10 Minuman Dari Susu, Mulai Resep Tradisional Hingga Kekinian


Altesa  July 27, 2022  0 Comment

Empat sehat lima sempurna, diantara kita tentu sudah tidak asing dengan semboyan yang satu ini. Makan makanan yang bernutrisi akan lebih sempurna jika dilengkapi dengan meminum susu. Susu merupakan sumber minuman menyehatkan yang mengandung berbagai nutrisi baik bagi tubuh seperti protein, karbohidrat, vitamin, lemak dan masih banyak lainnya. Sebagian orang pasti menganggap susu sebagai minuman yang membosankan apabila dikonsumsi dengan cara dan bentuk yang sama setiap harinya. Untuk mengatasi rasa bosan tersebut, biasanya susu dikreasikan menjadi berbagai olahan minuman dengan tidak merubah nutrisi yang terkandung didalamnya. Sebagai referensi bagi kamu, berikut Gotravelly rekomendasikan 10 minuman dari susu, mulai dari resep tradisional hingga kekinian.

1. Milkshake

Milkshake
resepmasakaa.web.app

Kamu pasti sangat sering mendengar jenis minuman berikut ini. Minuman yang hampir di setiap tempat makan baik itu cafe maupun restoran selalu saja ada. Minuman dari susu yang satu ini merupakan perpaduan dari susu, perasa baik buah maupun coklat, dan es krim yang di olah dengan cara di kocok baik secara manual dengan tangan maupun menggunakan alat seperti halnya blender hingga mengeluarkan busa yang pekat. Pada umumnya, minuman dari susu ini disajikan dalam keadaan dingin sehingga sangat cocok diminum di siang hari. Apakah kamu salah satu yang sering pesan milkshake di restoran?   

Gotravelly

Bvgil Gelato And Friends, Cafe Gelato Nikmat Dengan Ragam Pilihan Rasa

Es Dawet Kudus Cak Minto

2. Yogurt

Yogurt
food.ndtv.com

Untuk minuman dari susu yang satu ini dalam keadaan tertentu dapat juga disebut sebagai makanan karena teksturnya yang kadang dibuat sangat kental. Minuman dari susu ini bahkan pertama kali ditemukan pada tahun 5000 sebelum masehi. Berawal dari sekumpulan gembala yang sering menyimpang minuman (salah satunya susu) didalam lambung domba. Kantong lambung domba tersebut kemudian diletakkan diatas punggung onta dan dalam perjalanan terkena panas matahari serta terguncang-guncang sehingga teksturnya mengental dan rasanya menjadi asam.  Sedangkan kata yogurt ialah kata yang berasal dari Turki yakni yogurtmak yang memiliki arti adonan.

3. Susu Evaporasi

Susu Evaporasi
cookpad.com

Minuman dari susu selanjutnya adalah Susu Evaporasi. Susu evaporasi merupakan minuman dari susu yang bahan satu-satunya ialah susu itu sendiri. Susu ini diolah atau dipanaskan dalam suhu kecil dan waktu yang sidikit lama, hingga kadar airnya berkurang 60%. Pemanasan yang dilakukan ini menyebabkan tekstur susu emnjadi lebih kental dan sedikiti lembut. Susu ini di olah tanpa menambahkan gula atau bahan lainnya, sehingga untuk rasanyapun akan tetap seperti susu tanpa rasa manis namun tekstur yang lebih kental. Biasanya, susu evaporasi digunakan sebagai bahan tambahan dalam emmbuat makanan seperti krim, buko pandan, dan minuman lainnya.

4. Viili

Viili
merdeka.com

Viili merupakan minuman yang berbahan dasar susu dan tergolong kedalam jenis yogurt. Minuman ini merupakan minuman tradisional dari Finlandia rasanya ringan, dan ada sedikit kental serta lengket dan dominan ke arah krim. Susu yang digunakan sendiri biasanya ialah susu sapi. Minuman dari susu ini mungkin sedikit awam bagi masyarakat umum, namun di Finlandia minuman ini snagat populer.

