Sop Kikil By Pass, Kuliner Legendaris Khas Kota Kendari

kuliner kendari

pribadiganda | Tourist
Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia | halal
23 Mar 2020


Sop Kikil By Pass, Kuliner Legendaris Khas Kota Kendari
Sop Kikil By Pass Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, ini dianggap sebagai kuliner legendaris. Tidak hanya karena sudah beroperasi sejak tahun 1975, tapi juga memiliki cita rasa yang menggugah selera.

Sop kikil sebagai salah satu menu kuliner khas dari Kota Surabaya, kini mudah ditemukan di mana-mana. Bahan utama masakannya adalah daging sapi yang berurat, utamanya bagian kaki, yang ketika dicicip dan dikunyah terasa kenyal di mulut. Rasanya terasa lebih nikmat karena dilengkapi dengan kuah yang dibumbui dengan berbagai macam rempah-rempah alam.

Di Kota Kendari misalnya, sop kikil yang paling terkenal dan legendaris ada di Rumah Makan Sop Kikil By Pass. Sop kikil yang menjadi menu andalan dan satu-satunya di rumah makan tersebut, menjadi incaran para penikmat kuliner daging kuah setiap harinya.

kuliner kendari
kuliner kendari
Rumah makan ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Bahkan para pelanggan sering harus mengantri hanya untuk dapat menikmati sajian sop kikil di sini. Rahasianya? Tentu saja pada bahan-bahan dalam resep masakannya.

Bahan utama tentu saja daging sapi, khusus bagian kaki (lutut ke bawah). Kaki sapi yang digunakan pun dari sapi lokal, baik dari Kota Kendari, Kolaka, sampai Baubau. Bumbu kuahnya merupakan campuran kaldu daging, kunir, serai, bawang goreng, dan bumbu lainnya.

sop kikil by pass
sop kikil by pass
Yang membuat cita rasa menu sop kikil di tempat ini sangat nikmat adalah, cara pengolahan daging dan campuran telur ayam dalam kuahnya. Daging dalam sop kikil yang disajikan terasa sangat kenyal karena diolah melalui proses perebusan sebanyak dua kali. Perebusan pertama dengan api sedang untuk membuat daging masak dan mudah dikupas kecil-kecil dari tulang, sedang perebusan kedua dengan api kecil selama enam jam untuk membuat daging kikil terasa kenyal saat dikunyah.

Selanjutnya, telur ayam yang dicampurkan dalam kuahnya adalah telur ayam kampung yang dimasak seperempat matang. Sehingga ketika diaduk, kuahnya akan bertambah kental dan berwarna kuning kecoklatan. Ini juga yang membuat kuah sop kikilnya terasa gurih.

Rumah makan yang dijalankan oleh H. Naharuddin ini, berlokasi di Jalan Brigjen M. Joendes, Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia, Kota Kendari. Tempatnya berada di sisi jalan protokol, sekitar empat kilometer dari pusat kota.

sop kikil by pass

 

Opening Hours
Rumah makan buka setiap hari, mulai pukul 06.00 sampai dengan 12.00 WITA. Disarankan agar datang di awal waktu (pagi hari) untuk menghindari antrian pengunjung dan tidak kehabisan porsi harian yang tersedia (porsi yang disediakan terbatas).
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY