10 Rekomendasi Kuliner Enak di Chiang Mai Wajib Coba


sisil angelin  May 24, 2021  0 Comment

kuliner Chiang mai Thailand memang menjadi salah satu negara di Asia yang sangat menyenangkan untuk dijadikan tempat untuk menghabiskan waktu liburan panjang, dan Thailand juga menjadi salah satu negara di Asia sebagai surganya street food. Untuk kalian yang berkunjung ke Thailand tentunya menjelajahi destinasi wisata yang ada di Thailand sangatlah menyenangkan, dan sejarah yang ada dibeberapa bangunan di Thailand juga menjadi pengalaman tak terlupakan saat traveling. Namun selain menjelajahi indahnya bangunan-bangunan yang ada di Thailand jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner lokal dari Chiang Mai, untuk kalian yang belum tau Chiang Mai ini adalah kota yang berada di Utara Thailand, dan Kota Chiang Mai ini juga menjadi kota terbesar di urutan ke 2 setelah Kota Bangkok yang menjadi Ibu kota negara Thailand. Nah dari pada penasaran sama beraneka kuliner lokal yang ada di Kota Chiang Mai langsung aja yuk simak artikel dibawah ini, karena kali ini GoTravelly bakal kasih tau kalian kuliner lokal yang wajib kalian coba!

1. Tam Khanun

 Tam Khanun
tasteatlas.com

Tam Khanun ini adalah kuliner lokal dari Chiang Mai, dan Tam Khanun ini memang kaya akan rasa. Jika kalian sudah pernah mencoba gudeg mungkin kalian berpikir Tam Khanun ini mirip dengan gudeg dari Indonesia. Namun Tam Khanun ini memiliki bumbu khas Thailand yaitu memiliki citarasa pedas khas dari Thailand, dan menggunakan daging nangka. Tam Khanun ini terdiri dari beberapa bumbu yaitu jeruk nipis, tomat, bawang putih, daging nangka, pasta cabe, daun ketumbar, cabe kering, dan citarasa Tam Khanun memang bikin siapa aja nagih sama rasa bumbunya.

review kuliner

Nongkrong Di Ploen Ruedee Night Market, Tempat Kulineran Dan Belanja Souvenir Khas Chiang Mai

Indahnya Blue Temple Chiang Rai – Wat Rong Seur Ten

2. Khao Soi

 Khao Soi
sharontravelogue.com

Khao Soi ini wajib banget kalian coba saat berada di Thailand karena Khao Soi ini memang sangat lezat, dan unik. Jadi Khao Soi terdiri dari mie kuning basah, mie kering, acar timun, cabe, jeruk nipis, dan bawang merah. untuk lauk Khao Soi biasanya menggunakan daging ayam, daging babi, ataupun daging sapi. Tapi bumbu dari Khao Soi ini memiliki perpaduan antara bumbu khas Thailand, dan Myanmar. Jadi saat kalian berada di Kota Chiang Mai pastikan mencicipi kelezatan kuliner yang satu ini ya!

3. Som Tam

 Som Tam
196flavors.com

Kuliner khas Thailand yang akan kita bahas diurutan ketiga ini adalah Som Tam. Jadi Som Tam ini adalah rujaknya orang Laos, namun Som Tam ini sangat disukai orang Thailand makanya tak heran jika Som Tam ini selalu menjadi salah satu kuliner khas Thailand yang wajib dicoba. Jaid Som Tam terdiri dari gula merah, cabai, kecap ikan, jeruk nipis, buah pepaya muda, dan masih banyak lagi campuran Som Tam yang menciptakan rasa segar. Jadi kalian wajib banget nih cobain Som Tam.

4. Gai Yang

Gai Yang
cookpad.com

Gai Yang ini adalah makanan berat, dan Gai Yang ini terdiri dari ayam bakar, bumbu, dan nasi putih. Gai Yang ini memang memiliki tekstur yang juicy, dan bumbu khas dari Thailand ini bikin siapa aja ketagihan untuk memakannya. Nah untuk kamu yang lagi berada di Kota Chiang Mai maka jangan lewatkan untuk mecicipi Gai Yang.

