10 Hidangan Khas Musim Gugur Di Dunia, Rasanya Meleleh di Lidah


Reni  October 6, 2019  0 Comment


Makanan memang tidak pernah bisa lepas dari suatu negara. Di setiap musim, makanan juga memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Salah satunya pada musim gugur yang cuacanya sudah memasuki musim dingin. Berikut ini adalah 10 hidangan khas musim gugur di dunia yang wajib kamu coba.

1. Lobster Air Tawar, Swedia

Lobster Air Tawar,


Di swedia, musim gugur ditandai dengan dirayakannya Kräftskiva atau pesta lobster air tawar. Perayaan ini biasanya dimulai pada minggu pertama agustus. Hidangan utama dalam pesta ini tentunya adalah lobster air tawar atau dalam Bahasa inggris disebut dengan crayfish.
Hewan ini tergolong dalam hewan langka bahkan pada tahun 1900-an pemerintah Swedia telah melarang pemburuan hewan ini. Lobster air tawar hanya boleh ditangkap pada bulan-bulan tertentu, salah satunya adalah pada bulan Agustus.
Jenis hidangan dari lobster yang biasanya dihidangkan ada 2 macam, yaitu lobster air tawar atau sötvattenskräftor dan juga lobster karang yang diambil dari laut atau disebut dengan havskräftor. Lobster tersebut diolah dengan cara direbus dengan garam serta daun dill dan juga bir.
Biasanya disajikan bersama keju Västerbot yang merupakan keju dari Swedia Utara yang beraroma kuat, roti, salad dan bir dingin.

Gotravelly

Nyobain Mie Ayam Rp 4000,- Di Jombang, Rasanya Diluar Ekspektasi!

De Classe Gelato And Caffe, Nongkrong Instagramable Ditemani Lelehan Gelato Enak Dan Murah

2. Kue Bulan, Tiongkok

Kue Bulan,


Berbeda dengan Swedia, Tiongkok memiliki hidangan khas berupa Kue Bulan atau yang biasa disebut dengan mooncake. Kue ini disajikan sebagai persembahan kepada Dewi Bulan dan merupakan tanda datangnya musim gugur di Tiongkok.
Kue Bulan biasanya berbentuk tipis, lembut dan memiliki macam isi yang bervariasi. Terdapat pula satu atau lebih kuning telur bebek di bagian tengahnya yang melambangkan bulan purnama. Sekarang ini bentuk dan isi kue bulan sudah mengalami modifikasi untuk terus dapat dinikmati berbagai konsumen.
Salah satunya di Singapura, kue ini menggunakan lotus seed paste atau adonan biji teratai yang sudah dihaluskan sebagai bahan adonan. Kue bulan biasanya dinikmati bersama teh di bawah cahaya bulan purnama.

3. Pasta Al Tartufo, Italia

Pasta Al Tartufo


Italia terkenal dengan berbagai macam makanannya. Salah satunya adalah truffle yang merupakan jamur hutan langka. Jamur ini banyak ditemukan pada saat musim gugur dan dapat diolah sebagai berbagai jenis makanan salah satunya pasta.
Kawasan Liguria mengolah jamur ini sebagai olahan pasta yang bernama Tagliolini. Bentuk pasta ini lebih tebal dari spaghetti dan biasanya dipotong menjadi persegi panjang sekitar 3mm.
Biasanya pasta ini disajikan dengan dicampur oleh lelehan mentega, serutan truffle hitam, minyak truffle dan juga telur mata sapi yang sudah ditaburi oleh truffle putih.
Tidak salah jika Truffle dijadikan sebagai salah satu hidangan khas musim gugur di dunia yang wajib anda cicipi, karena rasa yang dihasilkan dari jamur ini sangatlah nikmat. Meskipun ada beberapa orang yang tidak suka karena aromanya yang terbilang nyengat dan juga harga dari jamur ini cukup mahal.

4. Truffade, Prancis

Truffade


Masih dari benua Eropa, kali ini dari negara Prancis yang memiliki hidangan bernama Truffade. Truffade yang dalam Bahasa setempat berarti hidangan kentang ini merupakan makanan khas Auvergne.
Hidangan ini berbentuk seperti panekuk yang terbuat dari irisan tipis kentang dan juga keju tome fraiche yang merupakan keju khas Auvergne yang masih segar. Kentang ini dimasak secara perlahan dengan lemak angsa atau bebek sampai empuk. Kemudian dicampur dengan keju sehingga adonan akan mengental. Biasanya hidangan ini ditambahkan bacon, sosis, telur, salad, atau bahkan ham.

