Nggak Hanya Baguette,Berikut 10 Jenis Roti Khas Perancis


prita  January 18, 2022  0 Comment

Roti memang menjadi salah satu makanan pokok bagi masyarakat Eropa yang wajib ada, khususnya Perancis. Jenis roti khas Perancis yang paling populer adalah baguette. Namun ternyata, selain baguette kamu juga bisa menemukan banyak jenis roti lainnya yang memiliki rasa serta keunikannya masing-masing. Nah, jika kamu akan berlibur ke Perancis, jangan lewatkan untuk mencicipi ragam jenis roti berikut ini.

1. Baguette

Baguette
ilovecooking.ie

Jenis roti khas Perancis yang wajib untuk kamu coba adalah Baguette. Bisa dibilang roti jenis ini adalah yang paling populer karena telah ada sejak dulu dan digemari oleh banyak orang.

Baguette ini memiliki karakteristik yang ringan dan panjang dengan permukaan kulit yang keras juga renyah. Roti ini telah ada sejak abad ke-19 dimana roti putih dan gandum tak lagi menjadi makanan orang kaya. Baguette ini bisa kamu temukan di toko roti seluruh Perancis dengan harga yang cukup terjangkau. Roti ini biasa digunakan untuk sandwich atau menjadi menu gourmet.

Gotravelly

Ropang Plus Plus, Tongkrongan Milenial Dengan Menu Paling Lengkap

Beli Kopi : Nggak Cuma Kopinya Yang Enak, Ropangnya Juga Juara!

2. Gibassier

Gibassier
apeekintomykitchen.com

Gibassier merupakan salah satu jenis roti khas Perancis yang tak kalah populer dari baguette. Gibassier ini sebenarnya tidak sepenuhnya diakui sebagai roti karena ada sebagian orang yang menyebutnya sebagai pastry.

Terlepas dari itu, gibassier ini merupakan roti dengan cita rasa jeruk yang biasanya disajikan saat Natal. Jeruk biasanya ditambahkan dalam tepung dan kulit jeruk juga ditambahkan ke bagian atas gibassier ini. Gibassier ini lebih sering dinikmati sebagai menu sarapan karena cita rasanya yang manis. Hal ini karena rasa jeruk pada gibassier ini cukup kuat dan memberi rasa pada roti yang sangat terasa.

Baca juga :  7 Rekomendasi Kuliner Enak dan Murah Dekat Stasiun Bogor

3. Pain a l’ail

Pain a l'ail
zeste.ca

Jenis roti khas Perancis yang sayang sekali untuk dilewatkan adalah Pain a l’ail. Pain a l’ail ini merupakan garlic bread khas Perancis yang juga sangat populer disana.

Sesuai dengan namanya, roti ini dibuat dari garlic atau bawang putih, namun sebagaia tambahan biasanya roti ini diberi mint. Bawang putih memberikan cita rasa yang luar biasa sehingga sangat cocok jika dinikmati dengan pasta khas Italia.

4. Brioche

Brioche
delish.com

Jika diperhatikan sekilas, Brioche ini memang memiliki tampilan seperti roti tawar. Brioche merupakan roti manis dengan tekstur yang lembut dan ringan sehingga cocok untuk dinikmati sebagai menu sarapan maupun makan siang.

Memiliki cita rasa yang manis membuat brioche ini menjadi bahan yang tepat untuk membuat french toast. Brioche sendiri dibuat dengan menggunakan banyak mentega dan telur sehingga membuatnya sangat cocok digunakan untuk membuat french toast. Proses membuat brioche ini memang tidak mudah karena dibutuhkan kesabaran. Pasalnya, adonan roti ini harus didiamkan semalaman sehingga menghasilkan roti dengan tekstur yang crunchy di bagian luar dan fluffy di bagian dalam.

5. Fougasse

Fougasse
sweetthought.ca

Fougasse merupakan salah satu jenis roti khas Perancis yang berasal dari Provence. Roti ini memiliki keunikan yaitu tampilannya yang berlubang dan memakai minyak zaitun, tomat sundried, ikan teri dan ragam rempah sehingga cita rasanya gurih.

