10 Makanan Legendaris di Solo, Rasanya Endes-endes Lho


sisil angelin  August 23, 2019  0 Comment

Kota Solo merupakan salah satu kota di Indonesia yang telah dikenal oleh keberagaman budaya, dan juga sebagai salah satu destinasi kota wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik ataupun asing. Solo memang menyimpan banyak sekali keunikan, cerita, dan beragam cita rasa yang tercermin dalam keanekaragaman wisata kuliner legendarisnya yang patut untuk di coba. Makanan legendaris di Solo terdiri dari berbagai macam olahan dan bahan baku.

Ketika mengunjungi kota ini, maka Anda tidak boleh melewatkan cita rasa yang banyak sekali ragamnya di Kota Solo ini. Lalu, apa saja sih makanan legendaris di Solo itu? Maka berikut ini merupakan rekomendasi 10 makanan legendaris terbaik di Solo yang bisa Anda coba. Ada banyak sekali jenis olahan makanan legendaris di Solo. Mulai dari olahan yang berkuah hingga tidak, kue, jajanan, hingga minuman. Berikut ini merupakan rekomendasi makanan legendaris dari Kota Solo

1. Timlo Sastro

Timlo Sastro
image credit : https://travelingyuk.com

Makanan legendaris di Solo pertama yang bisa Anda coba adalah timlo sastro. Makanan ini sebenarnya merupakan olahan yang terdiri atas potongan hati ampela, telur, dan juga sosis solo lengkap dengan tambahan kuah yang bening dan segar. Warung timlo sastro yang terkenal di Solo adalah Timlo sastro balong yang sudah berdiri sejak tahun 1952 silam.

Anda bisa mendatang warung ini di dekat Pasar Gedhe di Kota Solo. Perpaduan antara kuah yang bening dan segar dengan topping yang melimpah akan dijamin membuat Anda ketagihan dengan rasanya.

Baca juga :  10 Kuliner Enak Dan Paling Ramai di Kawasan Malioboro
Gotravelly

Gokana: Restoran Spesialis Ramen & Teppan Halal Tapi Tetap Nikmat

Nyobain Nasi Goreng Cumi Random Di Nasgor Pak Budi

2. Selat Solo Mbak Lies

Selat Solo Mbak Lies
image credit : https://travelingyuk.com

Kemudian, menu makanan legendaris di Solo yang sudah terkenal lainnya adalah masakan selat solo. Selat sendiri merupakan pelesetan dari kata salad. Untuk warung selat solo yang paling terkenal karena sudah melegenda adalah Selat Solo Mbak Lies yang terletak di Jalan Veteran, Gang II, Kota Serengan, Solo, Jawa Tengah.

Di kedai ini Anda bisa menemukan menu selat solo yang mantap dan lengkap, seperti daging sapi yang diberikan saus coklat kaya rempah, dan ditambahkan beberapa sayuran rebus, sangat mirip dengan salad.

3. Tengkleng Klewer Bu Edi

Tengkleng Klewer Bu Edi
image credit : https://kumparan.com

Kemudian, rekomendasi ketiga adalah tengkleng klewer Bu Edi. Tengkleng sendiri merupakan menu olahan yang terbuat dari tulang iga kambing, mirip seperti gulai akan tetapi dengan sentuhan rasa yang berbeda. Tengkleng klewer Bu Edi sudah berdiri sejak tahun 1971 dan menjadi salah satu andalan makanand dari Kota Solo itu sendiri.

Anda bisa menemukan warung tengkleng ini di sekitar pasar Klewer Solo. Dijamin setelah Anda mencobanya Anda pasti ketagihan dengan cita rasa kuat dan gurih yang diberikan oleh menu ini.

4. Sate Kere Yu Rebi

Sate Kere Yu Rebi
image credit : https://travelingyuk.com

Makanan legendaris di Solo yang selanjutnya adalah menu sate kere Yu Rebi yang terbuat dari jeroan sapi yang dipadukan dengan tempe gambus. Menu sate kere ini disajikan lengkap dengan saus kacang dan juga lontong sebagai pelengkapnya.

Warung ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 1986 dengan cita rasa yang masih kuat hingga kini. Anda bisa menikmati menu ini di dekat Stadion Sriwedari Solo.

Baca juga :  10 Hidangan Lebaran Khas Turki Wajib Kamu Cicipi

5. Serabi Notosuman

Serabi Notosuman
image credit : https://www.surakarta.pro

Salah satu toko serabi yang paling populer dan sudah melegenda di Solo adalah serabi notosuman. Bahkan serabi notosuman sendiri sudah memiliki beberapa cabang yang tersebar di kota lain di Indonesia. Serabi ini sudah berdiri sejak tahun 1923. Keunikan dari serabi ini adalah rasa gurihnya yang sangat kuat dan membedakan dengan serabi lainnya. Anda bisa mendatangi kedai serabi ini di Jalan Mohammad Yamin No. 28, Kota Solo.

6. Gudeg Ceker Bu Kasno

Gudeg Ceker Bu Kasno
image credit : https://travel.kompas.com

Kemudian, makanan legendaris di Solo selanjutnya adalah gudeg ceker Bu Kasno yang terletak di Jalan Monginsidi, Margoyudan, Solo. Jika Anda mencicipi gudeg ini, Anda akan mendapatkan sepiring gudeg lezat yang terdiri dari ceker dari ayam kampung, sambel krecek, dan juga kuah saldu serta santan yang gurih.

Warung gudeg ini mulai buka pukul 01.00 dini hari. Untuk harganya sendiri dibandrol sangat murah yaitu, hanya sekitar 10 ribu sampai 15 ribu saja setiap satu porsinya.

7. Es Dawet Telasih Ibu Dermi

Es Dawet Telasih Ibu Dermi
image credit : https://www.inibaru.id

Makanan legendaris di Solo yang selanjutnya adalah minuman es dawet milik Ibu Dermi. Es dawet telasih ini terdiri atas eketan hitam, bubur sumsum, tape, cendol, dan juga biji telasih. Anda bisa menimati segarnya es in dengan harga 8 ribu rupiah saja per porsinya. Es dawet ini terletak di sekitar Pasar Gedhe Kota Solo.

8. Nasi Liwet Wongso Lemu

Nasi Liwet Wongso Lemu
image credit : https://travelingyuk.com

Kemudian, rekomendasi makanan legendaris di Solo yang selanjutnya adalah Nasi Liwet Wongso yang ada di Jalan Teuku Umar, Keprabon, Solo. Warung nasi liwet ini sudah ada sejak tahun 1950-an dan masih bertahan menjadi salah satu kuliner unggulan di Kota Solo.

Baca juga :  Suka Makanan Jepang? Berikut 12 Jenis Yakitori Khas Jepang

Anda bisa menikmati ini nasi liwet ini lengkap dengan tambahan sayur labu, suwiran ayam, dan juga telur rebus. Cita rasa yang ditawarkan oleh nasi liwet ini adalah perpaduan antara gurih dan juga manis.

9. Soto Ayam Gading

Soto Ayam Gading
image credit : http://surakarta.go.id

Makanan legendaris di Solo yang selanjutnya adalah soto ayam Gading yang terlatak di Jalan Brigjen Sudiarto No. 75, Solo. Warung soto ayam yang satu ini sudah buka sejak tahun 1974 dan menjadi salah satu makanan legendaris yang ada di Kota Solo. Soto ini disajikan dengan kuah yang kaya akan bumbu akan tetapi tetap bening.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati beberapa pilihan tambahan lauk yang juga tersedia diantaranya adalah empal, perkedel kentang, sate jeroan, dan lain sebagainya.

10. Nasi pecel dan tumpang Bu Kis

Nasi pecel dan tumpang Bu Kis
image credit : https://www.idntimes.com

Dan makanan legendaris di Solo yang terakhir adalah warung nasi pecel dan tumpang Bu Kis. Nasi pecel yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1951 dan merupakan makanan legenda yang ada di Solo yang wajib untuk Anda coba. Warung ini terleta di Jalan Gleges, Priyobadan, Kota Solo.

Kelebihan Wisata Kuliner di Kota Solo

Nah, itulah rekomendasi 10 makanan legendaris di Solo yang patut Anda coba ketika mengunjungi kota yang satu ini. Kelebihan dari menikmati wisata kuliner di Solo adalah banyak dan beragamnya menu olahan kuliner di kota ini sehingga tidak akan membuat Anda cepat bosan. Selain itu, dari segi harga kuliner yang ada di Kota Solo juga termasuk murah dan sangat besahabat di kantong Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan banyak sekali kuliner khas Kota Solo lainnya yang bisa Anda jadikan buah tangan atau oleh-oleh setelah mengunjungi kota ini, sehingga pergi ke Solo untuk berwisata sekaligus menikmati banyaknya kuliner khas yang dimiliki kota ini akan selalu menjadi pilihan yang menggiurkan untuk Anda lakukan.



Leave a Reply