12 Tradisi Unik Ramadhan di Indonesia Bikin Kangen Kampung Halaman


Reni  May 5, 2019  0 Comment



Tradisi Unik Ramadhan di Indonesia wajib banget kamu ketahui. Sebagai salah satu negara yang memiliki mayoritas penduduk beragama islam, ada banyak hal-hal menarik yang bisa dilihat dari Indonesia, salah satunya adalah tradisi unik Ramadhan yang dimilikinya. Untuk kamu yang belum tahu banyak tentang tradisi ini, berikut ini adalah ulasan mengenai tradisi Ramadhan di Indonesia yang perlu kamu tahu. Apa saja?

Berikut Tradisi Unik Ramadhan di Indonesia

1. Bagarakan Sahur, Kotabaru, Kalimantan Selatan

Bagarakan Sahur
kalsel.kemenag.go.id

Tradisi unik Ramadhan pertama yang akan kita bahas adalah tradisi dari Kotabaru, Kalimantan Selatan. Tradisi ini disebut dengan Bagarakan sahur. Tradisi Bagarakan sahur ini adalah sebuah tradisi yang ditujukan pada sebuah kegiatan anak-anak muda di Kotabaru, Kalimantan selatan ini. Kegiatan ini adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak muda sebelum beduk subuh. Tujuannya adalah untuk membangunkan orang-orang untuk menjalankan sahur mereka.

Review kuliner

Sate Karak, Kuliner Legendaris Surabaya Yang Nyaris Punah

Nostalgia Kuliner Tradisional Jawa Yang Lezat Di Sar Londho, Milenial Wajib Coba!

2. Dandangan, Kudus

Dandangan
regional.kompas.com

Dandangan adalah salah satu tradisi unik Ramadhan dari Jawa. Tradisi ini dilakukan dengan cara menabuh beduk yang besar. Biasanya acara ini dilakukan pada 10 hari menjelang hari pertama Ramadhan. Nama dari tradisi ini diberikan dengan inspirasi dari suara tabuhan di tengah beduk.
Pada masa yang lalu, biasanya pengumuman untuk memulai bulan suci Ramadhan dilakukan oleh sunan kudus yang sangat populer dengan pengetahuan astronominya yang kuat. Pada masanya, sunan kudus akan melakukan pengumuman di depan kudus minaret dan orang-orang menyaksikannya akan melakukan tabuhan beduk yang disebut dengan Dandangan ini.
Penabuhan beduk ini dilakukan dengan aturan, tabuhan ini dilakukan 2 kali, yang pertama dilakukan untuk mengumpulkan masa sedangkan tabuhan yang ke dua dilakukan untuk memberikan pengumuman. Untuk waktunya, biasanya event akan diselenggarakan setelah ibadah isya’. Kebiasaan berkumpul pada masa menjelang Ramadhan ini menjadi sebuah tradisi yang hingga kini masih dijaga oleh orang-orang kudus.

3. Dugderan, Semarang

Dugderan

Ulinulin.com

Di Semarang, salah satu tradisi unik Ramadhan yang dilakukan adalah Dugderan. Tradisi ini adalah sebuah tradisi yang dilakukan untuk menyambut kedatangan Ramadhan. Biasanya kegiatan ini dilakukan pada 2 Minggu sebelum bulan Ramadhan di mulai. Dugderan adalah sebuah festival atau pawai yang dilakukan di jalan pada siang hari.
Selain berjalan orang-orang yang mengikuti pawai ini juga akan membawa dan melakukan banyak aksi. Di zaman dahulu, biasanya Dugderan akan disemarakkan dengan suara dari “long” semacam bambu yang diolah supaya dapat menyemburkan api dan menimbulkan suara yang sangat keras, kembang api dan juga tarian japing. Namun saat ini penggunaan dari long ini sudah tidak banyak dilakukan lagi karena faktor keamanan.

4. Festival Ela-Ela, Ternate

Festival Ela-Ela

Travelingyuk.com

Satu lagi festival atau tradisi unik Ramadhan yang bisa ditemukan di Indonesia adalah kebiasaan festival Ela-Ela. Festival ini adalah sebuah festival yang dilakukan masyarakat Ternate untuk menyambut malam Lailatul Qadar. Festival ini bukan merupakan sembarang festival. Festival ini adalah sebuah festival yang dilaksanakan secara rutin dan bahkan masuk agenda kegiatan di Ternate oleh pemerintah Ternate.
Festival dilakukan dengan cara melakukan shalat bersama yang dilakukan di kedaton kesultanan Ternate. Setelah doa bersama di lakukan, maka masyarakat akan berjalan sambil membawa obor yang menyala. Penyalaan api di obor ini merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh masyarakat di Ternate untuk menyambut turunnya malaikat dari surga. Selain membakar obor, biasanya dalam festival ini juga akan dilakukan pembakaran resin yang tujuannya digunakan untuk mengharumkan udara di sekitarnya.

