7 Kuliner Khas Takalar, Ada Kue, Sup Hingga Minuman Menyegarkan


Fida  December 28, 2021  0 Comment

Takalar dikenal sebagai salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan. Daerah yang satu ini terletak sekitar 40 km dari kota Makassar. Takalar cukup populer karena keindahan alam, budaya, serta tradisinya yang sangat beragam. Tetapi selain itu, Takalar juga sangat populer akan kulinernya yang dikenal lezat dan khas.Ada banyak sekali pilihan kuliner khas Takalar yang menarik untuk kamu coba. Tidak hanya makanan berat, berbagai makanan ringan hingga minuman khas juga sayang untuk kamu lewatkan. Berikut daftar 7 rekomendasi kuliner khas Takalar yang populer bisa kamu coba saat ber kesempatan datang ke daerah yang satu ini.

1. Kue Baje

kue baje
budaya-indonesia.org

Salah satu rekomendasi kuliner khas Takalar yang populer dan menarik untuk kamu coba adalah kue baje. Kue yang satu ini yang memiliki keunikan yakni dibungkus menggunakan daun jagung kering.

Kue baje dibuat dengan menggunakan beberapa bahan seperti beras ketan, gula merah, dan juga santan. Setelah diolah, bahan tersebut kemudian melalui proses pengukusan. Setelah matang, kue baje tidak langsung disajikan melainkan dicetak berbentuk persegi panjang terlebih dahulu dan dibungkus menggunakan daun jagung kering. Tidak hanya pembungkusnya yang unik, cara membungkusnya juga unik yakni berbentuk seperti permen dengan diremas di bagian ujungnya.

Saat mencoba kue yang satu ini, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa manis dan khas. Karena dikenal sangat unik, tidak heran jika kue ini disukai oleh masyarakat setempat serta banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke Takalar oleh-oleh untuk dibawa pulang. Kue khas Takalar yang satu ini dapat dikatakan hampir mirip dengan madu mongso yang berasal dari daerah Ponorogo. Kamu dapat dengan mudah menjumpai kue ini di kawasan jalan protokol utama Takalar. Tidak perlu khawatir karena kue baje dijual dengan harga cukup terjangkau yakni Rp 25.000,- an saja.

Gotravelly

Kenikmatan Coto Makassar Kuliner Yang Sudah Mendunia

Nyari Kuliner Khas Di Muna? Ke Makanan Tradisional Raha Saja!

2. Coto Takalar

coto takalar
celebes.co

Tidak hanya coto makassar, takalar juga memiliki salah satu kuliner khas yakni coto Takalar. Yang membedakan coto Takalar dengan coto lainnya adalah contoh takaran memiliki warna yang lebih gelap.

Coto Takalar dibuat dengan menggunakan bahan utama daging sapi. Selain dagingnya yang empuk dan bumbunya yang meresap, coto ini juga memiliki kuah yang khas. Adanya tambahan berbagai rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu tentu menghasilkan cita rasa yang lezat. Tampilan serta aromanya yang menggugah selera membuat siapapun tertarik untuk mencoba kuliner khas Takalar yang satu ini.

Salah satu tempat untuk mencoba lezatnya coto Takalar adalah di Jalan Poros Bone Sinjai. Disana kamu dapat menjumpai banyaknya warung coto Takalar. Satu porsi Coto Takalar biasa dibanderol dengan harga terjangkau yakni sekitar Rp 20.000,-.

3. Buroncong

buroncong
makassarkuliner.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan kuliner buroncong? Keroncong merupakan salah satu kuliner khas Takalar yang populer dan memiliki bentuk yang khas yakni setengah lingkaran. Hidangan yang termasuk kue ini dibuat dengan menggunakan beberapa bahan diantaranya kelapa parut, terigu, santan, gula dan garam.

Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan tekstur garing di bagian luar dan lembut di dalam. Kue yang satu ini juga melalui proses pembakaran sebelum disajikan. Adonan dibakar hingga sedikit gosong dan mengembang. Jajanan yang satu ini terlebih dahulu ditambahkan dengan taburan gula pasir sebelum dinikmati.

