7 Minuman Tradisional Asli Indonesia Dipercaya Bagus Untuk Kesehatan


sisil angelin  April 4, 2019  0 Comment

Minuman Tradisional Indonesia – Tentunya masih banyak yang belum mengetahui mengenai minuman asli Indonesia yang sangat menyehatkan, sebab minuman ini terbuat dari rempah-rempah yang bagus untuk kesehatan. Sebab banyak sekali rempah-rempah yang tersedia di Indonesia dimana bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai minuman, tidak heran jika minuman ini bahkan sudah diakui oleh dunia internasional mengenai khasiatnya. Karena terbuat dari rempah-rempah yang mudah ditemukan tentunya membuat minuman ini mudah didapatkan serta dipatok dengan harga yang murah, ditambah lagi rasa dari minuman ini sangat enak sehingga dijamin Anda tidak akan kecewa. Oleh sebab itu sebagai orang asli Indonesia maka wajib untuk Anda mencoba minuman ini, dimana sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja.

Minuman Tradisional Asli Indonesia

1. Susu telur madu jahe

Susu telur madu jahe
baturajaradio.com

Walaupun terbuat dari susu, namun minuman tradisional Indonesia ini tidak berbau anyir malahan sangat enak. Karena di dalam minuman ini tercampur susu sapi murni, madu, dan jahe. Untuk telur ayam yang digunakan juga bukan telur ayam sembarangan dimana biasanya adalah telur bebek atau telur ayam kampong. Tentunya kandungan di dalamnya membuat minuman ini sangat kaya akan vitamin sehingga tidak heran jika banyak orang mengkonsumsinya ketika ingin meningkatkan stamina sehingga dapat kuat kembali dalam beraktivitas. Selain itu jika Anda merasa badan sedang tidak fit maka mencoba minuman ini merupakan pilihan yang tepat, ditambah lagi minuman ini mengandung banyak sekali kandungan yang dapat membuat daya tahan tubuh menjadi meningkat. Serta rasanya juga sangat manis dan tidak anyir sehingga sangat enak.

Baca juga :  5 Kuliner Khas Toyama yang Super Lezat!
review kuliner

Kelezatan Rasa Es Cendol Durian Jam Besar Bikin Kangen Malaka

Kekeyalan Es Siwalan Bikin Ketagihan

2. Bajigur

Bajigur

Tastemade.com

Minuman Tradisional asli Indonesia yang satu ini berasal dari Sunda, dimana minuman ini dapat menghangatkan serta rasanya yang sangat enak. Sebab minuman ini terbuat dari campuran santan, gula aren, dan sedikit jahe sehingga cocok dikonsumsi saat cuaca sedang dingin. Untuk membuat minuman menjadi wangi maka biasanya diberikan sedikit bubuk vanili sehingga akan menjadi lezat dan tertarik untuk dikonsumsi. Jika Anda mengkonsumsi minuman ini sedang sakit perut dan demam maka bisa sembuh. Karena kandungan di dalam jahe dan santan kelapa sangat bagus untuk tubuh sehingga Anda tidak akan mudah sakit, minuman ini juga biasanya dikonsumsi dalam cuaca dingin seperti hujan.

3. Bandrek

Bandrek

Tastemade.com

Tentunya minuman yang satu ini pasti tidak asing lagi, sebab biasanya minuman ini dikonsumsi bersama dengan pisang goreng. Hal ini tentunya memberikan perpaduan yang nikmat ketika cuaca sedang dingin, sebab bandrek sendiri dapat menghangatkan badan karena minuman ini terbuat dari rempah-rempah yang jumlahnya banyak. Tidak heran jika bandrek bermanfaat untuk membuat badan menjadi hangat, meringankan batuk, serta obat untuk masuk angin. Apabila Anda sedang tidak nafsu makan maka bisa mencoba mengkonsumsi minuman ini karena dapat meningkatkan nafsu makan serta dapat menghilangkan pegal linu. Jadi Anda bisa beraktivitas dengan nyaman dan tidak ada kendala.

