10 Kuliner Asli Indonesia Berbahan Dasar Petis Yang Paling Enak


Fida  November 1, 2021  0 Comment

Menikmati berbagai pilihan kuliner khas Indonesia Berbahan dasar Petis yang ditawarkan tentu menjadi hal menarik yang bisa Anda coba. Berbagai daerah di Indonesia menawarkan kuliner dengan cita rasa serta bumbu yang khas.

Pernah mendengar sebutan petis? Petis merupakan salah satu bahan makanan yang berasal dari Jawa Timur. Ada cukup banyak pilihan kuliner yang dibuat dengan menggunakan bahan petis. Cita rasanya yang lezat serta aromanya yang khas menjadikan kuliner yang menggunakan petis sangat lezat dikonsumsi. Berikut daftar 10 rekomendasi kuliner dengan petis yang dikenal lezat dan bisa Anda coba.

1. Lontong Kupang

Lontong Kupang
idntimes.com

Salah satu kuliner dengan petis yang cukup populer khususnya di daerah Jawa Timur adalah lontong kupang. Lontong kupang merupakan salah satu kuliner yang menggunakan kupang sebagai bahan utamanya. Kupang merupakan jenis kerang kecil dengan cita rasa lezat dan khas.

Petis yang khas juga memiliki peran penting dalam menentukan kelezatan hidangan yang satu ini. Petis pada lontong kupang dicampurkan dengan kuah sehingga menghasilkan cita rasa lezat yang sayang untuk tidak Anda coba

Gotravelly

Lezatnya Tahu Tek Barokah Di Keputih Dan Tidak Pernah Sepi Dengan Pengunjung

Tarantula Barak Coffee & Space: Alternatif Tempat Nongkrong Dan Kerja Yang Cozy Di Surabaya

2. Tahu Telur

Tahu Telur
surabaya.liputan6.com

Tahu telur merupakan salah satu kuliner dengan petis yang dapat dengan mudah Anda jumpai di beberapa daerah. Sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini menggunakan tahu dan telur sebagai bahan utamanya. Tahu dan telur yang telah digoreng kemudian disajikan bersama dengan sayuran serta bumbu yang khas.

Bumbu tahu telur dibuat dari kacang dan tambahan petis. Hidangan yang satu ini menawarkan cita rasa lezat dan cocok dinikmati oleh semua kalangan. Tahu telur biasa disajikan bersama dengan tambahan lontong maupun nasi.

3. Lontong Mie

 Lontong Mie
resepmieenak.netfly.app

Ada cukup banyak pilihan kuliner dengan petis yang menawarkan cita rasa lezat, salah satunya adalah lontong mie. Kuliner yang satu ini memiliki isian utama yakni lontong dan mie. Tetapi tidak hanya itu, kuliner ini juga disajikan bersama bahan tambahan lain seperti tahu goreng, tauge, juga sayuran lainnya.

Kuliner lontong mie memiliki kuah khas yang dibuat dengan menggunakan bahan kecap dan petis. Sebelum dikonsumsi, petis terlebih dahulu harus diaduk dengan kuah agar menghasilkan cita rasa lezat dan aroma yang menggugah selera.

4. Tahu Campur

Tahu Campur
puteramentari.com

Tahu campur menjadi salah satu kuliner dengan petis yang cukup populer khususnya di Jawa Timur. Kuliner yang satu ini dikenal memiliki banyak isian seperti tahu goreng, perkedel singkong, selada, mie, tauge, dan irisan daging sapi. Irisan daging yang gurih dan empuk juga sangat lezat saat dikonsumsi.

Tahu campur memiliki kuah dengan aroma yang khas dan sedap yang dibuat dengan bahan petis. Berbagai isian tahu campur dengan kuah bumbu petis tentu menjadi perpaduan luar biasa yang bisa Anda coba. Kuliner yang satu ini dapat dengan mudah Anda jumpai di beberapa tempat makan di Jawa Timur.

5. Rujak Cingur

Rujak Cingur
doyanresep.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan salah satu kuliner dengan petis yakni rujak cingur. Kuliner yang satu ini memang cukup populer dan mudah dijumpai di beberapa daerah di Jawa Timur. Sesuai dengan namanya, cingur digunakan sebagai bahan utama dan wajib ada pada kuliner yang satu ini. Cingur pada kuliner ini memiliki arti moncong sapi.

