10 Wisata di Zagreb, Tawarkan Pemandangan Cantik dan Unik


Jehan  November 18, 2022  0 Comment

Kota Zagreb merupakan kota terbesar sekaligus ibu kota dari negara Kroasia ini yang menyimpan beragam sudut cantik dan menarik yang bisa kamu kunjungi sebagai destinasi wisata.

Mulai dari wisata alam hingga wisata edukasi yang penuh dengan sejarah akan membawamu berpetualang! Mau tahu apa saja yang istimewa dari Zagreb ini?

Berikut 10 rekomendasi wisata di Zagreb yang bisa kamu coba:

1. Ban Josip Jelačić Square

ban josip jelačić square
tripadvisor.com

Ban Josip Jelačić Square merupakan sebuah alun-alun di kota Zagreb yang cukup ikonik. Bahkan warga lokal Zagreb seringkali membuat janji pertemuan di alun-alun ini.

Berkunjung ke Ban Josip Jelačić Square menjadi piihan tepat untuk merasakan suasana Zagreb dan segala bentuk lokalitasnya. Di alun-alun ini kamu bisa melihat beragam aktivitas dari kesibukan hidup masyarakat lokal sehari-hari.

Saat datang ke alun-alun ini, kamu akan melihat sebuah patung berkuda Ban Josip Jelačić, dia adalah seorang pahlawan nasional Zagreb. Dari titik tempat patung ini berada, kamu bisa memperhatikan sekelilingmu dengan seksama.

Bangunan-bangunan yang ada di sekitar Ban Josip Jelačić Square ini akan membuatmu kagum dengan segala detail model bangunan abad ke-19. Kamu bisa menikmati struktur bangunan ala Art-Nouveau, Post-modernisme, dan Biedermeier saat berkunjung ke alun-alun Zagreb.

Gotravelly Review

Baca juga: Tempat Wisata Baru Di Jogja Yang Tawarkan Pemandangan Dari Ketinggian!

Baca juga: Tempat Wisata Menarik Diatas Bukit, Pemandangan Dan Spot Instagramable

2. Croatian National Theatre

croatian national theatre
expatincroatia.com

Croatian National Theatre menjadi salah satu destinasi yang banyak menarik hati para wisatawan. Gedung teater ini merupakan karya dari Zagreb neo-barok sejak tahun 1895. Di sini kamu bisa menimati berbagai macam pertunjukan, seperti drama, opera, dan balet dengan harga yang cukup terjangkau.

Jika ini merupakan pengalaman pertamamu datang ke sebuah teater, kamu bisa mencoba menghadiri acara ballet atau opera yang diselenggarakan.

Kedua acara tersebut akan lebih mudah untuk kamu nikmati, apabila kamu memiliki hambatan bahasa. Jika kamu ingin mengunjungi tempat ini, kamu bisa memulai perjalananmu dari titik alun-alun Zagreb. Kamu hanya butuh waktu 10 menit saja dengan berjalan kaki.

3. Medvednica Mountain

medvednica mountain
projectexpedition.com

Medvednica merupakan salah satu wisata di Zagreb yang bisa kamu coba jelajahi. Medvednica merupakan sebuah gunung yang berada di Kroasia Tengah, tepatnya di sisi utara Zagreb.

Puncaknya yang bernama Sljeme memiliki ketinggian 1.035 m, sangat cocok sebagai tempat petualangmu yang ingin melakukan kegiatan fisik outdoor. Selama pendakian berlangsung, kamu akan disambut dengan pemandangan luar biasa dari gunung Medvednica.

Apabila kamu tidak begitu nyaman dengan kegiatan pendakian, kamu masih bisa menikmati keindahan gunung ini menggunakan fasilitas kereta gantung  yang ada di Medvednica. Kereta gantung yang ada di sini cukup dikenal sebagai kereta gantung dengan fasilitas yang baik dan nyaman untuk para wisatawan.

4. Tkalčićeva Street

tkalčićeva street
pinterest.com

Tkalčićeva menjadi salah satu jalan yang cukup populer dan sering dikunjungi oleh para wisatawan saat berkunjung ke Zagreb. Jalan ini menyuguhkan banyak hal yang akan mewarnai liburanmu.

Saat kamu berkeliling ke Tkalčićeva, kamu akan melihat deretan butik-butik kecil yang menjual berbagai macam barng serta pernak-pernik, lalu ada toko tradisional, restoran, dan kafe.

Berkeliling di Tkalčićeva akan memberimu suasana yang menyenangkan ditambah dengan keramahan warga lokal yang akan semakin membuatmu merasa nyaman saat menjelajahi salah satu sudut jalanan Zagreb ini.

Ketika kamu berkunjung ke Tkalčićeva, kamu dapat mencoba berbagai macam tempat dan restoran internasional khas Kroasia, atau bahkan menyaksikan acar outdoor yang ada di sudut jalan. Selain itu, apabila kamu menginginkan hal lebih kamu juga bisa mengikuti tur keliling kota dengan menyewa jasa pemandu wisata.

