Yuk Jelajah 10 Museum Unik di Sumatera Utara


Fida  October 19, 2022  0 Comment

Sumatera Utara dikenal sebagai salah satu provinsi tujuan wisatawan untuk menghabiskan waktu berlibur. Ada cukup banyak pilihan tempat wisata yang populer di Sumatera Utara, salah satunya adalah wisata alam Danau Toba. Selain tempat wisata alam, Sumatera Utara juga menawarkan wisata edukasi dan bersejarah seperti museum. Berikut daftar 10 rekomendasi museum unik di Sumatera Utara yang sayang untuk kamu lewatkan. 

1. Museum Batak

museum batak
travel.detik.com

Saat ingin mengunjungi salah satu museum unik di Sumatera Utara, tidak ada salahnya jika kamu datang ke Museum Batak. Museum yang satu ini sudah cukup populer dan dapat kamu kunjungi di Jalan Pagar Batu No. 88, Desa Silalahi, Kecamatan Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara. Lokasinya yang cukup mudah dicari menjadikan museum ini sayang untuk kamu lewatkan saat datang ke Sumatera Utara. 

Museum Batak yang didirikan oleh T. B. Silalahi ini telah diresmikan sejak 18 Januari 2011 oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden RI. Museum yang satu ini memiliki luas bangunan sekitar 5 ha dan terdiri dari 4 lantai. Terdapat beberapa bagian ruangan di Museum Batak seperti Ruang Pamer Indoor, Ruang Pamer Temporer, Ruang Pamer Benda Khusus, Ruang Audio Visual, Ruang Edukasi, hingga Sky Restaurant dan Outdoor Museum. 

Pengunjung yang datang ke Museum Batak juga akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas seperti adanya akses wi-fi, TV layar sentuh sebagai sarana informasi, convention hall, kolam renang, cafetaria, dan masih banyak lagi. Di museum ini, pengunjung juga dapat menikmati berbagai benda bersejarah seperti artefak, senjata dan alat perang, peralatan kecantikan suku batak, patung, miniatur dan benda benda bersejarah lainnya. Saat berencana mengunjungi museum unik di Sumatera Utara, Museum Batak dapat menjadi tujuan tepat yang bisa kamu datangi. 

Gotravelly

Museum Olahraga, Wisata Edukasi Seru Tentang Dunia Olahraga

Wisata Sejarah Di Keraton Sumenep, Satu-Satunya Keraton Di Jawa Timur

2. Museum Huta Bolon Simanindo

museum huta bolon simanindo
getlost.id

Museum Huta Bolon Simanindo juga merupakan salah satu museum unik di Sumatera Utara yang bisa kamu datangi. Museum yang satu ini terletak di kawasan Desa Simanindo, Kelurahan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Museum yang merupakan rumah adat warisan Raja Sidauruk ini telah berdiri sejak tahun 1969. 

Saat datang ke Museum Huta Bolon Simanindo, kamu akan dimanjakan dengan beberapa suguhan rumah adat milik Huta Bolon Simanindo. Rumah adat yang disuguhkan memiliki bentuk bangunan serta arsitektur yang unik. Oleh karena itu, tidak heran jika Museum Huta Bolon Simanindo berhasil menarik perhatian wisatawan dari berbagai daerah. Museum ini juga menyuguhkan beberapa koleksi peninggalan leluhur batak seperti pustaha laklak, tunggal panaluan, solu bolo, serta parhalaan. 

Untuk masuk dan menyusuri kawasan museum, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 30.000,- per orang. Kamu dapat datang dan berkunjung ke Museum Huta Bolon Simanindo mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore setiap harinya. Di museum ini, kamu dapat menghabiskan waktu berlibur sekaligus mengetahui hal hal baru tentang sejarah. Kamu dapat mengunjungi museum ini bersama teman maupun kerabat. Lokasinya yang sangat strategis juga menjadikan Museum Huta Bolon Simanindo sayang untuk kamu lewatkan saat berkunjung ke Sumatera Utara. 

3. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

rahmat international wildlife museum and gallery
indonesiatraveler.id

Bagi kamu pecinta satwa, Rahmat International Wildlife Museum & Gallery menjadi rekomendasi museum unik di Sumatera Utara yang bisa kamu datangi. Tempat yang satu ini dikenal sebagai lembaga konservasi serta sarana rekreasi. Pengunjung akan dibuat betah saat datang dan menghabiskan waktu berlibur di museum ini. 

Terdapat lebih dari 2600 spesies yang dapat kamu nikmati saat berkunjung ke Rahmat International Wildlife Museum & Gallery. Museum yang satu ini menawarkan beberapa koleksi atau pajangan buatan yang tampak seperti nyata. Tidak hanya itu, Rahmat International Wildlife Museum & Gallery juga menawarkan pengalaman seru menyusuri Night Safari. Night Safari merupakan ruangan yang didesain khusus sehingga pengunjung dapat merasakan suasana hutan yang menyeramkan di malam hari. Seru sekali bukan? 

Untuk datang dan menikmati berbagai fasilitas museum, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 75.000,- per orang. Dengan begitu, pengunjung sudah dapat menyusuri museum sekaligus mendapat snack gratis. Untuk pelajar, harga tiket masuk yang ditawarkan yakni Rp 25.000,- dengan minimal 25 siswa/siswi, sedangkan bagi wisatawan asing Rp 150.000,- per orang. Bagi anak anak di bawah usia 3 tahun, tidak dikenakan biaya alias gratis. Museum ini dapat dikunjungi mulai pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore setiap harinya. Kamu dapat datang ke Rahmat International Wildlife Museum & Gallery yang beralamat di Jalan S. Parman No 309, Medan, Sumatera Utara. 

4. Museum Negeri Sumatera Utara

museum negeri sumatera utara
tribunnewswiki.com

Museum Negeri Sumatera Utara dapat menjadi tujuan berlibur kamu berikutnya saat berada di Sumatera Utara. Sebutan museum ini juga kerap disingkat menjadi Museum Negeri Provsu. Telah dibangun sejak tahun 1954, museum ini kemudian diresmikan pada tanggal 19 April 1982. Museum yang juga mendapat julukan sebagai salah satu museum terbaik di Indonesia ini dapat kamu kunjungi di Jalan H. M. Jhoni No. 51, Medan, Sumatera Utara. 

Saat datang ke Museum Negeri Sumatera Utara, kamu akan dimanjakan dengan bentuk bangunan yang unik dan terdiri dari 2 lantai. Terdapat beberapa pembagian ruangan seperti Ruang Pameran Temporer, Ruang Audio Visual, Ruang Pameran Tetap, dan masih banyak lagi. Selain ramai dikunjungi masyarakat lokal, tidak jarang Museum Negeri Sumatera Utara juga didatangi oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Terdapat kurang lebih 6779 koleksi yang dapat kamu jumpai di Museum Negeri Sumatera Utara. Koleksi yang disuguhkan meliputi replika hewan khas Sumatera, diorama kehidupan prasejarah, replika fossil manusia purba, senjata tradisional, hingga benda benda bersejarah lainnya. Saat ingin menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi salah satu museum unik di Sumatera Utara, Museum Negeri menjadi tujuan tepat yang bisa kamu datangi.

5. Museum Pusaka Nias

museum pusaka nias
museum-nias.org

Tidak perlu bingung menentukan tujuan saat ingin datang ke salah satu museum unik di Sumatera Utara, kamu dapat mengunjungi Museum Pusaka Nias. Museum yang satu ini berlokasi di kawasan Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara. 

Awal mula museum ini dibuat adalah karena Pastor Johannes H. Hammerle selaku misionaris Gereja Katolik telah memulai untuk mengoleksi benda benda bersejarah. Koleksi benda benda bersejarah tersebut dimulai pada tahun 1972. Beberapa koleksi Pastor Johannes diantaranya benda budaya hingga seni sejarah masyarakat Nias. Setelah melalui beberapa tahapan dan kendala, akhirnya Museum Pusaka Nias mendapat persetujuan untuk didirikan. 

