10 Minuman Khas Bandung Segernya Terasa Sampai ke Jantung


Fida  April 28, 2021  0 Comment

Bandung dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki banyak tempat wisata Juga kulinernya termasuk Minuman Khas Bandung yang banyak dicari wisatawan. Tidak heran jika Bandung menjadi salah satu pilihan destinasi favorit wisatawan saat berada di Indonesia. Selain menawarkan banyak tempat wisata, kota yang dijuluki dengan Paris Van Java ini juga menawarkan berbagai kuliner lezat dan wajib Anda coba.

Ada berbagai kuliner khas Bandung yang banyak diburu oleh wisatawan seperti batagor, seblak, cilok, dan masih banyak lagi. Kuliner-kuliner tersebut tidak hanya mudah dijumpai di Bandung, melainkan di berbagai daerah di Indonesia. Selain makanannya yang dikenal enak, berbagai minuman khas Bandung juga sayang untuk tidak Anda coba. Berikut daftar Minuman khas Bandung yang sayang untuk dilewatkan

1. Bandrek

bandrek
style.tribunnews.com

Bandrek menjadi salah satu minuman khas Bandung yang sudah tidak asing didengar dikalangan warga lokal maupun wisatawan. Tidak hanya populer, minuman satu ini juga dikenal memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Bandrek disajikan dalam keadaan hangat dan sangat cocok dinikmati saat hujan atau cuaca dingin.

Berbagai bahan yang digunakan untuk membuat minuman yang satu ini adalah gula merah, cengkeh, kayu manis, jahe, dan air. Selain dapat dinikmati langsung, bandrek juga dapat ditambahkan susu kental manis sebelum dinikmati. Salah satu tempat menikmati bandrek terkenal di Bandung adalah di Kedai Bajigur Hj Siti Maimunah, Jalan Cisangkuy No.32. Minuman kaya manfaat ini menawarkan harga yang cukup terjangkau untuk setiap gelasnya.

ulasan kuliner

Rabbit Town : Wisata Selfie Kekinian Di Kota Bandung. Cocok Untuk Semua Kalangan Dan Usia

Ketagihan Dengan Lezatnya Mie Djoetek

2. Es Mambo Lembang

Es Mambo Lembang
food.detik.com

Salah satu minuman khas Bandung yang juga merupakan jajanan populer adalah es mambo Lembang. Jajanan yang satu ini mudah dijumpai di daerah Lembang. Anda bisa membelinya di kedai es mambo Jalan Cijeruk Nomor 19 A. Bagi Anda pecinta es mambo, Anda akan dimanjakan dengan berbagai varian es mambo mulai dari rasa blackberry, kacang hijau, strawberry, coklat, dan masih banyak lagi.

Meskipun terbilang legendaris dan populer hingga saat ini, es mambo dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 1.750,-. Es mambo biasa dinikmati dalam keadaan beku atau menunggu beberapa waktu hingga mencair sempurna. Tidak jarang minuman yang satu ini dijadikan oleh-oleh khas Lembang karena cukup awet hingga berjam-jam.

3. Es Goyobod

es goyobod bandung
resepkuerenyah.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan es goyobod yang merupakan salah satu minuman khas Bandung. Minuman yang satu ini dibuat dari tepung hunkwe yang memiliki tekstur kenyal. Bahan lain yang digunakan adalah santan dan gula kawung. Es goyobod juga dilengkapi dengan berbagai isian lain seperti alpukat, potongan roti tawar, kolang kaling, kelapa muda, dan lain-lain.

Salah satu tempat yang populer untuk menikmati es goyobod di Bandung adalah di Goyobod Kuno 1949 yang terletak di kawasan Pasar Baru. Sesuai dengan namanya, tempat yang satu ini sudah menawarkan es goyobod sejak tahun 1949 silam. Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal, Anda hanya perlu membayar 8 hingga 15 ribuan untuk satu porsi es goyobod.

4. Bajigur

bajigur Minuman Khas Bandung
travel.kompas.com

Diantara banyaknya minuman khas Bandung, bajigur menjadi salah satu yang wajib Anda coba. Bajigur merupakan minuman tradisional yang memiliki cara pengolahan cukup mudah. Minuman yang satu ini dibuat dengan bahan dasar gula merah dan sedikit santan. Cita rasanya yang khas tidak jarang membuat orang ketagihan setelah mencobanya.

Bajigur biasa disajikan dalam keadaan hangat dan ditambahkan kolang-kaling sebagai pelengkap. Minuman ini biasa hidangkan bersama beberapa camilan seperti kacang rebus atau ubi talas. Anda bisa menikmati bajigur enak di Kedai Hj Siti Maimunah yang terletak di Jalan Cikuray No 32 Bandung.

