Wisata

10 Tradisi Unik Menyambut Bulan Suci Ramadhan dari Berbagai Belahan Dunia



Ramadhan adalah salah satu momen yang sangat penting bagi umat islam di berbagai belahan dunia. Oleh karena itu, dalam penyambutan atau pelaksanaannya ada banyak budaya atau tradisi yang sering kali digunakan. Lalu apa saja tradisi menyambut Ramadhan dari berbagai dunia? Untuk kamu yang ingin tahu seasyik apa tradisi Ramadhan di negara-negara yang lain, berikut ini adalah ulasannya.

1. Halloween ala Islam di Uni Emirat Arab

tradisi menyambut Ramadhan
suaramuslim.net

Salah satu tradisi yang menarik yang dimiliki oleh masyarakat islam di belahan dunia timur ini adalah kebiasaan Halloween yang diselenggarakannya. Acara Halloween yang dilakukan pada masa Ramadhan ini tentunya bukan menggunakan pakaian-pakaian hantu tapi menggunakan pakaian adat mereka. Anak-anak yang ada di daerah ini akan menggunakan pakaian adat mereka dan datang ke rumah-rumah untuk mendapatkan kue manis, coklat dan juga permen dan bertukar dengan nyanyian mereka.
Ya, kebiasaan ini memang kebiasaan yang cukup mirip dengan kebiasaan Halloween di Arab. Nama dari kebiasaan ini adalah Haq Al Laila. Bisanya kebiasaan ini dimulai selama 2 Minggu sebelum Ramadhan tiba. Selain di Arab, kebiasaan ini juga dilangsungkan di Kuwait dan juga Qatar dan disebut dengan Garangao.

2. Piknik Iftar di Delhi

tradisi ramdhan di berbagai negara

Hindustan Times

Delhi adalah salah satu kota di India. Ya, seperti yang kita tahu, India adalah sebuah negara yang memiliki penduduk islam dan juga hindu yang banyak. Oleh karena itu kebiasaan islam dan juga hindu banyak yang menyatu seperti halnya kebiasaan islam yang menyatu dengan kebiasaan dan adat Jawa. Salah satu kebiasaan yang saling berbaur ini adalah piknik iftar. Piknik iftar ini adalah sebuah kegiatan yang dilakukan pada bulan Ramadhan oleh masyarakat Delhi baik mereka yang islam maupun yang bukan.
Piknik ini adalah sebuah piknik atau pertemuan yang dilakukan di jalanan setelah magrib tiba. Selain dilakukan di jalan, kegiatan ini juga biasanya juga dilakukan pada teras masjid. Kegiatan ini adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk berbuka secara bersama-sama. Sangat indah bukan keberagaman di Delhi ini?

3. Roadha Mas di Maldives

tradisi unik menyambut ramadhan dari berbagai negara

Maldives Royal Family

Selama ini kita tahu bahwa Maldives adalah sebuah daerah yang memiliki alam yang sangat indah. Tapi untuk kamu ketahui, ternyata selain memiliki alam yang memesona, di Maldives juga ada banyak tradisi yang masuk tradisi menyambut Ramadhan dari berbagai dunia yang unik. Salah satu tradisi ini adalah Roadha Mas.
Roadha Mas adalah sebuah kegiatan tradisional kuno yang dilakukan oleh masyarakat lokal dari Maldives. Kegiatan ini dilakukan dengan cara membuat sebuah puisi yang terdiri dari 3 atau lebih baris yang ritmis seperti khas puisi pada umumnya. Selain kegiatan pembuatan puisi ini, di Maldives juga ada banyak sekali makanan khas Ramadhan yang bisa ditemukan. Mulai dari kulhi boakibaa atau kue ikan, voni boakiba atau kue tepung dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. festival malam hari di Algeria

Ramadhan around the world

Satu lagi tradisi ini unik Ramadhan yang bisa ditemukan di dunia adalah tradisi festival yang diadakan di Algeria. Masyarakat Algeria menjalani puasa mereka dengan cara mengadakan festival di malam hari. Tidak tanggung-tanggung acara festival ini diselenggarakan dari malam hari hingga waktu sahur. Festival ini dilakukan di jalanan dan benar-benar sangat ramai. Mulai dari stan Market dan juga hiburan-hiburan bisa ditemukan di festival ini. Tujuan dari festival ini adalah untuk meningkatkan kedekatan antara satu orang dengan orang lainnya di negara tersebut. Sehingga kerukunan dan persatuan tetap terjaga.

