10 Oleh-oleh Khas Manado Paling Recommended


Dila  June 14, 2018  0 Comment

Manado merupakan kota dengan destinasi wisata ternama di tingkat dunia. Siapa yang tak kenal dengan Bunaken? Salah satu taman laut yang terdapat di Manado ini memiliki keindahan yang menakjubkan hingga mampu menarik banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Selain destinasi wisatanya yang mendunia, Manado juga dikenal dengan kelezatan kulinernya yang mampu membuat lidah kamu bergoyang. Ada kerajinan tangannya yang mampu membuatmu tergoda untuk membelinya. Jika suatu hari kamu berkesempatan berkunjung ke Manado, oleh-oleh khas Manado berikut ini paling recommended untuk dibawa pulang.

1. Klappertaart, Kue Khas Belanda Rasa Nusantara

Klappertaart

www.hipwee.com

Klappertaart merupakan kue yang berasal dari negeri kincir angin, Belanda. Namun, rasanya telah diadopsi menjadi rasa nusantara. Bahan pembuatan kue ini antara lain daging dan air kelapa muda, tepung, susu, gula dan margarin. Biasanya di atas permukaan klappertaart dihiasi dengan berbagai macam toping, seperti buah ceri, kismis dan sebagainya. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis, sangat nikmat ketika dimakan dalam keadaan dingin. Klappertaart dibanderol dengan harga sekitar 15.000 hingga 60.000 rupiah per porsi, tergantung pada ukurannya. Kue ini dapat disimpan sampai 12 jam dalam suhu rendah dan wadah yang rapat.

Baca juga :  7 Tteokbokki Enak di Surabaya

Kruma, Kopi Kurma

Kombitiam, Food Truck Unik dan Asik

Tekop Sub

2. Panada, Kue Populer di Manado

Panada

cookpad.com

Sekilas kue ini berbentuk seperti pastel. Namun ada yang istimewa dari kue ini dimana isiannya berupa ikan cakalang yang telah diolah bersama bumbu panpis. Sebenarnya kue ini bukan berasal dari Manado, tetapi bangsa Portugis yang pernah menjajah Minahasa di masa lampau. Selain peninggalan bangunan sejarah, peninggalan kuliner pun masih ada yang tetap eksis di Manado. Harga panada sekitar 1.250 rupiah per buah, tergantung isiannya. Semakin beragam isinya, maka semakin mahal harganya.

3. Kacang Goyang, Kacang Warna-warni Khas Manado

Kacang Goyang

flickr.com

Buat kamu yang suka ngemil, kacang goyang ini wajib kamu beli sebagai oleh-oleh. Kacang goyang merupakan kacang atom yang telah dibalut dengan terigu dan lumuran gula yang menghasilkan warna yang beragam. Ada merah, kuning, hijau, oranye, putih dan lain-lain. Seperti namanya, kacang goyang dibuat dengan proses goyang-goyang yang unik. Rasanya pun mampu membuat lidahmu bergoyang syahdu. Bagi kamu yang penasaran tentang bagaimana proses pembuatannya, silahkan berkunjung ke Kotamobagu Manado sebagai salah satu sentra pembuatan kacang goyang.

Kacang goyang biasanya disajikan di acara hajatan masyarakat di Manado. Kamu juga bisa membelinya di toko oleh-oleh dengan harga sekitar 10.000 hingga 25.000 rupiah per pack, tergantung pada ukurannya.

4. Halua Kenari, Kue Khas Manado yang Bikin Nagih

Halua Kenari

onweekend.co

Kue khas Manado yang satu ini terbuat dari kacang kenari dan gula merah yang sudah dilebur sebelumnya. Rasanya yang manis akan membuat lidah kamu bergoyang, apalagi jika disantap dengan teh atau kopi hangat. Halua kenari banyak dijual di toko oleh-oleh khas Manado dengan harga jual sekitar 10.000 hingga 45.000 rupiah per packnya, tergantung ukuran dan isiannya.

Baca juga :  7 Tempat Menikmati Siomay Paling Enak di Bandung

5. Dodol Amurang, Dodol Khas Manado

Dodol Amurang

KSMTour.com

Tidak hanya daerah di Jawa Barat yang dikenal dengan dodol sebagai makanan khasnya. Manado pun memiliki dodol khas yang rasanya tak kalah enak. Masyarakat Manado menyebutnya dengan dodol amurang. Bahan pembuatannya yaitu gula aren, beras ketan, minyak kelapa murni, kacang, kayu manis dan lainnya. Rasanya manis dan legit yang khas. Berbeda dari kebanyakan dodol, dodol amurang dibungkus dengan daun kelapa yang telah kering dan dibentuk menyerupai gulungan permen. Harga jual dari dodol amurang berkisar antara 500 hingga 5.000 rupiah perbungkusnya, tergantung pada ukurannya.

