10 Minuman Khas Kalimantan Selatan Segar Menyehatkan


Fida  February 16, 2022  0 Comment

Kalimantan Selatan dikenal sebagai salah satu daerah di Indonesia yang menawarkan banyaknya tempat wisata dan berbagai kuliner lezat. Tidak hanya makanan dengan berbagai bumbu khas, daerah yang satu ini juga menawarkan berbagai minuman segar yang tidak kalah menarik untuk dicoba. Tidak perlu bingung, inilah daftar 10 minuman khas Kalimantan Selatan yang sayang untuk dilewatkan.

1. Lahang Bambu

lahang bambu
lifestyle.okezone.com

Pernahkah kamu mendengar minuman dengan sebutan lahang bambu? Bahan bambu dikenal sebagai salah satu minuman khas Kalimantan Selatan yang populer dan banyak disukai masyarakat. Minuman yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama lahang atau air nira. Sesuai dengan namanya, minuman yang satu ini terbilang unik karena disimpan di dalam bambu.

Saat baru dipanen, minuman ini memiliki warna kuning jernih dengan rasa yang sedikit asam. Saat berkunjung ke daerah Kalimantan Selatan, kamu tentu dapat dengan mudah menjumpai minuman lahang bambu di warung-warung di pinggir jalan. Tidak perlu khawatir, minuman yang satu ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

GoTravelly

Ronde & Angsle Di Keputih

Warung Kopi Gunung, Tawarkan Sensasi Ngopi Di Tengah Hutan Pinus

2. Es Lidah Buaya

es lidah buaya
viva.co.id

Es Lidah Buaya juga menjadi salah satu minuman khas Kalimantan Selatan yang dikenal menawarkan cita rasa lezat serta kesegaran yang luar biasa. Sesuai dengan namanya, minuman yang satu ini memang dibuat menggunakan bahan utama tanaman lidah buaya. Karena kesegarannya, maka tidak heran jika minuman ini banyak dipilih untuk dikonsumsi saat sedang panas.

Jika dilihat sekilas, minuman yang satu ini memang tampak sederhana. Saat berkunjung ke Kalimantan Selatan, kamu dapat menikmati segarnya es lidah buaya di cafe maupun tempat makan. Segarnya minuman yang satu ini tentu sayang untuk tidak kamu coba.

3. Es Nangka Selasih

es nangka selasih
cookandrecipe.com

Tidak kalah segar dengan minuman sebelumnya, es nangka selasih juga menjadi salah satu rekomendasi minuman khas Kalimantan Selatan yang populer dan bisa kamu coba. Minuman yang satu ini memang dibuat dengan menggunakan bahan utama buah nangka dan juga biji selasih. Selain itu, minuman ini juga memiliki beberapa isi yang tambahan seperti nata de coco, gula, air perasan jeruk nipis, dan juga es batu.

Es nangka selasih biasa dijual dengan harga terjangkau dan bisa kamu jumpai di beberapa warung atau kedai di pinggir jalan. Karena dikenal menyegarkan, tidak heran jika minuman ini disukai oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

4. Es Jagung

es jagung
inews.id

Saat ingin mencoba salah satu minuman khas Kalimantan Selatan yang dikenal lezat dan menyegarkan, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu es jagung. Jagung merupakan salah satu minuman yang terkenal di daerah Pontianak dan juga Banjarmasin.

Sesuai dengan namanya, minuman ini memang dibuat dengan menggunakan bahan utama jagung rebus. Jagung rebus yang telah dicampur dengan gula, susu kental manis, dan juga es batu menghasilkan cita rasa yang khas dan unik. Selain banyak disukai oleh masyarakat lokal, minuman ini juga berhasil membuat wisatawan penasaran dan ingin mencobanya. Satu porsi es jagung biasa dibanderol dengan harga sekitar Rp 10.000,-. Cukup terjangkau bukan?

5. Temulawak Sani

temulawak sani
youtube.com

Minuman khas Kalimantan Selatan berikutnya yang dikenal unik dan bisa kamu coba adalah temulawak sani. Minuman yang satu ini dikenal menawarkan cita rasa manis dan segar. Tidak hanya itu, temulawak sani juga menawarkan berbagai manfaat baik bagi tubuh saat dikonsumsi. Minuman yang satu ini dapat dengan mudah dijumpai saat bulan Ramadan tiba.

