10 Kuliner Unik Khas Nusantara Hanya Dijumpai saat Ramadhan


sisil angelin  May 14, 2020  0 Comment

Ramadhan memang menjadi hari suci yang ditunggu bagi umat muslim, Nah tentunya disetiap daerah menyambutnya dengan sangat antusias, salah satu yang ditunggu saat bulan Ramadhan adalah Kuliner Unik Khas Nusantara lezat yang hanya bisa dijumpai saat bulan Ramadhan.

Inilah 10 kuliner Unik khas Indonesia yang bisa kalian jumpai saat bulan Ramadhan. Pastinya bikin kalian kangen, dan rasanya yang lezat bikin siapa saja suka. Dari pada penasaran yuk simak artikel dibawah ini Kuliner Unik khas Nusantara yang hanya dijumpai saat Ramadhan

1. Lemang

lemang
tribunnewswiki.com

Jika kamu orang Minagkabau pastinya rindu sekali dengan Lemang, karena kuliner yang satu ini hanya ada saat dibulan Ramadhan. Untuk kamu yang tidak tau apa sih Lemang? Nah lemang ini adalah kuliner yang berbahan dasar Ketan, lalu diberi bumbu khas Lemang, setelah itu dimasukan ke bambu, selanjutnya dibakar sampai bau lemang ini tercium harum.

Lemang ini memang asing untuk kamu yang tidak suka dengan makanan Melayu, karena rasanya yang unik, jadi 1 buah lemang ini memiliki rasa yang gurih, dan tekstur dari lemang ini lembut bikin siapa saja ketagihan saat memakannya.

Gotravelly

Sego Karak, Kuliner Legendaris Khas Gresik

Sate Karak, Kuliner Legendaris Surabaya Yang Nyaris Punah

2. Siput Masak Gulai

masak gulai siput
idntimes.com

Kuliner yang ada diurutan kedua ini memang menjadi kuliner yang ditunggu-tunggu saat Ramadhan di Tanjung Pinang. Jadi siput yang sudah bersih disini akan dimasak dengan bumbu gulai yang kental, dan berkuah.
Rasa dari Gulai siput sendiri manis, asin, gurih, dan siputnya yang lembut akan nikmat jika dimakan dengan nasi hangat. Kuliner yang satu ini hanya bisa ditemui saat bulan suci Ramdhan loh guys. Jadi jika kamu berkunjung ke Kepulauan Riau saat bulan Ramadhan, jangan lupa cobain Gulai Siput khas Tanjung Pinang ini yah!

3. Kicak

kicak
modekue.blogspot.com

Yogyakarta memang terkenal dengan kulinernya yang enak-enak, namun Kicak yang menjadi kuliner khas Yogyakarta ini hanya ada saat bulan Ramadhan guys, jadi untuk kamu yang pengen cobain kicak cuma bisa saat bulan Ramadhan, di sekitar pasar yang menjual jajanan pasar.

Untuk kamu yang belum tau apa sih kicak? Nah kicak ini berbahan dasar singkong, yang dikukus dengan kelapa, sehingga memberikan tekstur kicak yang gurih, manis, asin, dan pastinya bikin buka puasa kalian nikmat.

4. Sate Susu

Sate Susu
travel.kompas.com

Mungkin cukup asing untuk kalian yang berada diluar Denpasar karena kuliner yang satu ini hanya bisa ditemukan di Kampung Jawa desa Wanasari. Kenapa diberi nama Sate Susu? karena sate ini berbahan sasar dari puting susu sapi yang dipotong-potong dadu, ditusuk dilidi seperti sate pada umumnya, lalu dimasak dengan bumbu khas, dan dibakar sampai matang. Rasa dari Sate Susu ini sangat unik karena teksturnya yang lembut, dan bumbunya yang lezat bikin siapa saja rindu dengan sate susu yang yummy.

5. Asida

Asida
inibaru.id

Kuliner khas Maluku ini memang menjadi kuliner tradisional yang sangat terkenal di Maluku, dan pastinya cuma bisa kalian temukan saat bullan Ramadhan saja. Asida ini terdiri dari kapulaga, daun pandan, kayu manis, gula pasir, gula merah, dan tepung terigu. Untuk rasa Asida sendiri manis, gurih, dan tekstur asida yang mirip dodol ini pas banget untuk makanan penutup saat berbuka puasa.