Cingur diolah sehingga menghasilkan tekstur daging yang empuk dan gurih. Beberapa bahan tambahan yang digunakan diantaranya tahu, tempe, lontong, dan beberapa sayuran lainnya. Rujak cingur menawarkan bumbu resep yang dibuat dengan bahan petis udang, garam, kacang tanah, cabai, garam, gula merah, serta irisan pisang biji hijau yang masih muda.

6. Rujak Petis Madura

Rujak Petis Madura
resepenyak.com

Salah satu dari banyaknya kuliner dengan petis yang bisa Anda coba adalah rujak petis Madura. Kuliner yang satu ini memiliki beberapa isian diantaranya bengkuang, timun, kedondong, tahu, tauge, kangkung, mangga muda, dan beberapa tambahan lainnya.

Rujak petis Madura disajikan bersama dengan bumbu yang terbuat dari petis, kacang tanah yang di goreng, cabai, gula merah, pisang muda, air, serta garam dan bawang goreng. Saat berkunjung ke Madura, tidak ada salahnya untuk mencoba lezatnya kuliner yang satu ini.

7. Lontong Balap

Lontong Balap
idntimes.com

Lontong Balap juga dikenal sebagai salah satu kuliner dengan petis yang sayang untuk dilewatkan. Kuliner yang satu ini memiliki beberapa isian diantaranya tahu goreng, lentho, tauge, dan lontong.

Hidangan yang satu ini disajikan bersama dengan kuah khas yang dibuat dari petis. Anda dapat menentukan tingkat kepedasan sesuai selera. Meskipun tampak sederhana tetapi Anda akan dimanjakan dengan cita rasa yang membuat ketagihan. Lontong balap biasa disajikan bersama dengan lengkap yakni sate kerang. Tertarik untuk mencoba lezatnya kuliner yang satu ini?

8. Tahu Tek

Tahu Tek
kompas.com

Sedikit berbeda dengan tahu telur, tahu tek juga salah satu kuliner dengan petis yang menawarkan cita rasa lezat. Kuliner yang satu ini biasa tersaji dengan isian tahu yang telah digoreng setengah matang dan juga lontong. Nama tahu tek diambil dari proses pembuatannya yang menghasilkan bunyi ‘tek tek’ saat memotong bahan yang digunakan.

Tahu tek juga biasa dilengkapi dengan telur, taoge, serta kentang goreng. Bumbu kacang dan petis yang khas tentu membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya. Bagi pecinta pedas, menikmati tahu tek dengan bumbu pedas tentu menjadi hal menarik yang bisa Anda coba.

9. Rujak Tolet

Rujak Tolet
resepkhasindonesia2.netfly.app

Salah satu kuliner dengan petis yang cukup populer adalah rujak tolet. Berbeda dengan rujak cingur, rujak yang satu ini menggunakan berbagai buah-buahan sebagai isiannya. Beberapa buah yang sering digunakan diantaranya bengkoang, belimbing, pepaya, kedondong, dan lain-lain. Bahan tambahan lain yang digunakan adalah mentimun serta tahu goreng.

Rujak tolet dilengkapi dengan bumbu khas yang dibuat dari campuran petis, gula merah, kecap manis, serta bawang putih goreng. Tidak lupa potongan cabe rawit khususnya bagi Anda pecinta pedas. Kuliner yang satu ini menawarkan cita rasa lezat, segar, dan tentu menggugah selera.

10. Pecel Semanggi

Pecel Semanggi
puteramentari.com

Pecel Semanggi menjadi salah satu kuliner dengan petis yang cukup populer dan bisa Anda coba. Meskipun memiliki sebutan pecel yang biasa dibuat dengan kacang, tetapi kuliner yang satu ini menggunakan petis sebagai penyedap dan untuk memperkaya rasa.

Beberapa isian yang ditawarkan pada kuliner ini diantaranya kecambah, kangkung, daun semanggi, dan juga kerupuk. Bumbu dengan cita rasa khas dan lezat tentu menjadikan kuliner yang satu ini banyak digemari oleh semua kalangan.

Nah itulah daftar 10 rekomendasi kuliner dengan petis yang populer dan bisa Anda coba. Berbagai kuliner tersebut juga sangat mudah dijumpai di beberapa daerah. Kuliner dengan petis manakah yang tampak paling menggugah selera dan ingin Anda coba?



Leave a Reply