Untuk menikmatinya, kamu hanya perlu menyiapkan biaya sekitar Rp 7.000,- per botol. Minuman yang satu ini juga dikenal cukup legendaris dan menjadi tradisi bagi warga Martapura. Saat berkunjung ke kawasan Kalimantan Selatan tentu menjadi hal yang mudah untuk berburu minuman yang satu ini

6. Kopi Hirang Asli Robusta

kopi hirang asli robusta
shopee.co.id

Tidak perlu bingung menentukan pilihan saat ingin menikmati salah satu minuman khas Kalimantan Selatan, kamu dapat mencoba lezatnya kopi hirang asli robusta. Minuman yang satu ini tentu sangat cocok dinikmati khususnya bagi kamu pecinta kopi. Varian kopi yang satu ini tidak hanya disukai oleh masyarakat lokal tetapi juga banyak diburu oleh wisatawan.

Selain dapat dinikmati langsung saat berkunjung ke Kalimantan Selatan, kopi hirang asli robusta juga biasa dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang oleh para wisatawan. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan aroma serta cita rasa yang khas dan berbeda dengan kopi lainnya. Meskipun menawarkan cita rasa yang khas, tetapi minuman ini tetap dijual dengan harga terjangkau yakni sekitar Rp 30.000,- per bungkus. Jika penasaran, kamu dapat membelinya di berbagai toko oleh-oleh di Kalimantan Selatan.

7. Teh Gaharu Banjarbaru

teh gaharu
tokopedia.com

Rekomendasi minuman khas Kalimantan Selatan lainnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah Teh Gaharu Banjarbaru. Minuman yang satu ini dikenal memiliki banyak sekali manfaat baik bagi tubuh. Saat berkunjung ke Kalimantan Selatan, kamu dapat menjumpai minuman ini di toko-toko herbal. Selain itu, teh gaharu juga biasa dijual di toko oleh-oleh di Kalimantan Selatan. Biasanya, minuman ini dijual dengan harga sekitar Rp 45.000,- per kotak.

8. Sirup Limau Kuit

sirup limau kuit
shopee.co.id

Sirup limau kuit juga menjadi salah satu minuman khas Kalimantan Selatan yang cukup populer dan sayang untuk tidak kamu coba. Minuman yang satu ini dikenal sangat menyegarkan dan biasa dipilih untuk dikonsumsi saat cuaca panas.

Di daerah Kalimantan Selatan, kamu dapat menikmati minuman ini dengan beberapa pilihan rasa ya ini original, melon, dan juga pandan. Sesuai dengan namanya, minuman yang satu ini memang dibuat dengan menggunakan bahan utama jeruk limau. Adanya tambahan gula menjadikan minuman ini memiliki cita rasa manis. Selain itu, sirup limau kuit juga sangat aman untuk dikonsumsi karena tidak mengandung bahan pengawet. Menarik sekali bukan?

9. Es Buah Banjarmasin

es buah banjarmasin
cookpad.com

Es buah Banjarmasin menjadi salah satu minuman khas Kalimantan Selatan dikenal menyegarkan. Tidak hanya disukai oleh masyarakat lokal saja, minuman ini juga banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke Kalimantan Selatan. Selain dikenal menyegarkan, minuman ini juga dijual dengan harga terjangkau yakni sekitar Rp 5.000,- hingga Rp 70.000,- saja per porsi.

Kamu akan dimanjakan dengan berbagai isian yang ditawarkan seperti buah nangka, nanas, kolang kaling, pepaya, dan masih banyak lagi. Selain itu, minuman ini juga biasa memiliki beberapa tambahan itu yang seperti nata de coco hingga agar-agar.

10. Ce Hun Tiaw

ce hun tiaw
cookpad.com

Makanan khas Kalimantan Selatan berikutnya adalah Ce Hun Tiaw. Pernah mendengar Sebutkan nama minuman yang satu ini sebelumnya? Jika dilihat sekilas, minuman ini memiliki tampilan yang mirip dengan es cendol tetapi sebenarnya berbeda.

Ce Hun Tiaw dibuat dengan menggunakan beberapa bahan seperti cendol, gula merah, bongko atau kue berwarna hijau, dan juga adanya toping berupa kacang. Tertarik untuk mencobanya?



Leave a Reply