10 Salad Khas Thailand Dengan Sensasi Pedas, Asam Dan Segar


prita  November 5, 2021  0 Comment

Thailand merupakan sebuah Negara yang terkenal dengan ragam kulinernya yang menggugah selera para pelancong dari seluruh dunia. Berbagai jenis makanan bisa kamu temukan di Thailand ini, salah satunya adalah salad. Salad khas Thailand memang menjadi salah satu kuliner tradisional Thailand yang cukup digemari Karena rasanya yang enak, segar dan pastinya menyehatkan. Bahkan, beberapa salad Thailand ini telah mendunia, lho. Nah, jika kamu ingin mencicipinya, berikut ini adalah daftarnya.

1. Som Tam

Som Tam
tirto.id

Salad khas Thailand pertama yang wajib untuk kamu coba adalah Som tam. Bisa dibilang jika som tam ini merupakan salah satu kuliner Thailand yang paling nikmat dan cukup populer.

Som tam merupakan sajian salad yang terbuat dari buah pepaya hijau sebagai bahan utamanya. Buah pepaya tersebut di potong tipis kemudian dicampur dengan aneka bahan lainnya, seperti kacang hijau, kacang panggang, tomat dan saus yang terbuat dari bawang putih, cabai, saus ikan, udang kering, gula aren dan jeruk nipis.

Gotravelly

Kaya Serat, Asyiknya Ngunyah Salad Sayur Sehat Dan Segar

Kecut Manis: Ngemall Sambil Hunting Salad Sehat

2. Larb

Salad Khas Thailand
splendidtable.org

Larb merupakan salah satu pilihan salad enak khas Thailand yang tak kalah populer. Larb merupakan salad daging yang diberi bumbu dan diberi bumbu cincang segar dan khao khoua atau nasi bakar.

Bahan utama pembuatan larb ini adalah daging cincang, daging yang digunakan pun bisa dipilih sesuai selera, bisa daging ayam, bebek, ikan, sapi atau babi. Daging tersebut kemudian diberi air jeruk nipis dan saus ikan sehingga menciptakan cita rasanya sangat nikmat. Kamu bisa menemukan Larb dengan mudah di restoran seluruh Thailand.

Baca juga :  10 Perpustakaan Terindah di Dunia Bikin Kamu Betah Membaca Seharian

3. Yam Khai Dao

Yam Khai Dao
seriouseats.com

Salad khas Thailand yang satu ini juga tak kalah nikmat dan cukup banyak digemari oleh wisatawan, yaitu Yam Khai Dao. Yam Khai Dao ini merupakan sebuah salad sederhana yang terdiri dari telur goreng dan irisan sayuran, seperti wortel, bawang, ketumbar cincang dan berbagai sayuran hijau. Salad ini kemudian diberi saus yang terdiri dari air jeruk nipis, saus ikan, gula aren dan cabai.

Yam khai dao ini bisa dibuat dengan menggunakan telur bebek atau telur ayam kemudian disajikan dengan nasi. Biasanya yam khai dao ini dinikmati sebagai hidangan utama yang ringan atau juga bsa disajikan sebagai pendamping berbagai sajian khas Thailand yang berbasis daging.

4. Yum Woon Sen

Yum Woon Sen
asianinspirations.com.au

Yum Woon Sen juga menjadi salah satu salad khas Thailand yang layak untuk kamu coba. Yum Woon sen ini merupakan salad pedas yang terbuat dari mie sohun, daging babi, cabai dan dressing.

Biasanya mie dan daging babi ini dimasak secara terpisah kemudian baru dikombinasikan dengan sayuran cincang yang renyah. Setelah dicampur, salad ini kemudian diberi topping kacang tanah. Namun, di beberapa tempat ada yang menggunakan udang sebagai topping. Karena rasa dari yum woon sen ini cenderung pedas, banyak orang yang menikmatinya dengan nasi dan selada segar.

5. Yam Wun Sen

Yam wun sen
tasteatlas.com

Yam wun sen merupakan jenis salad khas Thailand yang memiliki cita rasa yang segar dengan tekstur yang renyah. Salad tradisional ini terbuat dari kombinasi mie sohun, bawang putih goreng, ketumbar, cabai, udang kering, air jeruk nipis, bawang merah, saus ikan, seledri dan kacang panggang.

