8 Kue Tradisional Betawi Gurih legitnya Nempel di Hati


Fida  November 15, 2021  0 Comment

Mencoba makanan khas dari berbagai daerah tentu menjadi hal menyenangkan yang bisa kamu coba. Saat berkunjung ke daerah Betawi, kamu akan dimanjakan dengan berbagai pilihan kuliner lezat yang menarik untuk dicoba. Tidak hanya makanan berat, beberapa camilan dan kue tradisional juga menjadi rekomendasi yang bisa kamu coba.Beberapa kue tradisional Betawi memiliki cita rasa khas serta bentuk yang unik. Saat berkunjung ke Betawi, kamu dapat membeli kue tradisional untuk dinikmati langsung maupun dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Berikut daftar 8 rekomendasi kue tradisional Betawi yang populer dan menarik untuk kamu coba.

1. Kue Dongkal

kue dongkal
akurat.co

Salah satu rekomendasi kue tradisional Betawi yang menarik untuk kamu coba adalah kue dongkal. Pernah mendengar sebutan jajanan kue dongkal? Kue dongkal merupakan kue tradisional Betawi yang memiliki tampilan seperti tumpeng. Kue yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung beras dan kelapa parut.

Kue yang satu ini dibuat berlapis dengan isian gula merah dan diolah dengan cara dikukus. Banyak yang mengatakan bahwa kue ini juga dikatakan mirip dengan kue putu. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa gurih yang berpadu dengan Manis dari gula merah. Saat berkunjung ke Betawi, kue ini menjadi salah satu yang sayang untuk kamu lewatkan.

Gotravelly

Ngopi Asik Di Yoi Kona Coffee And Space, Cafe Paling Hits Di Surabaya Timur!

Jajanan Jadul Kue Puthu Pak Sawal Yang Langka Ada Di Kota Blitar Loh!

2. Roti Buaya

roti buaya
kompas.com

Pernah dengar sebutan jajanan roti buaya? Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan kue tradisional Betawi yang satu ini. Kue yang satu ini sudah cukup populer dan biasa ditemukan pada acara pernikahan. Sesuai dengan namanya, roti yang satu ini memang memiliki tampilan berbentuk buaya. Meskipun termasuk makanan tradisional, tetapi roti buaya masih ada dan banyak diburu hingga saat ini.

Seiring perkembangan zaman, roti buaya dijual dengan berbagai varian rasa yang dapat dipilih sesuai selera. Kamu juga dapat membeli roti buaya original yang tidak memiliki isian dan menawarkan rasa cenderung tawar. Tidak ada salahnya untuk berburu roti buaya saat berkunjung ke Betawi.

3. Kue Pepe

kue pepe
resepkuerenyah.com

Rekomendasi kue tradisional Betawi berikutnya adalah kue pepe. Kue yang satu ini memiliki tampilan mirip dengan kue lapis. Kue pepe dibuat dengan menggunakan berbagai bahan seperti santan, tepung sagu, dan juga gula. Adonan yang telah dibuat kemudian dikukus selapis demi selapis.

Kue yang satu ini biasa dihidangkan pada acara tradisional masyarakat Betawi seperti acara lamaran atau pernikahan. Tidak hanya dapat dijumpai di berbagai toko kue di Betawi, kue ini juga sangat mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Cita rasanya yang khas membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya.

4. Kembang Goyang

kembang goyang
idntimes.com

Kembang goyang juga merupakan salah satu kue tradisional Betawi yang banyak diminati oleh masyarakat lokal maupun wisatawan. Kue yang satu ini juga menjadi salah satu ciri khas dari kota Jakarta. Kembang goyang dibuat dengan beberapa bahan seperti tepung beras dan juga santan.

Kembang goyang memiliki tampilan yang sangat unik dan cantik yang dibuat dengan menggunakan cetakan khusus berbentuk bunga. Cetakan kembang goyang terbuat dari besi dan cara membuat kue ini adalah dengan menyalurkan cetakan ke dalam adonan kue kemudian dimasukkan ke dalam minyak panas sembari digoyang-goyang, hal itu bertujuan agar adonan kue lepas dari cetakannya. Kamu dapat membeli kue kembang goyang dalam berbagai varian rasa yang dapat dipilih sesuai selera. Tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung, kue ini juga biasa diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

5. Kue Rangi

kue rangi
kompas.com

Kue tradisional Betawi berikutnya adalah Kue Rangi. Beberapa dari kamu mungkin menganggap kue ini mirip dengan kue pancong dan kue pukis, tetapi sebenarnya berbeda.

Kue yang satu ini dibuat dengan menggunakan beberapa bahan seperti tepung sagu, santan, dan juga kelapa parut. Adonan kemudian diolah dengan cara dipanggang di atas Bara hingga matang. Sebelum disajikan, kue rangi terlebih dahulu disiram dengan saus manis dibuat dengan menggunakan bahan utama gula jawa. Kamu akan dimanjakan dengan cita rasa gurih dan manis serta tekstur yang garing saat mencobanya.

6. Putu Mayang

putu mayang
kompas.com

Saat ingin mencoba salah satu kue tradisional Betawi, putu mayang menjadi rekomendasi tepat untuk kamu coba. Makanan yang satu ini tentu sudah tidak asing di kalangan masyarakat Betawi dan biasa dipilih sebagai takjil buka puasa.

Putu mayang merupakan makanan yang dibuat dengan menggunakan beberapa bahan seperti santan, tepung ketan, tepung beras, dan lain-lain. Sebelum dicetak, adonan yang telah dibuat terlebih dahulu dibagi menjadi beberapa warna. Langkah selanjutnya adalah mencetak kue dengan cetakan yang mirip dengan mie. Kue ini biasa dihidangkan dan dinikmati bersama dengan saus gula merah. Kamu akan dimanjakan dengan tekstur kenyal serta citarasa yang khas saat mencobanya. Penasaran untuk mencoba kue yang satu ini saat datang ke Betawi?

7. Kue Jalabia

kue jalabia
cookpad.com

Rekomendasi kue tradisional Betawi yang sayang untuk tidak kamu coba adalah jalabia. Jika dilihat sekilas, kue yang satu ini memiliki tampilan yang mirip dengan kue gemblong dari Sunda. Kue jalabia dibentuk mirip menyerupai donat tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil dan tidak mengembang.

Kue jalabia yang telah matang kemudian direndam pada gula merah cair. Hal itu tentu menjadikan kue ini memiliki cita rasa manis dan banyak disukai oleh semua kalangan. Kamu akan dimanjakan dengan perpaduan rasa gurih dan manis saat mencoba kue ini. Kue jalabia sangat cocok dinikmati saat bersantai bersama dengan satu cangkir teh atau kopi.

8. Kue Cucur

Kue Tradisional Betawi
piknikdong.com

Kue cucur tentu menjadi salah satu kue yang populer dan sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat khususnya daerah Betawi. Kue yang satu ini memiliki bentuk unik yakni berbentuk lingkaran dan dibuat dengan menggunakan beberapa bahan seperti tepung beras serta gula aren yang digoreng.

Kue yang satu ini memiliki tekstur tebal dan kenyal di bagian tengah serta tekstur kering di bagian pinggir. Bagi kamu pecinta olahan jajanan dengan cita rasa manis, kue yang satu ini sangat cocok untuk kamu coba. Dulunya kue cucur hanya disajikan dalam acara upacara adat Betawi. Namun seiring perkembangan zaman, kue cucur kini sangat mudah dijumpai di berbagai pasar tradisional di Betawi. Selain dikenal memiliki cita rasa lezat dan unik, kue ini juga dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Nah itulah daftar 8 kue tradisional Betawi yang sayang untuk dilewatkan. Saat berkesempatan untuk datang Betawi, kue manakah yang tampak paling menarik dan ingin kamu coba?



Leave a Reply