Cobain 7 Kue Tradisional Khas Brunei Darusalam


Altesa  August 21, 2022  0 Comment

Brunei Darusalam merupakan salah satu negara tetangga Indonesia. Terletak di utara Pulau Kalimantan yang memiliki luas wilayah 5.765 km. Brueni Daruslam merupakan salah satu negara terkaya di Dunia, memiliki begitu banyak sumber daya alam yaitu ladang minyak bumi dan gas alam yang luas. Letaknya yang tidak jauh dari Indonesia membuat budaya dan makanan khas yang mirip dengan Indonesia. Brunei Darusalam selain memiliki beberapa destinasi wisata favorit yang bisa kamu kunjungi, juga menyimpan kenikmatan makanan khas nya yang wajib kamu kunjungi saat berkunjung kesana. Cita rasa makanan khas Brunei Darusalam masih bisa dinikmati oleh lidah orang Indonesia. Negara kaya satu ini memiliki jenis makanan khas yang enak dan nikmat untuk dicicipi. Salah satu makanan yang mungkin bisa kamu cicipi atau kamu jadikan oleh – oleh adalah kue tradisional khas brunei yang menggugah selera. Jangan khawatir karena Brunei Darusalam adalah salah satu negara dengan mayoritas penduduk beragama islam, jajanan atau kue tradisional khas Brunei Darusalam juga dijamin halal, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk mencicipinya.Nah, kali ini gotravelly akan memberikan kamu beberpaa list makanan kue khas Brunei Darusalam yang bisa kamu cicipi saat berkunjung kesana. Beberapa makanan ini juga bisa kamu jadikan oleh – oleh untuk keluarga tercinta dirumah. Penasaran?, yuk langsung saja berikut 7 Kue Tradisional Khas Brunei Darusalam;

1. Kue Bahulu

Kue Bahulu
cookpad.com

Kue bahulu merupakan salah satu kue khas brunei yang mirip dengan kue tradisional Indonesia yaitu kue plemben. Sama dengan kue plemben, kue bahulu juga biasa disajikan saat lebaran atau hari raya umat muslim. Kue tradisional khas brunei satu ini merupakan kue dengan campuran kulturasi antara China dan Melayu.

Kue khas Brunei satu ini memiliki bahan dasar tepung gandum, gula, baking powder dan bahan kue lainnya yang dicampur dan disajikan berbentuk tidak terlalu besar. Kue tradisional khas brune satu ini wajib kamu jadikan oleh – oleh khas brunei karna cita rasanya yang akan sangat cocok untuk orang Indonesia. Selain itu, kue tradisional khas brune ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar sehingga bisa dimasukan ke toples dan membawanya pun tidak susah.

Gotravelly

Menikmati Lembutnya Kue Lumpur Muda Mudi Harum

Jajanan Jadul Kue Puthu Pak Sawal Yang Langka Ada Di Kota Blitar Loh!

2. Kue Nanas Karamel

Kue Nanas Karamel
reservasiku.com

Kue nanas caramel merupakan salah satu kue khas brunei selanjutnya. Memiliki cita rasa asam segar dari nanas dipadukan dengan caramel yang manis, tidak diragukan lagi kenikmatan makanan satu ini. Kue khas tradisional brunei satu ini sangat unik dan khas sehingga jarang ditemukan di daerah lain. Kue ini merupakan olahan bolu yang di padukan dengan asamnya nanas dan manisnya karamel di bagian atasnya.

Kue khas Brunei satu ini, banyak digemari oleh berbagai kalangan baik muda dan tua karena cita rasanya yang khas dan nikmat. Memiliki bahan dasar yang terbuat dari buah nanas , kue bolu yang dipadukan dengan karamel memiliki cita rasa yang komplek dan sulit untuk ditolak. Kue satu ini mungkin agak susah saat dibawa perjalan menuju Indonesia karena ukuran dan tatanan kuenya yang ramai, namun bukan berarti harus kamu lewatkan Ketika berkunjung kesana. Kue tradisional khas brune darusalam satu ini wajib banget kamu coba saat berknjung kesana.

3. Kue Calak

Kue Calak
itrip.id

Kue calak menjadi daftar selanjutnya dari kue tradisional brunei yang wajib kamu cicipi. Kue calak terbuat dari tepung terigu yang diolah dengan santan, dan ditambahkan daging cincang, kacang, serta beberpaa sayuran. Berbeda dari beberapa kue tradisional khas brunei darusalam lainnya yang memiliki cita rasa manis asam, kue ini memiliki cita rasa cenderung asin gurih karena terdapat olahan daging cincang dan beberapa kacang serta sayuran.