6. Rica Roa, Sambal Khas Manado

Rica Roa

referensidunia.blogspot.co.id

Sebagian orang merasa hambar saat makan tak ditemani dengan sambal yang menambah sensasi pedas di lidah. Mungkin kamu termasuk salah satunya. Kalau begitu, kamu mesti mencoba kelezatan rica roa, yakni sambal khas Manado yang dibuat dari ikan roa. Rica roa dijual dalam bentuk botol-botol kaca kecil yang mudah dibawa. Harganya yang terjangkau menjadikan rica roa banyak dipilih sebagai oleh-oleh khas Manado yang unik.

7. Cakalang Fufu, Ikan yang Banyak di Manado

Cakalang Fufu

katalogwisata.com

Ikan cakalang merupakan salah satu jenis ikan yang terdapat banyak di Manado. Ikan jenis ini hanya ada di Manado. Karena itu keberadaannya cukup dimaksimalkan oleh masyarakat Manado yang menjadikannya sebagai berbagai olahan makanan khas. Salah satunya cakalang fufu, yakni ikan cakalang yang dimasak dengan cara diasap dalam rakitan bambu. Diolah bersama bumbu khas dari Manado yang mampu menggugah nafsu makan kamu. Harganya juga cukup terjangkau oleh berbagaikalangan. Jangan lupa untuk mencicipi sekaligus membawanya pulang sebagai oleh-oleh!

8. Bentenan, Kain Khas Manado

Bentenan

samratulangi-airport.com

Kain bentenan berasal dari Minahasa. Tepatnya dari Desan Bentenan, Pantai Timur Minahasa. Kain ini bersifat alami karena bahan pembuatannya diambil dari alam, yaitu serat kulit kayu (fuya) yang diambil dari pohon Sawukouw dan Lahendong. Selain itu, ada lagi dari serat nanas, pisang dan bambu (koffo). Seiring dengan perkembangan zaman, tepatnya pada abad ke-15, kain bentenan mulai dijadikan sebagai kain tenun bentenan. Coraknya dan warnanya sangat beragam, sekilas mirip seperti batik. Namun terdapat unsur Manado yang khas yang berbeda dari motif batik pada umumnya. Kini kain bentenan bukan hanya dikenal di Manado, tetapi sudah merambah ke tingkat internasional.

Baca juga :  7 Nasi Krawu Paling Enak di Gresik

9. Gantungan Kunci Ikon Manado, Cinderamata Khas Manado

Gantungan Kunci Ikon Manado

gantungankuncijakarta.blogspot.com

Gantungan kunci merupakan cinderamata yang menjadi daya tarik di hampir seluruh kota di Indonesia. Gantungan kunci dibuat dari bahan tertentu dengan bentuk berupa landmark atau ikon kota tersebut. Harganya yang murah mulai dari 3.000 rupiah (tergantung kotanya) banyak diburu oleh wisatawan.

Begitu pula dengan Manado. Kota ini juga memiliki aneka kreasi gantungan kunci yang bentuknya berupa landmark atau ikon kota Manado ditambah dengan tulisan Manado. Tidak sulit untuk mendapatkannya. Kamu bisa pergi ke pasar tradisional atau kawasan wisata di sekitar kota Manado untuk menemukan gantungan kunci ini.

10. Pernak Pernik Khas Manado

toko oleh oleh terdekat

tempatnongkrongasik.com

Selain gantungan kunci, ada pula beragam pernak-pernik khas Manado yang cocok sebagai oleh-oleh. Di antaranya, miniatur rumah adat, gelang, kalung, bros dan lain sebagainya. Bentuk dan warnanya sangat beragam. Pernak-pernik ini lebih awet dibandingkan makanan khas yang bisa habis dalam sekejap. Harganya juga lebih murah dibandingkan oleh-oleh kuliner.

Perak-pernik khas Manado ini sangat tepat dijadikan sebagai hiasan rumah, meja kerja atau hadiah untuk orang-orang terdekat kamu. Nah, itulah beberapa oleh-oleh khas Manado yang paling recommended untuk kamu bawa pulang ke kampung halaman.

Bawalah oleh-oleh untuk orang-orang tercinta yang menanti kedatangan kamu di rumah. Belilah di tempat yang tepat untuk mendapatkan harga yang hemat cermat. Jangan lupa untuk meneliti kualitas fisik dan tanggal kadaluwarsanya sebelum kamu membeli oleh-oleh tersebut!



Leave a Reply