Sate Karak, Kuliner Legendaris Surabaya yang Nyaris Punah

kuliner surabaya

AanArdiansyah | Sightseeing
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
31 Jul 2019


Sate Karak, Kuliner Legendaris Surabaya yang Nyaris Punah
Akhirnya bisa nyobain kuliner legendaris yang satu ini..

Siapa bilang kuliner khas Surabaya hanya yang berbau petis saja? Jangan salah lho guys, di Surabaya ada sebuah kuliner yang legendaris banget alis udah lawas bahkan kuliner hampir punah seperti semanggi dan sate karak. Nah, kuliner yang kemarin abis aku cobain adalah Sate Karak. Kalian pasti masih asing sama kuliner yang satu ya, soalnya emang kuliner ini jarang diketahui orang saking lawasnya guys.

Salah satu penjual sate karak yang masih eksis hingga saat ini ada di kawasan Ampel Surabaya, tepatnya di Jalan Ampel Lonceng no 60, Surabaya. Kalian tinggal arahkan kendaraan ke Jalan K.H Mas Mansyur dan carilah Gang Ampel Lonceng yang ngga jauh dari Alfamart, disitulah kalian akan menemukan sebuah gerobak kecil dipojok sebelum masuk gangnya.

sate karak ampel

Di warung kecil ada sebuah spanduk kecil di belakangnya yang bertuliskan Sate Karak Khas Ampel KSDP. Menu yang disajikan di warung kecil ini hanya ada Sate Karak dengan harga Rp 13.000 per porsinya. Kalo menurut ibu-ibu penjualnya sih, sate ini udah ada sekitar tahun 1960an dan beliau ini udah generasi ketiganya. Jadi awalnya, sate ini hits banget di tahun 60an dan nenek dari ibu ini yang menjualnya di kawasan Ampel ini, namun semakin lama semakin sedikit orang yang mengenal kuliner legendaris ini.

Apa sih sate karak itu? Sate Karak adalah kuliner yang berasal dari kawasan Ampel, Surabaya bagian utara. Karak disini bukanlah kerupuk nasi seperti yang ada di Jawa Tengah, bahan utama yang digunakan untuk sate ini adalah jeroan sapi, terutama usus sapi yang udah dibumbui spesial. Potongan sagingnya juga besar dan pastinya bikin perut kenyang. 

sate karak ampel

Sama halnya dengan sate-sate pada umumnya, sate karak juga ditusuk dengan lidi yang kemudian dipanggang diatas arang. Sebelum dibakar, daging yang udah ditusuk ini udah dibumbui terlebih dahulu. Disini kalian bisa request sesuai selera mau pakai usus sapi aja ataupun campur dengan daging sapinya. Kebetulan aku kemarin pesen yang campur dan seporsi sate karak ini isinya 5 tusuk sate.

sate karak ampel

Hal yang paling unik yang bikin sate ini makin spesial adalah hidangan pendampingnya. Kalo biasanya sate dinikmati bersama dengan potongan lontong, ketupat ataupun nasi, lain halnya dengan sate karak ini. Sate karak ini dihidangkan dengan ketan hitam, nah ketan inilah yang disebut karak kata penjualnya guys. Ketan yang disajikan bersamaan dengan kelapa parut atau serundeng yang punya cita rasa manis dan gurih. Selain itu juga ada bubuk kedelai pedas yang rasanya manteb banget.

sate karak ampel

Untuk satenya kemarin, kalian juga bisa minta pake bumbu kacang atau ngga, kalian juga bisa request tingkat kepedesannya. Kalo kata penjualnya sih, meskipun tanpa bumbu pun sate ini udah enak disantap tapi aku lebih milih pake bumbu kacang dan rasanya bener-bener luar biasa guys. Bumbunya meresap di dalam dagingnya, tekstur dagingnya pun lembut alias ngga alot sama sekali. Yang bikin lebih spesial lagi emang ketan hitamnya guys, tekstur ketannya sama sekali ngga lengket dan rasanya enak banget. Sama sekali ngga aneh meskipun jadi pendamping sate dengan bumbu kacangnya yang gurih ini. 

sate karak ampel

Aku bener-bener merekomendasikan kuliner ini ke kalian kalo lagi jalan-jalan ke Surabaya. Selain karena rasanya yang emang enak, harganya juga terjangkau dan lagi kita perlu buat melestarikan kuliner tradisional Indonesia biar ngga punah, seperti kuliner yang satu ini misalnya.

sate karak ampel

 

Video by Gotravelly

Opening Hours
Buka setiap hari mulai jam 5 sore - 10 malam
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY