10 Minuman Khas Amerika Latin Tawarkan Rasa Segar Nan Unik


Fida  July 14, 2020  0 Comment

Amerika Latin menawarkan keindahan wisata yang luar biasa. Tidak hanya memiliki banyak tempat wisata, daerah bagian Amerika ini juga dikenal memiliki kuliner hingga minuman khas. Berbicara tentang minuman khas Amerika Latin, Anda akan menjumpai banyak sekali minuman yang ditawarkan disana. Berikut minuman khas Amerika Latin yang bisa Anda coba

1. Saril

Saril
bp-guide.id

Saat ingin mencoba salah satu minuman khas Amerika Latin, Saril menjadi minuman yang wajib Anda coba. Warnanya yang merah menjadikan minuman ini semakin menarik. Warna merah terang pada Saril berasal dari tanaman rosella.

Cara pembuatan minuman yang satu ini terbilang cukup mudah yakni dengan merebus air dan diberi tambahan jahe bubuk, bunga rosella, serta cengkeh. Saril disajikan sesuai selera baik hangat maupun dingin. Jika Anda menginginkan rasa manis, madu atau gula dapat ditambahankan pada minuman yang satu ini. Untuk mencegah terjadinya fermentasi, Saril harus langsung diminum setelah proses pembuatan selesai.

Gotravelly

Berburu Siwalan Dan Legen Di Bumi Ronggolawe

Nasi Campur Banjar Mbok Mang Ludes Dalam 3 Jam

2. Cola de Mono

 Cola de Mono
hostalprovidencia.com

Cola de Mono menjadi minuman khas Amerika Latin yang sayang untuk tidak dicoba. Minuman yang satu ini dibuat dengan bahan dasar susu yang dicampur dengan berbagai bahan lain yakni kayu manis, cengkeh, aguardiente, dan lain-lain.

Cola de mono juga memiliki sejarah yang cukup panjang. Cita rasa yang lezat dan kaya akan manfaat menjadikan minuman ini masih bertahan hingga saat ini. Saat berada di kawasan Amerika Latin, minuman yang satu ini akan dengan mudah Anda jumpai.

3. Rompope

Rompope
thespruceeats.com

Minuman khas Amerika Latin selanjutnya adalah Rompope. Rompope dikenal pada abad ke-17 dan pertama kali dibuat oleh biarawati di biara Santa Clara, Meksiko. Jika dilihat sekilas, tempilan Rompope hampir mirip dengan susu coklat.

Rompope dibuat dengan berbagai bahan diantaranya susu, kuning telur, rum, aguardiente, dan banyak rempah-rempah lainnya. Minuman segar dan kaya kaya manfaat ini bisa Anda coba saat berada di Amerika Latin. Persebaran yang luas juga menjadikan minuman ini sangat mudah dijumpai.

4. Coctel de Algarrobina

cafe terdekat
acomer.pe

Coctel de Algarrobina menjadi minuman yang wajib Anda coba saat berada di Amerika Latin. Bahan utama pembuatan minuman yang satu ini adalah algarrobi yakni sirup kental rasa caramel.

Minuman yang konon sudah ada sejak zaman kolonial ini masih dikonsumsi hingga sekarang. Meskipun resepnya terkenal berubah-ubah dan tidak pasti, tetapi minuman ini tetap memiliki daya tarik tersendiri. Algarrobina tradisional dibuat dari susu kental tanpa pemanis, pisco, kayu manis, dan kayu manis. Namun saat ini banyak juga yang menambahkan susu kental manis atau cokelat.

5. Mexican Ponche

mexican ponche
goya.com

Minuman khas Amerika Latin yang memiliki kesegaran salah satunya adalah Mexicam Ponche. Warna merah yang ada pada minuman yang satu ini menjadikan daya tarik tersendiri untuk dicoba. Minuman yang satu ini biasa dihidangkan untuk menyambut natal.

Berbagai bahan yang digunakan diantaranya jambu biji, jeruk, apel, batang kayu manis, serta rum atau tequila. Tidak lupa piloncillo sebagai pemanis khas Meksiko.

6. Coca Tea

coca tea
discovermagazine.com

Coca Tea merupakan salah satu minuman khas Amerika Latin. Minuman yang satu ini banyak digunakan sebagai bahan pengobatan, khususnya bagi masyarakat Andes. Dilihat dari namanya, jelas minuman ini berupa teh. Namun bukan seperti teh biasa, teh ini berbahan dasar kokain.

