Uji Adrenalin Melewati 10 Jembatan Kaca Paling Keren di Dunia


prita  September 8, 2020  0 Comment

Jembatan merupakan sebuah sarana yang dibangun untuk menghubungkan tempat yang dihalangi oleh perairan atau jurang. Jembatan biasanya terbuat dari kayu, bambu atau beton yang mana ketiga material tersebut dipercaya sangat kuat. Namun, seiring berkembangnya teknologi, jembatan ini dibuat dengan material kaca yang tidak mudah pecah dan sangat kokoh. Fungsi jembatan kaca ini pun perlahan berubah tidak hanya sebagai penghubung dua tempat, melainkan sebagai tempat untuk menikmati pemandangan sekaligus menguji adrenalin orang yang melewatinya. Nah, berikut ini adalah Jembatan kaca paling keren di dunia yang patut untuk kamu coba

1. Glacier Skywalk, Kanada

glacier skywalk
canadianconsultingengineer.com

Jembatan kaca paling keren di dunia yang pertama adalah Glacier Skywalk. Glacier Skywalk ini berada di kawasan Taman Nasional Jasper, Kanada.

Glacier Skywalk ini juga dikenal dengan nama Cokumbia Icefield Skywalk yang melintasi Lembah Sunwapta. Jembatan ini berbentuk setengah lingkaran dengan panjang 400 meter dan tinggi mencapai 280 meter. Glacier Skywalk ini pernah memenangkan penghargaan World Architectural Festival di tahun 2011 dan hingga saat ini jembatan ini menjadi primadona di kawasan Taman Nasional Jasper Kanada.

Saat kamu melintasi jembatan kaca ini, kamu bisa menikmati indahnya pemandangan alam di bawah kakimu yang berupa pepohonan hijau dan rerumputan. Tak hanya itu, kamu bisa juga melihat gunung berselimutkan salju yang sangat indah.

Jembatan kaca  di Dunia

Wisata You And I Garden : Taman Bunga Bernuansa Jepang Di Kaki Gunung Semeru

Menikmati Pemandangan Dari Sky Bridge Fenomenal Pulau Langkawi

2. Zhangjiajie Glass Bridge, Tiongkok

 Zhangjiajie Glass Bridge
airpano.com

Jembatan kaca paling keren di dunia selanjutnya bisa kamu temukan di Tiongkok, yaitu Zhangjiajie Glass Bridge. Jembatan ini berada di kawasan Zhangjiajie National Forest Park dan menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup diminati.

Jembatan ini memiliki panjang hingga 430 meter dengan tinggi mencapai 300 meter dari permukaan tanah. Dari atas jembatan kaca ini kamu bisa menikmati indahnya pemandangan Taman Nasional Zhangjiajie. Tak heran jika banyak pengunjung yang selelu menyempatkan untuk berfoto sambil rebahan diatas jembatan ini.

Meskipun jembatan ini sangat kuat menampung banyak orang, namun pihak pengelola tetap memberlakukan aturan khusus untuk meningkatkan keamanan disini. Misalnya bagi pengunjung yang phobia ketinggian, memiliki penyakit jantung dan tekanan darah tinggi dilarang melewati jembatan kaca ini.

3. Tianmen Mountain Bridge, Tiongkok

Tianmen Mountain Bridge
boredpanda.com

Masih di kawasan Zhangjiajie National Forest Park, kamu akan menemukan jembatan kaca paling keren di dunia lainnya. Jembatan kaca ini dikenal dengan nama Tianmen Mountain Bridge dan berada di tepi tebing yang sangat curam.

Tianmen Mountain Bridge memiliki ketinggian hingga 1400 meter sehingga pengunjung tidak bisa melihat dasar tebing. Namun, justru hal tersebut yang akan membuat adrenalinmu meningkat secara drastic. Karena lokasinya yang sangat tinggi inilah sehingga membuat pengunjung bisa merasakan berjalan diatas awan.

Jembatan kaca ini memiliki panjang hingga 60 meter dengan ketebalan 2,5 inchi dan dikenal sebagai The Walks of Faith. Hal ini dikarenakan dibutuhkan mental yang kuat dan kamu harus berpasrah sepenuhnya kepada Tuhan saat berjalan diatasnya.

4. Haohan Qiao Bridge, Tiongkok

Haohan Qiao Bridge
businessinsider.com

Jembatan kaca paling keren di dunia yang satu ini juga masih berada di Tiongkok, tepatnya berada di Provinsi Hunan. Jembatan kaca ini diberi nama Haohan Qiao Bridge yang memiliki arti manusia penberani. Penamaan tersebut dinilai sangat cocok karena pengunjung akan ditantang untuk berjalan diatas jembatan yang tingginya mencapai 180 meter.

Jembatan sepanjang 300 meter ini menghubungkan dua puncak pegunungan yang berada di kawasan taman nasional. Awalnya, jembatan ini dibangun dengan menggunakan kayu, namun di tahun 2014 material tersebut diganti menjadi panel kaca sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan alam sambil memacu adrenalin. Kalian pun tak perlu khawatir soal keamanannya, pasalnya kaca yan digunakan 25 lebih kuat dibandingkan dengan kaca biasa.