5. Paella Valenciana, Spanyol

Paella Valenciana,


Hidangan ini pertama tercipta di Valencia yang merupakan kota pelabuhan di pesisir tenggara Spanyol. Paella yang pengucapannya adalah pa-e-ya adalah hidangan nasi yang diolah pada wajan pipih khusus.
Paella ini biasanya terbuat dari seafood, namun di Valencia paella terbuat dari daging kelinci, ayam, siput, kerang kara dan beberapa jenis kacang local.

6. Matsutake, Jepang

Matsutake


Tidak kalah dengan Italia yang memiliki Truffle, Jepang juga memiliki jamur langka yang hanya ditemukan pada musim gugur. Jamur ini bernama Matsutake.
Hidangan dari Matsutake yang menjadi ciri khas musim gugur di Jepang adalah Matsutake Gohan yang tebuat dari bahan Matsutake dan juga Shinmai atau beras baru. Maksud dari beras baru di sini adalah beras pertama yang dipanen saat musim gugur tiba dan rasanya berbeda dengan beras lain.
Matsutake juga dapat dibuat menjadi sup atau biasanya disebut dengan matsutake dobin mushi yanh terbuat dari kaldu bonito, potongan daging ayam ataupun udang dan juga mitsuba.
Selain matsutake, dorayaki, sanma atau ikan mackerel, kastanye, salmon dan ubi manis juga merupakan hidangan khas musim gugur di Jepang.

7. Tteok dan Kepiting Biru, Korea Selatan

Tteok


Tteok merupakan hidangan yang terbuat dari beras. Yang paling terkenal dari hidangan ini adalah tteokbokki. Hidangan tteok yang dimasaki dengan bumbu gochujang atau pasta cabai khas korea. Selain itu ada juga tteokguk, sajian tteok yang diolah menjadi sup dengan tambahan daging sapi atau ayam.
Selain tteok, kepiting biru juga merupakan salah satu hidangan musim gugur di Korea. Biasanya kepiting ini dimasak menjadi sup pedas dengan sayuran dan juga makanan laut lainnya. Selain itu, kepiting ini juga dapat dihadangkan menjadi gejang, yaitu kepiting mentah yang hanya direndam dalam kecap atau saus pasta cabai.

8. Chiles en nogada, Meksiko

Chiles en nogada


Hidangan khas musim gugurini terbuat dari cabai poblano dengan isian picadillo yang biasanya berupa irisan daging, remoah dan juga buah-buahan lalu disiram nogaga. Nogaga ini merupakan saus krim berbahan dasar walnut yang diberi taburan biji delima.
Hidangan ini berbentuk seperti bendera Meksiko karena berwarna putih, merah dan juga hijau. Bulan Agustus hingga awal September merupakan waktu yang tepat untuk menemukan atau membuat hidangan ini.
Karena pada kurun waktu terserbut walnut dan biji delima tersedia di pasar-pasar dan juga waktu ini bertepatan dengan perayaan kemerdekaan. Sehingga hidangan ini disebut sangat berhubungan erat dengan kemerdekaan Meksiko.

9. Kue Apel, Denmark

Kue Apel


Hidangan Khas Musim gugur di Denmark ditandai dengan panennya buah Apel. Denmark memiliki banyak sekali apel terbaik yang dapat diolah menjadi hidangan lezat. Salah satunya adalah kue apel tradisional.
Biasanya kue apel disajikan dengan menaburkan remahan macaroon serta oat caramel di atasnya dan juga krim kocok. Sebagai variasi, biasanya adonan kue apel ditambahkan dengan pear atau plum yang sudah ditumbuk halus.

10. Green Sauce, Frankfurt

Green Sauce


Hidangan khas musim gugur yang hanya disajikan pada hari peringatan kamis putih dalam perayaan paskah sampai hari pertama musim gugur ini sangat terkenaal di Frankfurt. Hidangan ini terbuat dari 7 jenis rempah-rempah dan biasanya disajikan dengan kentang serta telur rebus.

Karena populernya, hidangan ini sampai dibuatkan acara tahunan yang diberi nama Green Sauce Festival. Acara festival ini biasanya diselenggarakan setiap bulan Mei setiap tahunnya.


Buat anda yang pecinta makanan, bagaimana dengan 10 list hidangan khas musim gugur di atas? Apakah wishlist kuliner anda semakin bertambah? Atau makanan tersebut sudah ada pada wishlist anda sebelumnya?



Leave a Reply