Minuman khas Amerika Latin yang satu ini hampir sama dengan teh hijau. Namun, teh ini lebih banyak manfaatnya di bidang kesehatan. Bagi Anda yang sedang berada di ketiggian lalu mengalami mabuk ketinggian, cukup meminum Coca Tea karena teh yang satu ini sangat ampuh untuk mengatasinya.

7. Teh Mate

teh mate
food.detik.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan minuman khas Amerika Latin yang satu ini? Hampir semua orang mungkin mengenalinya karena minuman yang satu ini cukup terkenal. Teh Mate memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Kandungan vitamin B dan C yang berguna untuk metabolisme dan sistem kekebalan tubuh juga ada di dalam Teh Mate. Tak heran jika banyak pesepakbola dunia yang suka dengan Teh Mate

Teh mate berbeda dengan teh lainnya karena teh yang satu ini memiliki banyak keunikan, salah satunya yaitu cara meminumnya. Teh ini disajikan di suatu wadah khusus yang cukup besar dan diminum dengan sedotan logam, yang biasa disebut Bombilla. Citarasa yang khas dan sedikit pahit menjadi nilai plus bagi penikmat minuman khas Amerika Latin yang satu ini.

8. Aguardiente

aguardiente
whiskerino2005.com

Minuman khas Amerika Latin selanjutnya adalah Aguardiente. Berbeda dengan dua minuman sebelumnya. Aguardiente bukan berupa teh atau kopi kopian, namun minuman yang satu ini berbahan dasar buah. Aguardiente merupakan sulingan dari buah buahan segar. Buah yang dimaksud antara lain, mangga, pisang, jeruk dan apel, atau bisa juga menggunakan umbi umbian.

Aguardiente memiliki kandungan alkohol yang cukup tinggi yaitu kisaran 30% hingga 60%. Banyak sensasi yang dirasakan ketika minum minuman khas Amerika Latin yang satu ini. Sensasi yang bisa dirasakan yaitu mabuk. Bahkan ada juga sensasi lain yaitu tenggorokan yang terasa seperti terbakar.

9. Caipirinha

caipirinha
laylita.com

Caipirinha merupakan salah satu minuman khas Amerika Latin yang banyak diminati wisatawan ketika berkunjung ke Brazil. Minuman jenis koktail yang satu ini mengandung alkohol. Bahan dasar untuk membuat Caipirinha adalah jeruk limau, es batu, dan gula serta cachaça. Minuman segar yang satu ini mudah ditemukan di restoran maupun di tepian pantai.

Minuman yang satu ini menjadi menu yang wajib Anda coba ketika di Brazil. Rasa yang nikmat dan menyegarkan membuat banyak pengunjung ketagihan untuk minum Caipirinha. Eits, tapi jangan berlebihan karena kandungan alkohol dalam minuman tesebut dapat menimbulkan sensasi mabuk. Bagi Anda yang sedang liburan di Brazil, Caipirinha sangat sayang untuk Anda lewatkan.

10. Pisco Sour

minuman khas Amerika latin
delish.com

Minuman khas Ameika Latin selanjutnya adalah Pisco Sour. Minuman yang satu ini berbahan dasar pisco sehingga disebut dengan Pisco Sour. Bahan lainnya yang melengkapi minuman segar yang satu ini yaitu sirup, perasan lemon atau jeruk nipis serta es batu. Pisco Sour wajib Anda coba ketika berkunjng ke salah satu negara di Amerika Latin. Minuman yang satu ini sangat disayangkan jika Anda lewatkan begitu saja.

Koktail yang satu ini merupakan minuman yang populer di Chili dan Peru. Karena kepopulerannya, Pisco Sour memiliki hari spesial di dua negara tersebut yaitu Hari Pisco Nasional. Akan tetapi, Pisco Sour di Peru sedikit bebeda dengan Pisco Sour di Chili. Pisco Sour di Peru diberi tambahan putih telur.

Nah, di atas merupakan daftar minuman khas Amerika Latin yang sangat unik dan menggugah selera. Saat mendapat kesempatan berlibur ke Amerika Latin, minuman khas mana yang paling ingin Anda coba?



Leave a Reply