Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

10 Makanan Khas Negara Cyprus, Kamu Suka yang Mana?


sisil angelin  August 22, 2019  0 Comment

Beberapa negara yang berpengaruh kuat terhadap kuliner Cyprus adalah Libanon, Turki, Inggris dan Italia. Masyarakat setempat umumnya menggeluti bisnis di bidang kuliner dan kerap kali berkumpul mengitari meja bundar dengan berbagai cemilan di atasnya. Hidangan utamanya di dominasi oleh ikan dengan sentuhan minyak zaitun yang lekat. Berikut makanan khas Cyprus yang wajib di coba!

1. Meze

makanan khas Cyprus
image credit : @ferahustunel

Tidak lengkap rasanya, berwisata ke Cyprus tanpa mencicipi nikmatnya Meze. Meze tidak hanya merupakan makanan khas Cyprus, tetapi juga menjadi kuliner khas Balkan, Yunani, Turki, sampai Eropa Timur. Meze adalah kudapan yang berasal dari bahan dasar sayur maupun ikan dan daging. Bagi pebisnis kuliner setempat, utamanya yang menggeluti bisnis rumah makan, Meze adalah hidangan pembuka yang wajib ada. Meski sekedar makanan pembuka, namun nutrisi yang Anda dapatkan dari hidangan ini terbilang cukup lengkap. Laut mediterania yang membentang luas menjadi lahan subur bagi masyarakat setempat untung menggali sumber daya alamnya berupa ikan yang kemudian diolah menjadi makanan yang lezat, salah satunya adalah Meze. 

2. Halloumi

makanan khas Cyprus
image credit : @supperwithmichelle

Sama populernya dengan makanan tradisional sebelumnya, Meze, Halloumi menjadi makanan favorit masyarakat setempat dan sangat populer di Cyprus. Bahkan, Halloumi identik dengan Cyprus. Cita rasanya di dominasi oleh teksturnya yang kenyal, ringan, asin, dengan bahan dasar yang bermacam-macam, yaitu daging domba atau dengan kentang goreng. 

Cita rasa yang cukup kuat dari makanan khas Cyprus yang satu ini adalah ada pada kejunya. Keju dari makanan ini merupakan kombinasi dari susu domba dan kambing yang sebelumnya mengalami proses penyetelan dengan menggunakan rennet. Setiap bagian dari prosesnya steril dari bakteri penyebab asam. Halloumi memiliki titik leleh yang tinggi sehingga cocok untuk dihidangkan dengan cara digoreng maupun di panggang. Agar semakin sempurna, tambahkan irisan semangka agar lebih segar. 

3. Koupepia 

makanan khas Cyprus
image credit : @myfamilysfooddiary

Bahan dasar pembuatan koupepia adalah berasal dari bahan herbal, tomat, bawang, daging cincang, dan beras. Bahan-bahan tersebut di olah lalu dijadikan bahan isian yang kemudian dibungkus daun anggur segar. Koupepia adalah makanan yang dicintai oleh masyarakat pedesaan dan menjadi menu andalan negara Turki, Yunani dan Timur Tengah. Proses produksinya adalah dalam jumlah besar, dan dapat dikonsumsi di lain hari dengan cara dibekukan. Selain itu, ada pula isian dalam bentuk gemista yang biasanya tersusun dari bawang, tomat, cabai dan zukini. Langkah selanjutnya adalah dengan memasukkannya ke dalam oven dengan sentuhan minyak zaitun. 

4. Souvlakia 

image credit : https://www.bbc.co.uk

Souvlakia berasal dari bahan dasar daging yang dipotong kecil lalu di panggang dengan menggunakan tusuk sate. Disajikan dengan salad segar. Makanan Souvlakia menjadi menu makanan andalan masyarakat Yunani. Dipadukan dengan roti pitta yang tipis bentuknya, dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan roti pitta yang ada  di Yunani, semakin menambah cita rasa makanan yang satu ini. Didesain dalam bentuk kantong untuk memasukkan beragam bahan makanannya. Adapun bahan yang digunakan adalah daging ayam atau babi yang disajikan dengan tambahan menu shefali. Ini adalah menu yang berasal dari bahan dasar sosis yang kemudian ditambah dengan bumbu, daging babi, atau daging domba yang dimasak dengan cara dipanggang. 

