8 Wine Asli Buatan Indonesia, Kamu Sudah Coba?


prita  September 27, 2022  0 Comment

Wine asli Indonesia ternyata cukup banyak dan kerap menjadi salah satu merk wine yang paling dicari. Wine merupakan minuman dari fermentasi anggur atau buah-buahan yang mengandung alkohol. Wine biasanya tak pernah absen dari jamuan meja makan yang mewah, bahkan sering dijadikan sebagai salah satu buah tangan.

Tak hanya buatan luar negeri, minuman ini juga banyak diproduksi di Indonesia dan salah satunya dibuat di Pulau Bali karena hampir semua perkebunan dan lokasi produksi wine lokal berada di Pulau Bali. Selama ini banyak yang mengira wine hanya diproduksi di berbagai negara Eropa, padahal Indonesia juga memiliki sejumlah merk wine yang rasanya tak kalah nikmat. Wine apa sajakah yang asli buatan Indonesia? Berikut adalah daftarnya.

1. Sababay

Sababay
blibli.com

Sababay Wine menjadi merk wine asli Indonesia pertama yang patut untuk kamu cicipi. Didirikan di tahun 2010, merk anggur yang berasal dari Pulau Bali ini telah memenangkan banyak penghargaan.

Sababay menanam anggur mereka di tanah bulkanik yang subur di kawasan Buleleng yang memiliki cuaca kering juga cerah. Merk ini menawarkan berbagai anggur merah dan putih dari yang manis hingga kering. Tak hanya itu, mereka juga memiliki sparkling wine seperti Moscato de Bali dan Lambrusco yang dapat diubah menjadi koktail menyegarkan.

Untuk kamu yang ingin mengintip pembuatan wine lokal produksi Sababay, kamu juga bisa mengikuti winery tour menarik yang ada disana sehingga akan menambah pengalaman kamu dalam mencicipi berbagai jenis wine.

Gotravelly

Mezedaki, Santorini, tempat idaman romantis setiap orang

Aurora Hunting, Tromsø, Norwegia

2. Hatten Wine

Hatten Wine
yukorder.com

Wine asli Indonesia yang tak boleh untuk dilewatkan berikutnya adalah Hatten Wine. Hatten Wine ini merupakan kilang anggur asli Bali yang telah ada sejak tahun 1994 dan telah masuk dalam daftar 10 anggur pemenang penghargaan dunia.

Hatten Wine dikenal sebagao produsen dan distributor wine pertama di Indonesia. Tempat ini memproduksi wine dari anggur pilihan dan diproses dengan teknologi terkini. Hatten Wine juga memiliki varian brand Two Island berbahan anggur impor yaitu Chardonnay, Shiraz, Riesling dan Cabernet Merlot. Jika berkunjung perkebunan anggur ini kamu juga bisa sekaligus mengikuti tur keliling kebun anggur, melihat proses pembuatan wine hingga wine testing.

3. Cape Discovery Wine

Cape Discovery
shopee.co.id

Berlokasi di Singaraja, winery yang satu ini juga dikenal dengan julukan Sauvignon Blanc yang menjadi favorit sejumlah wisatawan. Beberapa koleksi wine lainnya adalah Chardonnay, Rose, Sparkling, Shiraz dan Cabernet Merlot.

Tak hanya dinikmati oleh masyarakat lokal saja, produk ini juga menjadi favorit banyak wisatawan mancanegara yang berlibur ke Bali. Produksi anggur Cape Discovery ini tersebar di tiga benua, yaitu ditanam di Australia, Perancis dan Selandia Baru. Setelah dipanen, anggur dibekukan untuk menangkap esensi buah dan mencegah fermentasi langsung. Proses anggur dibekukan untuk memastikan bahwa warna, rasa dan tekstur yang di ekstrasi mencapai hasil yang lembut. nah, bagian ini diproses di kilang anggur Cape Discovery di Bali Utara.

4. Bellissimo

Wine Asli Buatan Indonesia
blibli.com

Wine asli Indonesia yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Bellissimo. Wine ini diproduksi oleh perusahaan Dima International Wines, yaitu salah satu produsen wine terbesar di Indonesia. Minuman ini memiliki tiga varian utama, yaitu Sparkling Moscato, Sparkling Dolce Rosso dan Bellissimo Moscato.

