27 Makanan Khas Jawa Timur Wajib Dicoba Rasanya Nagih Mas


Reni  April 11, 2018  3 Comments

Makanan khas Jawa Timur Tidak bisa dibantah, Jawa Timur memang menjadi surganya wisata kuliner menakjubkan yang sulit diabaikan begitu saja. tawarkan kuliner dengan rasa pedas dan berictara rasa khas. Tak ayal membuat jawa Timur menjadi destinasi wisata di IndonesiaBerikut ini beberapa masakan khas Jawa Timur yang wajib Anda nikmati saat berkunjung kesana

1. Soto Lamongan

Soto Lamongan

kelanaku.com

Soto Lamongan menjadi salah satu makanan khas Jawa Timur yang saat sangat mudah ditemukan di berbagai daerah lainnya. Namun, terdapat perbedaan antara soto Lamongan dengan soto lainnya, yakni koya, tahukah Anda apa itu koya? Koya merupakan sejenis bubuk gurih dengan bahan dasar pembuatannya berasal dari kerupuk udang dan bawang putih.

Tambahan koya membuat cita rasa soto Lamongan menjadi semakin gurih dan membuat siapa yang menikmatinya akan semakin ketagihan. Jika Anda penasaran dengan citarasanya, segera cari dan temukan kuliner lezat ini di kota Anda.

Namun, akan semakin sempurna dan berkesan jika Anda berkesempatan menikmatinya langsung dari kota asalnya, Jawa Timur.

review kuliner

Toron Samalem, Wisata Instagenic Tempat Pertapaan Potre Koneng

Hunting Rujak Cingur Enak Di Surabaya? Mampir Ke Warung Rujak Cingur Joko Dolog Yuk!

Rujak Manis Semeru: Kuliner Legendaris Kota Malang Yang Istimewa

2. Rujak Cingur

Rujak Cingur

subtradfoodundkpcu.wordpress.com

Nah, jika kuliner Rujak Cingur pastinya sebagian besar dari kita pernah mendengar tentangnya bukan? Berbeda dari rujak biasanya yang berisikan irisan buah-buahan dan sambel, Rujak Cingur menjadi kesukaan para pecinta kuliner karena berisikan rujak mulut sapi, cingur, sayuran dan berbagai bahan pelengkap lainnya.

Tahukah Anda, terdapat satu bumbu yang membuat rujak cingur semakin digemari, yakni perpaduan antara petis, cabe, gula merah plus kacang tanah yang telah digoreng.

Bumbu tersebut kemudian akan diulek dan ditambahkan sedikit air guna diencerkan. Dijamin, rasa semakin mantap dan nikmat, Anda pasti akan ketagihan dan ingin mencobanya lagi dan lagi.

3. Rawon

Rawon

rachman14.wordpress.com

Wisata kuliner khas Jawa Timur berikutnya yang wajib Anda coba ialah Rawon, sebagian dari kita pasti telah sering mendengarnya. Rawon merupakan sebuah makanan dengan kuah yang berwarna coklat kehitam-hitaman.

Karena warna kuah inilah makanan yang satu ini disebut dengan nama Rawon. Tahukah Anda? Warna kuah rawon yang kehitam-hitaman ini didapatkan karean sebuah bahan rahasia yang bernama kluwek. Di Jawa Timur, salah satu lokasi terkenal yang menjajal Rawon ialah di daerah Pasuruan.

Akan semakin mantap jika menyantap Rawon dnegan nasih plus kurupuk dan bawang goreng. Biasanya, kuliner rawon akan diisi tauge, telur,sayuran hijau dan daging sapi. Wah, akan semakin menggugah selera pastinya.

4. Gado-Gado

Gado-Gado

goodindonesianfood.com

Kuliner khas Jawa Timur selanjutnya ialah gado-gado yang memang telah terkenal dengan kelezatan citarasanya di lidah para penikmat wisata kuliner. Tidak hanya masyarakat Indonesia, bahkan wisatawan mancanegara pun telah membuktikan dan mengakui sendiri kelezatan dan kenikmatan kuliner unik yang satu ini.

