Daftar Gunung di Garut yang Sajikan Pemandangan Atas Awan


Rio Handika  December 10, 2023  0 Comment

Mengunjungi tempat wisata berupa pegunungan di Garut ternyata juga seru loh. Terdapat banyak gunung di Garut yang punya pemandangan alam menakjubkan termasuk sensasi di atas awan. Langsung saja, berikut rekomendasi gunung terbaik di Garut yang wajib kamu kunjungi:

Wisata Alam Gunung di Garut

gunung di garut
unsplash.com

1.   Gunung Talagabodas

Pertama adalah Gunung Talagabodas yang posisi sebenarnya ada di dua daerah yakni Garut dan Tasikmalaya. Pengunjung yang datang ke Gunung Talagabodas mayoritas sengaja melakukan kamping. Talagabodas termasuk sebagai salah satu gunung berapi di Indonesia.

Ketinggian Gunung Talagabodas yakni 2.201 mdpl yang pemandangan alam di sekitarnya luar biasa. Bagi kamu yang belum punya pengalaman mendaki jangan khawatir datang ke sini. Pasalnya area pendakiannya tidak sulit dan juga jalanannya bagus.

Lokasi Gunung Talagabodas ada di Kec.Wanaraja, Garut, Jawa Barat

2.   Gunung Wayang

Kedua ada Gunung Wayang yang memiliki ketinggian 2.182 mdpl. Gunung di Garut yang satu ini menjadi tujuan mendaki banyak para pendaki termasuk untuk panjat tebing. Dari atas kamu bukan hanya bisa melihat awan namun juga bisa melihat area sawah penduduk.

Pecinta pemandangan hijau di pegunungan wajib datang ke Gunung Wayang. Apabila datang di hari libur kemungkinan ada banyak pendaki lainnya yang datang. Pastikan membawa peralatan pendakian lengkap untuk berjaga-jaga jika sewa alat pendakian habis.

Lokaso: Wayang ada di Pasirlangu, Kec.Pakenjeng, Kab.Garut

3.   Gunung Putri

Ketiga ada Gunung Putri yang sudah terkenal karena punya nilai sejarah dan legenda. Posisi gunungnya menempel dengan gunung lainnya bernama Gunung Guntur. Banyak yang datang ke Gunung Putri karena lokasinya menjadi salah satu objek wisata menarik.

Tujuan utama orang yang berwisata ke Gunung Putri adalah untuk wisata religi. Alasan kenapa banyak yang mengunjungi Gunung Putri karena di sana ada petilasan dari Putri Intan Dewata. Ketinggian gunungnya adalah 1.400 mdpl dengan banyak objek wisata pada posisi puncaknya.

Baca juga :  10 Wisata Alam di Selandia Baru Tawarkan Aktifitas Liburan Seru

Lokasi: Putri ada di Rancabango, Kec.Tarogong Kaler, Kab.Garut, Jawa Barat

4.   Gunung Sadahurip

Gunung di Garut keempat adalah Gunung Sadahurip yang sempat membuat geger masyarakatt Indonesia. Masyarakat kaget karena bentuk gunungnya sekilas mirop dengan piramida. Sampai sekarang belum ada bukti yang nyata terkait dengan Gunung Sadahurip adalah piramida.

Tingginya 1.300 mdol dengan julukan sebagai Gunung Diengnya Garut. Suasana di sekitar gunung masih asri karena masih minim pengunjung. Pada pagi hari jika kamu mendirikan camp di Gunung Sadahurip maka bisa melihat langsung pemandangan hijau dari atas gunung.

Lokasi Gunung Sadahurip ada di Sindanggalih, Kec.Karangtengah, Kab.Garut

5.   Gunung Haruman

Selanjutnya ada Gunung Haruman yang masih jarang masuk dalam daftar pendakian. Lokasinya terletak di Kadungora yang bisa dikatakan sebagai lokasi keramat karena ada banyak makam ulama. Karena banyaknya makam Gunung Haruman tempat ini kemudian disakralkan.

