10 Es Krim Enak dan Legendaris di Indonesia


sisil angelin  September 14, 2019  0 Comment

Pernah mendengar tentang daftar es krim enak dan legendaris di Indonesia? Es krim sendiri merupakan makanan favorit dari berbagai kalangan usia, mulai anak-anak hingga dewasa. Meski es krim saat ini mudah ditemukan di toko-toko, tapi ada deretan es krim homemade dengan cita rasa otentik sejak zaman dulu dan masih bertahan.Berikut deretan es krim enak dan legendaris di Indonesia dengan cita rasa otentik.

Rekomendasi Es Krim Legendaris di Indonesia

1. Es Krim Toko Oen

Es Krim Toko Oen
image credit : https://www.wowkeren.com

Membicarakan tentang es krim legendaris, tentunya mustahil tidak menyebut Toko Oen. Kedai spesialis dessert ini berdiri sejak tahun 1910 silam di Yogyakarta sampai tahun 1927. Kedai pertama Toko Oen itu lantas pindah ke Semarang. Di sana, peminat es krim homemade yang menjadi menu andalannya membludak hingga memiliki beberapa cabang.

Es krim Toko Oen memiliki aneka rasa pilihan seperti cokelat, vanilla, hingga durian. Ada yang disajikan single atau bersama toping tambahan seperti cokelat stik dan wafer. Tampilan maupun rasa dari es krim di Toko Oen tidak pernah sekalipun berubah meski telah lebih dari seabad beroperasi. Seporsinya dibanderol mulai harga Rp35.000,-.

Gotravelly

Al-Amar Express: Puas Dikerjain Penjual Ice Cream Turki

Segarnya Sajian Sop Durian Di Mister Duren Maospati. Asli Durian Medan!

2. Es Krim Zangrandi

Es Krim Zangrandi
image credit : https://www.wowkeren.com

Bagi yang sudah pernah melancong ke Surabaya atau penduduk lokal kota tersebut, pasti sudah tidak asing dengan es krim Zangrandi. Beroperasi sejak tahun 1930 menjadikan Zangrandi masuk dalam deretan es krim enak dan legendaris di Indonesia.

Baca juga :  10 Makanan Khas Polandia Sajikan Kuliner yang Creamy

Seporsi es krim Zangrandi dibanderol mulai Rp10.000,- untuk penyajian cup kertas sederhana. Pilihan rasa yang ditawarkan sangat banyak, tapi yang paling favorit adalah vanilla dan cokelat. Sama seperti Toko Oen, Kedai Zangrandi memiliki desain bangunan tua khas Belanda yang terawat. Selain membeli es krim, Anda bisa puas hunting foto instagramable.

3. Es Krim Tip Top

Es Krim Tip Top
image credit : https://www.xoclate.com

Kota Medan juga tidak ingin kalah karena memiliki es krim jadul enak, tepatnya di Kedai Tip Top. Di awal berdirinya, kedai ini diberi nama Jangkie, hingga pada 1936 baru berganti menjadi Tip Top. Varian es krim yang disajikan tidak terbatas pada rasa yang beragam saja, namun pilihan topingnya pun demikian.

Ada toping stik cokelat hingga pancake. Varian rasa unik yang mungkin tidak akan Anda temukan di kedai es krim lain seperti tutty frutty, kopyor, dan sundae, tentu wajib dicoba. Saat ini, Tip Top sudah memiliki beberapa cabang tersebar di seluruh penjuru negeri. Soal harga? Mulai dari Rp10.000,- saja per porsi.

4. Es Krim Ragusa

Es Krim Ragusa
image credit : https://www.tribunnews.com

Daerah ibukota Jakarta juga memiliki kedai es krim tempo dulu yang terkenal, yaitu Ragusa. Kedai ini berdiri sejak 1932 dan didirikan langsung oleh dua bersaudara asal Italia. Cita rasanya hingga kini tetap otentik berkat teknik pembuatan yang tidak beralih menggunakan metode modern. Menu istimewanya sekaligus andalannya adalah es krim spaghetti.

Untuk menikmati es krim yang tidak pernah berpindah lokasi dari awal berdiri ini, Anda harus mengeluarkan uang minimal Rp15.000,- per porsi. Tergolong murah untuk menu es krim yang telah melegenda dan berlokasi di ibukota. Harga tersebut sebanding dengan orisinalitas serta kelezatan rasa yang tidak mungkin didapatkan di kedai lain.

5. Es Krim Tentrem

 Es Krim Tentrem
image credit : https://travelingyuk.comEs Krim Tentremimage credit : https://travelingyuk.com

Es krim enak dan legendaris di Indonesia selanjutnya adalah es krim Kedai Tentrem. Penamaannya diambil dari Bahasa Jawa yang berarti tenteram. Kedai es krim ini berada di Solo dan sudah buka sejak tahun 1952 silam. Pemilihan bahan dan teknik pengolahan tetap dipertahankan sehingga Anda tidak perlu khawatir cita rasanya berubah.

