Wisata Religi Ke 10 Tempat Wisata di Vatican Bagi Umat Kristiani


Reni  October 22, 2019  0 Comment


Negara Vatikan merupakan sebuah Negara yang sangat kecil karena hanya memiliki luas sekitar 44 hektar saja. Namun, meskipun Negara Vatikan yang berpenduduk sekitar 842 orang ini menjadi “tanah suci” bagi umat kristiani sehingga di Negara Vatikan ini terdapat beberapa tempat wisata di Vatican yang dapat Anda kunjungi ketika tengah berlibur di salah satu Negara terkecil di dunia ini.


Negara Vatikan inni berbatasan langsung dengan Kota Roma yang berada sebelah barat laut serta juga berbatasan dengan Sungai Tiber. Yang menjadi Negara Vatikan ini unik adalah Negara ini menganut sistem ketatanegaraan monarki elektif yang mana Negara Vatikan dipimpin oleh seorang Paus (pemuka agama kristen) yang diangkat sebagai pemimpin Negara.


Meskipun Negara Vatican ini memiliki luas wilayah yang cukup kecil, namun tetap saja terdapat beberapa tempat wisata di Vatican yang tidak akan lengkap rasanya apabila Anda tidak mengunjunginya ketika Anda tengah berada di Vatican. Untuk itu inilah beberapa rekomendasi tempat wisata di Vatican yang wajib untuk Anda kunjungi diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Basilica Santo Petrus

Basilica Santo Petrus


Tak lengkap rasanya apabila Anda tengah berada di Negara Vatican namun tidak mengunjungi salah satu tempat wisata andalan dari Vatican yakni Basilica Santo Petrus. Basilica Santo Petrus merupakan salah satu gereja terbesar di dunia yang mana di bagian dalam gereja terdapat beberapa lukisan relief-relief yang cukup memanjakan mata Anda.

Untuk dapat masuk ke bagian dalam dari Basilica Santo Petrus ini maka Anda harus mendapatkan akses VIP untuk masuk ke beberapa bagian kereja seperti bagian bawah tanah. Pada bagian lorong bawah tanah dari gereja ini juga masih di dominasi akan adanya lukisan klasik yang mengisahkan Isa Almasih.

Gotravelly

Megahnya Bangunan Phat Diem Cathedral Ninh Binh Vietnam

Wisata Sejuta Ikan, Wisata Desa Jambu Yang Alami

2. Museum Vatican

Museum Vatican


Setelah Anda puas mengelilingi gereja Basilica Santo Petrus, maka destinasi wisata selanjutnya di Negara Vatican ini adalah museum Vatican. Untuk dapat mencapai ke museum Vatican ini, maka Anda perlu berjalan kaki sekitar 15 dari gereja Basilica Santo Petrus ke museum Vatican ini.

Setelah Anda sampai di museum Vatican, maka Anda harus membayar biaya tiket masuk sebesar 16 euro atau Rp. 240.000 per orang. Di museum ini Anda dapat melihat beberapa karya seni dari seniman ternama seperti Leonardo Da Vinci, Caravaggio, dan senimal terkenal lainnya.

3. Saint Peter Square

 Saint Peter Square


Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata di Vatican namun tanpa dipungut biaya alias gratis maka Anda dapat mengunjungi Saint Peter Square. Ya, Saint Peter Square ini adalah sebuah tanah lapang yang berada di luar area gereja Basilica Santo Petrus.

Taman ini kerap dijadikan sebagai tempat perkumpulan umat kristiani yang tengah mendengarkan khotbah yang disampaikan oleh Paus Fransiskus. Di Saint Peter Square ini Anda dapat berswafoto dengan teman atau keluarga Anda sepuasnya.

4. Garden Of Vatican

Garden Of Vatican


Bagi Anda yang tengah berlibur di Vatican, maka Anda perlu mengunjungi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan yakni Garden Of Vatican. Ya, Garden Of Vatican ini merupakan sebuah taman kota yang dipenuhi oleh tanaman hijau yang berada di sekitar Gedung Radio Vatican.

Di Garden Of Vatican ini terdapat berbagai jenis pohon yang ditanam di area yang memiliki luas sekitar 23 hektar ini seperti pohon pinus batu, boxwood, hingga pohon cedar Lebanon.

Untuk mengunjungi kawasan Garden Of Vacation ini maka Anda tidak perlu membayar biaya sepeserpun karena kawasan Garden Of Vatican ini dikelola oleh Negara dan wisatawan dapat berkunjung ke tempat ini secara gratis.