Biasanya salad ini juga diberi tambahan daging babi atau daging sapi sebagai ekstra protein. Yom wun sen ini biasanya disajikan dingin dan paling nikmat dimakan saat musim panas. Sajian ini bisa kamu temukan dengan mudah di banyak restoran di Thailand, tapi salad ini juga sering disajikan di rumah masyarakat Thailand.

Baca juga :  10 Destinasi Terbaik Merayakan Musim Semi di Asia

6. Phla Kung

Phla Kung
flickr.com

Kuliner salad khas Thailand yang satu ini juga tak kalah nikmat dan wajib untuk kamu cicipi saat berkunjung kesana, yaitu Phla Kung. Phla Kung ini dibuat dari udang rebus yang dipadukan dengan tangkai serai cincang, bawang merah, ketumbar, daun jeruk nipis dan daun mint yang semuanya ditaburi dengan saus cabai bercampur jeruk nipis.

Biasanya Phla Kung ini disajikan di atas daun selada segar dan dihiasi dengan tangkai daun mint yang segar. Phla Kung memiliki cita rasa asam dan agak pedas yang sangat nikmat. Banyak variasi dari Phla Kung ini, beberapa diantaranya menggunakan ikan atau seafood lainnya yang rasanya tak kalah nikmat daripada udang.

7. Yam Nuea Yang

Yam Nuea Yang
medium.com

Salad khas Thailand paling enak berikut ini dikenal dengan nama Yam nuea yang. Salad ini menggunakan daging sapi yang diiris tipis sebagai bahan utamanya. Daging sapi tersebut kemudian di panggang dan dipadukan dengan ragam sayuran segar serta rempah-rempah yang dicampur dengan saus pedas, asam, manis dan gurih.

Sayuran dan rempah yang digunakan untuk membuat yam nuea yang ini Antara lain bawang merah, tomat, mentimun, daun ketumbar, daun mint, kemangi, daun bawang dan cabai. Untuk bumbunya, salad ini biasanya diberi bumbu dengan perpaduan saus ikan, air jeruk nipis, cabai dan gula aren. Sementara bawang putih, serai, jahe dan ketumbar dimasukkan dalam balutan. Salad ini bisa juga disajikan dengan mie beras, ketan atau nasi melati disampingnya.

8. Yam Kun Chiang

Yam Kun Chiang
youtube.com

Yam kun chiang adalah salad khas Thailand yang dibuat dari irisan sosis babi yang renyah. Irisan sosis ini kemudian dikombinaskan dengan bahan-bahan lainnya seperti cabai, bawang merah, mentimun, tomat, daun ketumbar, seledri dan bawang putih.

Baca juga :  10 Rekomendasi Kuliner Enak di Chiang Mai Wajib Coba

Salad ini memiliki cita rasa manis asin dan berlemak yang berasal dari sosisnya. Yam kun chiang ini biasanya dicampur dengan saus ikan dan air jeruk nipis atau cuka beras. Biasanya salad ini dinikmati sebagai menu makan siang atau sebagai sajian pembuka bersama dengan bir dingin. Yam kun chiang ini juga bisa disajikan dengan nasi kukus atau bubur, bahkan ada juga yang menikmatinya sebagai isian sandwich.

9. Yam mu Krop

Yam Kun Chiang
tasteatlas.com

Berbeda dengan yam kun chiang yang terbuat dari sosis babi, yam mu krop ini merupakan salad khas Thailand yang terbuat dari perut babi yang digoreng renyah. Potongan daging perut babi tersebut dipadukan dengan bahan salad lainnya seperti bawang merah, irisan mentimun, ketumbar, jahe daun jeruk nipis, saus ikan dan gula. Biasanya salad ini ditaburi dengan segenggam kacang tanah agar terasa lebih gurih.

10. Yam Naem Sot

Yam Naem Sot
en.wikipedia.org

Salad khas Thailand yang terakhir adalah Yam naem sot. Yam naem sot ini merupakan salad tradisional Thailand yang terbuat dari potongan sosis babi fermentasi atau yang dikenal sebagai naem sebagai bahan utamanya.

Sosis tersebut dikeluarkan dari selongsong kemudian menjadi potongan-potongan yang bisa dimasak atau bisa juga dibiarkan mentah. Potongan sosis tersebut kemudian dipadukan dengan ragam sayuran dan rempah-rempah yang dicincang halus. Yam naem sot ini memiliki cita rasa manis, asam dan gurih yang nikmat.



Leave a Reply