Wisata Sejarah di Ambon, Menelusuri Kekayaan Budaya Nusantara


Rio Handika  May 16, 2023  0 Comment

Wisata sejarah di Ambon akan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi wisatawan yang mencari pengetahuan dan kekayaan budaya Nusantara. Sebagai salah satu kota terbesar di Maluku, Ambon menyimpan sejarah yang kaya dan unik.

Di sini, kamu bisa menemukan situs-situs bersejarah, museum, serta bangunan-bangunan peninggalan kolonial yang memikat hati dan menantang rasa keingintahuanmu. Berikut ini adalah panduan wisata sejarah di Ambon yang dapat kamu ikuti.

wisata sejarah di ambon pantai merah
flickr.com

Wisata Sejarah di Ambon:

1. Sejarah Ambon

Ambon adalah sebuah kota yang memiliki sejarah yang kaya. Kota ini pernah menjadi pusat perdagangan rempah-rempah dan menjadi arena pertempuran di masa lalu. Sejarah panjang Ambon dapat ditemukan di berbagai tempat wisata sejarah yang tersebar di seluruh kota.

2. Fort Belgica

Benteng Belgica merupakan sebuah tempat berlindung yang telah dibangun pada abad ke-17 oleh Belanda sebagai pusat perdagangan rempah-rempah. Fort Belgica terletak di atas bukit di Pulau Nusalaut dan menawarkan pemandangan laut yang menakjubkan. Di sini, kamu dapat mengeksplorasi peninggalan sejarah Belanda dan menikmati pemandangan indah.

3. Museum Siwalima

Siwalima adalah museum yang didedikasikan untuk mengeksplorasi sejarah Maluku. Museum ini memiliki koleksi benda-benda sejarah yang sangat beragam, termasuk senjata tradisional, pakaian adat, dan lukisan. Di sini, kamu dapat mempelajari sejarah Maluku dan memahami kebudayaan yang unik.

4. Museum Pusaka Nusantara

Museum Pusaka Nusantara adalah museum yang menampilkan berbagai koleksi seni dan kerajinan dari seluruh Nusantara. Di sini, kamu dapat melihat seni tradisional, perhiasan, dan pakaian adat. Museum ini menawarkan pengalaman yang unik untuk mengenal kekayaan budaya Indonesia.

5. Pantai Liang

Apabila kamu ingi mendapat rekomendasi pantai cantik di Ambon, maka jawabannya adalah Pantai Liang. Pantai ini cukup terkenal di Ambon dan menjadi salah satu destinasi popular. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Di sini, kamu dapat berenang, bersantai, dan menikmati pemandangan yang menakjubkan.

Baca juga :  Wisata Sejarah Mengunjungi 10 Candi Terkenal di Kamboja

6. Gereja Tua

a. Sejarah Gereja Tua

b. Arsitektur Gereja Tua

c. Pengalaman Mengunjungi Gereja Tua

Gereja Tua Ambon atau yang dikenal juga dengan nama Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus merupakan gereja Protestan tertua di Indonesia. Tempat beribadah ini telah dibangun sejak tahun 1611 oleh misi Belanda di Ambon dan dianggap sebagai salah satu warisan bersejarah bagi masyarakat Ambon.

Gereja Tua ini memiliki arsitektur bergaya Eropa kuno dengan ornamen-ornamen menarik yang masih dipertahankan hingga saat ini. Salah satu ornamen yang terkenal adalah lonceng gereja yang terbuat dari perunggu dan memiliki berat sekitar 1 ton. Gereja ini juga memiliki pintu dan jendela yang besar dengan hiasan kaca patri yang menampilkan gambar-gambar keagamaan.

Pengalaman mengunjungi Gereja Tua tentu menjadi momen yang tidak terlupakan bagi para pengunjung. Di dalam gereja, suasana religius dan sejarah terasa begitu kental. Selain itu, pengunjung dapat menikmati keindahan arsitektur gereja yang begitu memesona. Di samping itu, pengunjung juga bisa melihat berbagai artefak peninggalan sejarah, seperti misalnya buku-buku ibadah berbahasa Belanda, yang tersimpan di dalam gereja.

Gereja Tua Ambon juga memiliki daya tarik lain yaitu terletak di kawasan Kota Ambon yang kaya akan keindahan alam. Pengunjung bisa menikmati pemandangan kota Ambon yang indah dari dalam gereja. Tidak hanya itu, gereja ini juga dekat dengan Pantai Liang yang merupakan pantai terindah di Ambon.

Panorama dari pantai menawarkan bentangan pasir putih dan air laut yang jernih dan segar. Para pengunjung juga bisa menikmati berbagai makanan dan minuman khas Ambon yang disajikan di sekitar gereja.

Demikianlah, pengalaman mengunjungi Gereja Tua Ambon bukan hanya tentang keagamaan dan sejarah, namun juga tentang keindahan arsitektur dan keindahan alam kota Ambon yang mempesona.