Selain itu, semakin menarik untuk direkomendasikan karena kuliner gado-gado merupakan salah satu makanan yang terbilang cukup sehat untuk dikonsumsi. Dimana, bahan gado-gado merupakan campuran dari tahu, tempe, sayuran rebus, kentang, telur, ketupat dan selanjutnya akan disiram saus kacang dan dijamin rasanya akan semakin mantap.

Mau mencoba? Sangat mudah menemukan kuliner yang satu ini di semua daerah di Indonesia, termasuk di daerah Anda pastinya.

5. Lontong Balap

Lontong Balap

nurmaleeta.wordpress.com

Namanya saja sudah sangat unik, namun jangan berpikir jika kuliner lontong yang satu ini digunakan untuk ajang perlombaan, kompetisi atau sejenisnya ya. Lontong Balap merupakan salah satu kuliner khas Jawa Timur dan Anda bisa menemukannya dengan mudah di sekitaran Jalanan Jawa Timur.

Lontong Balap sendiri merupakan perpaduan dari berbagai bahan, mulai dari lontong, tahu goreng, tauge, kecap, lenthok, sambal, bawang goreng dan beragam bumbu pelengkap lainnya. Semakin sempurna dengan tambahan siraman kuah segar yang membuat citarasanya semakin nikmat.

Tertarik mencoba? Segera temukan kuliner khas Jawa Timur ini di daerah Anda, namun tentu saja akan semakin berkesan jika Anda bisa menikmatinya langsung di Jawa Timur.

6. Pecel

Pecel

kaskus.co.id

Pecel merupakan salah satu kuliner yang sangat mudah ditemukan di berbagai kota di Indonesia, termasuk di Jawa Timur dengan cita rasa yang tidak diragukan lagi. Makanan khas Jawa Timur ini hampur digemari semua kalangan, dari muda hingga tua, baik pria maupun wanita memiliki selera yangs ama dalam menilai sebuah masakan terbaik.

Baca juga :  10 Oleh-oleh khas Majalengka Rekomendasi Traveller

Tahukah Anda? Saking banyak penggemarnya, di Jawa Timur pecel dibuat dengan beberapa jenis tersendiri dan disesuaikan menurut daerahnya masing-masing, mulai dari pecel khas Jember, khas Malang dan lainnya.

Tertarik ingin mencoba? Segera dapatkan menu pecel terbaik dengan mengunjungi Jawa Timur atau Anda juga bisa mulai mencari dan memburunya di kota Anda sendiri.

7. Tahu Tek

Tahu Tek

jalan & jajan youtube

Kuliner khas Jawa Timur yang wajib Anda coba dengan cita rasa yang dijamin bikin nagih ialah Tahu Tek. Seperti namanya, jelas saja kuliner yang satu terbuat dari bahan utama berupa tahu.

Tahu Tek sendiri merupakan kuliner yang berisi tahu goreng setengah matang yang selanjutnya dipadukan dengan bahan lainnya, seperti tauge, kentang goreng, potongan lontong hingga timun.

Selanjutnya, bahan pembutan Tahu Tek akan disempurnakan dengan menyiram bumbu kacang tanah goreng plus petis yang sebelumnya telah dihaluskan.

Dijamin, cita rasa kuliner yang satu ini akan menggugah selera dan membuat Anda ketagihan ingin mencobanya.

8. Nasi Tumpang

Nasi Tumpang

sportourism.id

Nasi Tumpang khas Jawa Timur juga sering disebut dengan nama sego tumpang dan menjadi salah satu makanan terbaik khas Kediri, Jawa Timur. Kuliner menarik yang satu ini wajib dicoba oleh Anda para pecinta dan pemburu kuliner terbaik.

Alasan mengapa menu ini diberi nama nasi tumpang ialah karena menunya yang menggunakan kuah sambal tumpang, yakni terbuat dari tempe basi atau biasa disebut tempe bosok oleh masyarakat Jawa.

Tempe yang telah membusuk ini kemudian akan dimasak dengan ayam, krupuk kulit hingga rambak dan semakin membuat para penikmatinya semakin ketagihan. Siap mencoba? Segera lakukan pemburuan kuliner terbaik nasi tumpang khas Jawa Timur sekarang juga.

9. Rujak Soto

Rujak Soto

mommynoer.wordpress.com

Rujak soto menjadi menu khas Jawa Timur selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan saat Anda berkunjung kesana. Menu yang satu ini bisa ditemukan di Banyuwangi dengan soto yang berbeda dari yang biasanya pastinya Anda akan dibuat ketagihan.