Pendirian Museum Pusaka Nias pertama kali disetujui pada 16 September 1993 oleh Kakanwil Debdikbud Prov. Sumatera Utara. Hingga saat ini, Museum Pusaka Nias masih menjadi salah satu museum unik di Sumatera Utara favorit wisatawan. Pengunjung akan dimanjakan dengan banyaknya koleksi serta fasilitas lengkap seperti penginapan, cafe, hingga mini zoo. 

Saat berkesempatan datang ke Sumatera Utara, tidak ada salahnya jika kamu mengagendakan untuk mengunjungi Museum Pusaka Nias. Kamu dapat mencoba sensasi berwisata sekaligus mengetahui banyak hal baru di museum yang satu ini. 

6. Tjong A Fie Mansion

tjong a fie mansion
travel.tempo.co

Di antara banyaknya pilihan museum unik di Sumatera Utara yang bisa didatangi, Tjong A Fie Mansion menjadi salah satu yang sayang untuk kamu lewatkan. Tjong A Fie Mansion merupakan tempat bersejarah yang terletak di Jalan Jend. Ahmad Yani No. 105, Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan.

Saat mengunjungi Tjong A Fie Mansion, kamu akan dimanjakan dengan bentuk bangunan yang unik dan merupakan perpaduan arsitektur Cina, Eropa, dan Melayu. Bangunan yang satu ini juga termasuk ke dalam daftar bangunan cagar budaya di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Karena keunikannya, tidak heran jika Tjong A Fie Mansion berhasil membuat wisatawan penasaran dan ingin mengunjunginya. Untuk menyusuri kawasan museum ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 35.000,- per orang. Jam kunjungan museum ini juga hampir sama dengan museum lainnya yakni mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore setiap harinya. 

Bagi kamu pencinta wisata sejarah dan budaya, Tjong A Fie Mansion tentu menjadi pilihan wisata yang sangat tepat untuk kamu datangi. Kamu dapat mengunjungi museum ini bersama teman maupun keluarga. Selain mempelajari hal hal bersejarah, di sekitar museum ini kamu juga akan dimanjakan dengan suasana yang sejuk. Museum unik di Sumatera Utara yang satu ini tentu sayang untuk tidak kamu datangi. 

7. Tjong Yong Hian Gallery

Museum Unik di Sumatera Utara
pariwisatasumut.net

Selain Tjong A Fie Mansion, kamu juga dapat mengunjungi museum unik di Sumatera Utara lainnya yakni Tjong Yong Hian Gallery. Museum yang satu ini berlokasi di Jalan Kejaksaan, Petisah Tengah, Kecamatan Medan, Kota Medan. Tidak sedikit wisatawan yang penasaran dan ingin mengunjungi tempat wisata bersejarah di Medan yang satu ini.

Sesuai dengan namanya, Tjong Yong Hian Gallery merupakan galeri atau museum milik Tjong Yong Hian. Tjong Yong Hian dulunya merupakan orang terkaya di Kota Medan yang sekaligus merupakan pengusaha dan pemimpin masyarakat. Tokoh Tjong Yong Hian juga menjadi salah satu kontributor pertumbuhan Kota Medan. Saat mengunjungi Tjong Yong Hian Gallery, kamu juga akan menjumpai makam Tjong Yong Hian dan sang istri. Pengunjung juga dapat mengetahui sejarah hidup Tjong Yong Hian. 

Museum yang satu ini kemudian diresmikan pada 29 Oktober 2011 oleh Wali Kota Medan yakni Rahudman Harahap. Peresmian museum ini ditujukan untuk mengenang sosok Tjong Yong Hian. Setiap harinya, museum ini dibuka pada pukul 08.00 hingga 17.00. Pengunjung juga tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. 

Di sisi kanan pintu masuk, pengunjung akan menjumpai adanya batu prasasti yang bertuliskan beragam bahasa yakni Bahasa Belanda, Bahasa Arab, dan Bahasa Tionghoa. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan adanya taman yang sangat terawat serta patung dan ornamen lainnya. 

8. Museum Perjuangan TNI

museum perjuangan tni
pariwisatasumut.net

Museum Perjuangan TNI juga dapat menjadi pilihan tepat untuk dikunjungi bagi kamu yang ingin datang ke salah satu museum unik di Sumatera Utara. Museum yang satu ini dapat dikunjungi oleh wisatawan pada hari Senin – Jumat pukul 7 pagi hingga 3 sore. Untuk masuk dan menyusuri kawasan museum, pengunjung hanya perlu membayar sukarela dan tidak dipatok biaya tiket masuk. 