Baca juga :  10 Tempat Wisata Bersejarah Kejahatan Perang

7. Benteng Amsterdam

Selain Benteng Belgica, ada juga benteng Amsterdam yang merupakan benteng peninggalan masa penjajahan Belanda yang dibangun pada abad ke-17. Benteng ini memiliki sejarah yang panjang dan menarik, terutama dalam perjuangan melawan penjajah Belanda. Saat ini, benteng ini masih berdiri kokoh dan menjadi salah satu objek wisata yang populer di Ambon. Pengunjung dapat mengunjungi benteng ini untuk menikmati pemandangan dan mengetahui sejarah benteng Amsterdam yang memukau.

8. Benteng Victoria

Selanjutnya ada Benteng Victoria, yakni sebuah peninggalan di masa penjajahan Belanda. Benteng ini dibangun pada abad ke-17 dan berperan penting dalam melindungi kota Ambon dari serangan musuh. Saat ini, benteng ini juga menjadi salah satu objek wisata yang populer di Ambon. Pengunjung dapat menikmati pemandangan indah dari atas benteng dan mengetahui lebih lanjut mengenai sejarahnya.

9. Museum Lapangan Merdeka

Wisata Sejarah di Ambon selanjutnya adalah Museum Lapangan Merdeka. Museum yang berlokasi di bekas kompleks militer Belanda bisa menjadi jujugan perjalananmu untuk menelusuri sejarah di Ambon. Museum ini memiliki koleksi benda-benda sejarah dan peninggalan dari masa penjajahan Belanda hingga masa kemerdekaan Indonesia. Pengunjung dapat menikmati pengalaman belajar sejarah yang unik dan mengetahui lebih dalam mengenai sejarah Ambon.

10. Keraton Amboina

Dulunya, Keraton Amboina ini merupakan bekas istana Sultan Amboina yang dibangun pada abad ke-16. Keraton ini memiliki arsitektur khas Melayu dan menjadi saksi bisu dari sejarah kerajaan-kerajaan di Maluku. Saat ini, keraton ini telah direstorasi dan dibuka untuk umum sebagai objek wisata sejarah yang menarik.

11. Pantai Natsepa

Natsepa adalah salah satu pantai terbaik di Ambon. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih serta terdapat berbagai fasilitas, seperti tempat makan, tempat penyewaan peralatan olahraga air, dan penginapan. Pantai Natsepa sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga maupun teman.

12. Gunung Salahutu

Wisata sejarah di Ambon selanjutnya adalah Gunung Salahutu. Gunung berapi aktif yang terletak di Pulau Seram ini dapat diakses sekitar 2 jam perjalanan dari Ambon. Gunung ini menawarkan pengalaman pendakian yang menantang namun juga pemandangan alam yang luar biasa indah. Saat pendakian, pengunjung akan melewati hutan tropis yang lebat dan sungai-sungai kecil yang menyejukkan.

Baca juga :  Jalan-jalan ke Negeri 1000 Pagoda, 10 Candi di Bagan

13. Pulau Pombo

Pombo adalah sebuah pulau kecil yang terletak di dekat Pantai Natsepa. Pulau ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan keindahan bawah laut yang menakjubkan. Pulau ini sangat cocok untuk snorkeling atau sekadar bersantai di tepi pantai yang tenang.

Tempat Makan Terbaik di Ambon

Saat berkunjung ke Ambon, tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas daerah ini. Berikut adalah beberapa tempat makan terbaik yang wajib kamu kunjungi saat di Ambon:

  • RM Pelita: Restoran ini terkenal dengan sajian seafood dan masakan khas Maluku yang lezat. Salah satu menu yang wajib dicoba adalah ikan kuah kuning yang rasanya gurih dan segar.
  • RM Sari Gurih: Restoran ini menyajikan berbagai jenis masakan Maluku dan Indonesia dengan cita rasa yang otentik. Beberapa menu yang menjadi favorit pengunjung adalah ikan asam pade, ayam rica-rica, dan papeda.
  • Warung Ikan Bakar Mama Caca: Seperti namanya, restoran ini menyajikan ikan bakar yang lezat dengan berbagai pilihan saus dan sambal. Selain ikan bakar, restoran ini juga menyajikan menu lain seperti mie goreng, nasi goreng, dan seafood lainnya.
  • Mie Titi: Restoran ini terkenal dengan mie goreng dan mie kuahnya yang enak dan mengenyangkan. Selain mie, restoran ini juga menyajikan nasi goreng dan beberapa menu lainnya.
  • RM Pagi Sore: Restoran ini menyajikan berbagai jenis masakan Indonesia dan Maluku dengan harga yang terjangkau. Beberapa menu yang wajib dicoba adalah nasi kuning, ikan bakar, dan sate.

Itulah beberapa tempat makan terbaik di Ambon yang patut kamu coba. Selamat mencicipi!

Setelah mengunjungi tempat-tempat tersebut, kamu akan merasakan keindahan dan sejarah Ambon yang begitu kental. Dari gereja tua hingga Pulau Pombo, semua tempat memiliki pesona yang unik dan menarik. Tidak hanya itu, kuliner khas Ambon juga menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke sana.

https://www.youtube.com/@MichaelLatuheru

Jangan lupa mencicipi berbagai hidangan lezat yang hanya bisa kamu temukan di Ambon. Semoga artikel ini dapat membantumu merencanakan perjalanan wisata ke Ambon. Apabila kamu tidak ingin ketinggalan informasi menarik mengenai wisata lainnya, yuk cek di sini.



Leave a Reply