Rujak soto khas Banyuwangi Jawa Timur di buat dari dua makanan yang berbeda yang digabungkan jadi satu, yaitu rujak dan soto. Ya, rujak akan digabungkan dengan soto kuning, tepatnya rujak sayur dan soto babat.

Mengenai rasa, jangan pernah menyepelekannya karena dijamin Anda akan meminta tambah sekali mencoba menu yang satu ini.

10. Lodho Ayam

Lodho Ayam

wonderfultulungagung.blogspot.co.id

Menu khas Jawa Timur selanjutnya ialah Lodho Ayam yang telah sangat populer dengan kelezatannya di seluruh Jawa. Lodho ayam menjadi menu terbaik khasi Tulungagung, Jawa Timur. Bahkan para pengunjung bisa menemukan menu yang satu ini dengan mudah saat menginjakkan kaki ke Tulungagung.

Kuliner ini terbuat dari bahan utama ayam yang dimasak dengan resep dan bumbu turun temurun dengan cita rasa yang telah mengudara kelezatannya. Lodho ayam bahkan juga terdiri dari dua jenis masakan, terdapat lodho ayam dengan kuah encer dan lodho ayam kuah kental.

Anda tinggal mencocokkannya dengan selera Anda karena kedua masakan ini memiliki rasa lezat yang sama juaranya.

11. Sego Tempong

Sego Tempong

ariefpokto.com

Pasti sangat asing mendengar nama Sego Tempong, terlebih bagi Anda yang bukan berasal dari Jawa Timur. Namun, jangan pernah merasa asing dengan rasa nikmatnya ya para pemburu kuliner terbaik khas Jawa timur. Ya, sego tempong merupakan makanan khas Banyuwangi, Jawa Timur.

Kuliner ini dinamakan sego tempong karena rasanya yang amat sangat pedas. Sego tempong sendiri memiliki arti memukul dan menampar, yakni menggambarkan jika rasa nikmat dan pedasnya benar-benar menampar lidah Anda.

Sajian sego tempong juga dipadukan dengan nasi dan sayuran pelengkap, seperti kenikir, bayam rebus, kemangi dan pastinya sambal pedas yang disiran di bagian atasnya. Tidak hanya itu, bahkan juga ada lauk lezat yang melengkapinya, seperti tahu, tempe, bakwan jagung, ayam goreng, seafood dan lainnya.

12. Nasi Krawu

Nasi Krawu

depotbuimablog.wordpress.com

Pernahkah Anda mendengar kota penghasil semen di Jawa Timur dengan nama Gresik. Ya, ternyata di salah satu lokasi ini terdapat wisata kuliner terbaik dengan nama nasi krawu yang menjadi salah satu kuliner khas Jawa Timur. Tertarik? Bagi Anda yang mengunjungi kota ini, pastikan Anda tidak melewatkan menu terbaik nasi krawu.

Nasi krawu terbuat dari berbagai bahan, seperti daging sapi, sambal terasi hingga serundeng. Semakin menarik karena nasi krawu di sajikan dengan menggunakan daun pisang. Dijamin, Anda akan semakin ketagihan saat mencoba menu ini untuk pertama kali.

13. Sate Madura

Sate Madura

craftlog.com

Pernahkan Anda menonton film-film dengan pedagang sate yang digambarkan seperti orang Madura asli, terlebih dengan dialognya yang sangat kental dan membuat siapa saja tergelak untuk tertawa. Tahukah Anda? Ada satu menu khas Madura yang telah dikenal seluruh Indonesia, apalagi kalau bukan sate madura. Ya, sate madura bahkan bisa ditemukan di hampir semua kota besar Indonesia, salah satunya di kota Anda tentunya.

Baca juga :  10 Dessert Khas Hongaria, Cocok untuk Hidangan Penutup

Pada dasarnya, sate madura tidak hanya terbuar dari sate ayam saja, melainkan juga terdapat sate kambing dengan kelezatan juara pula. Proses pemanggangan sate madura biasanya akan menggunakan batok kelapa sehingga hasilnya juga akan sangat nikmat dan menggugah selera.