5. Souvla

makanan khas Cyprus
image credit : @peterandre

Dari segi tampilannya hampir sama, namun rasanya jauh berbeda dengan Souvlaki. Bisa dikata, ini adalah sajian favorit dengan bahan dasar daging baik babi, ayam, maupun domba. Cara memasaknya adalah dengan memotong daging berukuran besar lalu meletakkannya di atas tusuk sate. Biasanya dihidangkan pada saat Paskah, dengan ditemani bir, cemilan sambil ngobrol mengitari meja bundar. 

6. Kolokouthkia me ta afka 

makanan khas Cyprus
image credit : https://theculturetrip.com

Makanan khas Cyprus yang satu ini hampir sama fungsinya dengan mezze, yaitu sebagai hidangan pembuka atau penutup. Hadir dengan gorengan, telur orak arik yang ditabur garam. Rasanya gurih dan banyak disajikan di restoran yang ada di Cyprus. Tambahan minyak zaitun dan garam adalah alasan kenapa hidangan ini cukup lezat meski penyajiannya sangat sederhana. 

7. Makaronia tou fournou

makanan khas Cyprus
image credit : @mychicdish

Bahan utama yang digunakan adalah saus béchamel, daging babi yang dicincang dengan tomat, dan pasta ukuran besar. Keju ditaburkan di bagian atasnya dengan bentuknya yang keriting sehingga memberikan rasa crispy crunch. Di masak dalam oven ukuran besar, dan tambahan cita rasanya berasal dari saladnya yang segar. Bahan dasar saus béchamel, daging cincang dan pasta di potong dalam bentuk persegi. 

8. Ttava

makanan khas Cyprus
image credit : https://www.123rf.com

Dalam bahasa setempat, kata ini berarti pot yang terbuat dari tanah liat. Ini tidak lepas dari cara pelayanannya yang disajikan di dalam bentuk wadah tersebut. Makanan khas yang satu ini berasal dari desa Lefkara yang di dalamnya terdapat banyak budaya tradisional yang bahkan telah diakui secara global. Bahan dasarnya adalah daging domba yang lezat, dipadukan dengan kentang dan sayuran yang sehat.  Selanjutnya bahan dasar tersebut dimasak dalam panci dengan tambahan rempah yang kuat yaitu jinten. 

9. Kleftiko

makanan khas Cyprus
image credit : https://www.carolinescooking.com

Ada sedikit cerita yang tersimpan dalam menu makanan yang satu ini. Kleftiko memiliki arti dicuri, yang secara historis ada orang yang mencuri daging tersebut yang agar tidak ketahuan lantas di masak dalam tanah dengan cara mengubur daging itu sehingga asap pun tidak mengepul dan tidak mengundang kecurigaan. Kleftiko di masak dengan cara dimasukkan ke dalam oven putih tradisional selama berjam-jam lamanya. Kleftiko semakin nikmat dengan adanya tambahan ramuan bumbu oregano, daun salam, dan juga anggur merah. Disajikan bersama dengan kentang oven yang lezat, maupun dengan gandum bulgar, yang dipadukan dengan tomat dan saus bawang merah. 

10. Stifado

makanan khas Cyprus
image credit : https://www.goodtoknow.co.uk

Masih dengan bahan dasar daging, Stifado adalah menu makanan khas Cyprus yang wajib di coba. Dengan tambahan siraman anggur merah dan bawang. Di persedap dengan tambahan kayu manis serta cengkeh sehingga aromanya lebih kuat. Resep ini oleh masyarakat setempat diyakini berasal dari Venesia yang dimana masyarakat Siprus menambahkan sentuhan tomat segar pada abad ke-16. Cara masaknya dilakukan selama berjam-jam dengan nasi atau bulgur sebagai sajian. 

Makanan khas Cyprus tidak lepas dari bahan dasar dengan daging, ikan dan rempah yang banyak ditemukan di pulau tersebut. Pertemuan budaya Eropa, Asia dan Timur Tengah membuat kuliner yang ada di negara ini terasa lezat dan bervariasi. Nutrisi di setiap makanannya terpenuhi dengan kombinasi buah, sayur dan ikan atau daging yang pas. 



Leave a Reply