Tidak jauh berbeda dengan museum lainnya, Museum Perjuangan TNI juga memiliki beberapa bagian ruangan yang terdiri dari Ruang Pamer, Ruang Pamer Temporer, Ruang Penyimpanan Koleksi, hingga Ruang Perpustakaan. Di museum ini, kamu dapat menjumpai banyak jenis peninggalan sejarah. Tidak hanya perlengkapan militer bersejarah, pengunjung juga dapat melihat langsung adanya peninggalan arkeologi, relief, senirupa, hingga monumen. 

Setelah melalui perjalanan panjang, Museum Perjuangan TNI berhasil diresmikan pada tanggal 5 Oktober 1996 oleh Pangdam 1 Bukit Barisan. Saat berencana menghabiskan waktu berlibur di kawasan Sumatera Utara, museum yang satu ini juga dapat menjadi rekomendasi tujuan yang tepat untuk kamu datangi. 

9. Museum Pusaka Karo

museum pusaka karo
travel.kompas.com

Tidak akan kehabisan tujuan saat kamu ingin mengunjungi museum unik di Sumatera Utara, Museum Pusaka Karo dapat menjadi salah satu pilihan tepat untuk dikunjungi. Museum yang satu ini berlokasi di kawasan Jalan Perwira, Berastagi, Gundaling, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Tidak sedikit wisatawan yang datang ke Karo dan penasaran untuk datang ke Museum Pustaka Karo. 

Museum Pusaka Karo dibangun pada tahun 2010 atas gagasan dari misionaris Belanja, Joosten Leonardus Edigius. Setelah selesai pembangunan, Museum Pustaka Karo kemudian diresmikan pada 9 Februari 2013 oleh Ahman Sya dan Lisa Tirto selaku Direktur Jendral Ekonomi Kreatif Berbasis Seni dan Budaya. Gedung museum ini dulunya merupakan bekas Gereja Katolik Santa Maria.  

Di museum ini, kamu akan dimanjakan dengan banyaknya peninggalan sejarah masyarakat adat Karo. Terdapat lebih dari 1000 koleksi yang dapat dinikmati oleh wisatawan saat datang ke Museum Pusaka Karo. Pengunjung juga akan mendapat banyak pengetahuan baru karena di museum ini terdapat informasi berupa penjelasan yang jelas dengan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Lengkap sekali bukan? 

10. Museum Situs Kota China

museum situs kota china
m.tribunnews.com

Pernah mendengar sebutan Museum Situs Kota China? Museum Situs Kota China merupakan salah satu museum unik di Sumatera Utara yang terletak di tepi Danau Siombak, tepatnya di Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan.

Museum yang satu ini dikenal sangat bersejarah dan sangat cocok untuk dikunjungi bagi kamu pecinta sejarah. Untuk menyusuri kawasan museum, pengunjung juga dikenakan biaya tiket masuk yang terbilang cukup terjangkau. Beberapa peninggalan sejarah yang dapat kemu jumpai di museum ini diantaranya ada koin koin kuno, tulang belulang, hingga prasasti Hindu dan Budha yang masih tersimpan rapi. 

Pengunjung dapat mengetahui sekaligus mempelajari banyak hal baru saat datang ke Museum Situs Kota China. Museum ini menjadi destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama teman maupun kerabat. Saat berkunjung ke Medan, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan datang dan berwisata sejarah di museum yang satu ini. 

Nah, itulah daftar 10 rekomendasi museum unik di Sumatera Utara yang bisa kamu datangi. Saat berencana menghabiskan waktu berlibur di Sumatera Utara, tidak ada salahnya jika kamu mengagendakan untuk datang dan mengunjungi salah satu rekomendasi museum unik di atas. Tidak hanya mengesankan, kamu juga akan mengetahui banyak hal baru dengan mengunjungi salah satu museum unik di Sumatera Utara. Menarik sekali bukan? 



Leave a Reply