Kue khas tradisional brunei darusalam ini mirip seperti salah satu olahan kue tradisional khas Indonesia yaitu campuran antara bakwan yang diolah seperti kue cubit. Nah, jika kamu penasar dan tertarik bagaimana rasa kue perpaduan antara kue cubit dan bakwan, kamu bisa coba cicipi kue ini ya. Sepertinya kue khas tradisional ini mungkin bisa kamu padukan dengan nasi putih hangat sebagai pelengkap. Selayaknya orang Indonesia tidak lengkap jika makan tanpa nasi.

4. Pulut panggang

Pulut panggang
Pinterest.com

Kue yang satu ini , dari bentuknya mengingatkan aku dengan kue tradisional Indonesia yaitu lemper. Bentuknya bulat dan dibungkus daun pisang persis seperti lemper. Selain itu, bahan dasar yang digunakan untuk membuat kue ini juga mirip dnegan lemper yaitu beras ketan, gula garam dan isian nya. Yang berbeda mungkin cara pengolahannya, pulut panggang setelah dibungkus akan di panggan terlebih dahulu baru disajikan, sementara lemper tidak di panggang.

Kue khas Brunei satu ini mungkin bagi kamu akan memiliki cita rasa yang sama dengan lemper bakar. Bagi kamu pecinta lemper wajib nih cobain lemper luar negeri satu ini, dan review perbedaan rasanya dengan lemper yang ada di Indonesia. Kue khas tradisional brune satu ini tidak diragukan lagi pasti sudah sangat cocok dengan lidah ornag Indonesia.

5. Kue Katilapam

Kue Tradisional Khas Brunei Darusalam
itrip.id

Kue satu ini merupakan kue yang cukup special. Pasalnya dahulu kala kue tradisional khas brune darusalam satu ini wajib muncul pada saat perjamuan – perjamuan penting di Brunei Darusalam. Meskipun terbilang sederhana namun memiliki cita rasanya yang khas dan bermakna mungkin menjadikan kue ini harus ada pada perjamuan penting.

Kue tradisional khas brunei satu ini sekilas mengingatkan aku pada makanan khas Indonesia yaitu ketupat. Namun, jelas dari bahan dasar sangat berbeda ketupat merupakan olahan dari beras sementara kue ini diolah dari tepung beras.

6. Kue Cincin

Kue Cincin
libur.co

Kue yang satu ini meskipun memiliki nama yang sama dengan kue cincin di Indonesia namun memiliki jenis yang berbeda. Kue cincin di brunei darusalam memiliki bentuk seperti kue kering, sementara kue cincin di Indonesia memiliki bentuk seperti kue donat. Kue tradisional khas brunei satu ini berbahan dasar dari tepung beras. Kue cincin khas brunei memiliki rasa manis dengan tekstur yang renyah, sehingga cocok sekali dijadikan camilan sambal beraktifitas.

Kue tradisional khas brunei satu ini bisa kamu jadikan salah satu oleh – oleh saat berkunjung dari brunei darusalam. Karena memiliki bentu yang kecil dan keirng kue ini lebih mudah dibawa dan tidak mudah bau. Kamu bisa menyimpan di toples yang rapat dan masukkan dalam tas, kue akan siap kamu nikmati dan bagikan di Indonesia.

7. Kue Cara Pusu

Kue Cara Pusu
beautynesia.id

Kue cara menjadi daftar terakhir kita, kue ini memiliki bentunk yang identic dengan kue cubit khas jawa barat. Kue yang satu ini sangat digemari oleh masyarakat lokal brunei daruslam. Terlpas dari cara pembuatan nya yang mudah, cita rasa kue ini tidak akan pernah salah. Kue sederhana ini bisa kamu jadikan pilihan untuk kamu yang sedang merantau di brunei darusalam namun, ingin mencicipi kue lumpur atau kue cubit khas indoensia

Nah, dari 7 olahan kue tradisional khas brunei darusalam diatas, mana nih yang jadi pilihan kamu untuk dicicipi atau malah dibawa untuk oleh – oleh?, yuk komen dibawah mana kue favoritmu



Leave a Reply