10 Kuliner Khas Nusantara Dari Olahan Kikil Rasanya Kenyal Enak!


Fida  November 2, 2021  0 Comment

Saat bosan dengan kuliner berbahan dasar daging ayam, Anda dapat memilih olahan kikil yang merupakan bagian daging kaki sapi. Biasa diolah dengan berbagai bumbu serta menghasilkan cita rasa yang tidak kalah lezat dengan olahan daging sapi bagian lainnya. Selain mengolahnya sebagai makanan berkuah, Anda juga dapat menikmati kuliner olahan kikil bentuk tumisan. Berikut rekomendasi kuliner olahan kikil yang bisa Anda beli maupun dibuat sendiri di rumah

1. Lontong Kikil

Lontong Kikil
idntimes.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan kuliner olahan kikil yakni lontong kikil. Kuliner yang satu ini memang cukup mudah dijumpai di beberapa daerah di Indonesia.

Berbagai bahan yang dibutuhkan untuk membuat olahan yang satu ini diantaranya kikil sapi, daun jeruk, serai geprek, lontong, jeruk nipis, daun bawang, dan lain-lain. Anda dapat memilih untuk membelinya maupun membuat sendiri di rumah. Tampilan olahan kuliner yang satu ini tentu sangat menggugah selera dan sayang untuk dilewatkan.

gotravelly

Sop Kikil By Pass, Kuliner Legendaris Khas Kota Kendari

Bakso Kikil Cak No Kuliner Malam Sampe Pagi Buta

2. Kikil Cabe Ijo

Kikil Cabe Ijo
lifestyle.okezone.com

Salah satu kuliner olahan kikil yang menawarkan cita rasa lezat dan khas adalah kikil cabe ijo. Sesuai dengan namanya, kuliner ini dikenal diolah dengan menggunakan cabe ijo sebagai bumbu utamanya. Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat kuliner ini diantaranya cabe hijau, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, gula pasir, dan masih banyak lagi.

Sebelum diolah, kikil terlebih dahulu diiris tipis dan direbus sehingga menawarkan tekstur yang empuk. Tampilan serta aroma yang menggugah selera menjadikan kuliner olahan kikil yang satu ini sayang untuk tidak Anda coba.

3. Kikil Kecap

Kikil Kecap
indozone.id

Kikil kecap menjadi salah satu kuliner olahan kikil yang menawarkan cita rasa lezat dan sayang untuk tidak dicoba. Kuliner ini menawarkan cita rasa manis dan gurih serta tingkat kepedasan yang bisa dibuat sesuai selera. Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat olahan ini adalah kikil, kecap, saus tiram, garam, serta bahan tambahan lainnya.

Kikil kecap menawarkan tekstur kikil yang empuk. Hal itu dikarenakan kikil terlebih dahulu direbus sebelum diolah bersama bumbu-bumbu. Kuliner ini juga cocok dinikmati oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Meskipun terkesan sebagai olahan kuliner sederhana, tetapi cita rasa lezat yang ditawarkan mampu membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya.

4. Sate Kikil

 Sate Kikil
dapurkobe.co.id

Salah satu kuliner olahan kikil yang cukup populer dan menawarkan cita rasa lezat adalah sate kikil. Seperti sate pada umumnya, kuliner ini juga memiliki tampilan kikil yang ditusuk menggunakan tusuk sate. Berbagai bahan yang dibutuhkan untuk membuat olahan kuliner ini adalah kikil, daun salam, daun jeruk, cabai hijau, gula merah, kecap manis, dan masih banyak lagi.

Sate kikil akan disajikan bersama dengan bumbunya yang melimpah. Selain lezat, kuliner yang satu ini juga dikenal memiliki tekstur yang empuk sehingga sangat cocok untuk dinikmati. Kikil terlebih dahulu direbus sebelum dibakar.

5. Kikil Bumbu Kacang

 Kikil Bumbu Kacang
id.pinterest.com

Salah satu kuliner olahan kikil yang sangat menarik untuk dicoba adalah kikil bumbu kacang. Lezatnya bumbu kacang memang sudah tidak asing lagi khususnya di lidah orang Indonesia. Cita rasa yang lezat dan khas menjadikan kuliner ini wajib Anda coba.

Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat olahan kikil bumbu kacang adalah kikil, daun salam, jahe, lengkuas, kecap manis, garam, kacang tanah goreng, bawang putih, bawang merah, dan masih banyak lagi. Selain dapat membelinya, Anda juga dapat membuat olahan kuliner ini di rumah karena menggunakan bumbu-bumbu sederhana yang mudah dijumpai.

6. Gulai Tunjang

Gulai Tunjang
youtube.com

Saat ingin mencoba lezatnya salah satu kuliner olahan kikil, gulai tunjang menjadi rekomendasi tepat yang bisa Anda coba. Kuliner yang satu ini dibuat dengan menggunakan berbagai bahan diantaranya kikil, lengkuas, jahe, cengkeh, santan, bawang putih, bawang merah, cabai rawit, kunyit bubuk, dan masih banyak lagi.

Kikil terlebih dahulu direbus selama 15 menit dan direbus kembali dengan menggunakan panci presto selama 60 hingga 90 menit. Hal itu menjadikan kuliner ini memiliki tekstur kikil yang sangat empuk dan mudah dikonsumsi.

7. Sambal Goreng Kikil

Sambal Goreng Kikil
resepkurban.web.app

Salah satu kuliner olahan kikil yang cukup populer dan mudah dijumpai adalah sambal goreng kikil. Kuliner yang satu ini tentu sangat mudah dibuat sendiri dirumah karena menggunakan berbagai bahan yang cukup mudah dijumpai seperti kikil, cabai merah, bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, serai, dan lain-lain.

Meskipun memiliki tampilan yang cukup sederhana, kuliner yang satu ini menawarkan cita rasa lezat dengan tekstur yang empuk. Sambal goreng kikil cocok dinikmati langsung maupun dikonsumsi bersama dengan nasi hangat. Karena memiliki tingkat kepedasan yang bisa dibuat sesuai selera, kuliner ini tentu cocok dinikmati oleh semua kalangan baik anak-anak maupun orang dewasa.

8. Oseng Kikil

Oseng Kikil
yummy.co.id

Salah satu kuliner olahan kikil yang sayang untuk dilewatkan adalah oseng kikil. Kuliner yang satu ini tentu sangat mudah dijumpai di berbagai tempat makan maupun dapat dengan mudah dibuat sendiri di rumah.

Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat oseng kikil diantaranya kikil, bawang putih, bawang merah, lengkuas, kecap manis, daun salam, dan lain-lain. Sebelum diolah, kikil terlebih dahulu direbus. Hal itu bertujuan agar kikil berubah tekstur menjadi empuk dan mudah dikonsumsi.

9. Tumis Kikil Mercon

Tumis Kikil Mercon
sajiansedap.grid.id

Salah satu kuliner olahan kikil yang cukup populer dan kekinian adalah tumis kikil mercon. Kuliner yang satu ini diberinama mercon karena memiliki rasa yang dikenal pedas. Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat olahan kuliner ini diantaranya bawang putih, bawang merah, cabe rawit, daun jeruk, daun salam, dan lain-lain.

Tumis kikil mercon menawarkan tekstur kikil yang empuk karena direbus terlebih dahulu sebelum diolah bersama bumbu. Citarasa pedas yang ditawarkan juga menjadikan kuliner ini cocok dinikmati bersama dengan nasi. Olahan kuliner kikil yang satu ini tentu sayang untuk tidak Anda coba.

10. Gulai Cincang Kikil

Gulai Cincang Kikil
resepkuerenyah.com

Pernah mencoba lezatnya kuliner olahan kikil yakni gulai cincang kikil? Kuliner yang satu ini dibuat dengan menggunakan berbagai bahan diantaranya daging sengkel, kikil daging sandung lamur, santan, minyak, cabe, dan lain-lain. Beberapa bahan tambahan lain diantaranya lengkuas, sereh, kapulaga, daun jeruk, dan masih banyak lagi.

Tekstur daging yang empuk serta bumbu yang meresap menjadikan kuliner ini sangat lezat dan cocok untuk dinikmati. Anda dapat menikmatinya langsung maupun ditambah dengan nasi hangat. Tampilan dan aromanya yang menggugah selera membuat siapapun tertarik untuk mencobanya.



Leave a Reply