14. Lontong Kupang

Lontong Kupang

iboefani.wordpress.com

Kuliner khas Jawa Timur berikutnya yang wajib Anda cicipi dengan cita rasa yang bikin nagih ialah lontong kupang. Anda yang bukan berasal dari Jawa Timur pasti merasa asing dengan menu yang satu ini. Lontong Kupang sendiri sangat mudah ditemukan di daerah Surabaya, Pasuruan dan Sidoarjo. Bagi Anda yang berada di pesisir Jatim juga mudah untuk menemukan penjual yang menjajal menu lontong kupang.

Lontong ini terbuat dari kupang putih (sejenis hewan laut menyerupai kerang dengan ukuran kecil). Kupang putih selanjutnya akan dimasak setelah dikupas terlebih dahulu. Dengan tambahan bumbu-bumbu rahasia, lontong kupang semakin memikat dengan citarasa menakjubkan.

15. Bebek Sinjay

Bebek Sinjay

instagram.com/surabaya_foodies

Bebek sinjay sangat direkomendasikan kepada para pecinta kuliner dengan bahan dasar bebek. Bebek sinjay merupakan menu khas Jawa Timur yang wajib Anda cicipi saat mengunjungi Bangkalan, tepatnya berada di kawasan Madura.

Akan semakin nikmat jika Anda memakan hidangan bebek sinjay dengan tambahan nasi hangat plus kremesan. Semakin komplit, dengan tambahan mangga muda di dalam sajian lengkap bebek sinjay. Daging bebek yang empuk menjadi salah satu alasan utama mengapa banyak pecinta kuliner yang memburu bebek sinjay setiap hari.

16. Gethuk Pisang

Gethuk Pisang

yomanuto.com

Tidak hanya menu makanan pokok, Anda juga bisa menemukan menu khas Jawa Timur untuk sekedar jajanan dan cemilan biasanya. Ya, cobalah gethuk pisang dengan citarasa yang sangat berbeda dengan gethuk singkong.

Perbedaan utamanya tentu saja berasal dari bahan bakunya, dimana yang bisa diolah menjadi gethuk pisang ialah pisang raja nangka dengan rasa yang manis, lembut, dan rasa asam yang sangat khas. Tekstur pisang raja nangka sangat lembut sehingga mambuat banyak orang tergugah menjadikannya cemilan nikmat saat waktu senggang.

17. Sambel Wader

Sambel Wader

ksmtour.com

Sambel Wader ialah kuliner khas Jawa Timur dengan olahan berbahan dasar ikan. Anda bisa dengan mudah menemukan menu sambel wader di Mojokerto, Jawa Timur. Wader, pernahkan Anda mendengarnya? Wader merupakan salah satu jenis ikan yang bisa ditemukan di sungai.

Memang ikan wader berukuran kecil, namun jangan pernah menyepelekan kelezatan yang ditawarkannya. Selain itu, di dalam sambel wader, Anda juga bisa menikamti ikan-ikan lainnya yang bisa dinikmati sepuasnya dalam satu porsi sajian menggugah selera.

18. Pecel Lele

Pecel Lele

Pecel Lele menjadi salah satu menu masakan yang bisa ditemukan di hampir seluruh kota di Indonesia, termasuk di kota Anda pastinya. Menu ini biasanya akan dijajal saat malam hari tiba dan akan memenuhi hampir seluruh jalanan di kota-kota.

Pecel lele sendiri merupakan salah satu kuliner khas Jawa Timur yang bisa dijumpai di daerah Lamongan. Sesuai dengan namanya, tentu saja pecel yang satu ini dibuat dengan bahan dasar lele. Ikan lele akan digoreng terlebih dahulu dan akan disajikan bersamaan dengan nasi hangat plus sambal terbaik yang akan membuat Anda semakin ketagihan.

19. Brem

Brem

berrykitchen.com

Terakhir ada brem, yakni kuliner terbaik yang bisa ditemukan dengan mudah di kawasan kota Madiun, Jatim. Tahukah Anda? Brem merupakan salah satu jajanan yang biasa dijadikan oleh-oleh khas kota ini. Brem sendiri di buat dengan menggunakan sari ketan yang dimasak dan kemudian dikeringkan.