5. Ryazhenka

Minuman Dari Susu
pinterest.at

Ryazhenka merupakan minuman dari susus yang berasal dari rusia. Awalnya minuman ini dipercaya berasal dari Ukraina dan kemudian menyebar ke wilayah Slavia. Rasa dari susu ini cukup manis, padahal minuman yang satu ini tergolong kedalam minuman fermentasi. Meski begitu, sedikitpun tidak ada rasa asam pada Ryazhenka.

6. Susu Pisang / Banana Milk

 Banana Milk
food.detik.com

Kamu yang merupakan penggemar korean pop terutama drama-dramanya tentu sangat familiar dengan minuman yang satu ini, susu pisang atau banana milk. Minuman dari susu yang satu ini sangat sering seliweran di dalam drama korea. Susu pisang sendiri merupakan susu yang dipadupadankan dengan buah pisang. Asal muasal susu pisang di Korea telah dimulai dari tahun 1974. Dimana pada saat itu sebuah perusahaan susu fermentasi bernama Binggare merasa khawatir akan kurangnya nutrisi masyarakat Korea. Disisi lain harga buah pisang yang dirasa memiliki banyak nutrisi ini pada saat itu cukup mahal, sehingga khalayak masih banyak yang belum mampu memebeli pisang, dari hal inilah kemudian muncul ide untuk mengkombinasikan pisang dengan susu.

Kini susu pisang bukan hanya populer di negara asalnya, Korea, namun berkat meledaknya Korean Pop belakangan ini, membawa pengaruh besar pula terhadap kepopuleran makanan asal  Korea, salah satunya susu pisang ini. Siapa nih diantara kamu yang sering minum susu ini karena keseringan nonton drama Korea?

7. Milktea

Milktea
popbela.com

Minuman dari susu yang berikutnya ialah Milktea. Susu yang sempat menjadi fenomena dan viral dikalangan anak muda ini merupakan perpaduan susu dengan teh hitam dipercaya bahwa awal mula minuman ini berasal dari imigran India yang datang ke Asia Tenggara. Namun fenomena viralnya minuman yang satu ini berawal dari ide orang Taiwan yang memberi topping buble di atasnya.  Meskipun ide topping buble ini sudah ada sejak 1980 an, tidak diketahui mengapa milktea dengan topping buble ini baru ramai dan populer beberapa tahun terakhir.

8. Susu Telur Madu Jahe / STMJ

Susu Telur Madu Jahe
pergikuliner.com

STMJ atau Susu Telur Madu Jahe, siapa yang belum pernah mendengar minuman satu ini? Sesuai dengan namanya, STMJ sendiri merupakan minuman yang berbahan dasar susu sapi murdi dicampur dengan telur ayam kampung atau telur bebek dan madu serta jahe. Minuman tradisisional satu ini sangat khas di berbagai belahan Indonesia, namun dilansir dari merdeka.com STMJ ini berasal dari Malang. Dipercaya jika meminum STMJ, kamu dapat mengembalikan kesegaran tubuh dan stamina. Dari sekian banyak masyarakat Indonesia, apa kamu salah satu yang belum pernah mencoba minuman dari susu yang satu ini?

9. Chaas

Chaas
gotravelly.com

Minuman dari susu yang berikutnya yaitu Chaas. Chaas sendiri merupakan minuman yang berasal dari India. Bahannya yakni yogurt dan air dingin. Cara membuatnya dengan mencampur dua bahan tadi dan dimasukkan kedalam sebuah panci kemudian diaduk dengan pengaduk yang disebut madhani atau whipper. Sedangkan untuk meminumnya sendiri, masyarakat India biasa mencampurnya dengan rempah-rempah. Sebenarnya ada satu lagi minuman khas India yang cukup mirip dengan Chaas ini, yakni Lassi. Namun bedanya, Lassi sedikit lebih kental dibandingkan dnegan Chaas.

10. Korean Strauberry Milk

Korean Strauberry Milk
resepmamiku.com

resepmamiku.com



Leave a Reply