Makam di Gunung Haruman terdiri dar Syekh Jaffar Sidiq dan keluarganya. Ketinggian Gunung Haruman hanya seitar 1.217 mdpl dan lebih terkenal sebagai tempat wisata religi. Ketika momen atau tanggal tertentu ada yang wisatawan datang berkunjung.

Lokasi: Haruman ada di Pesawahan, Kec.Tarogong Kaler, Kab.Garut

6.   Gunung Sagara

Masih ada lagi rekomendasi gunung bernama Gunung Sagara. Julukan lain dari Gunung Sagara adalah Rinjani Van Java karena memiliki pemandangan laut di atas awal menakjubkan. Lokasi Gunung Sagara juga dekat dengan Talaga Bodas dengan ketinggian 2.132 mdpl.

Daya tarik paling kuat dari Gunung Sagara adalah Talaga Bodas itu sendiri dari ketinggian. Pada puncak gunung juga terdapat area camping yang membuat semua orang bisa melihat dari atas. Di Garut Gunung Sagara cukup hits terutama di kalangan pendaki.

Lokasi Gunung Sagara ada di Tenjonagara, Kec.Sucinaraja, Kab.Garut

7.   Gunung Cikuray

Selanjutnya adalah Gunung Cikuray yang masih menjadi bagian dari gunung tertinggi di Jawa Barat. Ketinggian Gunung Cikuray sendiri adalah 2.821 mdpl yang menjadi salah satu gunung terbesar sekarang. Lokasi gunungnya ramai petani karena dijadikan sebagai area perkebunan.

Dari ketinggian kamu pasti bisa melihat berbagai macam perkebunan mulai dari sayur, kayu sampai kopi. Pendaki sangat suka dengan suasana Gunung Cikuray dari atas. Wajar jika kamu bertanya dimana gunung yang paling disukai maka jawabannya adalah Cikuray.

Baca juga :  10 Jalur Pendakian di Eropa Dengan Panorama Memukau

Lokasi Gunung Cikuray ada di Dangiang, Kec.Cilawu, Kab.Garut, Jawa Barat

mendaki gunung
unsplash.com

8.   Gunung Papandayan

Menjadi salah satu gunung yang paling terkenal, Papandayan bahkan menjadi tujuan favorit wisatawan. Pendaki gunung dari seluruh penjuru Indonesia sangat suka dengan nuansa alam Papandayan. Spot foto di area gunungnya juga luar biasa menarik.

Sekilas tempat atau pemandangan Gunung Papandayan terkesan seperti hutan mati. Terdapat bunga edelweiss yang tumbuh liar namun dilarang untuk dicabut. Karena keindahan area hutan yang ditawarkan Papandayan, maka lokasinya pernah dijadikan lokasi syuting film.

Lokasi Gunung Papandayan ada di kec.Cisupan, Kab.Garut

9.   Gunung Guntur

Jika kamu mencari gunung yang menyediakan sumber air panas maka bisa datang ke Gunung Guntur. Wisata air panas Gunung Guntur sering ramai pengunjung apalagi jika mendekati hari libur. Ketinggian Gunung Guntur ada di 2.249 mdpl dan memiliki pemandangan yang indah.

Selain pemandian air panas, pengunjung juga bisa melihat air terjun Citiis. Spot foto yang disajikan oleh Gunung Guntur cukup banyak sehingga kamu tidak perlu takut antri mengambil gambar. Keindahan kota Garut dari ketinggian bisa kamu lihat dari sini.

Lokasi Gunung Guntur yang merupakan cagar alam blok Kamojang Timur ada di

10.   Gunung Karacak

Bisa dikatakan gunung yang bernama Karacak ini menjadi bentangnya Kota Garut. Hadirnya Gunung Karacak sebagai pembatas antara Garut dengan Tasikmalaya. Keindahan area pegunungannya sangat luar biasa dipandang.

Tempat wisata Gunung Karacak terkenal juga dengan Karacak Valley dengan kelebatan hutan pinusnya. Terletak di kaki Gunung Karacak bisa dijadikan sebagai camping ground. Banyak tempat yang dikeramatkan di Gunung Karacak sehingga pengunjung harus paham.

Lokasi Gunung Karacak di bagian tenggara Kota Garut, Jawa Barat

11.   Gunung Nangkod

Bisa dikatakan jika Gunung Nangkod ini sebagai perbukitan dan juga diresmikan sebagai area aerosport. Menpora sangat bangga di Indonesia sudah ada lokasi latihan olahraga tersebut. Pengembangan olahraga aerosport membuat kawasan Gunung Nangkod ramai akan wisatawan.

Disarankan jika datang ke Gunung Nangkod membawa serta keluarga atau rombongan. Pasalnya lokasinya sangat ramai dengan banyak wisatawan bahkan dari luar negeri pada waktu tertentu. Pasti kamu tidak mau melihat pemandangan indah sendirian bukan?.

Baca juga :  10 Wisata Anak di Kuala Lumpur Jadi Tempat Asyik Liburan Keluarga

Lokasi Gunung Nangkod ada di Desa Haruman Sari, Kec.Kadungora, Kab.Garut

12.   Gunung Cikatomas

Selain bisa menikmati keindangan gunung di Garut yang satu ini kamu juga bisa mengunjungi air terjunnya. Gunung Cikatomas tidak terlalu dikenal masyarakat, justru air terjunnya yang lebih terkenal. Untuk menuju area pendakian jalannya sudah diaspal dan bisa dilewati dengan mudah.

Disarankan untuk tidak datang ke Gunung Cikatomas pada malam hari karena suasananya sangat seram. Penerangan di sepanjang jalannya sangat minim apalagi nuansa di pegunungan cenderung dingin.

Lokasi Gunung Cikatomas ada di Panjiwangi, Tarogong Kaler, Kab.Garut, Jawa Barat

gunung di garut
unsplash.com

13.   Gunung Gelap

Pecinta horor wajib datang ke Gunung Gelap yang ada di Garut. Mayoritas orang yang datang selalu mendapat gangguan mistis. Suasana Gunung gelap sesuai dengan namanya yakni auranya gelap, lembab dengan banyak pepohonan tua.

Ada kisah dibalik seramnya Gunung Gelap yakni seorang jawara yang sangat kuat. Berasal dari Pemungpeuk jawara tersebut punya ilmu tingkat tinggi. Tidak ada yang bisa menyentuh sedikit pun dan ia akhirnya bertarung dengan jawara Cisompet.

Lokasi: Gelap ada di Kec.Cisompet, Kab.Garut

14.   Gunung Kamojang

Kamu bisa menikmati keindagan Gunung Kamojang yang di pegunungannya terdapat danau. Posisi danaunya ada di ketinggian 2.124 mdpl yang tak heran jika suhunya mencapai 18 derajat celcius. Kurangnya perawatan area pegunungan membuat jalur trekkingnya tertutupi.

Selain terkenal dengan nama gunungnya, gunung di Garut yang satu ini juga punya cerita mistis. Karena cerita itulah akhirnya banyak yang tidak berani datang ke Gunung Kamojang. Padahal jika dijadikan trek pendakian, Kamojang sangat indah.

Lokasi Gunung Kamojang ada di Barusari, Kec.Pasirwangi, Kab.Garut

15.   Gunung Cinde

Nasib Gunung Cinde tidak jauh dengan nasib Bromo yang sempat kebakaran. Setelah kebakaran pengunjung atau wisatawan yang datang ke gunung makin minim. Padahal area pegunungan setelah kebakaran tumbuh lagi penghijauannya makin subur.

Selain bisa melihat keindahan alam di sekitar pegunungan dari atas kamu juga bisa melihat pemandangan awan. Suasana menyeramkan Gunung Cinde terlihat karena masih jarang yang datang ke sana.

Lokasi Gunung Cinde ada di Dano, Kab.Garut Jawa Barat

source: https://www.youtube.com/@TheSlackerHiker

Jadi sobat GoTravelly itulah dia rekomendasi gunung di Garut yang bisa kamu kunjungi. Mayoritas gunung di Garut memiliki keindahan alam berupa alam yang hijau. Dari atas bahkan kamu bisa melihat keindahan awan serta area pegunungan di sekitarnya.



Leave a Reply