Sari kentan yang digunakan juga telah melewati proses fermentasi terlebih dahulu selama satu malam sehingga akan membuat cita rasanya semakin nikmat dan juara. Belum lengkap rasanya jika Anda mengunjungi Jawa Timur tanpa membawa pulang kuliner oleh-oleh yang satu ini.

20. Bakso Malang

Bakso Malang

pergikuliner.com

Kuliner terbaik khas Jawa Timur yang wajib dicoba dengan rasa bikin nagih ialah Bakso Malang. Ya, tidak ada yang bisa menyepelekan menu menarik yang satu ini, dari tua hingga yang muda selalu menjadikan bakso sebagai salah satu menu favoritnya.

Tidak perlu meragukan lagi cita rasa bakso Malang yang memang telah diakui oleh penggemar bakso di seluruh kota bahkan wisatawan mancanegara. Sesuai dari kota tempatnya berasal, bakso ini diberi nama bakso Malang dan hadir dengan menu yang berbeda dari bakso biasanya.

Dimana, bakso Malang dibuat dari jenis yang berbeda, mulai dari bakso biasa, bakso uratm bakso telur, bakso udang, bakso goreng dan lainnya. Anda juga bisa menambahkan pangsit basah atau kering, ati, ampela, siomay, tahu, lontong dan mie untuk menambah citarasanya.

Baca juga :  10 Oleh Oleh Khas Sumedang Bikin Semua Senang

Juaralah jika membahas mengenai kuliner bakso Malang yang dijamin akan membuat Anda nagih untuk mencobanya lagi dan lagi.

21. Nasi Boranan

Nasi Boranan

lifestyle.okezone.com

Makanan khas Jawa Timur yang patut untuk anda coba selanjutnya adalah Nasi Boranan atau yang akarab disebut sebagai Sego Boranan. Nasi Boranan merupakan sebuah kuliner asal Lamongan yang cukup terkenal dan banyak digemari tak hanya oleh masyarakat setempat, namun juga wisatawan.

Nasi Boranan ini adalah nasi yang diberi dengan berbagai macam lauk pauk yang bisa dipilih sesuai selera. Pilihan lauknya pun beragam, seperti tahu, tempe, jeroan, telur asin, telur dadar, ikan bandeng hingga ikan sili. Ikan Sili merupakan ciri khas dari nasi boranan ini, bahkan ikan ini disebut memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan daging ayam.

Ciri khas lain dari nasi boranan ini adalah sambalnya yang dibuat dari rempah-rempah yang khas dan dipadukan dengan santan kelapa. Sambalnya yang biasa digunakan pun terdapat dua jenis, yaitu sambal kuah dan sambal urap.

22. Nasi Becek

Nasi Becek

gastronomy-aficionado.com

Nasi Becek juga masuk dalam daftar makanan khas Jawa Timur yang cukup populer dan layak untuk anda coba. Sesuai dengan namanya, kuliner asal Nganjuk ini memiliki tampilan becek karena diberi kuah.

Jika diperhatikan sekilas, kuah yang digunakan untuk nasi becek ini mirip dengan kuah gulai namun teksturnya lebih encer dan warnanya lebih bening. Proses pengolahannya pun cukup berbeda. Nasi becek ini biasa dinikmati dengan sate, aneka sayuran dan babat. Nasi becek ini sangat cocok untuk dinikmati bagi anda yang menyukai babat.

23. Nasi Serpang

Nasi Serpang

gotravelly.com

Madura tak hanya ada bebek dan sate, disana kamu juga bisa menemukan salah satu kuliner nikmat yang juga menjadi salah satu makanan khas Jawa Timur yang banyak dicari, yaitu Nasi Serpang.

Makanan yang biasa disajkan sebagai menu sarapan ini memang terbilang cukup unik, pasalnya pada nasi serpang ini terdapat semua unsur yang terdapat di Pulau Madura. Nasi Serpang ini merupakan nasi campur yang terdiri dari nasi punel dengan ragam lauk nikmat, seperti pepes ikan tongkol, sambal goreng kerang, telur asin, dendeng daging sapi, soun bumbu kecap, sambal terasi dan peyek.

Menariknya, tidak ada sayur yang ditambahkan pada kuliner ini sehingga anda bisa merasakan lauk pauknya yang melimpah bersama dengan nasinya yang punel. Untuk bisa menikmati nasi serpang ini, anda bisa berkunjung ke kota Bangkalan dan menemukan banyak penjual nasi serpang disana.