Fougasse ini memiliki bentuk yang mirip dengan daun, meskipun ada yang menyebutnya mirip dengan gandum. Uniknya, jika kamu ingin menikmati fougasse ini dengan cita rasa otentik, maka kamu harus memanggang roti ini di oven dengan kayu tradisional. Hal ini karena roti ini awalnya dipanggang pada zaman Romawi dan digunakan untuk menguji suhu oven. Sekarang, fougasse ini memiliki banyak variasi, mulai dari keju, zaitun dan buah ara.

Baca juga :  25 Makanan Khas Jawa Tengah Enak Populer Jadi Incaran Wisatawan

6. Pain de Mie

Pain de Mie
theperfectloaf.com

Jenis roti khas Perancis yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Pain de Mie. Secara harfiah, pain de mie ini memiliki arti roti tanpa crust. Hal ini mengacu pada lapisan tipis yang keras dan bagian dalam putih yang tebal.

Pain de mie ini bisa kamu temukan dengan mudah di banyak supermarket dan toko roti di Perancis. Biasanya orang Perancis memilih roti ini untuk dipanggang, selain itu roti ini juga sangat nikmat jika dibuat sandwich croque-monsieur klasik Perancis.

7. Pain aux Noix

Pain aux Noix
adeline-cuisine.fr

Pain aux Noix ini juga menjadi salah satu jenis roti khas Perancis yang cukup menarik untuk kamu coba. Jenis roti ini dibuat secara tradisional dengan menggunakan tepung gandum atau tepung terigu dan kacang cincang kasar yang diuleni dalam adonan.

Beberapa jenis lainnya dari roti ini bahkan mengandung kacang yang biasanya dibuat dari hazelnut yang dicincang kasar. Roti ini memiliki bentuk bulat atau polos yang ciri khasnya adalah kulitnya yang berwarna cokelat tua dan bagian dalamnya berwarna cokelat muda bertaburkan biji kenari. Pain aus Noix ini memiliki aroma yang kaya sehingga cocok jika diberi olesan gurih, keju, mentega, charcuterie atau topping manis seperti madu dan selai buah.

8. Pain Couronne

Pain Couronne
lnbakery.canalblog.com

Jenis roti khas Perancis yang wajib untuk kamu coba selanjutnya adalah Pain Couronne. Roti ini memiliki bentuk melingkar dengan lubang di bagian tengahnya berbentuk cincin.

Jika diterjemahkan, pain couronne ini memiliki arti mahkota. Hal ini karena sesuai dengan bentuknya yang menyerupai mahkota. Pain couronne ini dibuat dengan menggunakan tepung terigu, gula, ragi dan garam. Roti ini cukup beraroma dan terdapat dua jenis yang sering ditemukan, yaitu petit couronne yang merupakan versi kecil dengan penampilan mirip donat dan grande couronne yang lebih besar namun mudah diiris. Roti ini memiliki tekstur yang lembut dengan crust yang renyah.

Baca juga :  10 Hidangan Lebaran Khas Malaysia Inspirasi Kuliner Saat Hari Raya

9. Pain de Campagne

Pain de Campagne
raymondblanc.com

Pain de Campagne ini merupakan salah satu jenis roti khas Perancis yang cukup populer dan banyak sekali pemintanya. roti tradisional yang banyak ditemukan di toko roti di seluruh Perancis.

Pain de campagne ini dibuat dengan campuran tepung gandum utuh atau tepung gandum putih dan gandum hitam, ragi, garam dan air. menjadi menu makanan keluarga selama berhari-hari atau berminggu-minggu.

10. Ficelle

Ficelle
frenchtarte.com

Jenis roti khas Perancis yang terakhir adalah Ficelle. Ficelle ini memiliki tampilan yang mirip dengan baguette, namun kedua roti ini berbeda.

Perbedaan ficelle dan baguette ini adalah ficelle lebih tipis. Meskipun baguette juga tipi, namun ficelle ini memiliki ukuran setengah dari baguette. Ficelle ini memiliki lapisan kulit luar yang renyah dan bagian dalamnya lembut.

Itulah tadi daftar jenis roti khas Perancis yang wajib untuk kamu coba saat berlibur kesana. Semuanya memiliki keunikan dan cira rasa yang khas dan pastinya bisa membuatmu ketagihan. Roti mana yang paling ingin kamu coba?



Leave a Reply