5. Vatican Necropolis

Vatican Necropolis


Rekomendasi tempat wisata di Vatikan selanjutnya adalah Vatican Necropolis. Vatican Necropolis ini berada di bagian bawah tanah dari gereja Basilica Santo Petrus. Di tempat ini Anda akan melihat beberapa relief peninggalan Bangsa Romawi kuno. Selain itu juga terdapat makan Santo Petrus di kawasan Vavtican Necropolis.

Untuk mendapatkan akses mengunjungi Vatican Necropolis ini cukup sulit karena tempat wisata yang satu ini merupakan lahan konservasi sehingga hanya sekitar 10 hingga 15 orang per hari yang dapat mengunjungi Vatican Necropolis ini.

6. Sistine Chapel

Sistine Chapel


Sistine Chapel merupakan sebuah ruangan yang menjadi satu bagian dari Museum Vatican. Oleh sebab itu, ketika Anda tengah berwisata ke Museum Vatican, maka Anda juga wajib mengunjungi Sistine Chapel ini. Sebab, di bagian langit-langit Sistine Chapel ini terdapat ukiran relief yang dibuat oleh senimat kenamaa dunia yakni Michaelangelo.

Selain itu, di Sistine Chapel juga terdapat berbagai maha karya seni yang populer dari zaman Renaissance dari abad ke 16.

7. Castel San’t Angelo

Castel San’t Angelo


Negara Vatican memang identik dengan berbagai jenis bangunan kastil. Salah satu kastil yang terkenal dari Negara Vatican ini adalah Castel San’t Angelo atau yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia adalah kastil malaikat kudus. Usia dari kastil ini pun juga sudah cukup tua karen kastil ini dibangun sejak zaman Kekaisaran Roma dari Italia.

Dahulu, bangunan Castel San’t Angelo ini digunakan sebagai benteng pertahanan untuk menghalau musuh yang datang mulai dari Perang Dunia ke I hingga Perang Dunia ke II. Namun, sejak zaman setelah Perang Dunia, Castel San’t Angelo ini beralih fungsi menjadi museum yang kini banyak dikunjungi oleh para wisatawan asing dari berbagai belahan dunia.

8. Cortile Del Belverde

Cortile Del Belverde


Tak lengkap rasanya apabila Anda tengah berlibur di Negara Vatican ini tanpa mengunjungi kawasan Cortile Del Belverde. Cortile Del Belverde ini merupakan sebuah halaman besar di depan Gedung Belverde. Cortile Del Belverde ini merupakan “jantung kota” yang ditata rapi oleh Donato Bramante sejak zaman Renaissance. Dahulu tempat ini menjadi salah satu tempat yang memamerkan berbagai koleksi satwa dari Paus Leo X seperti adanya parade gajah. Setelah gajah koleksi Paus Leo X ini meninggal, maka secara khusus gajah tersebut dikuburkan di sekitar kawasan Cortile Del Belverde.

Di kawasan Cortile Del Belverde ini maka Anda dapat berswafoto dengan keluarga maupun teman Anda karena di kawasan wisata ini hampir mirip dengan tatanan bangunan Kota Tua Jakarta.

Di Cortile Del Belverde ini Anda tidak perlu membayar biaya masuk karena konsep kawasan wisata ini adalah wisata umum yang dikelola oleh pemerintah Negara Vatican.

9. Vatican Library

Vatican Library


Vatican library menjadi salah satu obyek wisata di Vatican yang juga banyak dikunjungi oleh beberapa wisatawan asing dari berbagai belahan dunia. Di Vatican Library ini Anda dapat membaca berbagai koleksi buku terlengkap di dunia mulai dari koleksi buku sejarah hingga ilmu pengetahuan

10. The Vatican Obelisk

tempat wisata di Vatican


The Vatican Obelisk ini merupakan sebuah ruang terbuka yang berada di luar Saint Peter Square. The Vatican Obelisk ini merupakan sebuah tugu yang mirip “Tugu Pahlawan dari Surabaya” yang tentunya menjadi simbol dari Negara Vatican.
Negara Vatican meruakan sebuah Negara kecil yang menjadi “ tanah suci” dari umat kristiani. Di Vatican ini Anda dapat menyempatkan diri untuk berlibur di beberapa rekomendasi tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing.



Leave a Reply