7 Wisata di Maluku Tengah dengan Pemandangan Indah


Fida  November 27, 2022  0 Comment

Menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi destinasi wisata tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Saat berada di Maluku Tengah, tidak ada salahnya jika kamu mencoba datang dan menghabiskan waktu di beberapa tempat wisata yang ditawarkan. Selain menyuguhkan pemandangan yang indah, suasana yang sejuk dan asri yang ditawarkan oleh beberapa tempat wisata berikut juga akan membuatmu betah. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 7 rekomendasi tempat wisata di Maluku Tengah yang menarik untuk kamu datangi.

1. Pulau Banda

pulau banda
econusa.id

Saat ingin mengunjungi salah satu destinasi wisata di Maluku Tengah, beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Pulau Banda. Destinasi wisata yang juga kerap disebut dengan Pulau Naira ini sudah cukup populer di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan.

Tidak hanya dikenal dengan pemandangannya yang indah dan menakjubkan, kawasan Pulau Banda juga memiliki pemandangan bawah laut yang tidak kalah indah. Terdapat sekitar 250 biota laut yang dilestarikan di kawasan Pulau Banda. Pengunjung juga dapat melihat langsung adanya lumba-lumba serta ikan paus saat berkunjung ke pulau ini. Menarik sekali bukan?

Menghabiskan waktu berlibur bersama teman maupun keluarga di Pulau Banda untuk menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Bagi kamu yang ingin melepas penat dan menenangkan diri, Pulau Banda juga dapat menjadi tujuan yang tepat untuk didatangi.

Raja Ampat Si Cantik Dari Papua “Amazon Lautan Dunia” Part 2

Arborea Cafe, Sensasi Ngopi Asik Di Tengah Hutan!

2. Pulau Nusa Pombo

pulau nusa pombo
travel.okezone.com

Selain Pulau Banda, kamu dapat mengunjungi indahnya Pulau Nusa Pombo saat ingin datang ke salah satu tempat wisata di Maluku Tengah. Destinasi wisata yang satu ini dapat kamu datangi di Daerah Waai, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Indahnya Pulau Nusa Pombo berhasil menarik perhatian masyarakat lokal hingga wisatawan dari berbagai daerah untuk mengunjunginya. Selain dikenal indah, pulau yang satu ini juga memiliki keanekaragaman ekosistem dan hayati yang tinggi. Pengunjung yang datang dapat mencoba sensasi menyelam atau snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut di sekitar Pulau Nusa Pombo.

Beberapa aktivitas lainnya yang dapat dilakukan oleh pengunjung diantaranya memancing, berenang, tracking, hingga berjalan kaki mengelilingi pulau. Sesuai dengan sebutannya, kawasan ini dikenal dengan banyaknya burung pombo yang berterbangan. Burung pombo dengan jumlah yang sangat banyak dan terbang hilir mudik tentu akan membuatmu terpaku saat melihatnya.

3. Danau Tebing Makariki

danau tebing makariki
celebes.co

Tidak hanya pulau, kamu juga dapat mengunjungi salah satu destinasi wisata di Maluku Tengah berupa danau. Salah satu danau yang populer dan banyak dikunjungi wisatawan adalah Danau Tebing Makariki.

Danau yang satu ini memiliki daya tarik yakni perairannya yang jernih dan bersih. Tidak hanya itu, lokasinya yang berada di tengah hutan juga menjadikan kawasan Danau Tebing Makariki memiliki suasana yang sejuk dan asri. Karena keindahannya, tidak heran jika Danau Tebing Makariki juga kerap disebut sebagai surga tersembunyi.

Jika ingin datang dan menghabiskan waktu di Danau Tebing Makariki, kamu dapat langsung menuju ke kawasan Makariki, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah. Meskipun memiliki lokasi yang terpencil dan harus berjalan kaki untuk tiba di danau, tetapi hal itu tidak menyurutkan niat pengunjung untuk datang menghabiskan waktu berlibur di Danau Tebing Makariki.

Selain bersantai dan menikmati indahnya pemandangan, pengunjung juga dapat berfoto dengan banyaknya spot menarik yang ditawarkan. Suasana yang sejuk dan tenang juga akan membuat pengunjung peta berlama-lama di Danau Tebing Makariki. Tertarik untuk datang ke danau ini saat berada di Maluku Tengah?

4. Gunung Binaiya

gunung binaiya
gunung.id

Pernah mendengar sebutan Gunung Binaiya? Gunung Binaiya merupakan salah satu destinasi wisata di Maluku Tengah yang cocok dikunjungi bagi kamu yang suka mendaki. Gunung dengan ketinggian mencapai 3055 meter di atas permukaan laut ini merupakan gunung tertinggi se-Provinsi Maluku.

Gunung Binaiya dapat kamu kunjungi di kawasan Kanikeh, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah. Sebelum datang dan memutuskan untuk mendaki, pastikan kamu telah mempersiapkan segala peralatan hingga kebutuhan mendaki. Selain mempersiapkan berbagai peralatan hingga kebutuhan, pengunjung juga harus memiliki kondisi tubuh yang prima sebelum mendaki Gunung Binaiya.

Akses jalan atau jalur pendakian Gunung Binaiya terbilang cukup sulit dilalui. Tetapi kamu tidak perlu khawatir karena hal itu tidak akan menyurutkan niat pendaki untuk tiba di puncak Gunung Binaiya. Dari puncak, indahnya pemandangan Maluku tampak sangat menakjubkan.

5. Pantai Natsepa

pantai natsepa
liputan6.com

Pantai Natsepa juga dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Maluku Tengah yang terbilang cukup populer. Pantai yang satu ini kerap dikunjungi oleh wisatawan sebagai tempat untuk bersantai maupun melepas penat. Di Pantai Natsepa, kamu akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih yang luas serta perairan yang jernih. Suasana segar khas pantai juga dapat kamu rasakan saat berlibur di pantai ini.

Pantai Natsepa berlokasi di kawasan Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Salah satu ciri khas dari Pantai Natsepa adalah adanya bangunan berwarna-warni yang berjejer. Bangunan tersebut merupakan warung atau tempat makan yang menjadi salah satu fasilitas dari Pantai Natsepa.

Untuk menyusuri kawasan wisata Pantai Natsepa, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang terbilang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 3.000,- per orang. Menikmati berbagai hidangan dengan suguhan pemandangan pantai tentu dapat kamu rasakan saat datang ke pantai ini.

6. Batu Layar

batu layar
backpackerjakata.com

Pernah melihat bebatuan karang dengan ukuran yang sangat besar? Jika belum, kamu dapat berkunjung ke Wisata Batu Layar. Salah satu destinasi wisata di Maluku Tengah ini menyuguhkan batu karang besar yang terletak di tepi jalan raya. Kamu dapat mengunjungi Batu Layar di kawasan Larike, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah. Lokasinya yang sangat strategis menjadikan wisatawan dapat dengan mudah mengunjungi indahnya Batu Layar.

Sesuai dengan namanya, bebatuan karang yang ada di Batu Layar memiliki bentuk menyerupai layar kapal. Karena memiliki bentuk yang terbilang unik, tidak heran jika Batu Layar kerap menjadi tujuan fotografer untuk mengambil gambar. Tidak sedikit wisatawan yang datang dan menyempatkan untuk mengabadikan momen saat berada di Batu Layar.

7. Pantai Liang

pantai liang
regional.kompas.com

Satu lagi rekomendasi wisata di Maluku Tengah yang sayang untuk kamu lewatkan yakni Pantai Liang. Pantai yang satu ini pernah dinobatkan oleh UNDP-PBB sebagai salah satu pantai terindah pada tahun 1990-an. Hingga saat ini, Pantai Liang tetap menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan saat datang ke Maluku Tengah.

Untuk datang dan menyusuri kawasan pantai, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 15.000,- per orang. Kamu dapat mengunjungi Pantai Liang di Jalan Provinsi, Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Dari Kota Ambon, kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 40 kilometer untuk tiba di indahnya Pantai Liang.



Leave a Reply