Wine ini memiliki rasa yang manis dan pekat, varian Bellissimo Moscato dibuat lebih ringan dengan kandungan alkohol yang lebih rendah dan aroma buah yang lebih harum dibandingkan dengan merk wine lainnya. Sehingga sangat cocok untuk kamu yang baru pertama kali minum wine.

5. Baliwein

Baliwein
shopee.co.id

Baliwein menjadi salah wine asli Indonesia yang cukup populer. Berbeda dengan produsen lainnya, Baliwein ini memproduksi wine yang bahan bakunya tidak dari anggur, melainkan dari berbagai macam buah lokal lainnya, seperti sirsak, salak, stroberi, jambu mete hingga jahe.

Diproduksi oleh CV Kayubatu, merk wine ini sudah eksis sejak tahun 2003, lho. Produk-produk Baliwein ini sudah memiliki pasarnya sendiri di kalangan wisatawan karena rasanya yang unik dan bervariasi. Baliwein ini memiliki cita rasa asam, manis dan sepat yang berpadu menjadi satu. Unik sekali kan?

6. Two Islands

Two Islands
blibli.com

Wine asli Indonesia yang tak kalah nikmat selanjutnya adalah Two Islands. Anggurnya dipasok dari South Australia, tapi pengolahannya, termasuk fermentasi dan pembotolannya dilakukan di Bali.

Two Islands merupakan sister brand dari Hatten Wines yang mulai diproduksi di tahun 2007. Two Island ini memiliki karakteristik rasa manis yang rendah, tingkat yang cukup tinggi atau sedang, rasa tingkat kepekatan yang rendah dengan tekstur light body, dengan warna terang, merah pucat, aroma dan rasa yang dominan buah-buahan, bunga, rempah-rempah dan rasa tanah.

Two Islands ini bermarkas di kawasan Sanur dan menurut tangki wine, pabriknya mampu memproduksi 60.000 liter wine per bulan. Two Islands ini memproduksi anggur Australia modern dari kilang anggur di Sanu, Pulau Bali.

7. Plaga

Plaga
bukalapak.com

Plaga adalah salah satu merk wine asli Indonesia yang dibuat dari anggur dari Chile dan Western Australia yang memproduksi lima varian wine yaitu Chardonnay, Sauvignon Blanc, Rose, Cabernet Sauvignon dan Sweet Rose.

Plaga Wine ini berpusat di Kuta, namun pusat produksinya ada di Desa Plaga, Kabupaten Badung. Plaga Wine ini memiliki lima varian, pertama berwarna hijau Sauvignon Blanc yang memiliki rasa cenderung asam, Chardonnay warna kuning lebih ke buah, Rose warna biru yang memiliki rasa lebih floral, yang merah Cabernet Sauvignon dengan cita rasa berry dan yang terakhir warna pink dengan rasa sweet rose.

Plaga Wine memiliki cita rasa yang khas, berkelas, namun dibanderol dengan harga yang terjangkau karena diproduksi di Indonesia. Wine merk Plaga ini terbagi atas varian dengan tarif yang berbeda-beda, mulai dari harga yang sangat mahal hingga harga yang relatif murah. Tak heran jika minuman ini sangat cocok untuk segala lapisan masyarakat.

8. Artisan Estate

Artisan Estate
dewimagazine.com

Wine asli Indonesia yang terakhir adalah Artisan Estate. Artisan Estate ini membawa kualitas wine Australia ke Indonesia dengan pricepoint yang diproduksi secara lokal.

Pemilik winery tersebut telah mempelajari cara untuk menjaga kualitas jus anggur mentah yang diimpor dari Australia Barat. Ini dilakukan dengan mengontrolkan suhu jus anggur dengan ketat. Kalau kamu ingin menikmati Australian Wine seperti Chardonnay, Sauvignon Blanc dan Shiraz, maka produk-produk Artisan Estate adalah yang cocok untuk kamu.

Itulah daftar merk wine asli Indonesia yang wajib untuk kamu coba. Wine asal Indonesia ini memang memiliki cita rasa yang tak kalah nikmat dengan wine buatan Eropa. Selamat mencoba.



Leave a Reply