5. Es Cendol Elizabeth

es cendol Elizabeth
lifestyle.okezone.com

Menyukai minuman es cendol? Es Cendol Elizabeth menjadi salah satu minuman khas Bandung yang bisa Anda coba saat berlibur ke daerah Bandung. Es cendol dibuat dengan bahan dasar tepung beras yang diberi pewarna daun suji. Untuk menghasilkan cita rasa segar, minuman yang satu ini ditambahkan dengan bahan lain seperti santan, gula merah cair, serta es batu.

Es cendol Elizabeth sangat terkenal di Bandung dan memiliki banyak cabang yang bisa anda datangi. Keistimewaan dari es cendol yang satu ini adalah menggunakan bahan dasar yang alami dan tanpa penggunaan campuran kimia. Untuk menikmati es dengan cita rasa manis dan segar ini, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 10.000,- per porsi.

6. Es Durian Pak Aip

Es Durian Pak Aip
garnesia.com

Salah satu minuman khas Bandung yang sayang untuk Anda lewatkan adalah Es Durian Pak Aip. Sesuai dengan namanya, minuman yang satu ini menggunakan bahan dasar durian yang tentunya cocok dikunjungi bagi Anda pecinta buah durian. Lokasi dari Es Durian Pak Aip berada di Jalan Tubagus Ismail Raya, Kota Bandung.

Minuman yang satu ini berisi durian yang berpadu dengan gurihnya santan serta manisnya gula. Adanya tambahan es batu juga menjadikan minuman yang satu ini sangat segar dan cocok dinikmati saat siang hari. Es Durian Pak Aip dapat dikatakan cukup legendaris karena sudah ada sejak tahun 80-an. Anda hanya mengeluarkan biaya sekitar Rp 24.000,- hingga Rp 27.000,- untuk menikmati 1 porsi Es Durian Pak Aip.

7. Es Mang Utuy

Es Mang Utuy
jejakpiknik.com

Selain Es Durian Pak Aip, Es Mang Utuy juga menjadi salah satu minuman khas Bandung yang sayang untuk Anda lewatkan. Kedai Es Mang Utuy yang terletak di Jalan Sadewa menyediakan berbagai es dingin dan lezat seperti es kelapa lemon dan es alpukat negro. Anda bisa menikmati berbagai es lezat disana dengan harga Rp 15.000,- per porsi.

Selain harganya yang cukup terjangkau, Es Mang Utuy juga menawarkan isian yang lengkap serta cita rasa yang segar dan menggugah selera. Salah satu minuman segar yang sayang untuk Anda lewatkan saat berada di Bandung.

8. Yogurt Cisangkuy

Yogurt Cisangkuy
tempatwisatadibandung.info

Salah satu minuman khas Bandung yang menawarkan cita rasa lezat serta memiliki banyak manfaat adalah yogurt Cisangkuy. Minuman yang merupakan olahan susu ini disajikan dengan sangat segar dan memiliki berbagai varian rasa. Rasa yang ditawarkan diantaranya mocca, vanilla, leci, anggur, strawberry, dan lain-lain. Yang membedakan yoghurt Cisangkuy dengan yogurt pada umumnya adalah rasanya yang tidak begitu masam, bahkan dapat dikatakan cenderung manis.

Anda dapat membelinya di salah satu kedai yang terletak di Jalan Cisangkuy no. 85, Bandung Utara. Dengan harga sekitar Rp 20.000,- per porsi, Anda dapat menikmati segarnya yogurt serta banyaknya manfaat yang terkandung di dalamnya.

9. Es Oyen

es oyen khas bandung
indozone.id

Sudah tidak asing didengar bahwa soya menjadi salah satu minuman khas Bandung yang cukup populer. Minuman yang satu ini menjadi es campur paling terkenal di kota dengan julukan Paris Van Java ini. Es Oyen telah dijual sejak tahun 1954 dan masih banyak diburu hingga saat ini.

Terdapat berbagai isian dalam satu porsi Es Oyen seperti kelapa muda, kolang kaling, pacar cina, es serut, alpukat, nangka, dan tambahan susu kental manis. Cita rasanya yang segar menjadikan minuman yang satu ini banyak diburu dan mudah dijumpai di berbagai daerah.

10. Mango Dessert Kedai Ling Ling

Mango Dessert Kedai Ling Ling
tripadvisor.com

Mango dessert Kedai Ling Ling menjadi salah satu minuman khas Bandung yang menawarkan kesegaran luar biasa. Sesuai dengan namanya, minuman yang satu ini dibuat dengan bahan dasar buah mangga. Anda dapat membeli mango dessert di Kedai Ling-ling yang berlokasi di Jalan Sukajadi nomor 157. Untuk menikmati minuman lezat dan menyehatkan ini, Anda perlu membayar Rp 25.000,- untuk 1 porsi.



Leave a Reply