5. East Taihang Glasswalk, Tiongkok

East Taihang Glasswalk
twitter.com

Masih diseputaran Tiongkok, nampaknya kamu akan menemukan jembatan kaca paling keren di dunia lainnya. Jembatan ini dikenal dengan nama East Taihang Glasswak yang berada di Shijuazhuang, Hebei, Tiongkok.

Jembatan kaca ini merupakan jembatan terpanjang kedua di dunia yang memiliki panjang mencapai 288 meter dengan lebar jalan 2 meter. Jembatan ini sangat tinggi dan curam sehingga kamu bisa merasakan hempasan angin yang sangat terasa di tubuh.

Jembatan kaca ini berada ditengah dua tebing curam sehingga adrenalin langsung terpacu begitu melewati jembatan ini. Namun, pemandangan yang disuguhkan tentu sangat luar biasa. Kamu bisa melihat pemandangan kota kuno, kuil, air terjun dan pegunungan yang indah. Meskipun dirancang dengan sangat kuat, namun pengelola hanya memperbolehkan maksimal 500 orang berdiri diwaktu yang bersamaan.

6. Jembatan Kaca Buntu Burake, Indonesia

 Jembatan Kaca Buntu Burake
mldspot.com

Jembatan kaca paling keren di dunia selanjutnya berada di negara kita sendiri yaitu Indonesia. Jembatan ini dikenal dengan nama Jembatan Kaca Buntu Burake dan berada di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Jembatan kaca ini memiliki panjang 90 meter dan menyuguhkan pemandangan alam Toraja yang sangat luar biasa. Tak heran jika jembatan kaca ini menjadi spot wisata menarik yang sering dikunjungi banyak orang. Untuk melewati jembatan kaca ini, seluruh pengunjung wajib menggunakan sepatu khusus agar tidak merusak material kaca.

7. Jembatan Kaca Malang, Indonesia

jembatan kaca malang
akurat.co

Jembatan kaca paling keren di dunia selanjutnya juga berada Indonesia tepatnya di kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Jembatan kaca ini berada di ketinggian 9,5 meter diatas Sungai Brantas.

Jembatan kaca ini mampu menahan berat hingga 250 gram atau sekitar 50 orang. Meskipun terasa ngeri saat berjalan melintasinya, namun banyak sekali orang yang mencoba untuk melewati jembatan yang menghubungkan antara kawasan Brantas dan Jodipan. Hal ini ditambah dengan pemandangannya yang tak kalah cantik, yaiti adanya kampong warna warni yang sangat indah bila dijadikan latar belakang untuk berfoto.

8. Grand Canyon Skywalk, Amerika Serikat

grand canyon skywalk
nbcnews.com

Amerika Serikat juga memiliki jembatan kaca paling keren di dunia yang berada di kawasan Taman Nasional Grand Canyon, Arizona. Jembatan ini dikenal dengan nama Grand Canyon Skywalk.

Jembatan kaca ini berbentuk tapal kuda yang terbuat dari kaca pada dinding dan lantainya. Jembatan ini menggantung pada 1200 meter diatas permukaan tanah dan kamu bisa melihat dasar jurang yang dalam dibawah kakimu.

Sebelum melewati jembatan ini pun kamu diwajibkan untuk menggunakan sepatu plastic untuk melapisi kaki agar lantai kaca tetap terlindungi. Sayangnya, kamu tidak diperbolehkan untuk mengambil foto selama berada diatas jembatan ini, hal ini agar barang-barang berharga kamu seperti kamera atau smartphone kamu akan jatuh. Namun jangan khawatir karena kamu bisa minta foto pada juru potret khusus yang telah disediakan.

9. Dachstein Suspension Bridge, Austria

dachstein suspension bridge
flickr.com

Jembatan kaca paling keren di dunia ini bisa kamu temukan di Austria, tepatnya di Desa Hallstatt, kota Salzburg. Jembatan ini menawarkan sensasi berpetualang menikmati Austria dari ketinggian dan diberi nama Dachstein Suspension Bridge.

Jembatan setinggi 2.700 meter diatas permukaan laut ini memang tidak sepenuhnya terbuat dari kaca, namun kamu bisa melihat pemandangan sekitar secara leluasa karena dindingnya yang transparan. Pemandangan yang ditawarkan pun sangat luar biasa, yaitu pegunungan Dachstein dan bila cuaca sedang cerah, kamu bisa menikmati pemandangan Slovenia dan Republik Ceko.

10. Tbilisi Glass Bridge, Georgia

Tbilisi Glass Bridge
georgiaabout.com

Jembatan kaca paling keren di dunia yang terakhid adalah Tbilisi Glass Bridge. Jembatan ini juga dikenal dengan nama Bridge of Peace dan berlokasi di Kura Rover, Tbilisi, Georgia.

Jembatan kaca Tbilisi ini merupakan jembatan untuk pejalan kaki yang dibuat dari material logam dank aca. Jembatan ini juga diperindah dengan ribuan lampu LED berwarna-warni sehingga menjadikannya magnet untuk menarik perhatian wisatawan dan warga setempat. Tbilisi Glass Bridge ini memiliki panjang hingga 150 meter dan bentuk yang melengkung. Jembatan ini menghubungkan kawasan City Hall od Tsibili dengan Old Tsibili.



Leave a Reply