Tkalčićeva menjadi satu destinasi yang bisa kamu kunjungi setiap waktu, karena lokasi jalan yang satu ini akan selalu hidup untuk menyapa para wisatawan.

5. Zagreb Zoo

zagreb zoo
www.poparh.hr

Rekomendasi yang satu ini mungkin cocok kamu coba kunjungi jika kamu pergi bersama keluarga kecilmu. Mungkin anak-anak akan lebih tertarik dengan destinasi yang satu ini. Namun jika kamu seorang dewasa sendiri pun tidak ada salahnya untuk datang ke Zagreb Zoo.

Zagreb Zoo terletak di Maksimir Park yang sangat luas. Kebun binatang ini merupakan rumah untuk 350 spesies hewan dengan jumlah lebih dari 7800 hewan dari berbagai macam benua.

Zagreb Zoo cukup mudah untuk dijangkau dengan transportasi umum. Kamu bisa memilih menggunakan transportasi umum trem atau bus kota untuk sampai ke salah satu destinasi wisata di Zagreb ini.

6. Croatian Museum of Naive Art

croatian museum of naive art
tripifyapp.com

Apa kamu penyuka dan penikmat sebuah seni? Jika iya, coba datanglah ke Croatian Museum of Naive Art. Museum ini akan memberimu sudut pandang baru tentang karya seni yang dibuat oleh para seniman.

Croatian Museum of Naive Art menjadi salah satu rekomendasi wisata di Zagreb untukmu yang menyukai hal unik atau menginginkan pengalaman berbeda. Berkunjung ke museum Naiv Art pertama di dunia ini akan menjadi perjalanan seru yang mewarnai harimu di Zagreb.  

Museum ini dibuat sebagai bentuk dedikasi kepada seniman dengan aliran Naive Art abad ke-20. Koleksi yang ada di museum ini cukup beragam, ada lukisan, patung, gambar dan cetakan yang dari seniman lokal maupun seniman internasional lainnya.

7. Maksimir Park

maksimir park
croatiaweek.com

Taman Maksimir atau juga disebut Maksimirirski Perivoj, merupakan salah satu taman publik tertua yang ada di Zagreb. Tempat ini sangat cocok untuk siapa saja yang ingin merasakan suasana tenang sekaligus bersantai saat berkunjung ke Zagreb.

Di taman Maksimir pengunjung akan disuguhkan dengan beragam jenis tumbuhan dan hewan yang ada di sana. Tempatnya yang teduh akan membuatmu merasa nyaman saat berkunjung.

8. Museum of Illusions

museum of illusions
timeout.com

Kunjungan ke Museum of Illusions di Zagreb tidak akan pernah salah untuk dipilih. Bersama siapapun kamu berkunjung ke Zagreb untuk berlibur, museum ini menjadi destinasi yang paling pas untuk dinikmati.

Museum yang satu ini akan membawamu berpetualang dengan dunia ilusi yang mempesona.

Saat berkunjung ke museum ini, kamu tidak sekadar menikmati suatu karya saja, melainkan Museum of Illusions akan mengajakmu berpartisipasi melalui karya-karya yang ada di sana.

Bersiaplah untuk masuk ke dunia ilusi bersama Museum of Illusions!

9. Gornji Grad – Upper Town

gornji grad upper town
franks-travelbox.com

Gornji Grad merupakan sudut distrik yang ada di Zagreb. Dijuluki sebagai upper town atau kota atas karena lokasinya yang ada di lereng bukit di atas Donji Grad. Letak Gornji Grad ada di tengah kota, dan seringkali menjadi distrik yang banyak dikunjungi wisatawan.

Gornji Grad akan menyuguhkan pemandangan unik dengan gaya khas jalanan yang berbatu, atau atap ubin dengan warna merahnya,

Saat berkunjung ke distrik ini, kamu bisa ke berbagai macam lokasi ikonik yang ada di sana, seperti: Stone Gate, Zagreb Cathedral, and the Bloody Bridge.

Distrik ini tidak akan pernah membuatmu bosan karena banyak hal yang dapat kamu jelajahi selama berada di Gornji Grad.

10. Museum of Broken Relationships

museum of broken relationship
hotel-dubrovnik.hr

Kamu tertarik dengan sesuatu yang berbeda dan unik? Coba lah berkunjung ke museum barang mantan yang satu ini. Di sana akan memberimu pengalaman yang cukup unik dan mengesankan. Museum of Broken Relationships ini diisi dengan koleksi barang-barang yang memiliki cerita tentang hubungan yang telah berakhir.

Jika kamu berkunjung ke museum ini, kamu akan melihat beragam cerita yang didapat dari berbagai penjuru dunia. Kamu akan mendapat pengalaman emosi yang beragam saat berkunjung ke sini.  

Dari ke 10 tempat wisata di Zagreb tersebut, destinasi mana yang ingin kamu kunjungi pertama kali?

Rencanakan liburanmu dengan berkunjung ke salah satu ibu kota sekaligus kota yang terbesar di Kroasia ini secepatnya. Pastikan kamu berkeliling ke semua tempat menarik saat berkunjung ke Zagreb ya.



Leave a Reply