10 Oleh-oleh Khas Pangandaran Yang Enak Dan Sangat Berkesan


Fida  May 11, 2021  0 Comment

Pangandaran merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Barat dengan sajian Oleh-oleh Khas Pangandaran yang enak . Sudah tidak asing lagi bahwa Pangandaran menawarkan banyak tempat wisata alam yang menakjubkan serta berbagai kuliner lezat. Anda dapat mengunjungi salah satu tempat wisata atau mencoba salah satu makanan khas yang ditawarkan.

Setelah menghabiskan waktu berlibur di lokasi ini, tidak ada salahnya untuk membawa pulang salah satu oleh oleh khas Pangandaran. Ada cukup banyak oleh-oleh yang bisa Anda pilih. Berikut oleh oleh khas Pangandaran bisa Anda pilih untuk dibawa pulang.

10 Oleh Oleh Khas Pangandaran :

1. Opak Mini

Opak Mini
javatravel.net

Salah satu oleh-oleh khas Pangandaran yang mudah dijumpai adalah opak mini. Sesuai dengan namanya, opak yang satu ini memiliki ukuran yang relatif kecil. Jika dilihat dari tampilannya, opak mini memiliki warna coklat kekuningan dengan tekstur tidak lembek. Makanan yang satu ini cocok dinikmati sebagai di sela-sela berbincang atau bersantai bersama keluarga maupun teman.

Untuk menikmati satu paket opak mini, Anda perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 30.000,-. Makanan yang satu ini dibuat dengan bahan dasar beras ketan, kelapa parut, santan, dan garam. Proses membuatannya juga cukup unik diantaranya dijemur satu hari, diembunkan satu malam, dan juga melalui proses pembakaran.

Review kuliner

Berburu Pudak Cap Kuda Salah Satu Oleh Oleh Khas Kota Gresik

Berburu Oleh Oleh Khas Surabaya, Krupuk Ikan Di Pantai Kenjeran, Surabaya

2. Sale Pisang Pangandaran

Sale Pisang Pangandaran
shopee.co.id

Sale pisang menjadi salah satu oleh-oleh khas Pangandaran yang sayang untuk tidak Anda coba. Makanan yang satu ini dibuat dengan bahan dasar pisang rajasiyem. Jika tidak ada pisang tersebut, biasanya sale pisang dibuat dengan menggunakan jenis pisang lain seperti pisang raja atau pisang ambon.

Baca juga :  10 Oleh-oleh Khas Solo yang Terkenal Enak

Cara pembuatan makanan yang satu ini cukup mudah yakni selain menggunakan bahan dasar pisang juga menggunakan bahan lain seperti tepung dan minyak goreng. Pisang yang telah dikupas dan diiris tipis memanjang lalu ditata dan dikeringkan di bawah sinar matahari. Proses pengeringan ini memakan waktu beberapa hari. Sebelum disajikan, sale pisang terlebih dahulu dilumuri adonan tepung dan digoreng dalam minyak.

3. Noga Kelapa

nago kelapa
shopee.co.id

Ada cukup banyak oleh-oleh khas Pangandaran yang sayang untuk Anda lewatkan salah satunya adalah noga kelapa. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar kelapa dan jahe. Cita rasa khas dari jahe menjadikan makanan ini banyak disukai dan kaya akan manfaat.

Warga Pangandaran banyak yang membuat makanan ini dengan bentuk yang sangat beragam. Tidak heran jika Anda akan dengan mudah menjumpai makanan ini saat berada di Pangandaran. Noga kelapa dibuat dengan cara mencampurkan parutan kelapa dengan jahe dan ditambah dengan gula. Rasanya yang khas menjadikan kuliner ini bisa anda pilih sebagai oleh-oleh yang tepat.

4. Ikan Asin Jambal Roti

Ikan Asin Jambal Roti
bukalapak.com

Saat berlibur ke Pangandaran, Anda tentu sudah tidak asing dengan salah satu oleh-olehnya yakni ikan asin jambal roti. Ikan yang satu ini sering dipilih karena cocok dimasak dengan karena cocok dimasak dengan berbagai olahan masakan. Saat stok sedang melimpah, ikan asin jambal roti dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Ikan yang satu ini memiliki cita rasa yang gurih dan enak. Teksturnya yang lembut dan dagingnya yang tebal juga sangat memuaskan saat dikonsumsi. Tidak hanya itu, ikan asin jambal roti juga kaya akan protein dan nutrisi bagi tubuh. Jadi tidak ada salahnya jika Anda membeli ikan asin jambal roti sebagai oleh oleh khas Pangandaran untuk dibawa pulang.

Baca juga :  10 Sewa Mobil Gorontalo yang Aman, Mudah dan Murah – Lepas Kunci!

5. Gula Merah

Gula Merah
mypangandaran.com

Selain dikenal memiliki banyak tempat wisata alam, pangandaran juga dikenal sebagai daerah penghasil gula merah. Banyak warga di Pangandaran yang menjadikan produksi gula merah sebagai mata pencahariannya. Tidak sedikit juga kebun pohon kelapa yang nantinya akan dideres untuk diambil air niranya. Selain pohon kelapa, juga terdapat pohon aren atau kawung yang juga menghasilkan bahan baku untuk gula merah.

Selain manis, gula merah juga memiliki cukup banyak manfaat bagi tubuh. Biasanya gula merah dipilih sebagai campuran minuman atau masakan. Saat berlibur ke Pangandaran, gula merah khas Pangandaran bisa Anda pilih sebagai oleh-oleh yang tepat.

6. Noga Suuk

Noga Suuk
weyaweyo.blogspot.com

Selain noga kelapa, terdapat noga suuk yang juga merupakan salah satu oleh-oleh khas Pangandaran. Makanan yang satu ini juga disebut sebagai noga kacang tanah. Masyarakat setempat menyebut kacang tanah dengan istilah kacang suuk.

Noga suuk sangat cocok dinikmati pada saat bersantai. Perpaduan yang pas antara kacang dan manisnya gula akan sangat lezat dinikmati. Anda akan dengan mudah menjumpai makanan satu ini di toko oleh-oleh di Pangandaran.

7. Keripik Cau

Keripik Cau
cookpad.com

Keripik cau atau keripik pisang adalah salah satu oleh oleh khas Pangandaran. Makanan yang satu ini menggunakan bahan dasar pisang kepok asli Pangandaran. Tidak heran jika Anda akan merasakan cita rasa khas Pangandaran saat mencoba keripik cau.

Cara pembuatan makanan yang satu ini terbilang cukup mudah yakni dengan mengiris tipis pisang yang telah dikupas. Kemudian dilumuri dengan bumbu tertentu. Setelah itu, pisang yang telah berbumbu siap digoreng dalam minyak panas. Cita rasanya yang khas menjadikan jajanan yang satu ini sayang untuk tidak Anda coba.

Baca juga :  12 Tradisi Ramadhan di Turki Yang Menarik Hati

8. Rengginang Terasi

Rengginang Terasi
cookpad.com

Pernah mencoba jajanan berupa rengginang? Rengginang terasi menjadi salah satu oleh oleh khas Pangandaran yang cukup unik dan bisa Anda pilih untuk dibawa pulang. Makanya satu ini dibuat dengan bahan dasar beras ketan.

Rengginang terasi akan sangat mudah Anda jumpai di berbagai pusat oleh-oleh di Pangandaran. Anda dapat membelinya dalam keadaan matang atau sudah digoreng maupun mentah atau yang belum digoreng. Rengginang yang berpadu dengan terasi menghasilkan cita rasa khas yang membuat Anda ketagihan setelah mencobanya.

9. Petai

rekomendasi Oleh Oleh Khas Pangandaran
alodokter.com

Ada yang suka dengan olahan petai? Petai menjadi salah satu hasil panen yang banyak dicari wisatawan saat datang ke Pangandaran. Selain diolah dan dikonsumsi langsung, papa juga sering dipilih sebagai oleh oleh khas Pangandaran untuk dibawa pulang. Stoknya yang melimpah menjadikan petai sangat mudah dijumpai dan memiliki harga yang terjangkau.

Selain enak untuk dikonsumsi, petai juga dikenal kaya akan manfaat bagi tubuh. Ada berbagai olahan petai yang menawarkan cita rasa lezat. Tertarik untuk mencoba?

10. Ikan Teri

Oleh Oleh Khas Pangandaran
bukalapak.com

Saat bingung mencari oleh oleh khas Pangandaran, ikan teri bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Ikan yang satu ini sangat mudah dijumpai di Pangandaran dan kerap dipilih wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Terdapat banyak sekali menu yang dapat dipilih untuk mengolah ikan teri. Selain ditambahkan pada sayur, ikan yang kaya akan protein ini juga dapat diolah sebagai lauk hingga peyek untuk camilan. Jangan lupa memilih ikan teri sebagai salah satu oleh-oleh khas Pangandaran yang bisa Anda bawa pulang.



Leave a Reply