada kisah unik dibalik nama minuman yang satu ini. Diceritakan, seorang Laksanama tengah mengamuk, di sebuah kebun mangga kweni. Penyebabnya, istri sang Laksamana ketahuan berselingkuh, dengan pemilik kebun. Karena banyaknya buah mangga kweni yang berjatuhan, masyarakat sekitar kemudian memungutnya dan mencampurnya dengan beberapa bahan lainnya, hingga terciptalah sebuah minuman yang menyegarkan. Es Laksamana Mengamuk ini terdiri atas serutan buah mangga kweni, selasih, serutan kelapa, dan beberapa bahan lainnya, sedangkan kuahnya terbuat dari santan, susu dan air gula putih. Tidak sulit, menemukan minuman menyegarkan ini ketika Anda berada di daerah Riau.

Baca juga :  Manjakan Lidahmu Cobain 6 Kuliner Khas Kotabaru

Es Nona

Es Nona

Kata Nona memang identik dengan seorang wanita muda, namun jika mendengar kata es Nona, maka Anda akan menemukan minuman menyegarkan nan cantik khas daerah Pontianak. Ini adalah salah satu minuman menyegarkan yang legendaris dari daerah tersebut. Adapun aneka bahan yang terdapat dalam minuman ini, antara lain kacang merah, potongan pepaya (potongan papaya ini sebelumnya sudah direndam dengan air kapur, sehingga menciptakan tekstur yang renyah), pacar cina, tapai singkong, dan potongan roti tawar. Sebagai saus atau kuah, ditambahkan serutan es, dan juga susu kental manis, tentunya ini akan menjadi minuman yang menyegarkan.  Anda dapat dengan mudah menemukan minuman ini, ketika berada di daerah Pontianak.

Es Selendang Mayang

Es Selendang Mayang

resep koki

Es Selendang Mayang ini adalah salah satu minuman tradisional Indonesia dari daerah Betawi atau Jakarta. Minuman yang satu ini memang agak sulit dicari. Walaupun demikian,  Anda dapat menemukan minuman ini di cafe atau pusat perbelanjaan di Jakarta. Yang perlu diketahui, ini adalah salah satu pusaka kuliner khas nusantara yang memang sudah ada sejak dahulu kala. Adapun aneka bahan yang terdapat dalam minuman ini, anatra lain, irisan tepung beras yang dicampur dengan air, dan dibentuk kotak-kotak, kemudian dikukus, dengan kuah dari gula merah, garam, gula pair, santan, dan juga daun pandan.

Es Kacang Merah

Es Kacang Merah

openrice.com

Jika Anda berpikir bahwa kacang merah hanya dapat digunakan sebagai sayuran maka Anda salah! Ada 2 daerah di Indonesia, tepatnya di Palembang dan Manado, dimana kacang merah ini disulap menjadi sebuah minuman segar menarik, yang rasanya tidak kalah menyegarkan dibandingkan minuman lain yang ada. Yang membedakan antara es kacang merah yang ada di kota Manado dan Palembang terletak pada bahan yang digunakan. Untuk es kacang merah khas Palembang, menggunakan sirup coco pandan, sehingga warna es nya menjadi merah. Sedangkan es kacang mrah khas Manado, menggunakan susu kental manis coklat. Yang pasti, kedua daerah ini tetap menggunakan kacang merah sebagai bahan utama. Kacang merah ini telah direbus hingga empuk dan juga legit, ini yang membuat es yang satu ini terasa sangat unik.

Baca juga :  Berlibur ke Negeri Kincir Angin? Cobain 7 Minuman Khas Belanda

Es Pleret

Es Pleret

Es Pleret atau gempol Pleret adalah minuman khas Jawa Tengah, atau tepatnya kawasan Blitar. Minuman yang satu ini memiliki 2 isian yang sangat khas, yaitu yang bernama Gempol dan Pleret. Bahan utama dari minuman ini adalah tepung tapioca, tepung beras dan air. Adonan tersebut kemudian dicampur hingga rata, dan nantinya akan dibentuk menjadi bulatan kecil atau digempol, atau Anda dapat membentuknya dengan cara dipipihkan atau dipleret. Untuk masalah warna, Anda dapat menggunakan beberapa macam warna,s eperti hijau, merah, dll. Agar lebih nikmat, minuman ini sebaiknya disajikan dengan siraman kuah santan, sirup cocopandan dan juga seruan es batu.

Es Tambring

Minuman Tradisional Indonesia

masak.tv

Mengunjungi Bali, tidak lengkap jika tidak mengkonsumsi minuman menyegarkan khas Bali yang benama es Tambring. Dibanding minuman menyegarkan lainnya, minuman yang satu ini terbilang unik, terbuat dari campuran air gula jawa, air kelapa, telur ayam kampung yang diambil putihnya saja, dan gula pasir secukupnya. Yang unik, walaupun minuman ini menggunakan putih telur, namun tidak tercium aroma amis sedikitpun. Bagaimana Anda tertarik mengkonsumsi salah satu dari minuman tradisional Indonesia tersebut ?



Leave a Reply

4 Comments
  1. Riastech says:

    minumannya bikin ngilerr dech. suweger

  2. Yunita says:

    Makasih infonya gan

  3. andisuherman7 says:

    artikel yang bagus untuk dibaca