Kuliner

7 Rekomendasi Tom Yum Enak Di Thailand

Apa Anda pernah mencicipi lezatnya masakan tom yum?. Tom yum merupakan kuliner khas negeri gajah putih yaitu Thailand. Tom yum memang bisa juga ditemukan di berbagai tempat di Indonesia, namun tentu akan berbeda dengan aslinya. Jika Anda sedang berwisata ke Thailand, maka Anda harus mencoba kuliner yang satu ini yaitu tom yum paling enak di Thailand.

Asal usul makan tom yum

Menurut sejarah tom yum sudah ada sejak kurun ke-19 sebagai masakan khas keluarga kerajaan Thailand. Kemudian tom yum mulai dikenalkan pada masyarakat jelata di bagian tengah negara Thailand, sehingga menjadi sangat populer sampai dengan seluruh wilayah pelosok Thailand.

Tom yum kaya rempah

Tom yum adalah bahasa Thailand yang terdiri dari kata tom artinya direbus dan yam yaitu rempah-rempah dan sayuran khas Thailand. Untuk itu tom tum memiilki rasa yang sangat kuat dilengkapi dengan rempah-rempah berupan laos, serai, dan daun jeruk purut. Disertai juga dengan bahan lain seperti tomat, cabai, jamur, bawang putih, seledri, jeruk nipis, gula, saus ikan, dan lain sebagainya. Yang membuay tom yum semakin menarik dan lezat adalah terdapat berbagai macam pilihan topping seperti udang, cumi-cumi, atau berbagai macam seafood lain, daging ayam, daging sapi, dan daging babi. Tom yum juga terdiri dari berbagai macam variasi kuah misalnya tom yum kathi yaitu kuah santan, dan lain sebagainya.

7 rekomendasi tom yum enak di Thailand

Setiap pelancong atau wisatawan ke mana pun destinasinya pasti tidak boleh melewatkan sajian kulinernya, termasuk juga di Thailand. Tom yum tidak sulit untuk ditemukan, hampir di seluruh pasar tradisional, modern, bahkan makanan pinggir jalan pasti menyediakan menu tom yum. Dan hampir seluruh restoran makanan khas Thailand pasti menyediakan hidangan andalannya yaitu tom yum. Untuk memudahkan Anda mencari tempat rekomendasi untuk menyantap tom yum, berikut adalah rekomendasi  tom yum paling enak di Thailand.

1.      Tom yam di Jeh O Chula

Jeh O chula merupakan sebuah restoran yang menjual menu tom yam. Jeh O Chula mulai beroperasi sejah pukul 05.30, namun menu utamanya baru dijual pukul 11.00. menu utamanya tentu saja adalah tom yum mama noodle. Tom yum mama noodle dilengkapi dengan topping udang, bakso, cumi, roasted pork, dan daging babi. Kuah tom yum mama noodle memang sangat lezat antara bumbu dan juga mie mama noodle. Kelezatan tom yum ini dijamin akan membuat Anda yang sedang diet menjadi lupa.

Jeh O chula berada di Ban That Thong rd, 113 Charat Muang Road Pathumwan Bangkok Thailand. Untuk sampai di tempat ini, Anda bisa menggunakan transportasi umum BTS dan turun di National Stadium. Kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau menggunakan transportasi online dan tuk-tuk.

Restoran Jeh O Chula ini memang selalu ramai dan antri. Selain menu tom yum, Anda juga bisa menikmati berbagai menu khas Thailand lainnya. untuk tum yom sendiri sebenarnya terdiri dari banyak menu dan harga tergantung topping di dalamnya.