24. Sompil

Sompil Makanan khas Jawa timur

foodnesia.net

Pernahkah anda mendengar tentang kuliner bernama Sompil? Sompil merupakan salah satu makanan khas Jawa Timur yang berasal dari Tulungagung.

Sompil adalah kuliner yang terdiri dari ketupat disiram dengan kuah santan berbumbu lodeh yang diberi potongan nagka muda, kacang panjang dan rebung yang diolah dengan campuran santan cair.  biasanya disajikan dengan taburan potah yang terbuat dari kedelai goreng yang telah digiling halus bersama bawang putih. Sama halnya dengan nasi serpang, sompil ini juga sangat cocok dinikmati sebagai menu makan pagi.

25. Orem Orem

Orem Orem Makanan khas Jawa Timur

m.merdeka.com

Malang tak hanya terkenal dengan bakso-nya saja, namun Kota Apel ini juga memiliki salah satu kuliner khas bernama Orem-Orem. Makanan khas Jawa Timur yang satu ini juga untuk anda coba saat berlibur ke Jawa Timur.

Kuliner ini disajikan dengan irisan tempe goreng dan ayam yang diolah bersama dengan santan. Jika diperhatikan sekilas, orem-orem ini memiliki tampilan seperti kuah opor atau lodeh. Orem-Orem ini biasanya juga dinikmati dengan mendol tempe. Tak hanya tempe, terdapat juga beberapa jenis orem-orem, seperti orem-orem telur dan orem-orem ayam.

26. Pecel Semanggi

Pecel Semanggi

goodnewsfromindonesia.id

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan daun semanggi, bukan? Daun semanggi ini merupakan sebuah tanaman yang banyak ditemukan di wilayah Indonesia. Daun semanggi adalah daun sejenis paku air dan biasanya ditemukan di pematang sawah atau di saluran irigasi.

dikenal sebagai bioremedia yang mampu menyerap logam berat. Masyarakat Australia banyak yang menjadikan daun semanggi ini sebagai bahan makanan, begitu juga dengan masyarakat Indonesia. Salah satu olahan daun semanggi yang cukup populer adalah Pecel Semanggi yang menjadi salah satu makanan khas Jawa Timur.

Sama halnya dengan pecel pada umumnya, pecel semanggi ini dibuat dengan mancampurkan sayuran dengan sambal kacang yang nikmat, bedanya sambal pecel semanggi ini terbuat dari ketela rambat. Sayur yang digunakan tidak hanya daun semanggi, namun juga ditambah dengan kecambah, kangkung dan kerupuk.

27. Krengsengan

Krengsengan Khas jawa Timur

cookpad.com

Makanan khas Jawa Timur yang terakhir adalah krengsengan. Krengsengan merupakan salah satu kuliner yang cukup akrab di lidah masyarakat Jawa Timur, namun anda juga bisa menemukan sajian ini diluar Jawa Timur.

Krengsengan pada dasarnya dibuat dari daging kambing yang kemudian diolah dengan campuran bumbu rempah. Seperti bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, kecap manis dan lainnya. Namun, krengsengan sekarang bisa dibuat dengan menggunakan daging sapi. Sekilas, tampilan krengsengan ini mirip dengan gulai, namun kuahnya lebih kental. Biasanya krengsengan ini lebih nikmat jika dimakan bersama dengan nasi putih yang hangat. Jika anda berkunjung ke Jawa Timur, anda bisa menemukan banyak penjual krengsengan bahkan hampir di setiap rumah makan menyajikan menu ini.

Itulah beberapa makanan khas Jawa Timur yang bisa Anda cicipi selagi mengunjungi dan menikmati keindahan kotanya.



Leave a Reply

3 Comments
  1. Kyndaerim says:

    Lodho ayam, enak!! Jadi inget temenku, kalo ngumpul kerumahnya pasti dimasakin ini.. haha..
    Tapi semuanya enak! Masakan Jatim memang the best lah!

  2. Bayu says:

    Soto lamongan, pecel, bakso malang.. Weenak ee pol rek 😀

  3. TB says:

    Semanggi Suroboyo ketinggalan