Lotek: Sajian Khas yang Tak Hanya Sehat tapi Juga Nikmat

lotek jogja

gizeline | Traveler
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | halal
28 Apr 2020


Lotek: Sajian Khas yang Tak Hanya Sehat tapi Juga Nikmat
Tak hanya gudeg, Lotek juga menjadi salah satu kuliner yang banyak sekali diburu saat liburan ke Jogja. Sajian ini disebut sangat sehat tapi juga memiliki cita rasa yang nikmat..

Jogja memang terkenal dengan sajian gudegnya saja. Banyak banget sajian kuliner khas Jogja yang tentu bisa bikin ketagihan. Nah, salah satu sajian khas Jogja yang selalu bikin aku rindu untuk mencobanya lagi lagi dan lagi adalah lotek.

Meskipun sajian ini sangat terkenal di Jogja, namun Lotek diketahui merupakan sajian khas Jawa Barat. Di Jogja sendiri ada banyak banget penjual lotek yang bisa kalian temui. Kebetulan, pas beberapa waktu lalu aku ke Jogja, aku ngga sengaja nemuin penjual lotek di pinggir jalan pas lagi keliling Jogja buat cari makan siang.

Warung lotek ini aku lupa namanya guys, soalnya waktu itu ngga sempet fotoin warungnya. Pokoknya lokasinya ada di Jalan Sultan Agung, pas di depan Pasar Tradisional Sentul. Ngga jauh dari Jembatan Sayidan (kalo kalian dari arah Alun-Alun Utara).

Lotek Jogja

Jadi ini warungnya warung kaki lima gitu guys dan tempat makannya lesehan. Trus di sampingnya ada tempat penjualnya untuk masak. Kalian ngga usah khawatir, meskipun tempatnya kaki lima, tapi bersih kok tempat makannya. Langsung deh aku pesen dua porsi lotek buat aku dan temenku.

Ohya, buat kalian yang mungkin belum familiar dengan lotek, aku bakal jelasin sedikit nih. Jadi emang banyak banget yang bilang kalo lotek ini mirip dengan gado-gado. Tapi menurutku sih beda ya guys. Emang sih, sekilas terlihat mirip tapi komposisinya menurutku berbeda. Sayuran yang ada di lotek ini lebih variatif dibandingkan dengan gado-gado. Biasanya lotek menggunakan bayam, tauge dan juga kol. Kemudian dipadukan dengan lontong atau ketupat yang lembut serta potongan tahu goreng. Ngga lupa ada kerupuk udang diatasnya untuk menambah kenikmatan.

Lotek Jogja

Hal yang membuat lotek beda dengan gado-gado lainnya adalah bumbu kacangnya. Lotek juga menggunakan bumbu kacang guys tapi bahan dari bumbu kacangnya ini diberi tambahan tempe, kencur dan terasi jadi bumbu kacangnya terasa ada kencurnya. Ngga cuma itu, menurutku bumbu kacang lotek terasa lebih manis daripada bumbu kacangnya gado-gado.

Lotek Jogja

Ohya, kalo kalian suka pedes kalian bisa request penjualnya buat nambahin extra cabe. Seporsi lotek ini harganya ngga mahal kok guys, berkisar antara Rp 10.000 sampe Rp 15.000 aja. Dengan harga yang super terjangkau itu, kalian udah bisa makan makanan sehat dan juga mengenyangkan. Ngga jarang juga beberapa orang memakan lotek sebagai salah satu menu diet mereka.

Lotek Jogja

Jadi gimana? Berencana diet dengan makan lotek?

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY