10 Jenis Sup di Korea Selatan Bikin Lidah Ketagihan


prita  February 7, 2022  0 Comment

Hai K-Drama Lovers, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan ragam sajian sup di Korea Selatan yang sering muncul dalam drama favorit kamu. Sup khas Korea memang menjadi salah satu makanan khas yang sering hadir dalam scene drama Korea. Sup biasanya dinikmati kapan saja dan menjadi bagian dari nasi, kimchi dan ragam lauk lainnya. Biasanya, sup khas Korea ini namanya memiliki akhiran guk atau tang. Ternyata nih, banyak juga jenis sup khas Korea Selatan yang sering bermuncuulan di drama Korea. Makanan berkuah tersebut bisa juga kamu temukan di restoran-restoan kecil maupun besar di Korea. Nah, sebelum mencicipinya langsung, ketahui dulu yuk apa saja jenis sup khas Korea Selatan ini.

1. Tteok Guk

Tteok Guk
tarasmulticulturaltable.com

Sup di Korea Selatan yang pertama wajib kamu coba adalah Tteok Guk. Tteok Guk ini merupakan sup gurih yang dibuat dari kaldu daging dan kue beras atau tteokbokki yang menjadi makanan pokok dalam sajian khas Korea.

Tak hanya menjadi camilan saja, ternyata tteok juga bisa diolah menjadi sup. Sup ini terdiri dari daging sapi, kucai dan telur goreng. Sup ini berwarna putih susu dan biasanya disajikan saat Hari Raya Seollal atau Imlek di Korea Selatan.

GoTravelly

Taman Wisata JF2 Wahana Bermain Anak Terbaru Di Kediri

Ingka Restaurant: Tawarkan Ragam Menu Lengkap Dalam Tempat Yang Nyaman

2. Budae Jjigae

Budae Jjigae
takestwoeggs.com

Budae Jjigae ini juga menjadi salah satu sup di Korea Selatan yang cukup populer dan memiliki tampilan yang mewah. Namun, dibalik tampilannya yang mewah ternyata budae jjigae ini merupakan sup tentara yang memiliki sejarah kelam.

Budae Jjigae ini pertama kali ditemukan setelah perang Korea di tahun 1950-an. Saat itu, masyarakat Korea hanya bisa menemukan makanan olahan dari Amerika, seperti keju, sosis dan kornet. Dibuat dari bahan seadanya, penduduk setempat kemudian membuat sajian rebusan yang dicampur dengan bumbu khas Korea. Sekarang, budae jjigae ini semakin beragam, apalagi bisa ditambahkan topping mie instan, bawang bombay, daging dan sayuran segar.

3. Doenjang Jjigae

Doenjang Jjiage
koreanbapsang.com

Sup di Korea Selatan yang wajib untuk kamu cicipi adalah Doenjang Jjigae. Dalam Bahasa Korea, Doenjang ini memiliki arti pasta kedelai yang difermentasi. Sementara Doenjang jjigae ini adalah salah satu sajian yang sering disajikan sebagai menu rumahan sehari-hari.

Sup ini memiliki kuah berwarna cokelat kekuningan dan isiannya bisa divariasi. Seperti seafood, daging dan potongan daun lobak.

4. Kimchi Jjigae

Kimchi Jjigae
cookpad.com

Kimchi Jjigae mungkin menjadi salah satu sup di Korea Selatan yang cukup populer karena sup ini cukup sering muncul dalam Drama Korea. Sesuai dengan namanya, sajian ini adalah sup kimchi yang terbuat dari asinan khas Korea.

Kimchi sendiri terbuat dari berbagai bahan, seperti sawi putih, saus ikan dan bubuk cabe. Sup ini memiliki cita rasa yang menyegarkan, asam dan pedas yang dihasilkan dari fermentasi kimchi. Semakin lama waktu fermentasinya, maka rasa yang dikeluarkan oleh kimchi ini akan semakin lezat.

5. Kongnamul Guk

Kongnamul Guk
koreanbapsang.com

Kongnamul Guk adalah salah satu jenis sup di Korea Selatan yang cukup populer. Sup ini dibuat dari kecambah kedelai sebagai bahan utamanya dan biasanya disajikan sebagai menu sehari-hari.