5. Gaeng Hang Lay

Gaeng Hang Lay
atmykitchentable.com

Gaeng Hang Lay ini sebenarnya adalah makanan khas dari Myanmar, namun seiring berjalannya waktu Gaeng Hang Lay ini kini menjadi salah satu kuliner yang terkenal sekali di Thailand, dan kadang wisatawan yang tidak tau Gaeng Hang Lay ini adalah kuliner khas Thailand. Jadi Gaeng Hang Lay ini meiliki citarasa manis, pedas, asin, asam , dan Gaeng Hang Lay ini biasnya menggunakan potongan daging babi yang mengangkat rasa kuah Gaeng Hang Lay.

6. Yam Moo Yor

Yam Moo Yor
sawasdeebudapest.com

Yam Moo Yor ini memang menjadi salah satu kuliner yang wajib banget kalian cicipi saat berada di Kota Chiang Mai. Karena rasa dari Yam Moo Yor memang sangat sempurna. Jadi Yam Moo Yor terdiri dari daging babi giling yang akan dibungkus daun pisang, dan babi giling yang sudah dibungkus dengan daun pisang tersebut akan di tim. Setelah matang daging giling tersebut akan dicampur dengan salad yang terdiri dari tomat, slada, bawang bombay, timun, kecap ikan jeruk nipis, cabai, bawang putih, gula, dan irisan kulit babi yang krispy.

7. Khao Niaw Ma Muang

Khao Niaw Ma Muang
archanaskitchen.com

Khao Niaw Ma Muang ini cocok banget untuk kalian yang suka dengan makanan ringan atau dessert. Jadi Khao Niaw Ma Muang adalah Mango stiky Rice yang terdiri dari irisan buah mangga yang manis, ketan, dan saus santan yang gurih, Seingga menciptakan rasa yang sempurna manis, asin, segar, dan tekstur yang gurih menjadi satu saat berada dilidah. Nah untuk kalian yang berada di Thailand, dan kota Chiang Mai wajib banget berburu Khao Niaw Ma Muang di cafe, restorant, dan street food. Gimana ngilerkan liat Khao Niaw Ma Muang?

8. Lod Chong Tang Thai Narm Gathi

Lod Chong Tang Thai Narm Gathi
travel.kompas.com

Untuk kamu yang lagi cari minuman segar wajib banget cobain Lod Chong Tang Thai Narm Gathi. Memang sekilas mirip dengan cendol, dan Lod Chong Tang Thai Narm Gathi juga sama-sama menggunakan santan serta gula merah. Makanya tah heran jika Lod Chong Tang Thai Narm Gathi sering disebut cendolnya Thailand. Jadi untuk kamu yang lagi traveling ke Lod Chong Tang Thai Narm Gathi jangan lewatkan untuk mencicipi Lod Chong Tang Thai Narm Gathi.

9. Jin Som Mok Kai

 Jin Som Mok Kai
gramho.com

Jin Som Mok Kai ini adalah nasi yang dicampur dengan daging babi, dan tekstur dari Jin Som Mok Kai lembek serta kriuk yang didapat dari potongan daging babi. Jadi Jin Som Mok Kai ini di germentasi sehingga memiliki rasa yang asam, dan gurih. Selain potongan daging, dan nasi ketan jadi Jin Som Mok Kai ini akan dibungkus daun pisang lalu ditim seperti pepes. Setelah matang Jin Som Mok Kai aka dicampur dengan potongan telur.

10. Sai Oua

 Sai Oua
importfood.com

Kuliner lokal Kota Chiang Mai yang akan kita bahas terakhir ini adalah Sai Oua. Jadi Sai Oua ini adalah hidangan khas Kota Chiangmai yang susah ditemukan dibeberapa kota yang ada di Thailand, dan biasanya hanya bisa kalian temukan di Kota Chiang Mai. Sai Oua ini terdiri dari daun jeruk, daun ketumbar, bawang merah, bawang putih, cabai, minyak ikan cabai, sereh, lengkuas, dan sosis daging babi ini warnanya memang cokelat. Tapi sosisnya akan dipotong-potong sehingga kalian bisa menikmatinya dengan mudah, dan rasanya sangat lezat! Jadi kalian wajib banget cobain Sai Oua saay berada di Thailand ya!



Leave a Reply