5. Tradisi Meugang, Aceh

Meugang
mercinews.com

Meugang adalah salah satu tradisi unik Ramadhan yang bisa dilihat di Aceh. Di tradisi ini, orang-orang Aceh melakukan kegiatan masak dan juga makan makanan dari bahan dasar kambing selama 1 bulan untuk seluruh keluarga. Tradisi yang memiliki nama lain Mameugang ini merupakan salah satu tradisi yang sudah dilakukan sejak masa kesultanan Aceh yaitu Sultan Iskandar Muda.
Pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda, beliau memerintahkan orang kepercayaannya kerajaannya untuk menyembelih sapi dan membagikan daging pada orang-orang yang miskin. Seperti yang kita tahu, Aceh adalah salah satu daerah istimewa yang ada di Indonesia. Hal ini disebabkan karena daerah ini merupakan daerah kesultanan Islam yang terbesar di Asia pada abad 16 hingga 17. Saat ini tradisi ini tidak dilakukan selama 1 bulan penuh tapi dilakukan pada 2 hari sebelum Ramadhan pertama.

6. Tradisi Nyorog, Jakarta

Nyorog
blogkulo.com

Tradisi unik Ramadhan selanjutnya datang dari daerah ibu kota Jakarta. Tradisi Nyorog adalah sebuah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Betawi selama 1 bulan di bulan Ramadhan. Tradisi ini dipercaya akan menguatkan hubungan antar kerabat dan juga keluarga. Biasanya dalam tradisi ini dilakukan pertukaran hadiah seperti daging, alat makan, makanan dan juga hal-hal penting lainnya.

7. Padusan, Jawa Tengah dan Yogyakarta

Padusan
an-najah.net

Kegiatan menjelang Ramadhan yang unik lainnya datang dari wilayah Jogja dan juga Jawa tengah. Nama dari tradisi ini adalah Padusan. Tradisi ini adalah tradisi yang dilakukan sebelum bulan Ramadhan. Biasanya dilakukan pada kolam yang ada di dekat masjid atau di daerah yang memiliki air dalam jumlah yang besar. Meski begitu ada juga beberapa orang yang melakukannya di rumah saja.
Tradisi ini adalah sebuah tradisi yang sudah dilaksanakan pada era pengajaran wali songo. Tradisi ini digunakan sebagai simbol pembersihan tubuh, hati dan juga pikiran sebelum memulai ibadah di bulan Ramadhan. Namun untuk saat ini tradisi ini biasanya lebih banyak dilakukan oleh orang-orang tertentu yang memiliki kepercayaan Jawa atau kejawen.

8. Pawai Sahur

Pawai Sahur
jawapos.com

Pada dasarnya, ada banyak jenis tradisi unik Ramadhan yang dilakukan dengan cara pawai sahur, contohnya pada daerah-daerah yang disebutkan sebelumnya. Di daerah lain di Indonesia mungkin ada juga kegiatan pawai sahur. Ada yang memiliki nama lain dan ada juga yang tidak memiliki nama. Pawai ini merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan oleh anak-anak menjelang sahur. Di daerah-daerah tertentu biasanya anak-anak akan membawa alat untuk menghasilkan suara. Contoh dari alat-alat ini antara lain adalah kendang, alat dapur, galon atau bahkan menggunakan bambu yang sudah di modifikasi.

9. Ngabuburit

Ngabuburit

jadiBerita.com

Kegiatan selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah kegiatan Ngabuburit. Kegiatan ini adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang menjelang berbuka puasa. Kegiatan ini bisa disebut sebagai sebuah tradisi nasional karena dilakukan oleh seluruh orang di Indonesia. Dalam tradisi ini, orang-orang akan keluar dari rumah mereka di waktu-waktu menjelang buka puasa. Mereka akan berkumpul di tempat tertentu bertukar pendapat dan juga candaan sambil menunggu waktunya berbuka puasa. Setelah Ngabuburit ini biasanya orang akan menjalankan kegiatan buka puasa bersama dan dilanjutkan dengan shalat tarawih bersama.

10. Sahur On The Road

 Sahur On The Road
malangtoday.net

Tradisi unik Ramadhan selanjutnya adalah sahur on the road. Tradisi ini adalah sebuah tradisi yang biasa dilakukan oleh komunitas tertentu. Sahur yang biasanya dilakukan di rumah akan menjadi lebih asyik jika dilakukan dengan rekan di jalan. Selain melakukan sahur sendiri, sahur on the road biasanya juga dilakukan untuk memberikan makanan pada orang-orang yang hidup di jalanan.

11. Buka Puasa Bersama

 Buka Puasa Bersama
malangtoday.net

Merupakan tradisi yang dilakukan untuk menjalin silaturahmi. Seperti yang kita tahu, dalam islam silaturahmi adalah salah satu hal yang sangat penting. Oleh karena itu, menggunakan momen Ramadhan ini banyak orang mengadakan acara buka puasa bersama.

12. Takbiran

Takbiran

Wajibbaca.com

Takbiran adalah tradisi unik Ramadhan yang digunakan untuk menandakan awal dan akhir dari bulan Ramadhan. Kegiatan ini adalah kegiatan yang umum dilakukan di seluruh Indonesia.



Leave a Reply