10 Jajanan khas Bandung Yang Banyak Dijumpai Di Berbagai Daerah


Fida  February 8, 2021  0 Comment

Bandung menjadi salah satu lokasi yang menawarkan banyak sekali tempat wisata alam serta kuliner yang menarik untuk dicoba. Ada cukup banyak jajanan khas Bandung yang banyak diminati oleh warga lokal maupun wisatawan yang datang ke Bandung. Beberapa jajanan khas Bandung juga banyak dijumpai di berbagai daerah di luar kota Bandung. Berikut adalah 10 daftar jajanan khas Bandung yang wajib Anda coba.

1. Seblak

Seblak
tokopedia.com

Seblak menjadi salah satu jajanan khas Bandung yang banyak dijumpai tidak hanya di Bandung melainkan juga di berbagai kota lainnya. Jajanan yang satu ini dibuat dari berbagai bahan seperti kerupuk seblak, makaroni, mie, bakso, ceker dan lain-lain.

Jajanan yang satu ini banyak diminati oleh remaja hingga orang dewasa. Biasanya seblak dihidangkan dengan berbagai pilihan level mulai dari yang pedas sedang hingga paling pedas. Adanya tambahan daun bawang serta berbagai rempah yang digunakan menjadikan bumbu seblak semakin sedap dan lezat saat dilewati.

Review kuliner

Batagor Rahma UWM, Ngantrinya Panjaaang Ternyata Gini Rasanya

Baso Aci Akang Siwalankerto: Isiannya Lengkap Dan Rasanya Mantap

2. Cimol

cimol
food.detik.com

Jajanan khas Bandung lainnya, cimol juga tidak asing dijumpai di Bandung dan berbagai kota lainnya. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat cimol adalah aci. Banyak yang mengatakan bahwa cimol merupakan sebutan yang berasal dari kata aci molor.

Khas Bandung ini memiliki bentuk yang khas yakni bulat dan diolah dengan cara digoreng. Sebelum dinikmati, dapat berbagai pilihan bumbu bubuk seperti bumbu rasa keju, cabe, balado, dan sapi panggang. Rasanya yang lezat dan harganya yang terjangkau menjadikan cimol banyak diminati oleh semua kalangan. Biasanya cimol mudah dijumpai di pedagang kaki lima atau di lokasi yang dekat dengan kawasan sekolah.

3. Batagor

batagor
yummy.co.id

Salah satu jajanan khas Bandung yang paling banyak diminati adalah batagor. Jajanan yang satu ini memiliki ciri khas yakni tambahan bumbu kacang yang lezat. Banyak yang menyebut bahwa nama dari jajanan yang satu ini merupakan singkatan dari bakso tahu goreng.

Sedikit berbeda dengan olahan aci lainnya, batagor memiliki bahan tambahan yakni ikan tenggiri yang membuat cita rasa jajanan ini lebih gurih jika dibanding dengan olahan aci lainnya. Olahan aci yang gurih dan berpadu dengan bumbu kacang yang melimpah menjadikan jajanan yang satu ini saya untuk Anda lewatkan.

4. Tahu Susu Lembang

Tahu Susu Lembang
traveloka.com

Ada cukup banyak jajanan khas Bandung yang sayang untuk Anda lewatkan salah satunya adalah tahu susu Lembang. Sesuai dengan namanya, yang satu ini berasal dari Lembang, Bandung. Tahu susu Lembang menawarkan tekstur tahu yang sangat lembut dan gurih saat dinikmati. Adanya tambahan saus menjadikan cita rasa jajanan ini sayang untuk tidak Anda coba.

Jajanan yang satu ini dijajakan dengan harga yang cukup terjangkau yakni berkisar Rp 10.000,- hingga Rp15.000,- per 10 tahu. Dan gurihnya tahu ini cocok untuk dinikmati saat berada di Lembang atau dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

5. Bakso Aci

 Bakso Aci  khas Bandung
food.detik.com

Beberapa jajanan khas Bandung menjadikan aci sebagai bahan utama dalam pembuatannya. Bakso aci merupakan salah satu jajanan khas Bandung yang mudah dijumpai tidak hanya di Bandung tetapi juga di berbagai kota lainnya. Satu porsi bakso Aci terdiri dari berbagai isian seperti bakso aci, tahu goreng, pilus, dan masih banyak lagi.