2.      Tom yum di Pe’ Aor Restaurant

Pe’ Aor Restaurant merupakan sebuah kedai yang berada di sebuah gang sempit tepatnya di jalan Soi Petchaburi 5 phaya thai ratchatewi Bangkok Thailand. Pe’ Aor Restaurant menyediakan berbagai macam menu tom yum berdasarkan topping dan ukuran porsi. Kelezatan kuah tom yum di tempat ini yaitu creamy dengan susu dan kaldu udang. Selain itu mie tum yamnya juga tesedia berbagai macam dan Anda bisa memilihnya sesuai selere seperti mie kuning, mie kwetiau, mie telor, bihun, mie hijau organik, glass noodle, dan lain sebagainya. Terdapat juga menu sharing hingga 4 orang atau lebih yang dilengkapi dengan lobster besar.

3.      Tom yum di Inter Restaurant

Tempat rekomendasi tom yum selanjutnya adalah inter restaurant. Letaknya berada di pusat Kota Bangkok yaitu ruko siam square. Tempatnya terdiri dari dua lantai dan terkesan mahal, namun tidak usah khawatir karena ternyata berbagai menu yang disediakan dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Pilihan menu makanan di Inter Restaurant sangat menggugah selera salah satunya adalah tum yom yang bernama tom yum goong.

Aroma tom yum goong sangat segar, sedangkan rasanya sangat gurih, pedas, dan asam. Kesemua rasa tersebut sangat nikmat dan lezat di lidah. Inter restaurant buka mulai pukul 11.00 AM sampai 09.00 PM.

4.      Tom yom gung

tom yam paling enak di Thailand
asianinspirations.com.au

Rekomendasi tom yun enak di Thailand selanjutnya adalah tom yum gung. Tom yum gung di Thailand memang sudah tidak asing lagi, karena mirip dengan cita rasa masakan kuah khas Indonesia. Tum yum gung yang asli Thailand dilengkapi dengan lobster atau udang besar. selain itu juga disertai dengan daun ketumbar, sehingga rasanya menjadi sangat kuat. Anda bisa menemukan tum yom gung hampir di semua kedai atau pasar tradisional di Thailand. Kuah tom yung gung sendiri terdiri dari kuah nam sai, nam khon, dank ha ti yang kesemuanya sangat lezat.

5.      Tom yum pla

tom yam paling enak di Thailand
mamasguiderecipes.com

Tom yum pla merupakan menu tradisional masyarakat pinggir sungai atau laut. Sehingga isian dari tom yum pla terkenal dengan ikan daging tebal yang dipotong kecil-kecil. Cita rasa dari tom yum pla ini sangat menggugah selera yaitu asam pedas. Tom yum pla juga disertai dengan pilihan kuah yaitu nam khon dank ha ti.

6.      Tom yum po taek

tom yam paling enak di Thailand
killingthyme.net

Tom yum po taek tergolong jenis tom yum yang paling digemari oleh wisatawan Indonesia. Tom yum po taek juga sangat cocok bagi para penggemar seafood. Tom yum po taek dilengkapi dengan daging ikan, udang, cumi-cumi, dan juga kerang.

7.      Tom yum gai

tom yam paling enak di Thailand
bonappetit.com

Sedangkan untuk Anda yang tidak suka atau tidak bisa makan seafood, maka Anda harus mencicipi tom yum gai. Tom yum gai merupakan tom yum yang berisikan daging ayam dan jamur pilihan yang berkualitas. adapun daging ayamnya direbus bersamaan dalam rempah kuah tom yum, sehingga sangat nikmat. Anda bisa memilih tom yum gai menggunakan kuah nam sai atau kha ti.

Khusus bagi Anda traveler muslim sebaiknya Anda bertanya terlebih dahulu pada penjual ata sekedar melihat adanya logo halal atau tidak. Hal tersebut dikarenakan negara Thailand merupakan bukan negara Islam dan tidak didominasi oleh agama Islam. Kebanyakan tom yum yang dijual di Thailand mengandung daging merah yang merupakan daging non halal.

Nah itulah sedikit informasi tentang makanan tom yum khas Thailand dan beberapa tempat rekomendasi tom yam paling enak di Thailand. Kuliner Tom yum memang sangat mendunia dan bisa diperoleh hampir di semua restoran berkelas internasional.    

Join The Discussion