Baca juga :  10 Minuman Khas dan Populer di Perancis

Varian es krimnya hampir sama dengan kedai-kedai lain. Ada satu yang paling unik adalah es krim serut warna-warni. Es batu diserut menggunakan papan sebagaimana penjual es serut keliling zaman dulu. Setelah itu, di atasnya diberi siraman sirup aneka rasa. Harga menu es krim di sini mulai Rp8.000,- saja per porsi.

6. Es Krim Domino

Es Krim Domino
image credit : https://www.wowkeren.com

Meskipun Domino untuk produk Pizza lebih populer saat ini, tapi es krim Domino juga termasuk kategori legendaris. Bisa dibilang, Domino menawarkan es krim enak dan legendaris murah. Bagaimana tidak, per porsi hanya dibanderol mulai Rp6.000,- saja. Padahal, varian es krim di Domino tidak kalah dengan kedai-kedai legendaris lain.

Ada rasa nougat, blackforest, hingga durian. Berdiri sejak tahun 1950-an, proses pengolahannya tidak pernah berubah dengan tujuan untuk mempertahankan orisinalitas rasa. Pendirinya, Torus Tri Sanghana, hingga saat ini masih turut aktif mengelola bisnis yang diwariskan pada keluarga tersebut. Paling tidak perihal kontrol kualitas yang menjadi fokus utamanya.

7. Gusti Gelato

Gusti Gelato
image credit : https://www.galluraoggi.it

Bahasa Italia dari es krim adalah gelato di mana metode pembuatan es krim modern sekalipun memang berkiblat pada negara tersebut. Di Bali, ada es krim legendaris yang pembuatnya Italia. Kelezatan es krim dari kedai yang telah beroperasi puluhan tahun itu sudah tersohor hingga mancanegara. Terutama perihal varian rasa yang unik.

Es krim enak dan legendaris di Indonesia dari kedai ini memiliki pilihan rasa anti mainstream seperti chocolate chilli, jasmine tea, hingga kemangi dan serai. Unik sekali, ‘kan? Meski begitu, tidak perlu takut es krim ini tidak dapat dinikmati karena komposisinya telah disesuaikan sehingga nikmat di lidah. Harganya? Mulai Rp20.000,- saja.

Baca juga :  7 Street Food Belanda Wajib Coba

8. Es Krim Angi

Es Krim Angi
image credit : https://myeatandtravelstory.wordpress.com

Kota Pontianak juga memiliki kedai yang menawarkan es krim legendaris enak. Namanya Kedai Es Krim Angi. Namun, kedai ini lebih populer dengan sebutan Es Krim Petrus karena lokasinya di seberang SMP-SMA Petrus Pontianak. Di sini, pengunjung akan diajak untuk menikmati es krim dengan cara berbeda, yaitu menggunakan alas batok kelapa.

Jadi, varian rasa es krim yang dipilih konsumen kemudian akan diletakkan di dalam batok kelapa kosong. Setelah itu, ditambahkan dengan jelly, kacang merah, dan cincau. Penyajian tersebut membuat rasa dan aroma es krim lebih kuat. Harganya pun relatif murah, hanya Rp20.000,- untuk pilihan dua varian es krim.

9. Es Krim Rasa Bakery & Café Bandung

Es Krim Rasa Bakery & Café Bandung
image credit : https://myeatandtravelstory.wordpress.com

Kota kembang yang memang dikenal dengan kuliner-kuliner lezatnya pun tidak ingin absen. Keunikan dari es krim di kedai ini adalah wadah penyajian yang unik. Ada pilihan batok kelapa, kulit nanas, semangka, dan lain-lain. Anda bebas memilih wadah yang diinginkan. Varian es krim yang Anda pilih kemudian akan disajikan di situ.

Untuk menu es krim dari kedai ini dipatok dengan harga mulai Rp25.000,- per porsi. Tidak hanya es krim saja, Anda juga mendapatkan toping buah-buahan segar dengan membayar senilai harga tersebut. Cukup murah untuk daerah wisata ibukota Jawa Barat ini.

10.  Baltic

Baltic
image credit : https://www.qraved.com

Berdiri sejak tahun 1939, Baltic merupakan es krim jadul yang wajib dicoba. Menawarkan harga murah mulai Rp8.000,- saja per cup, Baltic memiliki variasi rasa yang unik, salah satunya rum raisin. Es krim ini sudah dikemas dalam wadah cup berpenutup selayaknya es krim modern, sehingga mudah untuk dibawa ke mana-mana.

Banyak sekali bukan es krim enak dan legendaris di Indonesia yang dapat Anda cicipi? Keunggulan dari es krim homemade semacam ini adalah kandungan lemak jenuh yang rendah karena terbuat dari susu murni tanpa campuran bahan kimia seperti pengawet dan pemanis buatan.



Leave a Reply