Buroncong dikenal memiliki harga yang terjangkau yakni sekitar Rp 1.000,- per biji. Meskipun dikenal sebagai jajanan legendaris yang sudah ada sejak lama, tetapi buroncong masih memiliki banyak peminat hingga saat ini. Saat berkunjung ke Takalar, tidak ada salahnya untuk mencoba berburu kuliner buroncong.

4. Bipang Jangkar

bipang jangkar
liputan6.com

Rekomendasi kuliner khas Takalar berikutnya adalah bipang jangkar. Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan tampilan jajanan yang satu ini bukan? Bipang jangkar dibuat dari nasi kering serta campuran gula merah. Jajanan ini dikenal memiliki tekstur yang lengket dengan cita rasa manis yang khas.

Tidak hanya berwarna coklat, bipang jangkar juga biasa disajikan dengan berbagai varian warna. Jajanan yang satu ini juga memiliki beberapa bentuk mulai dari bulat hingga persegi. Saat berkunjung ke Takalar, jajanan yang satu ini sangat cocok untuk kamu coba maupun kamu pilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

5. Es Poteng

es poteng
cookpad.com

Tidak hanya berupa makanan, rekomendasi kuliner khas Takalar berikutnya yang bisa kamu coba adalah es poteng. Minuman yang satu ini dikenal sangat khas dan dibuat dengan menggunakan bahan utama singkong mentega atau ubi kayu mentega. Di beberapa daerah, potong disebut dengan peuyeum atau tape singkong.

Potong sendiri dibuat dengan cara merebus singkong hingga setengah matang. Setelah itu, kemudian diberi ragi hingga berubah tekstur menjadi kenyal dan memiliki cita rasa manis dan legit. Poteng biasa dinikmati dengan tambahan es serut atau sirup lokal yakni sirup pisang ambon.

6. Jagung Rebus

jagung rebus
sulsel.idntimes.com

Takalar dikenal sebagai salah satu daerah penghasil jagung dengan kualitas baik. Oleh karena itu, daerah jika jagung rebus dikenal sebagai salah satu kuliner khas Takalar. Meskipun terdengar biasa saja, namun sebenarnya jagung rebus khas Takalar berbeda dengan jagung rebus lainnya.

Jagung rebus khas Takalar biasa dihidangkan bersama dengan cabe rawit dan perasan jeruk limau. Hal itu tentu dikenal unik dan menjadi daya tarik tersendiri. Hidangan sederhana ini dapat dengan mudah kamu jumpai saat berkunjung ke Takalar. Salah satu tempat untuk menemukan jagung rebus Takalar adalah di Jalan Poros Takalar tepatnya berada sekitar 500 meter dari pusat kota.

7. Semangka

Kuliner Khas Takalar
makassar.tribunnews.com

Saat ingin mencari rekomendasi kuliner khas Takalar, segarnya buah semangka menjadi salah satu yang menarik untuk kamu coba. Meskipun sekilas tampak biasa saja, namun buah semangka khas Takalar dikenal memiliki cita rasa yang berbeda.

Jalan Poros Galesong menjadi salah satu lokasi dimana kamu dapat menjumpai banyaknya buah semangka segar yang baru dipetik dari kebun. Kamu dapat memilih beberapa pilihan warna buah semangka mulai dari merah, kuning, hingga jingga. Tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung, buah semangka khas Takalar juga kerap dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang karena dikenal cukup tahan lama meskipun tidak dimasukkan ke lemari pendingin. Tertarik untuk mencoba uniknya rasa semangka khas Takalar?

Nah, itulah daftar 7 rekomendasi kuliner khas Takalar yang dikenal sangat khas dan unik. Kuliner dengan tampilan yang menggugah selera tentu membuat siapa pun tertarik untuk mencobanya. Dari 7 rekomendasi kuliner tersebut, kuliner manakah yang paling ingin kamu coba?



Leave a Reply