5. permainan drum di kala subuh

tradisi unik ramadhan dari berbagai negara
alarabiya.net

Satu lagi tradisi Ramadhan yang unik di dunia ia adalah tradisi permainan kendang yang dilakukan oleh Mesaharaty. Permainan kendang di kala subuh adalah salah satu hal yang sangat umum pada masa pemerintahan Kerajaan Ottoman. Kebiasaan ini dilanjutkan hingga ke Mesir dan juga negeri Padang pasir lainnya.
Meski ada banyak negara yang memiliki kebiasaan ini, Turki adalah salah satu negara yang memiliki perhatian besar terhadap tradisi ini. Di Turki ketika pemain drum menjalankan tugasnya mereka akan menggunakan kostum tradisional Ottoman. Setiap hari dalam 30 hari sebelum matahari terbit, para member dari Mesaharaty ini akan menggunakan pakaian tradisional Ottoman dan berjalan ke sepanjang jalan dan memainkan drum mereka dengan antusias. Hal ini digunakan untuk membangunkan orang-orang sahur sebelum puasa dimulai.

6. kebiasaan mengecat rumah di Moroko

tradisi unik menyambut ramadhan dari berbagai manca negara

Friendly Morocco

Tradisi menyambut Ramadhan dari berbagai dunia yang unik lainnya datang dari Moroko. Jika biasanya banyak tradisi negara yang melakukan persiapan Ramadhan hanya pada saat Ramadhan atau pada satu atau 2 hari sebelum menjelang Ramadhan, orang-orang di Moroko melakukan persiapan ibadah Ramadhan dari dua hingga 3 Minggu sebelum memulai ibadah puasa mereka.
Selama 2 hingga 3 Minggu sebelum berpuasa, orang-orang di Moroko akan melakukan tradisi mengecat rumah. Rumah di Moroko akan dicat, rumah mereka akan dibersihkan dan juga peralatan makanan mereka juga akan diatur kembali agar rumah terlihat lebih bersih. Menjaga kebersihan adalah salah satu bagian dari iman jadi untuk meningkatkan suasana puasa hal ini dilakukan setiap tahunnya.

7. Nyekar di Indonesia

tradisi nyekar di indonesia
merdeka.com

Nyekar adalah salah satu kegiatan atau tradisi yang cukup meluas di Indonesia. Seperti yang kita tahu, Nyekar adalah salah satu cara yang digunakan oleh orang Indonesia untuk menyapa dan juga memberikan hormat pada nenek moyang mereka yang sudah tidak ada. Ritual ini dilakukan dengan mengunjungi kuburan dari keluarga yang sudah meninggal, menaburkan bunga di atasnya dan juga berdoa. Selain mengunjungi makam keluarga, Nyekar juga biasa dilakukan untuk mengunjungi makam orang penting dalam agama islam di masa lalu.

8. Al Siniya di sebagian Irak

tradisi unik ramadhan

Tradisi menyambut Ramadhan dari berbagai dunia selanjutnya datang dari beberapa daerah yang ada di Irak. Tradisi ini disebut dengan Al siniya atau The Tray. Tradisi ini adalah sebuah tradisi berupa permainan atau game yang dilakukan pada malam hari setelah berbuka puasa. Permainan ini dilakukan oleh para pria bersama dengan keluarga atau rekan mereka.

9. Fanous dari Kairo

Kebiasaan unik selanjutnya datang dari Kairo, kebiasaan Ramadhan dari Kairo ini disebut dengan Fanous. Tradisi ini adalah sebuah tradisi mirip dengan kebiasaan penggunaan pohon natal untuk Ramadhan. Keberadaan dari kebiasaan ini merupakan salah satu hal yang penting dalam sistem Ramadhan di daerah Mesir. Kebiasaan ini dilakukan dengan menghias jalanan dengan menggunakan lampion. Kebiasaan ini merupakan kebiasaan yang sangat penting dan dilakukan setiap tahunnya.

10. kebiasaan puasa terakhir di Pakistan

tradisi ramadhan berbagai negara
t

Menjelang idul fitri, ada kebiasaan untuk yang dilakukan oleh wanita dan gadis di Pakistan. Kebiasaan ini dilakukan dengan cara membeli gelang warna-warni dan juga menghias tangan mereka dengan lukisan yang dibuat dengan henna. Pada saat tersebut, pemilik toko yang akan membuka toko mereka hingga pagi dan juga mendekorasinya dengan sangat indah. Hal ini merupakan tradisi menyambut Ramadhan dari berbagai dunia terakhir yang akan kami sajikan.

Join The Discussion