Jajanan yang satu ini biasa dihidangkan bersama dengan cabe bubuk. Tidak jarang juga bakso aci disajikan dengan bumbu kacang. Saat ini, bakso aci instan sangat mudah dijumpai. Hal itu tentu memudahkan bagi Anda yang ingin memasak bakso aci sendiri di rumah atau mencari bakso aci sebagai oleh-oleh.

6. Colenak

colenak
cookpad.com

Salah satu jajanan khas Bandung yang sayang untuk tidak dicoba adalah adalah colenak. Jajanan yang satu ini memiliki bahan dasar tape Bandung. Sebutan colenak pada jajanan yang satu ini berasal dari kata cocol enak.

Colenak diolah membakar tape dan kemudian disajikan bersama dengan gula jawa serta parutan kelapa. Sebelum menikmatinya, pastikan Anda setelah mencampurkan colenak bersama dengan parutan kelapa dan gula Jawa menjadi satu. Cita rasa khas jajanan yang satu ini mudah Anda jumpai di berbagai tempat di Bandung.

7. Bandros

bandros
palapanews.com

Salah satu jajanan khas Bandung yang sayang untuk tidak Anda coba adalah bandros. Jika dilihat sekilas, jajanan yang satu ini mirip dengan kue pancong tetapi sebenarnya kedua makanan tersebut sangatlah berbeda. Bandros dibuat dengan bahan dasar tepung beras serta kelapa.

Dulunya jajanan yang satu ini hanya disajikan bersama dengan gula pasir. Seiring berjalannya waktu, kini  bandros disajikan dengan berbagai macam topping yakni manis dan asin. Berbagai topping yang sering digunakan adalah kornet, telur, ayam, cokelat, keju, hingga pisang susu. Lembutnya tekstur bandros yang berpadu dengan toping menghasilkan cita rasa lezat yang bisa Anda coba.

8. Basreng

 Basreng Jajanan khas Bandung
snackbandung.com

Sudah tidak asing didengar bahwa basreng merupakan salah satu jajanan khas Bandung yang menawarkan cita rasa lezat. Sesuai dengan namanya, basreng merupakan singkatan dari bakso goreng. Jajanan yang satu ini dibuat dari bakso yang dipotong-potong dan diolah dengan cara digoreng.

Basreng biasa digoreng hingga kering dan disajikan dengan berbagai pilihan rasa atau topping seperti gurih, asin, hingga pedas. Juga basreng digunakan sebagai pendamping makan atau pengganti kerupuk. Tekstur serta cita rasa basreng yang khas menjadikan jajanan yang satu ini disukai oleh semua kalangan.

9. Cilor

10 Jajanan khas Bandung
idntimes.com

Salah satu jajanan khas Bandung yang sayang untuk Anda lewatkan adalah cilor. Jajanan yang satu ini disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa karena memiliki cita rasa yang lezat dan unik. Cilor dibuat dengan bahan utama yakni aci. Adanya tambahan telur yang digunakan menjadikan kuliner yang satu ini diberi nama aci telor atau cilor.

Cilor biasa dijual dengan harga yang sangat terjangkau dan mudah dijumpai di kawasan sekolah. Adanya tambahan berbagai topping mulai dari gurih, keju, hingga pedas jadikan jajanan yang satu ini semakin lezat dinikmati. Anda akan dengan mudah menjumpai penjual cilor saat berada di Bandung.

10. Cireng

cireng jajanan khas bandung
yummy.co.id

Cireng merupakan salah satu jajanan khas Bandung yang sayang untuk Anda lewatkan. Seperti yang kita ketahui, jajanan khas Bandung memang dibuat dengan menggunakan bahan dasar aci termasuk cireng. Cireng dibuat dengan cara mengolah aci dan kemudian digoreng. Cita rasa gurihnya aci menjadikan kuliner yang satu ini wajib Anda coba.

Cireng biasa disajikan bersama dengan bumbu rujak yang khas. Anda akan bisa dengan mudah menjumpai jajanan yang satu ini saat berada di Bandung. Kini cireng juga mudah dijumpai dalam kemasan frozen dan dijual secara online. Salah satu jajanan khas Bandung yang cocok digunakan sebagai oleh-oleh.

Nah, di atas merupakan 10 jajanan khas Bandung yang menawarkan cita rasa lezat. Tidak sulit untuk mencari jajanan tersebut saat berada di Bandung. Jajanan manakah yang paling menggugah selera dan ingin Anda coba?



Leave a Reply