Sup ini memiliki banyak variasi dan bisa dibuat dengan kaldu yang berbeda-beda, seperti ikan teri. Sebagai penambah rasa pedas, biasanya sup ini diberi tambahan bubuk cabai merah. Bahan lainnya yang ditambahkan adalah bawang putih dan daun bawang. Kecambah pada sup ini tidak boleh terlalu matang dan harus disiapkan dengan benar sehingga sup memiliki cita rasa pedas yang lembut dan kecambah yang tetap renyah.

6. Haemultang

Haemultang
gaekon.com

Sup di Korea Selatan yang tak kalah menarik untuk dicoba adalah haemultang atau sup seafood hidup. Dari namanya mungkin terdengar agak ngeri, namun ternyata bukan seperti itu konsepnya.

Hewan laut tersebut awalnya hidup dan dimasak dalam sup panas sebelum disajikan, sehingga secara teknis hewan tersebut tidaklah hidup saat kamu menyantapnya. Meskipun begitu, tak ada makanan laut yang lebih segar dari haemultang ini. Biasanya haemultang ini dibuat dengan berbagai macam pasta dan sayuran pedas sehingga cita rasanya unik.

7. Samgyetang

Samgyetang
beautynesia.id

Jika kamu penyuka ayam, maka kamu wajib untuk mencicipi sup yang satu ini. Sup ini dikenal dengan nama Samgyetang dan terbuat dari ayam muda utuh yang kemudian diolah dengan gingseng dan bawang putih.

Samgyetang ini biasnaya dinikmati saat musim panas karena saat musim panas biasanya orang-orang akan kekurangan nutrisi karena keringat yang berlebihan dan kehilangan nafsu makan. Cita rasa dari samgyetang ini lebih lembut dibandingkan dengan sup obat herbal Korea lainnya. Sebagai pendamping untuk menikmati sup ini, biasanya disediakan sebotol kecil alkohol gingseng insangju yang bisa meningkatkan stamina.

8. Haejangguk

Haejangguk
pinterest.com

Sup di Korea Selatan yang satu ini juga dikenal sebagai hangover soup. Disebut demikian karena sup ini biasanya dinikmati untuk menghilangkan rasa sakit saat harus bangun setelah minum soju.

Haejangguk ini dibuat dari darah sapi yang telah dibekukan. Darah sapi beku ini memiliki kandungan natrium yang bisa membantu untuk membangunkan otak setelah banyak minum minuman beralkohol.

9. Manduguk

Manduguk
globaldaegu.blogspot.com

Secara harfiah, manduguk ini memiliki arti sup pangsit. Manduguk ini juga menjadi salah satu sup di Korea Selatan yang cukup populer karena memiliki cita rasa yang nikmat.

Manduguk ini dibuat dari ikan anchovy atau kaldu daging. Bahan utamanya adalah mandu, yaitu pangsit khas Korea yang berbentuk bulan sabit berisikan daging sapi dan sayuran. Kuah sup ini terdiri dari shiitake dan daun bawang bombay atau tteok yang diiris. Biasanya manduguk ini disajikan di hari pertama Tahun Baru Imlek yang mana telah menjadi tradisi kuno yang masih dipertahankan sampai saat ini.

10. Dwaeji Gukbap

Jenis Sup di Korea Selatan
koreanindo.net

Sup enak di Korea Selatan yang terakhir adalah Dwaeji Gukbap. Dwaeji Gukbap ini adalah sup yang dibuat dari daging babi, kecap, miso, minyak wijen, kaldu tulang dan anggur beras. Biasanya sup ini disajikan dengan ragam lauk pauk.

Lauk pauk yang biasanya menjadi pendampingnya adalah udang, nasi, kimchi, mie, bawang putih dan paprika hijau. Makanan ini telah ada sejak Perang Korea pada tahun 1950an, dimana pengungsi Korea Utara biasa membuatnya dengan menggunakan daging sapi. Namun, seiring berjalannya waktu, sup ini menjadi salah satu makanan tradisional yang populer, terutama di Busan. Sekarang, dwaeji gukbap ini biasa dinikmati sambil minum minuman beralkohol. Selain itu, dwaeji gukbap ini juga dipercaya memiliki manfaat bagi wanita yang baru saja melakukan persalinan.

Demikianlah daftar 10 sup enak di Korea Selatan yang wajib untuk kamu coba saat berkunjung kesana nanti. Sup mana yang paling ingin kamu coba?



Leave a Reply