4. Wedang ronde

Wedang ronde

Pegipegi.com

Bagi Anda yang merupakan masyarakat pulau Jawa tentunya tidak asing lagi dengan minuman ini, sebab minuman ini sangat mudah untuk ditemui terutama pada daerah Yogya dan Solo. Untuk rasa minuman ini tidak perlu Anda ragukan lagi, sebab sangat enak. Hal ini dikarenakan minuman ini terbuat dari sirup jahe yang telah dihangatkan, serta diberikan campuran kayu manis, serai, kacang, roti, kolang kaling, dan ronde. Hal ini tentunya membuat minuman ini sangat kaya akan bahan di dalamnya, bagi kamu yang tidak mengetahui ronde maka ronde merupakan adonan yang berbentuk kecil dimana terbuat dari tepung ketan. Pada bagian tengahnya terdapat kacang yang telah dihaluskan, tentunya minuman ini sangat cocok untuk dijadikan penghangat ketika cuaca dingin. Selain itu minuman ini juga memiliki khasiat untuk meringankan sakit tenggorokan, mencegah mabuk dalam perjalanan, meringankan pusing dan sakit kepala. Serta minuman ini juga dapat menurunkan kadar kolestrol, jadi tidak ada salahnya jika Anda mengkonsumsi minuman ini.

Baca juga :  7 Minuman Khas Nusa Tenggara Pelepas Dahaga Sejukkan Jiwa

5. Wedang uwuh

Wedang uwuh

Beritagar.id

Minuman tradisional asli Indonesia yang berasal dari pulau Jawa ini jangan sampai Anda lewatkan untuk mengkonsumsinya, dimana minuman ini juga kaya akan manfaat. Wedang sendiri dalam bahasa Jawa berarti minuman  sedangkan uwuh berarti sampah daun. Pemberian nama wedang uwuh berasal dari bahan yang terdapat di dalamnya yaitu terbuat dari daun alami yang berasal dari air jahe, kayu secang, cengkeh dan termasuk bunganya, kayu manis dan daun, pala dan daun, akar dan daun serai, serta gula merah dan gula batu. Hal ini tentunya membuat rasa minuman ini sangat kaya akan rasa dan manfaat, tidak heran jika manfaat minuman ini sangat banyak sebab tidak hanya berfungsi sebagai penghangat. Karena minuman ini dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol serta bisa menjadi antioksidan sehingga dapat meningkatkan sistem metabolisme.

6. Bir pletok

 Bir pletok

cookpad.com

Walaupun namanya bir namun bukan berarti minuman ini memabukkan, sebab minuman khas Betawi ini tidak ada campuran alkoholnya sedikit pun. Sebab kandungan bahan di dalamnya merupakan bahan alami sebab terdapat sari jahe, gula merah, sari selasih, dan cabai. Tidak heran jika minuman ini terasa pedas yang sedikit kuat namun hal tersebut dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat. Hal ini tentunya memberikan efek yang sama seperti bir namun tidak memabukkan, apalagi sangat pas sekali mengkonsumsi minuman ini sambil diberikan es batu. Manfaat yang dimiliki oleh minuman ini juga sangat banyak yaitu dapat mengatasi masuk angin, melancarkan peredaran darah, mengatasi susah tidur, hingga meredakan sakit kepala.

7. Saraba

Saraba

cookpad.com

Bagi Anda yang merupakan masyarakat Sulawesi Selatan pastinya sudah tidak asing lagi dengan minuman ini, dimana minuman tradisional asli Indonesia ini juga memiliki banyak manfaat. Karena minuman ini terbuat dari jahe, gula aren, kayu manis, kuning telur, merica, hingga santan. Karena terdapat jahe dan merica tentunya membuat efek pedis sedikit namun menghangatkan, tidak heran jika minuman ini sangat populer bahkan sangat mudah untuk Anda temukan di pinggir jalan di kota Makassar terutama pada malam hari. Oleh sebab itu sangat pas dikonsumsi ketika cuaca dingin serta dapat memberikan tambahan pada stamina. Selain itu minuman ini dapat melancarkan pencernaan, ditambah lagi dapat membuat nafsu makan meningkat.

Baca juga :  5 Minuman Khas Toraja Legakan Dahaga

Oleh sebab itu dengan banyaknya kandungan di dalam minuman ini serta terbuat dari bahan alami tentunya membuat minuman ini sangat kaya rasa dan manfaat. Serta minuman ini juga sangat baik untuk tubuh karena kandungan bahan di dalamnya, ditambah lagi harga yang dipatok juga sangat murah dan terjangkau sekali sehingga jika dibeli tidak akan memberatkan kantong jika dalam jumlah yang banyak. Karena itu jangan sampai Anda tidak mencoba minuman asli Indonesia ini mengingat rasanya tidak kalah dari minuman khas luar negri lainnya. Serta kandungan gizi dan vitaminnya juga sangat banyak sekali.



Leave a Reply