6. Bongko Kopyor

bongko kopyor
cookpad.com

Tampilan dari Bongko Kopyor ini bisa dibayangin ya guys enak dan terlihat manis. Bongko Kopyo ini kuliner tradisional khas Gresik yang selalu menjadi incaran warga Gresik, saat bulan Ramadhan. Bongko kopyor sendiri terdiri dari kelapa, pisang, bubur sumsum, dan buah nangka. Yang akan dibungkus dengan daun pisang dipercaya untuk membuat bongko kopyor ini harum.

7. Pakat

Pakat
bisniswisata.co.id

Jika kamu tinggal di Sumatera Utara memang kuliner yang satu ini sangat ditunggu-tuggu ketika Ramadhan. Untuk kamu yang berada diluar daerah Sumatera memang sangat asing dengan Pakat. Nah pakat ini adalah pucuk rotan yang muda, lalu di bakar sampai matang, setelah matang tengah dari pakat ini diambil dan di makan dengan lauk. jadi pakat biasanya dijadikan sebagai lalapan. pakat sangat lezat jika dimakan dengan sambal ulek yang pedas. Teksturnya lembut seperti terong bakar guys.

8. Sotong Pangkong

sotong pangkong pontianak
travel.tribunnews.com

Kuliner yang berada diurutan kedelapan ini memang menjadi hidangan yang favorite bagi warga Pontianak saat bulan puasa, karena sotong pongkong ini memiliki rasa yang sedap! Nah untuk kamu yang berada diluar pulau Kalimantan mungkin masih asing dengan sotong pongkong. Sotong Pangkong ini adalah cumi yang akan di bakar kering, lalu setelah dibakar matang sotong ini akan dipukukl-pukul dengan palu sampai sotong pangkong ini terlihat lepek dan lebar. Sotong ini biasnaya dimasak lagi, lalu dihidangkan dengan nasi hangat serta sambal, kebayang dong guys gimana lezatnya rasa sotong ini? dari pada penasaran saat ramdhan kalian bisa berkunjung ke Pontianak, diasana banyak sekali penjual Sotong Pangkong.

9. Wadai Bingka

wadai bingka
belanga.id

Kuliner khas Banjarmasin yang satu ini memang sudah terkenal dengan kelezatannya, yang bikin siapa saja mencobanya ketagihan 1 potong saja mana cukup, Jadi guys saat bulan puasa Wadai Bingka ini sangat dicari warga Banjarmasin, dan banyak sekali penjual wadai bingka disekitar kota Banjarmasin. Nah untuk kalian yang belum pernah mencoba Wadai Bingka ini terdiri dari telur, kentang, telur bebek, santan, dan dimasukan diloyang yang berbentuk bunga, lalu dipanggang sampai kulit bingka ini terlihat sedikit gosong. Namun meskipun wadai bingka ini kulitnya gosong sedikit, rasa nya gile enak banget lembut, manis, gurih, dan pastinya selalu menjadi kue yang ditunggu-tunggu saat bulan Ramadhan.

10. Bubur Kampiun

Bubur Kampiun
sajiansedap.grid.id

Kuliner Unik Khas Nusantara yang terakhir ini adalah Bubur Kampiun yang berasal dari Padang, makanan yang satu ini memang si tunggu-tunggu saat bulan puasa. karena Bubur kalimun ini sangat lezat, dan pastinya bikin buka puasa kalian sempurna. Nah 1 mangkuk bubur kampiun ini terdiri dari candil, kolak pisang, kolang-kaling, ketan hitam, dan bubur sumsum. kebayang donk guys kuah kolak yang mengguyur bubur kampiun dan isinya ini rasanya gimana? sudah pasti enak banget bukan? Jadi untuk kamu yang lagi ada di Padang saat Ramadhan ini bisa mencoba Bubur Kampiun yah!

Itulah 10 Kuliner Unik khas Nusantara yang hanya dijumpai saat Ramadhan, gimana guys enak-enak dan bikin ngiler bukan? dari pada penasaran ayuk cobain! dijamin Bulan Puasa kamu sangat nikmat dan sempurna.



Leave a Reply